Orang Katolik Tidak Menyembah Patung

Pendahuluan

Cerita ini adalah yang saya alami pada tahun 2000. Saat itu saya sedang mengunjungi sanak keluarga suami yang tinggal di Jawa Tengah. Suami saya tidak ikut, karena sedang bertugas di luar negeri. Karena hampir semua dari anggota keluarga mereka beragama Kristen Protestan, maka pada hari Minggu terakhir sebelum saya pulang ke Jakarta, mereka mengajak saya ikut kebaktian di gereja mereka. Karena saya pikir saya toh masih dapat mengikuti misa sore setibanya saya di Jakarta, maka saya setuju saja, karena saya tidak ingin merepotkan mereka untuk mengantarkan saya spesial ke gereja Katolik.

Kebaktian berlangsung khusuk. Injil hari itu adalah mengenai “mengasihi Allah dan sesama”, dan Bapak Pendeta mengutip kesepuluh Perintah Allah yang ada di Kitab Keluaran 20. Ayat ke-3 menekankan supaya kita tidak menyembah allah yang lain selain Allah Tritunggal. “Oh, sama dengan ajaran Gereja Katolik”, pikir saya. Namun penjelasan ayat yang ke-4 dan ke-5 membuat saya terhenyak.[1] Saat itu, beliau meminta seseorang untuk memberikan selembar uang kertas sebagai contoh. Katanya perintah Tuhan pada kedua ayat ini seperti halnya uang kertas, harus tercetak di sisi atas dan di sisi baliknya, kalau tidak, uang tersebut tidak berlaku. Maka kedua ayat itu harus diterapkan sekaligus, karena jika tidak artinya kita melanggar perintah Allah. Maka Pak Pendeta mengatakan kita tidak boleh membuat patung yang menyerupai apapun di langit dan di bumi, dan tidak boleh menyembahnya. Dia menyebutkan ‘kekeliruan’ gereja lain (beliau tidak menyebutkan Gereja Katolik) yang mengajarkan bahwa membuat patung itu boleh saja, asalkan kita tidak sujud menyembahnya sebagai Allah. Kemudian, beliau bertanya kepada jemaat, siapa dari antara hadirin yang berpendapat demikian. Hati saya bergemuruh, karena yang saya tahu, yang dilarang adalah membuat ‘patung’ yang kemudian disembah sebagai Tuhan. Jadi, saya memutuskan untuk mengangkat tangan saya, walaupun saya dipandang dengan tatapan aneh oleh banyak yang hadir. Hanya ada dua orang (termasuk saya) yang mengangkat tangan, dari sekitar 400 orang yang hadir. “Anggapan yang keliru”, kata Bapak Pendeta, dan saya bertekad dalam hati untuk menjelaskan hal ini kepadanya setelah kebaktian.

Sayangnya, saya tidak berkesempatan untuk bertemu dengan Pak Pendeta setelah kebaktian. Saya pulang ke Jakarta dengan hati gundah. Satu minggu berikutnya saya isi dengan mempelajari Kitab Suci dan buku-buku ajaran Gereja Katolik mengenai hal patung ini. Minggu berikutnya saya menulis surat kepada beliau, dengan menuliskan ayat-ayat Alkitab yang menjadi dasar bagi Gereja Katolik yang menganggap bahwa membuat patung, memajang patung ataupun berdoa di depan patung bukanlah suatu penyembahan berhala, asalkan kita tidak tunduk menyembah patung itu dan menganggapnya sebagai Tuhan. Sampai sekarang, saya tidak pernah menerima balasan dari Bapak Pendeta tersebut. Namun, saya hanya berharap agar beliau dapat memahami dasar pengajaran Gereja Katolik dalam hal patung ini dan tidak beranggapan bahwa Gereja Katolik mengajarkan sesuatu yang ‘keliru’.

Surat kami kepada Bapak Pendeta

Berikut ini saya sertakan surat kepada Bapak Pendeta tersebut, yang sesungguhnya dapat ditujukan juga kepada siapa saja yang menganggap orang Katolik menyembah patung:

Salam damai dalam kasih Kristus,

Pertama-tama saya ingin mengucapkan terimakasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk mengikuti Kebaktian Minggu tanggal 17 September 2000, yang bertemakan “Kasihilah Tuhan dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu, dan dengan segenap kekuatanmu, dan kasihilah sesamamu seperti dirimu sendiri”.

Saya terkesan dengan kotbah tersebut, hanya ada beberapa bagian yang berbeda dengan pengajaran di dalam Gereja saya, yaitu Gereja Katolik. Memang, Pak Pendeta tidak menyebut langsung ‘Gereja Katolik’ dalam khotbah Bapak, tetapi saya merasa terdorong untuk menjelaskan hal itu mengingat banyaknya kesalahpahaman yang terjadi antara jemaat Kristen Protestan dangan kami umat Katolik.

Dan setelah mendiskusikannya dengan suami saya, maka kami memutuskan untuk menulis surat ini dalam semangat kasih persaudaraan dalam Kristus.

Kami menyadari, bahwa perbedaan adalah hal yang wajar. Dan dengan semangat mencari kebenaran itu sendiri yang berasal dari Tuhan, kami ingin menjelaskan hal-hal dan latar belakang, serta dasar iman Katolik yang berkaitan dengan kotbah Bapak pada saat itu, yaitu mengenai ayat:

Keluaran 20:3-5 (menurut : Lembaga Alkitab Indonesia, 1999)

3)Jangan ada padamu allah lain di hadapan-Ku.

4)Jangan membuat bagimu patung yang menyerupai apapun yang ada di langit di atas atau yang ada di bumi di bawah, atau yang ada di dalam air di bawah bumi.

5)Jangan sujud menyembah kepadanya atau beribadah kepadanya, sebab Aku, Tuhan, Allahmu, adalah Allah yang cemburu yang membalaskan kesalahan bapa kepada anak-anaknya, kepada keturunan yang ketiga dan keempat dari orang-orang yang membenci aku.

Menurut khotbah Bapak, ayat yang ke-4 dan ke-5 tidak dapat dipisahkan, sehingga artinya adalah kita tidak boleh membuat patung, dan tidak boleh menyembah sujud kepadanya.

(Analogi yang Bapak sampaikan pada waktu itu adalah uang kertas dua puluh ribu rupiah yang memiliki 2 sisi). Jadi anggapan bahwa membuat patung itu diperbolehkan asal tidak sujud menyembahnya, dianggap KELIRU.

Kami ingin mengutip dari beberapa ayat kitab suci dari beberapa terjemahan, untuk mengurangi kemungkinan distorsi dari bahasa itu sendiri.

3) You shall not have other gods besides me (NAB, CCB); no other gods before me (RSV, NIV, KJV);

4) You shall not carve idols (NAB); a graven image (RSV); any graven image (NIV, KJV); a carved image (CCB) for yourselves in the shape of anything in the sky above or on the earth below or in the waters beneath the earth;

5)you shall not bow down (NAB, RSV, NIV, KJV, CCB) before them or worship them: for I the LORD your God am a jealous God, visiting the iniquity of the fathers upon the children to the third and the fourth generation of those who hate me.

Catatan: NAB= New American Bible; RSV= Revised Standard Version; NIV= New International Version; CCB= Christian Community Bible.

Dari referensi di atas, maka terlihat bahwa istilah yang digunakan adalah:

Carved idol, yang artinya adalah “patung berhala” dan carved/graven image yang berarti “ukiran dari suatu gambaran”. Kalaupun hal ini masih bisa diperdebatkan, namun tetap tidak mengurangi esensi dari ayat tersebut, bahwa yang paling penting adalah kita tidak membuat image/patung/gambaran untuk disembah sebagai allah lain (dalam kaitannya dengan ayat yang ke 3).

Jadi, penyembahan “patung berhala” adalah dosa. Namun anggapan sebagian orang yang mengatakan bahwa orang-orang Katolik adalah “sebagian orang Kristen” yang menyembah “patung” karena memiliki patung Yesus, Maria, santo/santa adalah sungguh-sungguh keliru. Hal ini adalah karena kesalahpahaman atau pengabaian dari apa yang dikatakan oleh kitab suci tentang maksud dan penggunaan patung. (Karena orang Katolik tidak menghormati patung, tetapi menghormati pribadi yang digambarkan di dalamnya). [2]

Anggapan bahwa “Tuhan melarang penggunaan image/gambaran/patung”, seperti yang dikotbahkan Bapak, menjadi anggapan umum jemaat Protestan, (sedangkan Gereja Katolik memang melarang patung berhala, tetapi tidak melarang penggunaan patung untuk keperluan ibadah, karena patung hanya merupakan lambang saja yang membantu untuk mengarahkan hati kepada Tuhan).

Kalau kita sungguh-sungguh menyelidiki seluruh kitab suci, kita dapat menemukan bahwa penggunaan image/gambaran/patung dalam ibadah kepada Tuhan diperbolehkan, bahkan Allah sendiri yang “memerintahkan” penggunaan hal tersebut.

Tuhan memerintahkan untuk membuat patung untuk keperluan ibadah

Di samping kutipan kitab Keluaran 20:4-5, marilah kita melihat beberapa kutipan lain dimana Tuhan memerintahkan untuk membuat patung yang digunakan sebagai lambang yang memberikan gambaran/menunjuk kepada kehadiran Yesus pada Perjanjian Baru dan kekal, sebagai yang terkandung dalam ‘Tabut Perjanjian baru’ itu sendiri, dan Putera Allah yang ditinggikan[3]:

1. Keluaran 25:1,18-20

Berfirmanlah Tuhan kepada Musa: “Dan haruslah kau buat dua kerub (English: cherubims/angels) dari emas, kau buatlah itu dari emas tempaan, pada kedua ujung tutup pendamaian itu. Buatlah satu kerub pada ujung sebelah sini, dan satu kerub pada ujung sebelah sana; seiras dengan tutup pendamaian itu kamu buatlah kerub itu di atas kedua ujungnya”. Kerub-kerub itu harus mengembangkan kedua sayapnya ke atas, sedang sayap-sayapnya menudungi tutup pendamaian itu dan mukanya menghadap kepada masing-masing; kepada tutup pendamaian itulah harus menghadap muka kerub-kerub itu.”

2. Ketika raja Daud memberikan rencana pembuatan bait Allah kepada Salomo

2. 1 Tawarikh 28:18-19

”..juga emas yang disucikan untuk mezbah pembakaran ukupan seberat yang diperlukan dan emas yang diperlukan untuk pembentukan kereta yang menjadi tumpangan kedua kerub yang mengembangkan sayapnya sambil menudungi tabut perjanjian Tuhan. Semuanya itu terdapat dalam tulisan yang diilhamkan kepadaku oleh Tuhan yang berisi petunjuk tentang segala pelaksanaan rencana itu.”

Lihatlah bahwa semua yang tertulis di atas diilhami oleh Tuhan sendiri.

Memang bukan raja Daud yang membangun bait Allah, melainkan raja Salomo pada tahun ke-empat setelah ia menjadi raja atas Israel. Dan dia melakukan yang diperintahkan oleh raja Daud, seperti yang tertulis dalam kitab 1 Raja-raja 6:23-35, “selanjutnya di dalam ruang belakang itu dibuatnya dua kerub dari kayu minyak, masing-masing sepuluh hasta tingginya ……..” (Dua kerub yang terdapat pada bait Allah ini menunjuk kepada kehadiran Allah di dalam tabut perjanjian; dan Yesuslah yang kemudian menjadi pemenuhan dari perjanjian Allah ini).

3. Yehezkiel 41:17-18

… dan di seluruh dinding bagian dalam dan bagian luar, terukir gambar-gambar kerub dan pohon-pohon korma, di antara dua kerub sebatang pohon korma, dan masing-masing kerub itu mempunyai dua muka.

4. Bilangan 21:8

Maka berfirmanlah Tuhan kepada Musa:”Buatlah (sebuah patung) ular tedung dan taruhlah itu pada sebuah tiang; maka setiap orang yang terpagut, jika ia melihatnya, akan tetap hidup.” (Ular ini yang ditinggikan Musa menjadi gambaran dari Yesus Putera Allah yang harus ditinggikan (Yoh 3:14)).

Berdasarkan dasar-dasar tersebut di atas, yang dilarang adalah image/ gambaran/ patung yang dijadikan “allah-allah yang lain” dan menyaingi Allah yang Satu. Yang dilarang oleh hukum Allah adalah pemujaan terhadap image /gambaran/patung itu sendiri. Dengan demikian, Keluaran 20:4-5 berkaitkan dengan Keluaran 20:3, yaitu jangan ada padamu allah lain di hadapanKu.

Bagaimana kita menjelaskan kontradiksi ayat-ayat tersebut diatas butir 1-4 dengan kitab Keluaran 20:4-5?

Jawabannya sangat sederhana. Kerub/malaikat tidak dianggap sebagai allah dan tidak memerlukan pemujaan: Mereka adalah gambaran hamba Tuhan. Hal yang sama diterima oleh gereja Katolik saat ini, adalah penggunaan patung Yesus, Maria, santo/santa karena mereka bukan allah melainkan gambaran hamba Tuhan. (Jadi kita tidak menghormati patung itu apalagi menyembahnya, melainkan menghormati pribadi yang dilambangkannya, karena mereka membantu kita mengarahkan hati kepada Allah dan bukannya menjadi ‘saingan’ Allah).

Bagaimana umat Katolik menggunakan image/gambaran/patung:

1. Sebagai salah satu alat bantu umat untuk lebih menghayati kedekatannya dengan Yesus Kristus.

Penggunaan patung, lukisan, elemen artistik lainnya bagi umat Katolik adalah untuk membantu mengingat seseorang atau sesuatu yang digambarkannya. Sama seperti seseorang mengingat ibunya dengan melihat fotonya, demikian juga umat Katolik mengingat Yesus, Maria dan orang kudus lainnya dengan melihat patung/ gambar mereka. (Lagipula, Yesus sendiri sebagai Sang Putera Allah telah menjadi manusia, sehingga Yesus sendiri telah menjadi ‘gambaran Allah yang nyata.’ (lihat Kol 1:15) Karena itu, dengan kedatangan Yesus ke dunia, Allah yang tak kelihatan menjadi kelihatan, Allah yang dalam Perjanjian Lama dilarang untuk digambarkan, maka di Perjanjian Baru malah dinyatakan sebagai ‘gambar hidup’ di dalam diri Yesus. Jadi Yesus memperbaharui ‘tata gambar’ tentang Allah, sebab Ia adalah gambaran Allah sendiri.[4]) Renungkanlah ini: Jika di rumah kita memasang gambar/ foto keluarga kita, mengapakah kita tidak boleh memasang gambar/foto Tuhan yang kita sayangi? Gambar/ patung Tuhan Yesus dipasang tidang untuk disembah, tetapi hanya untuk mengingatkan kita tentang betapa istimewanya Ia di dalam hidup kita.

2. Sebagai sarana pengajaran

Umat Katolik juga menggunakan image/gambar/patung sebagai sarana pengajaran, seperti yang diterapkan juga oleh umat Kristen lain terutama dalam mengajar anak-anak di sekolah minggu, seperti: menerangkan siapa Tuhan Yesus, mukjijat yang dibuatNya, dll dengan gambar-gambar. (Kita mengetahui bahwa masalah ‘buta huruf’ baru dapat dikurangi secara signifikan di Eropa pada abad ke-12; bahkan untuk negara-negara Asia dan Afrika baru pada abad 19/20. Jadi tentu selama 12 abad, bahkan lebih, secara khusus, gambar-gambar dan patung mengambil peran untuk pengajaran iman, karena praktis, mayoritas orang pada saat itu tidak dapat membaca! Penggunaan gambar/ patung untuk maksud pengajaran ini tentu bukan berhala, karena mereka akhirnya malah menuntun orang beriman kepada Tuhan. Hal serupa terjadi waktu kita pertama kali mengajar anak-anak kecil mengenali benda-benda tertentu. Kita membuat/ menunjukkan pada mereka gambar-gambar sederhana, seperti apel, ikan, rumah, dst. Tentu saja hal ini tidak bertentangan dengan perintah Tuhan. Jadi membuat gambar yang menyerupai sesuatu di sekitar kita bukan merupakan dosa asal kita tidak menyembah gambar- gambar itu).

3. Digunakan untuk peristiwa-peristiwa tertentu

Umat Katolik juga menggunakan hal tersebut dalam kesempatan tertentu, sama seperti umat Kristen pada umumnya mempunyai patung-patung kandang natal, gambar peristiwa natal, atau mengirim kartu natal bergambar pada hari natal. (Jika membuat segala gambar/ patung yang menyerupai segala sesuatu dianggap dosa, apakah berarti kebiasaan mengirimkan kartu Natal dan menghias pohon Natal dengan kandang Natal, adalah dosa? Jika ya berarti bahkan menonton TV pun adalah dosa, melihat segala buku bergambar adalah dosa, menggambar/ melukis adalah dosa, karena semua objeknya adalah segala sesuatu yang ‘menyerupai apapun yang di langit dan di bumi’).

Kesimpulan

Jadi, Tuhan memang melarang pemujaan terhadap image/gambaran/patung, tetapi Ia tidak melarang pembuatan image/ gambaran tersebut secara umum. Seandainya Ia melarangnya, maka film, televisi, video, foto, lukisan, kartu natal bergambar, uang, ataupun gambar-gambar lainya akan juga dilarang, karena semua itu mengandung unsur image/ gambaran yang menyerupai sesuatu di bumi atau di atas bumi….(lihat Kel 20:4) Karena itu, Gereja Katolik melihat ayat ke-4 ini sebagai kelanjutan dari ayat ke-3, yaitu, agar jangan kita membuat gambar/ patung untuk disembah sebagai allah lain di hadapan Allah.

Dengan demikian sebenarnya menjadi sangat jelas bahwa baik umat Katolik maupun umat Kristen lainnya hanya memuja Tuhan yang satu dan sama, dan sama-sama menentang penyembahan patung berhala.

Kami yakin bahwa masih ada perbedaan-perbedaan yang ada dalam pengajaran Katolik dan Kristen Protestan. Alangkah baiknya jika kita masing-masing mau mengerti dasar-dasar atau latar belakang alkitabiah dan ajaran Gereja yang mendasari pengajaran tersebut untuk mengetahui kebenaran itu sendiri. Janganlah kita lupa bahwa di antara kita lebih banyak persamaannya dari pada perbedaannya.

Akhirnya, kami mengucapkan salam hangat kami untuk Bapak Pendeta dan seluruh jemaat Bapak. Semoga kasih Tuhan Yesus selalu mengikat kita semua sebagai satu saudara.

Salam dalam damai Kristus,

Ingrid Listiati & Wijoyo Tay

Penutup

Surat ini saya kirimkan kepada Bapak Pendeta tersebut. Nama dan alamat bapak Pendeta tersebut sengaja tidak saya cantumkan di sini karena saya pandang tidak perlu, karena yang terpenting adalah isi dari surat tersebut, untuk kita renungkan bersama. Kesaksian serupa ini mungkin dapat pula saudara/i alami dengan situasi yang berbeda, dan saya berharap artikel ini dapat sedikit membantu. Di atas semua itu, ingatlah bahwa kita harus selalu siap untuk menjelaskan iman kita, namun harus selalu dengan kelemah-lembutan dan hormat (lih. 1Pet 3:15).

Perlu kita ingat di sini bahwa berhala yang lebih ‘berbahaya’ sekarang adalah bukan terbatas hanya patung, tetapi segala ciptaan yang kita anggap lebih utama dari Tuhan, misal, uang, TV, pekerjaan, kedudukan, kecantikan, koleksi barang antik, main game, dst., yang menggeserkan peran Tuhan di dalam hidup kita, dan yang menyita waktu kita sampai tidak ada waktu untuk ke gereja, berdoa dan membaca sabda-Nya. Hal ini malah lebih nyata pada jaman sekarang, ketimbang hal membuat patung lembu tuangan (lih. Ul 9:16), namun prinsipnya sama, yaitu menyembah ciptaan dan bukan Sang Pencipta.

Mari kita refleksikan, apa yang menjadi ‘patung berhala’ di dalam hidup kita, yang mengambil tempat Tuhan di hati kita. Mari kita berdoa agar Tuhan membantu kita mengangkat keterikatan kita terhadap benda-benda tersebut. Dengan demikian kita dapat mengasihi Allah dengan lebih sungguh, tidak hanya di mulut, tetapi sungguh turun sampai ke hati.


[1] Perintah kedua yang dibahas oleh Bapak Pendeta adalah “Jangan membuat bagimu patung yang menyerupai apa pun yang ada di langit… di bumi … atau yang ada di dalam air di bawah bumi.”(Kel 20:4) Dalam pengajaran Gereja Katolik, perintah kedua adalah: “Jangan menyebut nama Tuhan Allahmu dengan sembarangan (Kel 20:7), karena ayat ke-4 yang mengacu pada patung berhala merupakan kesatuan/kelanjutan dari perintah pertama yaitu, “Jangan ada allah lain dihadapan-Ku…”(Kel 20:3)

[2] Lihat Katekismus Gereja Katolik 2132, Penghormatan Kristen terhadap gambar tidak bertentangan dengan perintah pertama, yang melarang patung berhala. Karena ‘penghormatan yang kita berikan kepada satu gambar menyangkut gambar asli di baliknya” (Basilius Spir 18,45) dan “siapa yang menghormati gambar, menghormati pribadi yang digambarkan di dalamnya” (Konsili Nisea II, DS 601). Penghormatan yang kita berikan kepada gambar-gambar adalah satu ‘penghormatan yang khidmat’, bukan penyembahan; penyembahan hanya boleh diberikan kepada Allah.

[3] Lihat KGK 2130, Tetapi di dalam Perjanjian Lama, Allah sudah menyuruh dan mengizinkan pembuatan patung, yang sebagai lambang harus menunjuk kepada keselamatan dengan perantaraan Sabda yang menjadi manusia: sebagai contoh, ular tembaga (bdk Bil 21:4-9; Keb 16-5-14, Yoh 3:14-15), tabut perjanjian dan kerub (bdk. Kel 25:10-22; 1 Raj 6:23-28; 7:23-26).

[4] Lihat KGK 2131, …Dengan penjelmaan menjadi manusia, Putera Allah membuka satu “tata gambar” yang baru.

4.6 11 votes
Article Rating
265 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Kevin M.
Kevin M.
13 years ago

@Sdri lucia, Haleluyah karena anda sudah menemukan Kebenaran di Gereja Tiberias Indonesia. Arah dan iman anda sudah benar, dan saya sarankan anda untuk tidak terlibat terlalu dalam pada perdebatan doktrin di situs ini karena disini terdapat banyak kontra faham yang saya khawatirkan dapat mengganggu suasana hati anda yang sudah tenang di dalam Kristus dng solagracia, solafide, sola scriptura. Teguhkan iman anda pada apa yang telah anda dapat dan pelajari dari Tiberias, karena anda sudah mengenal kebenaran, jamahan kasih Tuhan, dan sakramen yang benar. Perkuatlah wawasan anda dari Alkitab, dimana Tuhan telah mengajarkan banyak hal langsung kepada setiap anakNya. Saya juga… Read more »

Stefanus Tay
Admin
Reply to  Kevin M.
13 years ago

Shalom Kevin dan Lucia, Terima kasih atas tanggapannya. Saya tidak mempermasalahkan kalau anda berdua telah merasakan kasih Tuhan di gereja Tiberias. Namun, anda berdua yang datang ke site ini dan mempertanyakan iman Gereja Katolik. Menjadi hak anda untuk bertanya dan menjadi hak kami untuk menjawab sesuai dengan apa yang diajarkan oleh Gereja Katolik. Dan kalau Lucia maupun anda ingin berdiskusi tentang dogma dan doktrin dari Gereja Katolik yang dipandang salah dan tidak sesuai dengan Alkitab, maka saya membuka diri saya. Saya percaya, seperti yang Lucia katakan bahwa dia pindah ke gereja Tiberias karena alasan kebenaran dan bukan karena alasan pribadi.… Read more »

Abraham Martinus Setyabudi
Abraham Martinus Setyabudi
Reply to  Kevin M.
13 years ago

dan kevin
Saya setuju dengan saudara kevin, firman tidak untuk diperdebatkan tetapi untuk di percaya, sampaikan aja kebenaran biar roh kudus sendiri yang akan mencelikkan mata mereka yang buta. Doktrin gereja tuh perintah manusia dan sangat berlawanan dengan firman Tuhan sendiri, Jesus is God

Stefanus Tay
Admin
Reply to  Abraham Martinus Setyabudi
13 years ago

Shalom Abraham, Terima kasih atas tanggapannya. Seperti yang telah saya jelasan kepada anda, katolisitas.org adalah situs yang memberikan pengajaran Gereja Katolik. Kami terbuka kalau anda ingin berdiskusi. Adalah menjadi hak anda untuk mengatakan sesuatu yang berbeda dengan pengajaran Gereja Katolik, namun di satu sisi menjadi hak dari tim katolisitas.org untuk menyanggahnya dan memaparkan apa yang sebenarnya diajarkan oleh Gereja Katolik. Kalau anda mengatakan bahwa kami buta dan doktrin Gereja Katolik hanyalah buatan manusia semata, silakan menyebutkan satu doktrin dari Gereja Katolik yang berlawanan dengan Firman Tuhan. Dan kemudian kita dapat membahasnya secara lebih mendalam. Dengan demikian dapat terjadi dialog yang… Read more »

Abraham Martinus Setyabudi
Abraham Martinus Setyabudi
Reply to  Stefanus Tay
13 years ago

Shalom Stefanus, Saya bukan ingin berdiskusi tetapi saya hanya menyampaikan kebenaran firman Tuhan, karena itu perintah Tuhan sendiri. setiap firman yang ditabur tidak akan kembali dengan sia-sia tetapi dia akan melaksanakan kehendak Tuhan dengan kekuatan kuasanya. Oke saya kasik doktrin mu yang yang bertentangan dengan firman Tuhan, salah satunya adalah maria sebagai mama nya Allah. padahal Dia adalah yang awal dan yang akhir, kalo mama artinya lebih awal dari Dia sendiri dan ini juga jelas salah, baca juga galatia 4:4-5 maria tuh perempuan yang takluk akan hukum taurat (BERDOSA) oleh sebab itu Yesus menebusnya atau menggantikan tempat kita dengan cara… Read more »

Stefanus Tay
Admin
Reply to  Abraham Martinus Setyabudi
13 years ago

Shalom Abraham, Terima kasih atas tanggapannya. Kalau anda mengatakan bahwa anda tidak ingin berdiskusi namun hanya menyampaikan kebenaran Firman Tuhan, maka sebenarnya ini adalah pernyataan yang berat sebelah. Di satu sisi, apa yang kita lakukan adalah suatu diskusi. Di sisi lain, anda mengatakan hanya menyampaikan kebenaran Firman Allah. Tidak menjadi masalah kalau anda hendak menyampaikan apa yang anda pandang adalah suatu kebenaran Firman Allah. Untuk mengatakan bahwa apa yang anda paparkan adalah sesuai dengan kebenaran Firman Allah, maka harus dibuktikan lebih lanjut. Dengan demikian, mari kita berdiskusi dengan baik. Anda telah menyampaikan beberapa keberatan doktrin dari ajaran Gereja Katolik yang… Read more »

albert
albert
13 years ago

untuk IBU LUCIA Saya seorang KATOLIK… kepindahan anda menjadi seorang Kristen Protestan sebuah hal yang menggembirakan APABILA selama di Gereja tersebut ibu bisa lebih dekat dengan TUHAN YESUS… setelah ibu pindah dari Katolik apakah Ibu Benar” mendapatkaN perubahan??? APAKAH SETIAP PERBUATAN DAN PERKATAAN IBU MENCERMINKAN SEORANG KRISTIANI (PENGIKUT KRISTUS)??? INI TIDAK HANYA UNTUK IBU LUCIA, KITA SEMUA MERENUNGKAN APAKAH SAYA/KITA SEBAGAI PENGIKUT KRISTUS TELAH MENCERMINKAN TUHAN DALAM KEHIDUPAN KITA? APALAGI DALAM KEHIDUPAN SEKARANG APAKAH KITA SUDAH MEMBERIKAN YANG TERBAIK BAGI TUHAN YESUS? APAKAH KITA KITA SUDAH SALING MELAYANI? SALING MENGASIHI? SALING MENGHORMATI? SALING MENGAMPUNI? SALING MENGINGATKAN… MARI KITA SEBAGAI PENGIKUT… Read more »

Cisca
Cisca
13 years ago

Terima kasih kepada Ibu Ingrid dan seorang Ibu yang telah merespond saya….salam damai dan sejahtera untuk kita semua. Mari kita berdamai dan berpikiran positif….Tuhan beserta kita.

NAEL
NAEL
14 years ago

[Dari Katolisitas: Komentar ini dipindahkan dari artikel Akhir Jaman -1, karena lebih menyangkut ke topik di atas] SHALOM: Ingrid Listiati Saya hanya ingin tau sedikit penjelesannya dari agama katolik.. *Kenapa di katolik membuat patung bunda maria?? dan boleh disembah didepan patung tersebut? Untuk pertanyaan diatas tersebut: Karena ada alasan di dalam Firman Tuhan: Keluaran 20:3-5 * Jangan ada padamu allah lain di hadapan-Ku. *Jangan membuat bagimu patung yang menyerupai apa pun yang ada di langit di atas, atau yang ada di bumi di bawah, atau yang ada di dalam air di bawah bumi. * Jangan sujud menyembah kepadanya atau beribadah… Read more »

Abraham Martinus Setyabudi
Abraham Martinus Setyabudi
Reply to  Ingrid Listiati
13 years ago

@ Inggrid
Tuhan Yesus tidak mau disamakan oleh apapun apalagi dengan benda buatan tangan manusia seperti Patung. Dia hanya mau tinggal didalam Manusia melalui roh kudusnya. Patung tuh bisa dimasuki oleh setan karena setan juga ingin disembah, Setan lebih suka masuk ke patung Figur yang seharusnya disembah karena dia adalah bapa penipu, Iblis akan menyamar sebagai malaikat terang. ada tertulis di alkitab, Baca yesaya 42:8 Tuhan tidak akan memberikan kemuliaan dan kemasyuran kepada patung. Jangan mau ditipu iblis, senjatanya adalah firman Tuhan sendiri JBU All, Amen

schoffal
schoffal
14 years ago

Salam Damai/Shalom semuanya.

Saya datangnya daripada Malaysia dan sangat berterima kasih atas perbincangan ini yang banyak membantu kita agar kita tumbuh dalam iman kita sebagai seorang katolik. Ini la curahan cinta kasih yang diberikan oleh Yesus sendiri dimana kesannya sehingga kini kita rasai… Ini la dia kuasa Roh Kudus yang mengikat kita menjadi satu seiring dengan misi Yesus. Saya sangat terharu dengan perbincangan ini walaupun ada beberapa perkataan yang saya tidak begitu fahami, tetapi Dia, telah menyentuh hati saya untuk membaca perbincangan ini dan lebih mendalami Alkitab.

Terima kasih sekali lagi

Damai berserta kita semua.

Medi
Medi
14 years ago

Syalommmm……..buat saudara/i yang dikasihi YESUS KRISTUS Jangan pernah menghakimi, jika tidak ingin dihakimi, karena yang layak melakukan itu hanyalah DIA. Saya adalah dari aliran protestan…. Menurut iman saya, tidak peduli kamu dari gereja mana, asalkan beralaskan KRISTUS!!!! Sekalipun banyak patung2 di sekitarmu, jika hati kita fokus hanya untuk menyembah DIA, pastinya akan dilihat, bukan dengan mata manusia, tetapi mata TUHAN. Karena apapun yang ada di dalam hati kita tidak ada yang dapat menerawangnya, hanya TUHAN YESUS KRISTUS yang mampu lakukan…. Siapa yang menerima AKU (YESUS) dan mengakui AKU sebagai Juruselamat manusia dia adalah orang-orang yang memperoleh keselamatan…., Bukan tergantung di… Read more »

Zepe
14 years ago

Yupz….
intinya…gereja Katholik adalah gereja yang paling kaya….
tapi…Yesus itu maha baik dan maha Kasih…
jadi….
biarlah..kekayaan itu dipinjam oleh beberapa saudara kita….untuk mendirikan sebuah “gereja baru”..
dan biarlah kita tetap rendah hati…
yang terpenting adalah…
diama ada Yesus…disana ada keselamatan…
semua kembali pada kita..”Maukah kita menikmati kekayaan yang terbesar yang ada di dalam gereja Katolik”.
JBU

Alexander
Alexander
14 years ago

Begitu banyak sudah ku datangi berbagai website untuk memenuhi dahaga ku terhadap pengetahuan iman katolik yang kusadari sangat minim skl.Namun kini, pencarian ku sepertinya akan berakhir sudah karena telah menemukan salah satu sumber mata air iman yang bukan hanya menyegarkan namun juga menyejukkan.trims utk tim katolisitas.org…Tuhan Memberkati kita semua. amin

Bernabas Irijanto Batu
Bernabas Irijanto Batu
14 years ago

Damai Sejahtera bagimu Sobat LUCIA. Saya sangat sedih, Yesus Kristus yang kamu kenal adalah Yesus Kristus yang ‘ kaya ‘ materi semata. Padahal, Yesus Kristus dalam Menyampaikan Kabar Keselamatan dengan sikap dan tauladan yang sangat sederhana dan cendrung pada standar hidup manusia yang paling ‘ minim ‘. Perhatikan pada kelahirannya hanya di ‘ palungan ‘ bukan di fasilitas bersalin yang mewah kala itu. Mengabarkan Kabar Keselamatan dengan berjalan kaki, walaupun pada zaman itu ada unta terbaik dan mahal untuk dapat DIA pakai dengan kuasa dan kekayaannya. Justru memakai ‘ keledai ‘ sebagai simbol kerajaanNYA. Saya setuju Yesus Kristus ‘ kaya… Read more »

bejo
bejo
14 years ago

Walaupun Katholik bilang tidak menyembah patung, fakta dan praktek nya adalah katholik berperilaku, bertindak menyembah patung. itu adalah realitas

Abraham Martinus Setyabudi
Abraham Martinus Setyabudi
Reply to  Ingrid Listiati
13 years ago

@ Inggrid Penghinaan banget perumpamaan kamu yang menyamakan Tuhan Yesus yang berkuasa dengan sebuah bendera yang merupakan benda mati yang dibuat oleh tangan manusia yang fana. Jangan menyebut nama Tuhan AllahMu dengan sembarangan Allah akan memandang bersalah orang yang menyebut namanya dengan sembarangan. Ayatnya udah aku kasik diatas jadi ga tak ulang2. Iman yang kita anut bukan karena melihat tetapi percaya, berbahagialah orang yg tidak melihat namun percaya. Tapi iman kmu iman katolik ya? kalau iman saya akan Yesus Kristus bkan iman rasuli. Penyembah2 yang benar adalah menyembah dalam roh dan kebenaran, bukan dalam patung ato gambar, sekarang saya tanya… Read more »

Stefanus Tay
Admin
Reply to  Abraham Martinus Setyabudi
13 years ago

Shalom Abraham, Terima kasih atas tanggapannya. Menurut saya, anda sebenarnya terlalu emosional dalam menyikapi analogi yang diberikan oleh Ingrid. Silakan anda membaca secara lengkap kalimat yang ditulis, yaitu “Penghormatan yang dilakukan oleh orang Katolik adalah kepada siapa yang dilambangkan oleh patung itu, jadi hampir mirip dengan penghormatan bendera kebangsaan. Jika kita melihat bahwa tiang bendera ditempatkan di tempat yang layak di gedung-gedung pemerintahan, dan orang menunjukkan sikap hormat kepada bendera pada saat menyanyikan “Indonesia Raya”, tentu kita tidak mengatakan bahwa orang-orang sedang “menyembah” bendera, tetapi sedang menghormati negara Indonesia.” Jadi tidak ada yang menyamakan Yesus dengan bendera. Apalagi dengan mengingat… Read more »

johanes
johanes
Reply to  Abraham Martinus Setyabudi
13 years ago

@abraham: anak binatang bisa mengenali induknya waktu kecil, tetapi sesudah besar mungkin pengenalan itu menjadi hilang dan bahkan bisa membunuh induknya. Hal ini jangan sampai terjadi kepada manusia. Kalau ini terjadi alangkah lebih hinanya manusia itu dibandingkan dengan binatang tadi. Kesimpulan: Gereja anda hari terpisah dari gereja induk karena perpecahan dan kesombongan [edit]. Kalau anda rendah hati dan memiliki hati seorang anak yang terpisah dari ibunya, maka anda akan berusaha untuk mencari tahu sebenarnya ibu yang melahirkan kamu ke dunia ini siapa? Kenalilah dia, jangan mendengarkan kata kata orang tentang ibu yang melahirkan kamu, tapi carilah dia ada di mana?dan… Read more »

Sunjoyo
Sunjoyo
Reply to  bejo
14 years ago

Salam damai kasih Kristus untuk semuanya. Saya sunjoyo, dibaptis menjadi katolik roma sejak saya smp kelas 1. Sejak kecil saya memang mempunyai jiwa pemberontak, kekanak2an, egois, dan selalu ingin menang sendiri biarpun orang lain susah karena perbuatan saya. Lalu pada tahun 2000-an(tepatnya saya lupa), seorang teman mengajak saya ke “pertapaan karmel” di Tumpang-Malang. Malam hari diadakan acara sharing oleh para pengunjung dengan didampingi beberapa suster dan frater, tapi saya tidak ikut sharing masalah atau pengalaman, hanya mendengarkan saja, sebab saya merasa tidak ada yang salah dengan diri saya dan tidak ada beban pula. Kemudian di tengah acara seorang suster berkata,… Read more »

Sunjoyo
Sunjoyo
Reply to  Sunjoyo
14 years ago

Salam kasih persaudaraan dalam Kristus. Saya senang sekali dengan adanya situs ini, sehingga kita bisa bertanya tentang iman ajaran katolik yang benar, atau bisa sharing seperti yang saya, sdri Lucia, dan yang lain lakukan. Saya yakin dengan bertanya dan sharing kita akan semakin berkembang dalam iman sebab kiata sama2 meyakini Trinitas. Saya hanya ingin menyampaikan kepada sdri Lucia bahwa sebelum tahun 2000 saya hanyalah katolik KTP saja, saya juga mengalami keadaan iman seperti saat saudari Lucia masih bergumul(kalau sekarang sy tdk tahu apakah sdri Lucia msh dalam pergumulan) terutama sejak saya kuliah di salah satu univ Kristen di Sby dimana… Read more »

Adri Amanupunnjo
Adri Amanupunnjo
Reply to  Sunjoyo
13 years ago

Shalom sanjoyo,

Rasanya sangat sedih kalau berkata bahwa dengan patung tersebut menjadi media pembantu, berarti anda tidak perlu Roh Kudus yang anda perlukan adalah patung, maaf kalau saya salah mengeri pernyataan kesaksian anda

Stefanus Tay
Admin
Reply to  Adri Amanupunnjo
13 years ago

Shalom Adri A, Terima kasih atas komentarnya tentang masalah patung di dalam Gereja Katolik. Kalau anda ingin berdiskusi secara serius tentang topik ini, silakan bergabung di dalam diskusi ini – silakan klik. Dalam diskusi di link tersebut disebutkan dasar-dasar dari Alkitab. Anda mengatakan “Rasanya sangat sedih kalau berkata bahwa dengan patung tersebut menjadi media pembantu, berarti anda tidak perlu Roh Kudus yang anda perlukan adalah patung, maaf kalau saya salah mengeri pernyataan kesaksian anda“. Tidak ada yang salah menjadikan patung sebagai media pembantu, sama seperti kita menemui salib kayu atau gambar-gambar Yesus dalam slide yang diproyeksikan untuk praise & worship… Read more »

lucia
lucia
Reply to  bejo
14 years ago

Betul. secara logika & kasat mata, ya menyembah patung. dulu saya katolik, akhirnya saya memutuskan keluar & skrng saya jemaat di Gereja Tiberias Indonesia-Balai Sarbini. saya bnyk belajar. setelah saya di Tiberias, saya diselamatkan Tuhan keluar dari katolik. sungguh ajaran katolik jauh sekali dari Alkitab, sbb : – di Alkitab tdk pernah mengajarkan adanya Misa/Kebaktian Arwah. – Maria, bunda Surgawi. tolong sebutkan ada di ayat apa dalam Alkitab? – Kuburan Santo Petrus di Roma. yg benar aja? Petrus itu punya Istri & Ibu Mertua. Tolong baca PB. – Barongsai masuk gereja katolik? aneh !!!! rumah Tuhan disatukan dng adat istiadat.… Read more »

Stefanus Tay
Admin
Reply to  lucia
14 years ago

Shalom Lucia, Terima kasih atas kunjungannya ke website ini. Terima kasih juga untuk membagikan kisah anda yang sebelumnya umat Katolik dan kemudian berpindah ke gereja Tiberias. Saya tidak tahu apa alasan Lucia untuk berpindah ke gereja Tiberias. Apakah Lucia berpindah karena alasan mencari kebenaran dengan sungguh-sungguh atau karena alasan pribadi. Hanya Tuhan dan Lucia yang dapat menjawab pertanyaan ini. Apakah sebelum pindah, Lucia benar-benar mencari tahu dan belajar apa yang sebenarnya diajarkan oleh Gereja Katolik? Saya mengundang Lucia untuk membaca artikel ini (silakan klik). Lucia mengatakan “saya diselamatkan Tuhan keluar dari katolik“. Dari pernyataan ini, maka seolah-olah, anda berpendapat bahwa… Read more »

lucia
lucia
Reply to  Stefanus Tay
13 years ago

terima kasih atas infonya. maaf sebelumnya ada artikel dari anda utk saya kembali ke katolik. Jawaban saya “Tidak”. di Gereja Tiberias inilah mata hati saya lebih terbuka apa yang harus saya lakukan untuk memuliakan Tuhan. saya pindah katolik bukan alasan pribadi tetapi mencari kebenaran Firman Tuhan, dan ternyata luar biasa setelah saya pindah saya diajarkan untuk puasa, baca Alkitab, hidup jujur, takut akan Tuhan. dari ini semua akhirnya Yesus memberikan saya bahasa roh yang belum pernah saya dapat akhirnya saya dapatkan, saya bangga. banyak mukjizat yang telah saya dapatnya. Ajaran yang diterapkan di Gereja Tiberias sesuai dengan di Alkitab, makanya… Read more »

Stefanus Tay
Admin
Reply to  lucia
13 years ago

Shalom Lucia, Terima kasih atas komentarnya. Adalah menjadi hak anda untuk tidak mau kembali kepada Gereja Katolik, dan adalah menjadi hak kami untuk memaparkan iman Gereja Katolik. Dan karena saya percaya bahwa perpindahan anda dari Gereja Katolik ke gereja non-Katolik adalah bukan karena alasan pribadi semata, namun terutama karena kerinduan untuk menemukan kebenaran, maka saya membuka diri kalau anda ingin berdiskusi tentang dogma dan doktrin Gereja Katolik. Anda dapat bergabung dalam diskusi di topik “Mengapa berpindah dari Gereja Katolik ke gereja lain” di sini (silakan klik). Di link tersebut anda dapat melihat point-point diskusi baik dari Sherly maupun Indah. Silakan… Read more »

Abraham Martinus Setyabudi
Abraham Martinus Setyabudi
Reply to  Stefanus Tay
13 years ago

Jangan ditanggapi Lucia, stefanus berbicara tidak hanya tentang Alkitab tetapi alkitab yang sudah ditambahi dengan ajaran2 manusia jadi ga bakal ketemu. hukuman menambahi firman Tuhan Sudah menanti di kitab wahyu. Kita berdoa aja untuk saudara kita stefanus agar dia hanya mendengar Firman Yang Benar dan murni. No Added

Stefanus Tay
Admin
Reply to  Abraham Martinus Setyabudi
13 years ago

Shalom Abraham, Terima kasih atas tanggapannya yang menyarankan orang lain untuk tidak menanggapi. Adalah menjadi hak anda dan Lucia untuk mau atau tidak menanggapi komentar yang diberikan oleh katolisitas. Dan saya yakin anda juga menyadari, bahwa menjadi hak katolisitas untuk menanggapi atau tidak menanggapi komentar yang masuk. Kalau anda memang beranggapan bahwa tulisan yang saya berikan tidaklah sesuai dengan Alkitab, maka anda dapat menunjukkan bagian mana dari tulisan saya yang bertentangan dengan Alkitab. Silakan bergabung dalam diskusi ini – silakan klik. Kalau anda percaya anda mendengarkan Firman yang benar dan murni, maka dibagian manakah dikatakan pengajaran Sola Scriptura dan bagaimana… Read more »

Alexander Pontoh
Alexander Pontoh
Reply to  Abraham Martinus Setyabudi
13 years ago

Bisa tolong dijelaskan ajaran-ajaran manusia yang anda maksud itu yang mana?

andrean
andrean
Reply to  Abraham Martinus Setyabudi
12 years ago

Belajar agama itu Pake Iman bukan Logika apalagi Emosi….

Aku percaya akan roh kudus
Gereja Katolik yang kudus
Persekutuan para kudus
Pengampunan dosa
Kebangkitan badan
Kehidupan kekal
Amin………

Salam Damai………

johanes
johanes
Reply to  lucia
14 years ago

@Lucia: Tolong beli dan baca buku berikut ini jika anda berminat mencari kebenaran dan keutuhan iman dalam Gereja Katolik : 1. MENGAPA SAYA BERPINDAH KE KATOLIK karya PENDETA DAVID B CURRIE (ada di Gramedia) 2. ROME SWEET HOME karya PENDETA SCOTT HANN (ada di Gramedia) 3. sementara dua buku ini sudah cukup buat Anda…. [dari katolisitas: 2 kalimat di hapus] Intinya: apakah Anda merasa diselamatkan oleh ajaran iman yang baru diajarkan oleh Tiberias 17 thn yg lalu…yang artinya Anda sekaligus menyetujui Tuhan Yesus membohongi jemaatNya selama hampir 2000 tahun!!!! dan sekaligus membuktikan Yesus adalah seorang pendusta karna Dia pernah bilang… Read more »

Sherly
Sherly
Reply to  johanes
14 years ago

Johanes, Inilah contohnya “IDOLATRY” yg anda lakukan. Jika melihat tulisan anda diatas, anda lebih mementingkan segi “MISTIK” dari ajaran gereja Katolik, daripada dengan “FAITH, HOPE and LOVE” yg diajarkan oleh Yesus Kristus sendiri. Saya melihat anda memandang agama sebagai sarana anda untuk “DIKUDUSKAN’ melalui ritual2 dan sakramen2 gereja. Ingatlah, Yesus Kristus datang kedunia bukan untuk membuat organisasi gereja yg penuh dengan ritual2 pemujaan, seperti konsekrasi dll. Tuhan Yesus rela didera untuk menggantikan kita didera. Sebenarnya, kita penuh dengan dosa2. Hanya dengan melanggar 1 perintah Allah saja sudah cukup untuk memasukkan kita ke neraka. Tuhan Yesus datang untuk menggantikan kita masuk… Read more »

Stefanus Tay
Admin
Reply to  Sherly
14 years ago

Shalom Sherly, Terima kasih atas tanggapannya. Saya mengusulkan agar anda memberikan bukti-bukti yang mendukung argumentasi anda, baik dari Alkitab maupun dari sisi sejarah, kalau anda mau, kita juga dapat berdiskusi tentang Sakramen Ekaristi dan perkembangannya. Pernyataan-pertanyaan yang tidak disertai bukti malah membuat posisi anda tidak baik. Saya juga percaya bahwa anda ingin memberikan bukti dari ayat-ayat di Alkitab, karena anda senantiasa mengatakan bahwa ajaran Gereja Katolik tidak mempunyai dasar Alkitab. Oleh karena itu, kalau anda memang mau berdiskusi tentang Sakramen Ekaristi, maka silakan berdiskusi di artikel tentang Ekaristi di salah satu artikel Ekaristi (1, 2, 3, 4). Di situ telah… Read more »

johanes
johanes
Reply to  Sherly
13 years ago

@sherly:anda menulis: Inilah contohnya “IDOLATRY” yg anda lakukan. Jika melihat tulisan anda diatas, anda lebih mementingkan segi “MISTIK” dari ajaran gereja Katolik, daripada dengan “FAITH, HOPE and LOVE” yg diajarkan oleh Yesus Kristus sendiri. Komentar: Maaf anda tidak akan bisa menilai iman ,harapan dan kasih yang ada dalam diri saya. jadi saya tidak memerlukan penilaian dari sdr. Cukup itu antara saya dan Tuhan saja dan Tuhan yang menilai saya . Idolatry menurut anda: Justru karena Tuhan mengajarkan Ekaresti sebagai Tubuh dan DarahNYa yang adalah TUHAN sendiri (sudah dijelaskan oleh Steff panjang lebar atas komentar km dan di bagian ekaresti) maka… Read more »

lucia
lucia
Reply to  johanes
13 years ago

Dear Pak Johanes, thanks atas infonya. apapun yg orang katakan buruk atau baik gereja Tiberias, tidak akan menggoyahkan kami utk pindah beibadah di tempat lain. Perjamuan Kudus tumpah, itu urusan manusianya dengan Tuhan, bukan gerejanya. anda maksud Pdt Pariadji, terserah anda mau bicara apa? toh Tiberias tidak pernah menjelekkan gereja lain. kami berdoa “Kami tolak dalam nama Yesus fitnah atas gereja dan keluarga”. gereja paroki cilangkap masih pakai tenda? anda bantu itu paroki, tidak usah urus gereja lain. ingat pak Yesus itu kaya. anak Tuhan Yesus diurapi? kuasa apa yang ada di katolik? sptnya tidak ada. Ingat, agama tidak membawa… Read more »

Stefanus Tay
Admin
Reply to  lucia
13 years ago

Shalom Lucia, Terima kasih atas komentarnya. Saya setuju bahwa kasus-kasus yang disebutkan adalah merupakan kasus yang dilakukan oleh oknum-oknum tertentu. Yang mungkin lebih esensial adalah diskusi apakah Kristus sendiri hadir secara nyata (Tubuh, Jiwa dan ke-Allahan-Nya) dalam setiap Perayaan Perjamuan Suci atau Ekaristi. Kalau anda mau, kita dapat berdiskusi tentang hal ini secara lebih mendalam. Kita tidak perlu memperpanjang diskusi masing-masing pribadi atau kasus-kasus yang terjadi di dalam gereja Tiberias maupun Gereja Katolik. Diskusi yang lebih esensial adalah tentang dogma dan doktrin. Tentang kasus yang anda sebutkan, saya tidak tahu kebenarannya dan kalaupun itu benar, anda tidak dapat menilai Gereja… Read more »

johanes
johanes
Reply to  lucia
13 years ago

@Lucia: apapun yg orang katakan buruk atau baik gereja Tiberias, tidak akan menggoyahkan kami utk pindah beibadah di tempat lain. Perjamuan Kudus tumpah, itu urusan manusianya dengan Tuhan, bukan gerejanya. (urusan manusianya tergantung bagaimana pengajaran dan gereja ini memandang Perjamuan Tuhan. Bagi anda sendiri: sesudah anda minum dari cup plastik yang berisi anggur /darah Tuhan , apa yang anda lakukan dengan cup itu? langsung membuangnya ke tong sampah bukan?Perlakuan selanjutnya apa atas cup itu? Mengapa? karena tidak ada tempat terhormat untuk menghargai perjamuan Tuhan sendiri padahal itu darahNya sendiri.Ingat , barang siapa yang tidak dengan hormat makan dan minum ia… Read more »

Stefanus Tay
Admin
Reply to  johanes
13 years ago

Shalom Lucia dan Johanes,
Terima kasih atas komentarnya. Diskusi akan menjadi substansial, kalau dapat didiskusikan apakah kita harus percaya bahwa Yesus hadir secara nyata (Tubuh, Jiwa, dan ke-Allahan-Nya) dalam setiap Perjamuan Suci / Ekaristi. Semua sikap-sikap yang lain adalah bergantung dari apa yang dipercayai tentang Ekaristi. Oleh karena itu, silakan bergabung di link ini (silakan klik). Hal-hal yang lain, mohon tidak perlu diperpanjang, karena pembahasan seperti itu tidak akan selesai dan tidak dapat membangun diskusi yang baik. Semoga dapat dimengerti.

Salam kasih dalam Kristus Tuhan,
stef – katolisitas.org

Adri Amanupunnjo
Adri Amanupunnjo
Reply to  johanes
13 years ago

Halo johanes, Saya mau tanya perjamuan yang benar itu yang mana? apa ekaristi yang begitu di banggakan oleh Gereja katolik? apa ekaristi atau perjamuan GK katolik itu sudah benar sesuai dengan yang Tuhan Yesus lakukan atau contohkan bersama2 murid2NYA. Yang saya lihat ekaristi di gereja katolik perjamuan khas cara gereja katolik buakan cara yg Tuhan Yesus lakukan btw kalau di gereja tiberias anggur yg melambagkan TY di buang bagai mana dengan GK pada saat ekaristi pastor makan dan minum perjamuan sedangkan jemaatnya hanya makan hosti lah anggurnya di habiskan ama siapa? pastor? maaf kenyataannya perjamuan di GK katolik tidak sesuai… Read more »

Stefanus Tay
Admin
Reply to  Adri Amanupunnjo
13 years ago

Shalom Adri A, Terima kasih atas komentarnya tentang Perjamuan Suci. Diskusi akan menjadi substansial, kalau anda dapat memberikan argumentasi apakah Perjamuan Suci di Mt 26:26-28 hanyalah sekedar simbol atau Kristus hadir secara nyata (Tubuh, Jiwa dan ke-Allahan-Nya). Untuk itu, saya mengundang anda untuk bergabung dalam diskusi ini di sini – silakan klik. Dalam link tersebut dibahas dasar-dasar Alkitab, etimologi, Tradisi Suci, dll. Dengan demikian, anda mempunyai kesempatan untuk membuktikan apakah yang sebenarnya diajarkan dalam Alkitab. Tentang mengapa dalam perayaan Ekaristi, umat dapat menerima Tubuh Kristus dan atau darah Kristus, anda dapat melihat pembahasannya di sini – silakan klik. Secara prinsip… Read more »

Abraham Martinus Setyabudi
Abraham Martinus Setyabudi
Reply to  johanes
13 years ago

@johanes Anda mengikuti sesuatu berdasarkan kesaksian orang lain, sekarang saya tanya gimana kalau orang bersaksi bahwa dia diselamatkan oleh seseorang selain Tuhan Yesus apa anda juga mengikutinya? Hanya firman saja yang benar, karena Yesus adalah firman yang menjadi manusia, dan Dia adalah kebenaran itu sendiri, Didalam dirinya tidak ada dusta, Kami di Tiberias diselamatkan oleh Yesus 2000 tahun yang lalu, dan kami di Tiberias baru baru menyadari kasih Tuhan Yang sangat besar ini, Yesus tidak pernah bohong tetapi manusia yang disusupi oleh penyesat yang bohong. Tetapi sayangnya di gereja anda perjamuan kudus sudah dikurangi menjadi Tubuh saja, bukannya darah Yesus… Read more »

Stefanus Tay
Admin
Reply to  Abraham Martinus Setyabudi
13 years ago

Shalom Abraham, Terima kasih atas komentarnya. Saya merasa bahwa diskusi yang memberikan contoh oknum-oknum tidak akan mempunyai substansi diskusi yang baik. Oleh karena itu, kalau anda ingin berdiskusi tentang Perjamuan Suci, saya mengundang anda untuk bergabung dalam diskusi ini (silakan klik). Dan tentang mengapa dalam Gereja Katolik sering diberikan Tubuh Kristus saja tidak beserta dengan Darah Kristus, telah dijawab di sini – silakan klik. Secara prinsip, Tubuh Kristus telah mengandung Darah Kristus. Silakan membaca link tersebut dan melanjutkan diskusi di link yang saya berikan. Diskusi akan lebih substansial kalau kita membahas lebih dalam tentang apakah kita percaya Yesus hadir secara… Read more »

jeanedith
jeanedith
Reply to  lucia
14 years ago

saya hanya bisa berdoa agar Tuhan memberikan jalan untuk anda bertobat [edit: agar] kembali ke Gereja Katolik.

Jeanedith

Felix Sugiharto
Felix Sugiharto
Reply to  lucia
14 years ago

Shalom Lucia Saya sangat… sangat prihatin sekali membaca penuturan anda, bahwa anda tadinya seorang Katolik kemudian menyeberang ke Gereja Tiberias, dengan anda menyebutkan nama komunitas tersebut lebih memudakam penyampaian pengalaman saya untuk berbagi rasa.. Disini saya tidak membicara kan “perbedaan sebuah agama” akan tetapi membagikan apa yang saya ketahui saja.. Saya di baptis di Gereja Katolik, pernah hampir 3 tahun lamanya berkecimpung di dalam komunitas ini bergaul kental dan bersukacita seperti yang anda rasakan. Alasannya saya sangat sederhana, yaitu: tidak lama setelah saya di Baptis, saya menanyakan kepada Pastor Paroki: “apa artinya Kehidupan Dalam Roh itu, Pastor ..?” kepada Pastor… Read more »

Sherly
Sherly
Reply to  Felix Sugiharto
14 years ago

Halo Felix, Untuk menanggapi komentar panjang saudara, saya lihat semua ajaran2 ekaristi adalah sama seperti law and order semata. Jikalau kita melanggar, maka kita salah. Dan untuk menjadi umat yg baik, maka kita haruslah menaati peraturan2nya. Tetapi jujur saja, pada saat ekaristi dilakukan – banyak org 2 yg pikirannya kemana2. hati mereka tidak menyatu dengan Tuhan. mereka hanyalah seperti patung, tepatnya seperti tentara yg harus mengikuti protokol2 gereja. Bagi saya, saya ke Gereja untuk mendekatkan diri dengan Tuhan. Selama saya ke gereja Katolik, saya menemukan kehampaan semata. Saya merasa kata2 yg kita ucapkan berkali2 dalam sakramen Ekaristi tidak mendekatkan saya… Read more »

Stefanus Tay
Admin
Reply to  Sherly
14 years ago

Shalom Sherly, Terima kasih atas komentarnya. Suatu “kebenaran” tidak menjadi “tidak benar” dengan kita percaya atau kita tidak percaya. Sama seperti kebenaran bahwa Yesus Tuhan tidak akan berubah walaupun 2/3 dari penduduk bumi ini tidak percaya bahwa Yesus adalah Tuhan. Oleh karena itu, kalau anda ingin berdiskusi tentang dogma dan doktrin Gereja Katolik berdasarkan pengalaman pribadi anda, maka diskusi tidak menyentuh permasalahan pokoknya, yaitu “Apakah benar-benar Yesus hadir – Tubuh, Jiwa dan ke-Allahan-Nya dalam setiap perayaan Ekaristi?” Kalau memang Yesus mengajarkan hal ini, maka sungguh kita berdosa kalau kita tahu namun tidak melakukannya. Jadi, diskusikanlah dengan memberikan argumentasi yang jelas… Read more »

Antonius
Antonius
Reply to  Sherly
14 years ago

Berkah Dalem,

Jujur, saya merasakan Berkah dan Berkat Tuhan yang luar biasa setiap ikut Ekaristi.
Amin.

Peace & Love.

Cisca
Cisca
Reply to  Sherly
14 years ago

Shalom saudara-saudara seiman, Ada rasa perih, sedih, malu, membaca artikel ini….mengapa ??? Agama adalah pengkotak2an yang dibuat oleh manusia. Pengkotak2an ini menggambarkan arogansi dari para pihak….yang merasa benar/paling benar, yg merasa terselamatkan, yang merasa terlepas dari kebodohan yg tidak sepantasnya, yang merasa itu salah, yang merasa itu tidak pantas….apakah ini semua ajaran dari Bapa kita di Surga? Bapa kita tidak pernah mengajarkan kita anak-anak Nya untuk saling bertikai, berargumen yang tiada juntrung nya, saling menyalahkan, saling merasa paling benar, saling merasa ini dan itu???? menyedihkan dan memilukan saudara-saudara ku. Saya bukan ahli agama, alkitabiah…saya hanyalah orang awam yang bodoh…tapi saya… Read more »

Sherly
Sherly
Reply to  Cisca
14 years ago

Halo Cisca, Saya melihat bahwa org2 Katolik merasa takut dengan banyaknya kepindahan umatnya ke Kristen, karena itu mereka merasa perlu untuk melakukan pembelaan diri/pembelaan terhadap agamanya – dengan menjabarkan hukum2 Kanon mereka ttp tdk dengan injil. Tetapi umat Kristen adalah sebaliknya. Saya tidak melihat ada umat Kristen yg mencoba menghalang2i umatnya untuk pindah ke agama Katolik. Mengapa??? Siapakah yg punya masalah, agama Katolik ataukah agama Kristen?? Mengapa org Katolik selalu tersinggung jikalau org2 Kristen mengungkapkan kebenaran? Tuhan Yesus berkata: John 8:32: Then you will know the truth, and the truth will set you free.” Mengapa takut dengan kebenarannya??? Bagaimana jika… Read more »

Stefanus Tay
Admin
Reply to  Sherly
13 years ago

Shalom Sherly, Terima kasih atas tanggapannya. Komentar seperti ini “Saya melihat bahwa org2 Katolik merasa takut dengan banyaknya kepindahan umatnya ke Kristen, karena itu mereka merasa perlu untuk melakukan pembelaan diri/pembelaan terhadap agamanya – dengan menjabarkan hukum2 Kanon mereka ttp tdk dengan injil. Tetapi umat Kristen adalah sebaliknya. Saya tidak melihat ada umat Kristen yg mencoba menghalang2i umatnya untuk pindah ke agama Katolik. Mengapa??? Siapakah yg punya masalah, agama Katolik ataukah agama Kristen?? Mengapa org Katolik selalu tersinggung jikalau org2 Kristen mengungkapkan kebenaran?” sebenarnya tidak perlu dituliskan, karena justru memperlemah anda, karena anda belum dapat memberikan bukti-bukti akan pernyataan tersebut.… Read more »

johanes
johanes
Reply to  Sherly
13 years ago

Sdr Sherly, mestinya anda tetap konsisten di diskusi “Mengapa berpindah dari Gereja Katolik ke gereja lain?” bukan lari ke sana ke mari kasih komentar. Saya melihat diskusi anda di topik di atas sudah dijawab dengan detail olah team katolisitas, tapi anda lebih banyak tidak menanggapi, malah berkomentar yang lain di sana sini di topik lain. seperti topik ini. [edit 3 kalimat]

Alexander Pontoh
Alexander Pontoh
Reply to  johanes
13 years ago

@ johanes : Kalau benar Sherly seperti itu, lebih baik kita tidak perlu lagi menanggapinya. Lebih baik menanggapi yang berbicara tidak seperti Sherly.

1. Kadang saya merasakan seperti ada kesamaan antara kefanatikan distributor MLM dengan kefanatikan orang Protestan.

2. sepertinya jg ada kesamaan antara KKR dengan Seminar Motivasi Perusahaan MLM.

itu yang saya rasakan dari Sherly. benar tidak ya?

Stefanus Tay
Admin
Reply to  Alexander Pontoh
13 years ago

Shalom Alexander, Terima kasih atas komentarnya. Memang kita melihat dua sisi yang berbeda. Di satu sisi, saudara/i kita dari Protestan begitu bersemangat, yang kadang terlihat menjadi sangat ngotot. Namun, di satu sisi lain, menjadi suatu kenyataan bahwa ada sebagian umat Katolik yang cenderung suam-suam kuku, yang tidak perduli akan imannya. Oleh karena itu, masing-masing dari kita harus berdoa agar Roh Kudus memberikan semangat kepada kita semua untuk menyebarkan kabar gembira dan pada saat yang bersamaan minta kepada Roh Kudus untuk memberikan kebijaksanaan kepada kita agar kita semua dapat menyampaikan kebenaran dengan bijaksana (prudence). Bagaimanapun juga, hanya Roh Kudus yang dapat… Read more »

johanes
johanes
Reply to  Sherly
13 years ago

:
anda menulis:
Mengapa org Katolik selalu tersinggung jikalau org2 Kristen mengungkapkan kebenaran?

Seharusnya pertanyaan ini anda tujukan kepada diri anda. anda renungkan dan anda jawab dengan jawaban jujur. di sini pertanyaan mu akan menjadi: mengapa orang Protestan (anda) selalu tersinggung jikalau org Katolik(Stef dan Ingrid) mengungkapkan kebenaran di https://www.katolisitas.org ? Coba lihat komentar komentar anda di berbagai topik . Kelihatan sekali siapa yang tersinggung dan siapa yang tidak tersinggung. Mungkin anda bisa menjawabnya sendiri.

tarsisiusdidik
tarsisiusdidik
Reply to  Sherly
13 years ago

saya adalah katholik sejak bayi dan itu adalah pilihan keturunan, dibesarkan di kalimantan sampai sma. selama saya menjadi muda mudi saya aktif di kegiatan gereja seperti mudika, koor, atau doa lingkungan. sSetelah tamat sma saya bersekolah di Yogyakarta karena di yogya saya kost dan jauh dari orangtua kadang-kadang saya merasa kesepian, meskipun begitu saya masih aktif ke gereja, Suatui hari saya jalan jalan di Malioboro berkenalan dengan seseorang kalau tidak salah dia seorang yang beragama protestan dari sekte mana saya agak lupa. setelah lama berkenalan saya diajak mengikuti kebaktian dengan menggunakan band sambil bersorak sorak dan jingkrat-jingkrat. karena saya tidak… Read more »

lucia
lucia
Reply to  Sherly
13 years ago

Dear Sherly, percuma sharing dengan agama lama. yang terpenting kita hidup baru dengan apa yang kita dapatkan sekarang. saya yakin kamu akan diberkati Tuhan Yesus 1000x ganda. saya sdh mantap 1000000000% keluar dari katolik. Saya cinta YESUS, saya bangga dng Gereja Tiberias. terima kasih gembala sidang kami Bpk. Pdt. Yesaya Pariadji kuasa di balik Perjamuan Kudus dan minyak Urapan, dahsyat. Pastur Price di Singapore yg telah merasakan jamahan Tuhan. begitupun Sherly anda akan menerima jamahan tsb. anda sekarang ibadah di gereja mana? oh ya om saya dewan paroki Maria Bunda Karmel minggu lalu keluar, pindah ke Gereja Bethel Indonesia, minggu… Read more »

Stefanus Tay
Admin
Reply to  lucia
13 years ago

Shalom Lucia, Terima kasih atas komentarnya. Mungkin perlu diluruskan, bahwa katolisitas.org adalah website yang memaparkan pengajaran Gereja Katolik. Sherly dan anda tidak mempercayai iman Katolik dan berusaha untuk berdiskusi dengan kami. Keinginan baik anda kami terima dengan tangan terbuka, sehingga terjadi dialog yang panjang dengan tim katolisitas. Silakan melihat dialog panjang tersebut di sini – silakan klik. Kalau anda merasa percuma untuk sharing dengan agama lain, itu adalah hak anda dan kami menghormati keputusan anda. Namun, kalau anda mau berdiskusi, kami dengan senang hati menerimanya. Adalah suatu kenyataan bahwa ada yang berpindah dari Gereja Katolik ke gereja lain, namun adalah… Read more »

Budi Darmawan Kusumo
Budi Darmawan Kusumo
Reply to  lucia
13 years ago

Shalom saudaraku Lucia

menurut saya justru itulah yang disayangkan ketika anda bertanya ‘anda sekarang ibadah di gereja mana ?’

karena perpecahan inilah,Gereja Katolik yang menyayangkan.karena pertanyaan – pertanyaan tersebut tidak pernah muncul di Gereja Katolik.Yang ada adalah pertanyaan, “anda di paroki mana ?” ( karena gerejanya tetap 1 ). kami rindu kalau seluruh umat kristiani bisa bersatu sehingga umat agama lain benar – benar takjub atas perbuatan YESUS

johanes
johanes
Reply to  lucia
13 years ago

@Lucia: Anda menulis sbb: percuma sharing dengan agama lama. yang terpenting kita hidup baru dengan apa yang kita dapatkan sekarang. komentar: Tidak ada yang memaksa anda sharing di sini, justru anda berdua yang pada awalnya berkunjung di sini dan mau bertanya kepada Steff dan Ingrid (mudah2an begitu) malah setelah dijawab dengan terurai kalian malah menjelek jelekkan iman Katolik. Ingat anda berdua lagi bertamu di rumah website Katolik yang jelas pasti berisi pengajaran katolik. [edit] Dengan sikap anda berdua yang terang terangan menjelekkan Katolik tidak membuat kami berkesan sedikitpun tentang protestan, meskipun anda memuat berita 1000orang pindah ke protestan. saya yakin… Read more »

Mr. Katro
Mr. Katro
Reply to  lucia
13 years ago

Lucia Wrote :
Saya cinta YESUS, saya bangga dng Gereja Tiberias.
terima kasih gembala sidang kami Bpk. Pdt. Yesaya Pariadji kuasa di balik Perjamuan Kudus dan minyak Urapan, dahsyat.
Pastur Price di Singapore yg telah merasakan jamahan Tuhan. begitupun Sherly anda akan menerima jamahan tsb.
————————————————————

Pusat ibadah Kristen bukanlah penggunaan Roh Kudus yang melimpah-limpah, bukan khotbah-khotbah yang hebat, bukan kemampuan berbahasa roh, bukan pula mujizat-mujizat dan urapan-urapan, melainkan Kurban Tubuh dan Darah Kristus, yaitu Ekaristi.

[dari katolisitas: silakan melanjutkan diskusi tentang Ekaristi di sini – silakan klik]

Abraham Martinus Setyabudi
Abraham Martinus Setyabudi
Reply to  lucia
13 years ago

& Lucia
Iya bener mereka orang2 bebal. Biar Tuhan sendiri yang mengubahkan mereka kita doa aja untuk mereka, Saya juga lagi berdoa untuk ortu saya yang masih terikat dengan gereja lama. dukung doa ya JBU Always

Stefanus Tay
Admin
Reply to  Abraham Martinus Setyabudi
13 years ago

Shalom Abraham Martinus,

Terima kasih atas tanggapannya dalam diskusi ini. Menurut pendapat saya, pernyataan yang menyatakan orang lain “bebal” tanpa memberikan argumentasi yang baik, sebenarnya justru memperlemah posisi anda. Oleh karena itu, kalau anda memang mau berdiskusi tentang berbagai doktrin Gereja Katolik, maka silakan untuk bergabung dalam diskusi antara saya dan Sherly – silakan klik dan Indah – silakan klik. Dalam dialog tersebut, anda mempunyai kesempatan untuk mengungkapkan argumentasi anda secara baik. Dan kalau orang tua anda beragama Katolik (yang anda sebut “gereja lama”) dan anda ingin mengubah agama mereka karena anda pandang iman Katolik adalah salah, maka saya bersedia berdiskusi dengan anda tentang berbagai topik sekitar iman Katolik. Dengan demikian, anda mempunyai kesempatan untuk mengemukakan keberatan tentang iman Katolik yang anda pandang salah. Semoga hal ini dapat diterima.

Salam kasih dalam Kristus Tuhan,
stef – katolisitas.org

lucia
lucia
Reply to  Felix Sugiharto
13 years ago

Dear Pak Felix, itulah keburukan katolik, mengatakan ‘MENYEBERANG KE GEREJA LAIN”. aneh tidak masuk akal. saya pengikut Yesus, bukan islam , kenapa anda komentar spt itu. anda bukan orang suci, anda orang berdosa sama spt saya. ingat kuasa Yesus lebih besar. saat saya pindah beribadah temen2 gereja dari katolik (dulu saya paroki kelurga kudus rawamangun) berdoa utk saya supaya kembali ke katolik, tp Yesus mengatakan melalui pergumulan doa saya dan menjawab “TIDAK”. saya harus tetap beribadah di Tiberias. gereja yg tidak ada kuasa, tidak akan maju. lihat dalam kurun waktu -/+ 17 tahun Yesus Memberkati Geraja Tiberias dengan luar biasa.… Read more »

Stefanus Tay
Admin
Reply to  lucia
13 years ago

Shalom Lucia, Terima kasih atas komentarnya. Adalah menjadi kenyataan bahwa yang berpindah ke gereja lain, ya memang berpindah atau menyeberang. Apapun perkataannya, tidak merubah kenyataan bahwa seseorang berpindah. Kalau anda memang telah membawa dalam doa bahwa anda harus tetap di Gereja Tiberias, maka itu adalah hak anda. Pertanyaan saya hanya satu: apakah sebelum anda pindah, anda benar-benar mempelajari kebenaran iman Katolik? Anda juga dapat berdiskusi tentang iman Katolik di website ini. Kalau anda telah tahu iman Gereja Katolik secara benar, maka anda tidak akan berpindah ke gereja lain. Kalau anda ingin berdiskusi secara mendalam tentang hal ini, dengan senang hati… Read more »

Alexander Pontoh
Alexander Pontoh
Reply to  Stefanus Tay
13 years ago

Dan… apakah buah-buah roh itu? apakah buah-buah roh itu sama dengan kekayaan materi? ataukah kekayaan materi adalah turunan (akibat/efek) dari buah-buah roh?

mungkin Pak Stef bisa membuat artikel ttg buah-buah roh.

Stefanus Tay
Admin
Reply to  Alexander Pontoh
13 years ago

Shalom Alexander Pontoh, Terima kasih atas tanggapannya. Nanti kalau waktu memungkinkan, tentu saja kami dapat membuat artikel ini. Namun buah-buah Roh sebenarnya dapat dirangkum dalam satu kata, yaitu kekudusan. Semua yang disebutkan di Galatia 5:22-23 “…buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri…” merupakan manifestasi dari kekudusan. Kita dapat melihat kaitannya dengan senandung kasih yang begitu indah di 1Kor 13. Kekudusan adalah kasih kepada Tuhan dan kasih kepada sesama atas dasar kasih kita kepada Tuhan. Kekudusan adalah kesempurnaan kasih, di mana memungkinkan kita untuk berpartisipasi secara penuh dalam kehidupan Trinitas. Jadi, kita dapat melihat… Read more »

Abraham Martinus Setyabudi
Abraham Martinus Setyabudi
Reply to  Stefanus Tay
13 years ago

@ stefanus
Tuhannya orang Katolik siapa? Kalau Tuhan Kami di Tiberias adalah Yesus, Yesus tidak pernah berkata iman katolik tetapi ia berkata imanmu telah menyelamatkanMu. Artinya iman yang percaya kepada Yesus dan bukan iman yang percaya terhadap apa yang dikatakan kepausan(gereja katolik). tunjukkan ayatnya iman katolik di alkitab dan tunjukkan pula kata katolik dalam alkitab. kalau ada saya kasih 10 juta. ha ha JBU

Stefanus Tay
Admin
Reply to  Abraham Martinus Setyabudi
13 years ago

Shalom Abraham, Terima kasih atas komentarnya. Kita mengakui bahwa Yesus adalah Tuhan, dan saya pikir hal seperti ini tidak perlu dipertanyakan. 1. Anda mengatakan “Yesus tidak pernah berkata iman katolik tetapi ia berkata imanmu telah menyelamatkanMu. Artinya iman yang percaya kepada Yesus dan bukan iman yang percaya terhadap apa yang dikatakan kepausan(gereja katolik)“ a. Memang Yesus berkata “imanmu telah menyelamatkanmu”. Dan iman ini memang bersumber pada Yesus. Namun, Yesus yang sama mengatakan “Sebab daging-Ku adalah benar-benar makanan dan darah-Ku adalah benar-benar minuman. 56 Barangsiapa makan daging-Ku dan minum darah-Ku, ia tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia. 57… Read more »

johanes
johanes
Reply to  lucia
13 years ago

: [edit 3 kalimat] Anda berbeda sama sekali sama stef dan ingrid di sini. Meskipun dicecar oleh pertanyaan mu dan pertanyaan lain yang bagi saya yang membacanya sudah membuat tensi darah naik tapi dibalas dengan kata kata yang menyejukkan hati. [edit]

hnc
hnc
Reply to  lucia
11 years ago

Dear Lucia, Semua pengertian yang kita dapatkan adalah karena kasih karunia Tuhan YESUS, bukan karena kita lebih baik dari saudara kita yang Katolik. Hati-hati, jangan sampai kita terjebak dalam jerat iblis dan jatuh dalam kesombongan rohani serta menghakimi orang lain. Tugas kita hanya menyampaikan kebenaran, bukan membandingkan diri kita dengan orang lain ‘siapa yang lebih baik’. Tuhan YESUS memberkati [dari katolisitas: Banyak orang menganggap bahwa pengertian yang didapatkan adalah tidak mungkin salah dan berasal dari Yesus. Pertanyaannya apakah yang menjamin pengertian tersebut adalah benar dan apakah parameternya? Bagaimana kalau terjadi perbedaan pendapat antara sesama umat Kristen yang mendasarkan pengajaran mereka… Read more »

hnc
hnc
Reply to  hnc
11 years ago

@ Katolisitas : Memang benar yg anda katakan. Saya sendiri tidak menganggap diri sendiri paling benar karena bisa saja saya salah mengerti tentang sesuatu hal. Yang bisa dilakukan hanya terus minta Roh Kudus untuk memimpin dalam kebenaran. Tuhan YESUS sendiri berjanji akan mengajarkan segala sesuatu lewat Roh Kudusnya (Yoh. 14:26) dan akan menuntun kita dalam kebenaran bila kita mencarinya (Mat. 5:6). @ Lucia : Yg saya maksudkan : Semua yg sudah kita lakukan, semua kesanggupan adalah dari Tuhan melalui Roh Kudusnya. Jangan sampai kita melihat hasil yg dicapai dan merasa kita lebih baik dari orang lain serta lupa bahwa semuanya… Read more »

Hamba Tuhan
Hamba Tuhan
Reply to  bejo
14 years ago

mohon maaf bila saya sedikit mengomentari anda saudara bejo. bagi saya hanya orang2 tidak mempunyai otak normal saja yg mau menyembah patung. tidak ada satu orangpun yg mau menyembah benda yg tidak mampu bergerak seperti patung. dan sungguh aneh bila melihat keluaran 20:4 diartikan sebagai patung sebenarnya karena tidak mungkin Allah begitu khawatir dengan patung sehingga melarang umatnya untuk membuat patung yg kemudian disembah. Allah tidak mungkin bersaing dengan benda mati yg tidak mampu melakukan apa2. patung disini tentu saja diartikan sebagai patung yg dianggap sebagai perwujudan Tuhan yg kemudian disembahw layaknya Tuhan sebenarnya. keluaran 20:4 dapat diartikan bahwa Allah… Read more »

Hamba Tuhan
Hamba Tuhan
Reply to  Ingrid Listiati
14 years ago

terimakasih kepada saudari Inggrid atas jawabannya. saya sangat mengapresiasi anda dan sangat berharap diskusi ini akan jadi sangat menarik. dari diskusi dengan beberapa orang katolik, saya lihat mereka menggunakan argumen2 yg ada dalam situs ini dalam menjelaskan diskusi mereka. cuma sayang, karena mereka cuma bisa mengcopy paste saja, maka ketika diskusi semakin diperdalam, maka ketidakmengertian mereka semakin kelihatan sehingga mereka tidak bisa menjelaskan argumen2 yg mereka copypaste yg ada dalam situs ini. akhirnya yg terjadi adalah penyerangan terhadap diri saya yg dianggap berusaha merusak keimanan katolik. setelah mempelajari alkitab, banyak hipotesa2 dalam otak saya yg harus saya uji dengan orang2… Read more »

yunus
yunus
Reply to  bejo
14 years ago

salam Bejo
anda ternyata tidak membaca secara jelas apa yg dijelaskan oleh ibu Inggrid dengan segala bahan pertimbangan mohon dibaca sekali lagi
trimakasih

Thomas Rudianto
Thomas Rudianto
14 years ago

Syalom, Sia-sialah “perjuangan” anda yang berusaha keras meluruskan apa yang bengkok dalam pandangan seseorang (non-katolik/pendeta/dll) yang sedari awal memang sudah salah menafsirkan kitab suci. Mereka (yang non-katolik), mayoritas memang punya pandangan miring dan sinis tentang apa yang kita imani di dalam gereja katolik, antara lain: (1) tentang romo yang tidak menikah, menurut mereka berarti tidak normal dan mengingkari kodrat manusia (2) tentang pengampunan dosa, mereka mengatakan itu menghujat Tuhan (3) tentang Bunda Maria, mereka mengatakan mana mungkin bisa dikatakan tetap perawan padahal pernah melahirkan (4) tentang Tritunggal, mereka mengatakan orang katolik hebat, punya 3 Tuhan (5) tentang patung, mereka mengatakan… Read more »

Stefanus Tay
Admin
Reply to  Thomas Rudianto
14 years ago

Shalom Thomas, Terima kasih atas tanggapannya tentang surat yang kami kirimkan kepada pendeta. Mungkin perlu kami luruskan, bahwa kami melakukan hal tersebut tanpa emosi, namun hanya didasarkan akan perlunya umat Katolik untuk memberitakan kebenaran, yang seringkali salah dimengerti oleh umat dari agama lain. Memang ada sebagian umat non-Katolik yang mempunyai pandangan miring kepada pengajaran Gereja Katolik, namun ada banyak di antara mereka mempunyai pandangan dan persepsi yang salah akan pengajaran Gereja Katolik. Oleh karena itu, kami mempunyai pandangan yang sama dengan Thomas, bahwa dalam kondisi yang memungkinkan, kami mencoba untuk menerangkan apa sebenarnya yang dipercaya oleh Gereja Katolik. Dan kita… Read more »

nevigo
nevigo
Reply to  Thomas Rudianto
14 years ago

maaf saudara Thomas Rudianto,anda mengaku orang katholik yang pintar,dan tidak emosi dalam menanggapi kasus keraguan umat non-katholik. Nah klo pinter semestinya anda membantu menyatukan kembali yang telah pecah,bukannya membuat makin pecah. Saya seorang Kristen Protestan,dan anda secara tidak sopan melecehkan agama Qta. Qta tuh bersaudara Thomas, jadi anda itu yang seharusnya lebih bijak, jangan berani komentar dulu sebelum tau informasi yang penuh.. Saya bukan bermaksud mengintimidasi saudara Thomas, cuma saran aja, coba deh saudara thomas berkomunikasi dengan orang2 diluar dari lingkungan saudara thomas, Trus baca lagi komentar mas thomas ini..nanti saudara thomas juga sadar apa yang saudara lakukan. PS: bergaul… Read more »

lucia
lucia
Reply to  nevigo
13 years ago

Dear Nevigo, benar sekali yg anda komentarkan. saya setuju. katolik itu merasa bahwa agama mereka The Best? pdhal Yesus datang bukan bawa2 agama, dalam arti kata dangkal sekali pemikiran mereka. hanya berpikir di luar katolik tdk benar! aneh bukan!!! memang orang katolik tuh mustinya gaul dong dng agama lain, tp pengalaman pribadi saya, saat katolik gabung dengan komunitas Pantekosta, Karismatik dll, mereka tidak bisa bicara apa2 diam 1000 bahasa, mereka tidak mengerti, mungkin aliran Pantekosta, Karismatik dll ketinggian kali ya ilmunya karena mereka musti benar2 mengerti dan diterapkan dalam hidup. katolik hanya bisanya salam maria, devosi maria dll. memangnya ada… Read more »

Stefanus Tay
Admin
Reply to  lucia
13 years ago

Shalom Lucia, Terima kasih atas komentar-komentarnya. Saya minta maaf bahwa komentar-komentar anda yang lain tidak dapat saya masukkan, karena tidak memberikan argumentasi yang baik dan tidak mempunyai diskusi dogma maupun doktrin. Adalah sangat mudah untuk memberikan tuduhan-tuduhan. Contoh komentar anda di atas, tidaklah didukung dengan argumentasi yang baik. Di site ini, anda mempunyai kesempatan untuk membuktikan keyakinan anda yang ingin membuktikan bahwa banyak pengajaran Gereja Katolik yang salah. Namun, untuk membuktikan hal ini, anda harus memberikan argumentasi yang baik, dengan disertai bukti-bukti dari Alkitab. Dengan demikian, maka akan terjadi dialog yang membangun. Menurut saya, diskusi akan menjadi substansial, jika anda… Read more »

lucia
lucia
Reply to  Thomas Rudianto
14 years ago

kita tdk pernah mengatakan berperang. itu lah istilah orang katolik. sekarang secara logika : gereja katolik +/- sdh 100 thn, Gereja Tiberias Indonesia +/- 17 thn, tp Tuhan pakai Gereja Tiberias luar biasa. anda bisa baca majalah gereja / Ensiklopedia di Indonesia, jemaat yg memiliki perkembangan jumlah jemaat terbesar adalah Tiberias. banyak kan gereja katolik yg masih di tenda-tenda? makanya banyak2 berdoa. Yesus itu kaya, gak mungkin dong orang2 yg percaya dng-Nya miskin? Ir. Ciputra (yg punya Mal Ciputra), dulu katolik, skrng evangelis di Tiberias, kenapa? di doakan oleh Pdt Tiberias, sembuh dalam nama Yesus … Doa orang/gereja benar besar… Read more »

Stefanus Tay
Admin
Reply to  lucia
14 years ago

Shalom Lucia, Terima kasih atas komentarnya. Memang istilah perang tidak dapat digunakan. Tentang data Gereja Katolik dan Gereja Tiberias, saya tidak ingin berkomentar lebih jauh, karena terlalu banyak data yang tidak akurat yang diberikan oleh Lucia. Mungkin Lucia dapat melihat link di sini (silakan klik) dan juga link ini (silakan klik). Dan silakan Lucia mempelajari lagi data-data tentang karya-karya yang dilakukan, baik dari sisi sekolah, rumah sakit, karya-karya sosial lain di Indonesia, dan juga dari banyaknya Gereja Katolik di Indonesia, serta jumlah umat Gereja Katolik. Apakah ada yang perlu ditingkatkan oleh Gereja Katolik di Indonesia? Tentu saja ada banyak hal… Read more »

Sunjoyo
Sunjoyo
Reply to  Stefanus Tay
14 years ago

Shalom P.Stef dan sdri Lucia. Saya sangat setuju bahwa kesembuhan fisik memang bermanfaat dan membuat orang yang mengalami menjadi gembira dan memuji Tuhan, tetapi kesembuhan rohani lah yang sangat diharapkan oleh Tuhan. Seandainya sdri Lucia berkenan, luangkanlah waktu untuk pergi ke pertapaan karmel di Tumpang-Malang tiap minggu ketiga. Disana sdri Lucia akan mendapatkan bahwa di gereja Katolik juga terjadi banyak kesembuhan. Seorang teman saya menderita tumor jinak di tulang punggung, kakaknya perempuan menderita tumor ganas kandungan stadium 3, dan saya sendiri menderita alergi kulit akut dimana saya tidak bisa bersentuhan dengan bahan karet dan plastik. Dan kami semua telah mengalami… Read more »

johanes
johanes
Reply to  lucia
14 years ago

@sdr Lucia: [edit] Anda tidak bercerita kenapa Pdt Gilbert Lumoindong dan beberapa pendeta lain hengkang dari Gereja Tiberias? [edit] .sepertinya Ir.Ciputra yang membuat anda bangga dengan Tiberias dibandingkan dengan Tuhan Yesus, Bunda Maria, Semua orang Kudus, Para martir dan Rasul….
[edit]

lucia
lucia
Reply to  johanes
13 years ago

Pdt. Gilbert sdh memiliki gereja sendiri. gereja nya di Gedung Marina Kelapa Gading.

saya tdk bangga dng ciputra? memang anda malaikat? lihat dong konteks nya? saya bangga dan Cinta YESUS. saya tidak bangga dengan maria. siapa dia?

saya bangga dng Tiberias karena disitu jemaat hanya boleh menyembah YESUS sang JURUSELAMAT !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! tidak ada maria …..

anda salah besar, tdk ada manusia yg kudus entah itu martir ato apapun jg , hanya YESUS, INGAT !!!!!

wah spt nya anda musti banyak belajar ya?

Stefanus Tay
Admin
Reply to  lucia
13 years ago

Shalom Lucia,
Anda salah besar kalau mengira umat Katolik menyembah Maria. Umat Katolik tahu bahwa Maria adalah mahluk ciptaan yang istimewa, sehingga umat Katolik menghormatinya, namun tidak menyembahnya. Umat Katolik juga tahu bahwa penyembahan hanya ditujukan kepada Tuhan semata. Kalau anda ingin berdiskusi tentang hal ini, silakan memberikan argumentasi yang baik dan terstruktur. Semoga dapat diterima.

Salam kasih dalam Kristus Tuhan,
stef – katolisitas.org

johanes
johanes
Reply to  lucia
13 years ago

@Lucia: Jangan emosi bu…tenang aja.kan kita berdiskusi? katanya murid Yesus harus punya kasih. Ayo kita praktekkan ajaran ini.bukan hanya di bibir saja. Dan katanya buah roh itu salah satunya adalah kasih. Mari kita menghasilkan buah buah roh itu. Mengenai Pdt. Gilbert, saya tahu dia sudah punya gereja sendiri.(Tapi Gereja Katolik punyanya Tuhan lho?. Bukan punya pastor tertentu. dan tidak didirikan oleh pastor manapun) Tapi hendaknya anda menyelidiki lebih saksama: mengapa dia bisa sampai punya gereja sendiri yang terpisah dari induknya Gereja Tiberias? Mengapa tidak bersama2 di Tiberias? Mengapa sampai itu terjadi? Salah siapahkah? Apa Tuhan Yesus salah berdoa untuk persatuan… Read more »

Budi Darmawan Kusumo
Budi Darmawan Kusumo
Reply to  lucia
13 years ago

Shalom saudaraku Lucia, saya akan mengutip beberapa dari perkataan anda dan memberikan sedikit tanggapan : Lucia Pdt. Gilbert sdh memiliki gereja sendiri. gereja nya di Gedung Marina Kelapa Gading. Tanggapan : Semoga TUHAN YESUS selalu memberikan yang terbaik bagi beliau dan BUNDA MARIA selalu menuntunnya kepada kebenaran putraNYA. Lucia saya tdk bangga dng ciputra? Tanggapan : karena terlihat dari perkataan anda bahwa anda bercerita tentang ir.ciputra, bukan YESUS yang merubah ciputra, sehingga kesannya anda lebih bangga terhadap ciputra. tapi ini bukan jadi masalah karena anda sudah meluruskan pengertian yang benar. Lucia memang anda malaikat? lihat dong konteks nya? Tanggapan :… Read more »

Lucia
Lucia
Reply to  Budi Darmawan Kusumo
13 years ago

Dear Pak Budi,

thanks for your comment.

I appreciated you.

GBU

Alexander Pontoh
Alexander Pontoh
Reply to  Budi Darmawan Kusumo
13 years ago

Mantep Ko ! sering2 dateng pigi website ini. mbantu ndingino orang2 seng wes kepanasen nde sini.

[dari katolisitas: mohon lain kali dapat menggunakan Bahasa Indonesia yang baku, sehingga semua pembaca dapat mengerti]

thomas vernando
thomas vernando
Reply to  lucia
13 years ago

@Lucia [edit] Bunda Maria siapa? dialah Bunda Allah..Bunda Yesus..dan Bunda Umat beriman. https://katolisitas.org/2009/08/19/sejak-kapan-protestan-percaya-bahwa-bunda-maria-adalah-orang-kudus/ (coba anda baca yang ini saja, maaf kalo sudah) oy, kalo anda ingin menyalahkan Gereja.. salahkan pendirinya, kenapa Dia mendirikan Gereja di atas rasul Petrus, bukan di atas pendeta anda.. Santo Agustinus pernah berkata “Outside the Church you can have everything – except salvation…. You can have dignity [of bishop], you can have the sacrament [baptism], you can sing Alleluia, you can answer Amen, you can hold the Gospel [in your hand], you can have and preach the faith in the name of the Father and the… Read more »

Mr. Katro
Mr. Katro
Reply to  lucia
13 years ago

Lucia Wrote : saya bangga dng Tiberias karena disitu jemaat hanya boleh menyembah YESUS sang JURUSELAMAT !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! tidak ada maria ….. anda salah besar, tdk ada manusia yg kudus entah itu martir ato apapun jg , hanya YESUS, INGAT !!!!! ————————————————————————— Bunda Maria adalah Perawan Suci, Allah sendiri yang mengkuduskan Bunda Maria sebelum Yesus tinggal dalam rahim Bunda Maria, mengapa? Kodrat Allah adalah suci, sementara manusia sudah berdosa karena tercemar dosa Adam dan Hawa ; Suci dan dosa tidak dapat bersatu, jika Bunda Maria tidak suci, maka mungkinkah Yesus (yang adalah Allah yang suci) dapat tinggal dalam rahim yang penuh… Read more »

thomas trika
thomas trika
Reply to  lucia
13 years ago

Sdr ku Lucia, Saya senang melihat diskusi ini begitu mengalir, walaupun ada ‘ketegangan-ketegangan’ disana-sini. Gak masalah. Yang penting kita semua bersaudara kan ? Dan semoga kuasa Roh Kudus membimbing kita terus dalam diskusi-diskusi ini. Tapi, mohon maaf sebelumnya, kalau saya mau “menegur” Anda dengan komen Anda yg bunyinya “saya bangga dan Cinta YESUS. saya tidak bangga dengan maria. siapa dia?” Mohon dengan sangat teguran saya ini diterima dengan rendah hati ya, karena saya sedih sekali Anda menulis demikian. Sdri ku Lucia, saya saja seorang pria yang dilahirkan dari rahim seorang ibu yang walaupun dengan segala ketidak-sempurnaannya, tetap bangga, mencintai &… Read more »

tarsisiusdidik
tarsisiusdidik
Reply to  lucia
13 years ago

Dear Ibu Lucy. Siapa bilang Ciputra itu Katholik, setahu saya dia cuma semasa sma sekolah di sekolah katholik di Manado namanya Don Bosco. dia tidak katholik, saya tahu banyak tentang dia. Anda lupa Yesus dulu lahir dimana? di kandang kan tidak dihotel; siapa yang pertama mengetahui kelahiraanNya? para gembala yang miskin kan bukan orang orang kaya atau herodes yang berkuasa…. [dari Katolisitas: kami edit]

thomas trika
thomas trika
Reply to  lucia
13 years ago

Sdri ku Lucia, Nah ini saya senang bacanya nih, mengenai fenomena banyak-nya umat Katolik yang masih harus beribadah di tenda-tenda/atau sarana-sarana pertemuan lain yg non-permanen.. Sedih ya dengarnya ? Saya juga sempat miris. Dan saya ingat saya sempat tanyakan mgn hal ini ke pastor paroki saya swkt saya ngobrol dengan beliau, “kenapa kok banyak umat Katolik yang harus misa di tenda atau bangunan setengah-jadi (atau malah gak jadi-jadi, he..he.) atau tempat2 yang non-permanen sih romo?. Kenapa kita nggak sewa tempat aja di mal-mal atau gedung-gedung seperti saudara-saudara kita yang dari Protestan? apa susahnya ? dana ?” Eh jawabannya khas banget… Read more »

wahyu nugroho
wahyu nugroho
14 years ago

saya mau tanya kenapa di gereja katolik tu banyak patung kristus, bunda maria, yusuf dan para orang kudus? itu maksudnya apa? terus kenapa orang kristen kebanyakan tidak seperti di katolik meneladani bunda maria?

lucia
lucia
Reply to  wahyu nugroho
13 years ago

Dear Pak Tarsisius,

saya dinner dengan beliau & istri (Ibu Dian Ciputra) bersama 10 orang & 3 orang pendeta di Mercantile. kami sharing. beliau mengungkapkan ucapan syukur kepada Yesus.

ciputra itu dulu katolik. apakah anda pernah ketemu muka langsung & sharing? jng menebak-nebak. A ya A, B ya B.

intinya dari sharing tsb Yesus sangat baik, mengasihi kami.
kami bangga bisa keluar dari agama lama.

Stefanus Tay
Admin
Reply to  lucia
13 years ago

Shalom Lucia, Terima kasih atas komentarnya. Saya tidak akan mempermasalahkan apakah dia sebelumnya Katolik atau bukan. Namun, saya tidak tahu alasan kepindahannya. Kalau memang anda senantiasa mengatakan bahwa Gereja Katolik salah dan lama, maka kita dapat berdiskusi tentang doktrin dan dogma dari Gereja Katolik. Anda juga dapat bergabung dalam diskusi dengan beberapa orang yang berpindah dari Gereja Katolik ke gereja lain di sini – silakan klik. Saya yakin anda bukan bangga karena sekedar keluar dari Gereja Katolik, namun anda bangga karena menemukan kebenaran. Oleh karena itu, kalau anda mau, kita dapat mendiskusikan kebenaran yang anda temukan. Bacalah dulu beberapa diskusi… Read more »

Budi Darmawan Kusumo
Budi Darmawan Kusumo
Reply to  lucia
13 years ago

Shalom Saudaraku Lucia. Kalau melihat post anda, saya merasa anda bangga dengan adanya orang – orang ‘terkenal’ secara dunia untuk keluar dari gereja Katolik. Hal ini tidak bisa menjadi tolok ukur kebenaran, karena yang dilihat YESUS adalah hati dan kebenaran orang itu. Kalau hanya melihat materi dan keterkenalan. orang terkaya nomer 1 di dunia ( yang dari mexico ) saya lupa namanya ( yang mengalahkan BILL GATES ), itu adalah orang katolik. Pak CIPUTRA memang orang hebat, tapi kehebatannya di segi bisnis. bukan doktrin dan kebenaran atau dalam segi agama. jadi menurut saya kepindahan Pak Ciputra itu tidak akan mempengaruhi… Read more »

tarsisiusdidik
tarsisiusdidik
Reply to  lucia
13 years ago

Maaf Ibu Lucia saya juga sangat bangga tidak menjadi Protestan, karena agama yang dibuat manusia. Dulu keluarga kami protestan, sayalah yang pertama masuk katholik kemudian diikuti oleh semua keluarga saya. trima kasih YESUS Engkau sudah membimbingku Trimakasih BUNDA MARIA Engkau sudah menjadi teladan hidup untuk menemukan kembali jalan yang benar. Saya sudah berapa kali mendengar kesaksian langsung bapak Ciputra. beliau adalah cuma ex sma DONBOSCO MANADO. Dia dari dulu memang bukan katholik. Katholik yang sudah paham betul tentang DOGMA KATOLIK tidak akan pernah pindah pindah kekandang lain, kecuali katolik-katolikan. Saya sangat bangga dengan pendeta-pendeta protestan yang ada di Amerika kemudian… Read more »

Adri Amanupunnjo
Adri Amanupunnjo
Reply to  tarsisiusdidik
13 years ago

Salam Kasih didik, Sayang ya kalau hanya bicara soal agama kayanya anda lebih senang dan bangga mempunyai agama katolik ( nothing wrong about that ) dan sepertinya gereja katolik tidak suka pada gereja protestan, apakah agama itu menyelamatkan? atau apakah katolik itu bisa menyelamatkan? nanti sama kaya orang muslim yg begitu bangga akan agamanya seharusnya anda berbangga kalau anda punya Tuhan Yesus itu yang membedakan orang percaya dan tidak percaya, apakah kalau gereja protestan tidak percaya pada doktrin gereja katolik membuat gereja2 protestan salah karena kita berbicara Tuhan yang sama Roh kudus yang sama Bapa yang sama yang membedakan adalah… Read more »

Stefanus Tay
Admin
Reply to  Adri Amanupunnjo
13 years ago

Shalom Adri A, Terima kasih atas komentarnya. Berikut ini adalah jawaban yang dapat saya berikan: 1. Untuk mengerti sikap Gereja Katolik kepada gereja-gereja lain, maka anda dapat membaca dokumen Vatikan II: 15. (Hubungan gereja dengan orang kristen bukan katolik) Gereja tahu, bahwa karena banyak alasan ia berhubungan dengan mereka, yang karena dibaptis mengemban nama kristen, tetapi tidak mengakui ajaran iman seutuhnya atau tidak memelihara kesatuan persekutuan dibawah Pengganti Petrus[28]. Sebab memang banyaklah yang menghormati Kitab suci sebagai tolak ukur iman dan kehidupan, menunjukkan semangat keagamaan yang sejati, penuh kasih beriman akan Allah Bapa yang mahakuasa dan akan Kristus, Putera Allah… Read more »

Didik Tarsisius
Didik Tarsisius
Reply to  Adri Amanupunnjo
13 years ago

Maaf pak Adri kami orang katolik tidak pernah diajarkan mendewa dewakan agama, kami percaya pada Yesus sebagai juru slamat, justru kami merasa didoakan oleh Bunda Maria dan para kudus. itu sesuai dengan pengakuan iman kami. Kami memang harus bangga dengan agama Katholik karna hanya agama katholiklah yang didirikan oleh para rasul, bapa gereja, ini sesuai dengan Firman Yesus sendiri, saya kira pejelasan ini sudah banyak diutarakan di situs ini. tergantung bagaimana kita menanggapinya. Wah pegalaman kita hampir sama, istri saya dulu potestant tapi sekarang puji Tuhan dia sudah pulang kerumahnya home sweet rome. dan sekarang ikut aktif sebagai wanita katholik.… Read more »

Budi Darmawan Kusumo
Budi Darmawan Kusumo
Reply to  Adri Amanupunnjo
13 years ago

Shalom saudaraku Adri, saya akan memberi beberapa tanggapan atas pernyataan anda. Adri : dan sepertinya gereja katolik tidak suka pada gereja protestan ? Budi : Hal ini adalah hal yang sangat objektif [dari katolisitas: mungkin maksudnya subyektif], sama seperti ketika anda berkata, “sepertinya orang muslim tidak suka pada orang kristen”. jadi menurut saya kata – kata ini tidak perlu dituliskan. coba anda cari data – data digoogle pertengkaran antara KRISTEN & ISLAM dibandingkan dengan KATOLIK & ISLAM, maka anda akan melihat kenyataan yang mengejutkan, mana yang lebih agresif dari AGAMA KRISTIANI ? Adri: saya punya istri seorang katolik yang karismatik… Read more »

Alexander Pontoh
Alexander Pontoh
Reply to  lucia
13 years ago

Bu Lucia… Beliau (Pak Ciputra) mengungkapkan ucapan syukur kepada Yesus. Kita umat Katolik juga mengucap syukur kepada Yesus.

saya mencurigai anda memiliki pandangan kalau umat Katolik tidak menyembah Bapa, Putera (Yesus) dan Roh Kudus tetapi menyembah Maria dan orang-orang Kudus (santo santa).

benarkah kecurigaan saya?

Stefanus Tay
Admin
Reply to  Alexander Pontoh
13 years ago

Shalom Lucia dan rekan-rekan semua, Terima kasih atas partisipasinya dalam diskusi ini. Namun, dengan sangat menyesal, saya tidak dapat memasukkan komentar-komentar yang kurang dapat membangun diskusi yang membangun. Lucia, saya rasa anda telah cukup banyak mengekspresikan kebanggaan anda akan gereja Tiberias dan menyatakan bahwa ajaran dari Gereja Katolik adalah sesat. Hal ini tidak saya permasalahkan, karena memang ini semua adalah hak anda. Namun, pernyataan yang tidak disertai argumentasi justru memperlemah pernyataan anda. Oleh karena itu, kalau anda memang berniat berdiskusi secara sungguh-sungguh dan mendalam, pilihlah salah satu dogma dan doktrin dari Gereja Katolik yang sungguh tidak dapat anda terima. Kita… Read more »

lucia
lucia
Reply to  wahyu nugroho
13 years ago

Dear Wahyu,

katolik adalah agama lama.

semua manusia yg lahir ke bumi berdosa, kecuali YESUS yg lahir ke dunia 2000 years ago.

lahirnya protestan karena tidak setuju dengan ajaran katolik, mungkin bertentangan dengan Alkitab. makanya di protestan tdk mengenal maria.

yang patut diteladani adalah Yesus bukan maria.

GBU

Stefanus Tay
Admin
Reply to  lucia
13 years ago

Shalom Lucia, Terima kasih atas komentarnya. Saya pikir, daripada mengatakan bahwa Katolik adalah agama lama, diskusi akan lebih substansial dan membangun dengan memberikan argumentasi tentang dogma dan doktrin. Lagipula, sesuatu yang lama bukan berarti tidak benar. Kalau anda mau berdiskusi tentang lahirnya Protestan, kita juga dapat membahasnya lebih dalam. Yang paling penting di sini adalah memberikan alasan atau argumentasi yang baik, sehingga tidak hanya mengatakan “yang patut diteladani adalah Yesus bukan maria.“. Anda sendiri berbangga terhadap pendeta anda dan mungkin ingin meneladani beliau. Jadi, tidak ada yang salah dalam meneladani Maria, karena Maria telah menunjukkan bahwa walaupun dia adalah mahluk… Read more »

Budi Darmawan Kusumo
Budi Darmawan Kusumo
Reply to  lucia
13 years ago

Katolik adalah agama lama ?

Kebenaran, baik itu lama, baru, usang atau akan datang. yang namanya kebenaran ya kebenaran dan tidak bisa diganggu gugat. sama seperti YESUS yang tetap dari dulu sekarang dan selamanya.

Lucia :
ahirnya protestan karena tidak setuju dengan ajaran katolik, MUNGKIN bertentangan dengan Alkitab. makanya di protestan tdk mengenal maria.

Budi:
dari kata – kata anda sendiri anda mengatakan bahwa mungkin, berarti anda sendiri tidak jelas informasinya. alangkah baiknya kalau dicari informasi terlebih dahulu baru berpendapat, sehingga terjadi dialog yang baik

haini
haini
14 years ago

isi sebuah doa yang baik menurut versi katolik bagaimana mengandung unsur-unsur apa saja!mohon penjelasan.

chmel
chmel
14 years ago

Selamat Paskah…
saya mau bertanya tentang pemberian sesajian kepada leluhur atau anggota keluarga yang meninggal yang saat ini masih dilakukan oleh sekelompok umat katolik.apakah itu dibenarkan oleh gereja? kalo tidak apakah dasar dalam kitab suci yang melarang kebiasaan itu? terima kasih

Abraham Martinus Setyabudi
Abraham Martinus Setyabudi
Reply to  Ingrid Listiati
13 years ago

@ ingrid hebat ya katolik semua umatnya mempunyai wewenang bilang boleh atau ga tapi tidak berdasarkan firman Tuhan. sekarang saya tanya, semua orang mati di katolik pasti didoakan arwah kan? jadi semua orang katolik masuk api pencucian? kasian banget umat katolik. mau kesurga aja harus dibakar dulu? apa ga gosong? anda yakin dengan doa anda yang salah bisa menghantar arwah ke surga? yang membuat kita dikenal di surga adalah darah Yesus, karena darah Yesus yang memateraikan kita karena kita sudah dibayar lunas. mendoakan orang mati merupakan bentuk ketidak percayaan orang katolik akan penebusan Yesus dengan darah yang mahal oleh karena… Read more »

cw
cw
14 years ago

Salam Kasih Ibu Inggrid ,

Saya sangat bersyukur akan adanya web ini,
penjelasan yang dilakukan dengan bahasa yang penuh kasih/santun sangat meneguhkan dan menjawab begitu banyak pergumulan saya tentang katolik.

Masih ada satu hal yang saya masih bingung tentang penghormatan/ penciuman salib pada saat Jumat Agung.
Apakah hal diatas tidak menjadi rancu dengan konsep “memperbolehkan penggunaan patung dan sejenisnya asalkan tidak melakukan penyembahan terhadapnya”.

Terima Kasih

Paulina
Paulina
Reply to  Ingrid Listiati
14 years ago

TFS Bu Ingrid, bertambah pengetahuan saya dalam iman.
Salam setia dalam karya mulia.

simon
simon
15 years ago

Shalom Bu Ingrid dan Pak Stefanus.
Mau tanya mengenai Pemberkatan Patung (Maria, Yesus dll)dan Rosario.
Mengapa patung-2 tsb diberkati/dipercik dengan air suci?
Apa maksudnya? Sementara ada sebagian orang mengatakan bahwa kalau benda mati (patung-2) tsb diberkati/dipercik dengan air suci, itu bukan berarti sama dengan memasukan sesuatu yang mistik (roh/setan/dll) kedalam patung-2 tsb. Dengan demikian bukankah orang katolik seperti menyembah berhala? Apalagi sampai ada yang meng-KUDUS-kan benda-2 mati tsb? Mohon penjelasan apa tujuan pemberkatan pada benda-2 mati tsb?

Terima kasih, GBU

simon
simon
Reply to  Ingrid Listiati
14 years ago

Terima kasih Bu Ingrid atas penjelasannya. Saya ada satu lagi pertanyaan (maaf), kapan tepatnya Katolik menggunakan Salib Yang ada Yesusnya sebagai simbol agama Katolik? Karena ada aliran kristen yang tidak ada Yesusnya di Salib. Thanks.

Martina
Martina
15 years ago

Ibu Ingrid terima kasih atas tulisan-tulisannya,sungguh merupakan suatu penerangan yang berarti bagi yang masih awam dengan hidup sebagai orang katolik, semoga semua orang memahami semua rahmat kasih ini. Saya mengutip artikelnya untuk dibagikan kepada semua, dengan menyertakan sumbernya, bolehkhan? Tuhan memberkati Ibu sekeluarga. Salam dalam kasihNya.Baru hari ini saya menemukan situs, yang indah ini.Terima kasih.

Yohanes Rasul
Yohanes Rasul
Reply to  Martina
15 years ago

Ibu Inggrid, saya senang sekali dengan gaya pewartaan Anda yang santun. terima kasih dari dalam hati saya untuk Ibu. Kini dengan mudah saya akan menjawab pertanyaan mengenai iman Katolik dengan mengajak si penanya pun mengacu ke web ini.
Salam
Yohanes Rasul

Andi
15 years ago

Seperti yang Mbak/Ibu Ingrid tulis di atas dalam menanggapi komentar dari Felix, konsep “Tuhan” dalam Budha sangatlah tidak jelas. Dan dalam posisi seperti yang Felix alami, maka mempertanggungjawabkan iman Katolik kepada setiap orang (baik dari yang seiman maupun yang bukan) adalah wajib seperti yang dikatakan oleh Santo Paulus dalam suratnya (maaf, saya lupa ayat persisnya). Oleh karenanya, ketika kita berapologi terhadap mereka, adalah hal wajar dan tak dapat kita hindari ketika kita terpaksa “nyerempet2” keyakinan mereka. Tentu, hal itu tidak dapat serta merta disebut sebagai sebuah penghakiman terhadap keyakinan orang lain karena toh yang kita bela adalah keyakinan iman kita,… Read more »

Felix
Felix
15 years ago

Tentang artikel bunda Maria ini, membuat saya semakin mengerti arti keberadaan bunda Maria. Kemarin saya ditanyain soal sembahyang pekkong (dewa2 di agama buddha) sama temen. Nah, saya tidak bisa begitu menjawab, sebab pengertian aku tentang agama Katolik masih terbatas. Apakah mereka itu dosa dalam penyembahan pekkong di vihara? Sebab di dalam agama Kristen Protestan itu dikatakan dosa, karena menyembah berhala. Saya dari kecil juga belajar di Methodist dan berhubung temen saya ada org Kristen Protestan. Tapi saya lebih memilih untuk ikut ke Katolik, sebab saya menemukan kedamaian dalam ajaran Katolik. Kembali ke pembahasan tentang pekkong, menurut saya sih, walaupun mereka… Read more »

Olala
Olala
Reply to  Felix
15 years ago

definisi BERHALA sudah tersurat dan tersirat dalam IMAMAT 19 : 4 yang berbunyi : Jangan menyembah berhala. Jangan membuat patung dari logam dan menyembahnya. Akulah Tuhan Allahmu. ( dikutip dari ALKITAB KABAR BAIK / GOOD NEWS BIBLE, terbitan Lembaga Alkitab Indonesia, tahun 2004 ). TAFSIR / PENJELASAN : Asal patung TIDAK terbuat dari LOGAM, disembahpun BUKAN BERHALA ! Asal TIDAK DISEMBAH, patung dari logam-pun BUKAN BERHALA ! Terbuat dari LOGAM dan DISEMBAH-pun, kalau DISEMBAH BUKAN SEBAGAI TUHAN YANG MAHA ESA, juga BUKAN BERHALA ! Tidak terbuat dari logam, DISEMBAH DENGAN MEMAKAI KORBAN MANUSIA, Ini yang namanya BERHALA zaman animisme. Tidak… Read more »

Bernabas Irijanto Batu
Bernabas Irijanto Batu
Reply to  Ingrid Listiati
14 years ago

Damai Sejahtera Dalam Nama Yesus Kristus. Amiin

Ibu Inggrid dan Teman seiman Katholik lainnya yang saya BANGGA-kan …!!!

SATU, KUDUS, KATHOLIK dan APOSTOLIK adalah SEMPURNA …..!!!

Sudah teruji dan terbukti selama 2.000 tahun lebih ….!!!
Tuhan Yesus dengan Rasul Petrus kompak buanget ya …?!?!? semuanya terjadi ya ….!!!

sunjoyo
sunjoyo
Reply to  Bernabas Irijanto Batu
14 years ago

saya setuju banget dng sdr irijanto, dan saya juga bangga menjadi saudara se iman dengan anda dan juga umat katholik laiinya di seluruh dunia.

shalom.

Isa Inigo
Isa Inigo
Reply to  Ingrid Listiati
13 years ago

Halo semua, khususnya Olala, saya tidak sependapat dengan usulan Olala agar “sebaiknya jangan membahas perbedaan”. Tidak membahas perbedaan malah mengaburkan pencarian kebenaran. Menurut saya, perbedaan itu sudah fakta dan tak bisa dipungkiri, yang membahayakan jika tidak dipahami secara rasional demi kebenaran, maka malah harus dibahas agar kita tahu ciri khas masing-masing agar bisa mengambil posisi yang tepat penuh hormat jika menghadapi saudara yang berbeda ajaran agama dan bisa menjelaskan agama kita sendiri. Saya makin berterima kasih pada Katolisitas karena menjawab semua dengan santun, memakai argumentasi tak terbantahkan dari dasar Alkitab, Tradisi dan praktek hidup Katolik sejak abad I hingga abad… Read more »

1 2 3
Romo pembimbing: Rm. Prof. DR. B.S. Mardiatmadja SJ. | Bidang Hukum Gereja dan Perkawinan : RD. Dr. D. Gusti Bagus Kusumawanta, Pr. | Bidang Sakramen dan Liturgi: Rm. Dr. Bernardus Boli Ujan, SVD | Bidang OMK: Rm. Yohanes Dwi Harsanto, Pr. | Bidang Keluarga : Rm. Dr. Bernardinus Realino Agung Prihartana, MSF, Maria Brownell, M.T.S. | Pembimbing teologis: Dr. Lawrence Feingold, S.T.D. | Pembimbing bidang Kitab Suci: Dr. David J. Twellman, D.Min.,Th.M.| Bidang Spiritualitas: Romo Alfonsus Widhiwiryawan, SX. STL | Bidang Pelayanan: Romo Felix Supranto, SS.CC |Staf Tetap dan Penulis: Caecilia Triastuti | Bidang Sistematik Teologi & Penanggung jawab: Stefanus Tay, M.T.S dan Ingrid Listiati Tay, M.T.S.
top
@Copyright katolisitas - 2008-2018 All rights reserved. Silakan memakai material yang ada di website ini, tapi harus mencantumkan "www.katolisitas.org", kecuali pemakaian dokumen Gereja. Tidak diperkenankan untuk memperbanyak sebagian atau seluruh tulisan dari website ini untuk kepentingan komersial Katolisitas.org adalah karya kerasulan yang berfokus dalam bidang evangelisasi dan katekese, yang memaparkan ajaran Gereja Katolik berdasarkan Kitab Suci, Tradisi Suci dan Magisterium Gereja. Situs ini dimulai tanggal 31 Mei 2008, pesta Bunda Maria mengunjungi Elizabeth. Semoga situs katolisitas dapat menyampaikan kabar gembira Kristus. 
265
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x