Mengerti apa yang terjadi di seputar Natal

Setiap tahun umat Kristiani merayakan Natal. Bagi umat Katolik, perayaan Natal didahului dengan persiapan masa Natal, yaitu Masa Adven yang merupakan masa persiapan kedatangan Kristus. Bagi banyak orang, Natal dan Adven identik dengan pohon natal, kandang natal, dan hadiah natal. Namun, lebih daripada itu, hal yang terpenting dilakukan adalah persiapan rohani untuk menyambut Kristus. Namun sayangnya, banyak orang kurang mengetahui alasan dan makna di balik semua persiapan rohani yang dilakukan. Artikel ini bertujuan untuk mengupas tradisi di seputar Natal dan persiapan yang dilakukan selama masa Adven, sehingga kita yang merayakan akan semakin menghargai apa yang biasa kita lakukan.

Seputar Natal

1. Kedatangan Yesus menjadi Anno Domini

Secara tidak sadar, sebenarnya dunia mengakui kedatangan Kristus sebagai satu hal yang begitu istimewa, karena perhitungan kalendar internasional menggunakan acuan kedatangan Kristus, yaitu yang dinamakan Anno Domini (AD), artinya tahun Tuhan, untuk menandai tahun-tahun sesudah kelahiran Kristus; dan BC, yaitu singkatan dari Before Christ untuk tahun- tahun sebelum kelahiran Kristus. Dengan demikian, kedatangan Kristus membagi sejarah manusia menjadi dua, dan titik pusatnya adalah Kristus sendiri. Ini adalah kenyataan yang terjadi berabad-abad dan patokan AD dan BC akan terus berlaku sampai akhir zaman.

Namun, kalau kita mengadakan perhitungan, sebenarnya kedatangan Kristus bukanlah permulaan tahun AD, namun sekitar 7BC – 5BC. Dionysius Exiguus (470-544) adalah seorang anggota Scythian monks, yang akhirnya tinggal di Roma sekitar tahun 500. Dionysius adalah orang yang pertama kali memperkenalkan AD (Anno Domini / the year of the Lord) pada waktu dia membuat kalendar Paskah (Easter). Sistem penanggalan ini menggantikan sistem penanggalan Diocletian, karena Dionysius tidak ingin menggunakan perhitungan Diocletian, seorang Kaisar yang menganiaya jemaat Kristen di abad ke-3. Dionysius mengatakan bahwa Anno Domini dimulai 754 tahun dari pondasi Roma (A.U.C) atau tahun 1 AD, yaitu tahun dimana Yesus lahir (dalam perhitungan Dionysius). Namun berdasarkan perhitungan para ahli, terutama berdasarkan bukti sejarah dari Josephus, maka perhitungan ini tidaklah benar.

Kitab Matius mengatakan “Sesudah Yesus dilahirkan di Betlehem di tanah Yudea pada zaman raja Herodes, datanglah orang-orang majus dari Timur ke Yerusalem” (Mt 2:1). Josephus, seorang ahli sejarah mengatakan bahwa Raja Herodes meninggal setelah berkuasa selama 34 tahun (de facto) dari meninggalnya Antigonus dan 37 tahun (de jure) sejak Roma mengeluarkan perintah yang menyatakan bahwa dia adalah raja (Josephus, Antiquities, 17,8,1). Antigonus meninggal pada saat Marcus Agrippa dan Lucius Caninius Gallus menjadi konsulat, yaitu pada tahun 37 BC. ((Josephus, Antiquities, 14,16, 4)). Herodes menjadi raja pada saat Caius Domitias Calvinus dan Caius Asinius Pollio menjadi konsulat pada tahun 40 BC. Perhitungannya adalah sebagai berikut: Dihitung dari meninggalnya Antigonus: 37 BC – 34 = 3 BC atau dihitung dari Raja Herodes menjadi raja: 40 BC – 37 = 3 BC.

Oleh karena itu, raja Herodes dipercaya meninggal sekitar 3 BC – 5 BC, atau kemungkinan sekitar 4 BC. Hal ini dikarenakan Josephus mengatakan bahwa pada saat tahun itu juga terjadi gerhana bulan (Josephus, Antiquities, 17,6, 4). Dan gerhana bulan ini terjadi pada tahun 4 BC. Karena Herodes meninggal tahun 4 BC, maka Kristus harus lahir sebelum tahun 4 BC. Dan diperkirakan Yesus lahir beberapa tahun sebelum kematian raja Herodes. Berdasarkan perhitungan tersebut di atas, para ahli percaya bahwa kelahiran Yesus adalah sekitar tahun 7 BC – 6 BC.

2. Mengapa merayakan Natal tanggal 25 Desember

Setiap tahun kita merayakan hari Natal, yaitu Hari Kelahiran Yesus Kristus. Namun mungkin banyak di antara kita yang mempunyai pertanyaan- pertanyaan sehubungan dengan perayaan Natal, setidak-tidaknya seperti tiga buah pertanyaan berikut ini. Pertama, tentang asal-usul perayaan Natal. Kedua, apa perlunya merayakan Natal, mengingat kata Natal tidak disebut dalam Kitab Suci. Ketiga, bolehkah merayakan Natal sebelum tanggal 25 Desember? ((Tiga pertanyaan dan jawaban dari pertanyaan ini dimuat di tabloid Catholic Life edisi Desember 2011))

Memang ada beberapa teori tentang asal mula hari Natal dan Tahun Baru. Menurut Catholic Encyclopedia, pesta Natal pertama kali disebut dalam “Depositio Martyrum” dalam Roman Chronograph 354 (edisi Valentini-Zucchetti (Vatican City, 1942) 2:17). ((New Catholic Encyclopedia, Vol III, The Catholic University of America, (Washington: 1967, reprint 1981), p.656)) Dan karena Depositio Martyrum ditulis sekitar tahun 336, maka disimpulkan bahwa perayaan Natal dimulai sekitar pertengahan abad ke-4.

Kita juga tidak tahu secara persis tanggal kelahiran Kristus, namun para ahli memperkirakan sekitar 8-6 BC (Sebelum Masehi). St. Yohanes Krisostomus berargumentasi bahwa Natal memang jatuh pada tanggal 25 Desember, dengan perhitungan kelahiran Yohanes Pembaptis. Karena Zakaria adalah imam agung dan hari silih (Atonement) jatuh pada tanggal 24 September, maka Yohanes Pembaptis lahir tanggal 24 Juni dan Kristus lahir enam bulan setelahnya, yaitu tanggal 25 Desember. ((Ibid.))

Ada juga sejumlah orang yang meyakini bahwa kelahiran Kristus jatuh pada tanggal 25 Desember, berdasarkan tanggal winter solstice (25 Desember dalam kalendar Julian), karena pada tanggal tersebut, matahari mulai kembali ke utara. Ada juga yang kemudian menghubungkan tanggal tersebut dengan kebiasaan kaum kafir /pagan berpesta “dies natalis Solis Invicti” (perayaan dewa Matahari); dan penetapan Kaisar Aurelian  di tahun 274, bahwa dewa matahari adalah pelindung kerajaan Roma, yang dirayakan setiap tanggal 25 Desember. ((Ibid.)) Hal serupa juga berlaku untuk tahun baru, yang dikatakan berasal dari kebiasaan suku Babilonia. Namun sejujurnya, semua itu merupakan spekulasi.

 

Penjelasan lengkap tentang hal ini dapat dibaca di sini – silakan klik.

Namun, bukankah Natal tidak pernah disebutkan dalam Kitab Suci? Mengapa kita tetap merayakan Natal? Kita tahu, bahwa tidak semua hal disebutkan di dalam Kitab Suci (lih. Yoh 21:25), termasuk kata Inkarnasi, Trinitas, Natal. Jangan lupa juga bahwa Kitab Suci pun tidak pernah menuliskan larangan untuk merayakan Natal. Satu hal yang pasti adalah kelahiran Yesus disebutkan di dalam Kitab Suci. Merayakan misteri Inkarnasi, merayakan Tuhan datang ke dunia dalam rupa manusia, merayakan bukti cinta kasih Allah kepada manusia adalah esensi dari perayaan Natal. Dengan demikian, perayaan Natal adalah hal yang sangat baik, karena seluruh umat Allah memperingati belas kasih Allah. Kalau memperingati ulang tahun anak kita adalah sesuatu yang baik – karena mengingatkan akan kasih Allah yang memberikan anak di dalam keluarga kita, maka seharusnya memperingati ulang tahun Sang Penyelamat kita adalah hal yang amat sangat baik, bahkan sudah seharusnya dilakukan.

Pertanyaan selanjutnya adalah apakah boleh merayakan Natal sebelum tanggal 25 Desember atau sesudah lewat masa Natal? Sebenarnya, dari pemahaman makna Adven, kita, umat Katolik,  tidak dianjurkan untuk merayakan Natal sebelum hari Natal. Sebab justru karena kita menghargai hari Natal sebagai hari yang sangat istimewa, maka kita perlu mempersiapkan diri untuk menyambutnya. Persiapan ini kita lakukan dengan masa pertobatan selama 4 minggu, yaitu mengosongkan diri kita dari segala dosa yang menghalangi kita menyambut Sang Juru Selamat; agar pada hari kelahiran-Nya, kita dapat mengalami lahir-Nya Kristus secara baru di dalam hati kita. Dengan demikian, kalau kita ingin merayakan Natal bersama keluarga, mari kita rayakan setelah Malam Natal, setelah hari Natal, selama dalam 8 hari (Oktaf Natal). Gereja Katolik memang merayakan Natal sejak Malam Natal sampai hari Epifani (Minggu Pertama setelah Oktaf Natal) dan bahkan gereja-gereja memasang dekorasi Natal sampai perayaan Pembaptisan Yesus oleh Yohanes Pembaptis (hari Minggu setelah tanggal 6 Januari).

3. Mengapa pohon cemara?

Sejarah pohon natal dapat ditelusuri sampai di sekitar abad ke-8, saat St. Bonifasius (675-754), seorang uskup Inggris, menyebarkan iman Katolik di Jerman. Pada saat dia meninggalkan Jerman dan pergi ke Roma sekitar 15 tahun lamanya, jemaat yang dia tinggalkan kembali lagi kepada kebiasaan mereka untuk mempersembahkan kurban berhala di bawah pohon Oak. Namun dengan berani St. Bonifasius menentang hal ini dan kemudian menebang pohon Oak tersebut. Jemaat kemudian bertanya bagaimana caranya mereka dapat merayakan Natal. Maka St. Bonifasius kemudian menunjuk kepada pohon fir atau pine, yang melambangkan damai dan kekekalan karena senantiasa hijau sepanjang tahun. Juga karena bentuknya meruncing ke atas, maka itu mengingatkan akan surga. Bentuk pohon yang berupa segitiga dan menjulang ke atas serta hijau sepanjang tahun, inilah mengingatkan kita akan misteri Trinitas, Allah yang kekal untuk selama-lamanya, yang turun ke dunia dalam diri Kristus untuk menyelamatkan manusia.

Maka walaupun memang tradisi pohon cemara tidak diperoleh dari jaman dan tempat asal Yesus, penggunaan pohon cemara tidak bertentangan dengan pengajaran Kitab Suci. Dalam hal ini, yang dipentingkan adalah maknanya: yaitu untuk mengingatkan umat Kristiani agar mengingat misteri kasih Allah Trinitas yang kekal selamanya, yang dinyatakan dengan kelahiran Yesus Sang Putera ke dunia demi menebus dosa manusia.

Tradisi Masa Adven

Begitu pentingnya peristiwa kelahiran Yesus Sang Putera, sehingga Gereja mempersiapkan umatnya untuk memperingatinya; dan masa persiapan ini dikenal dengan masa Adven. Kata “adven” sendiri berasal dari kata “adventus” dari bahasa Latin, yang artinya “kedatangan”. Masa Adven yang kita kenal saat ini sebenarnya telah melalui perkembangan yang cukup panjang. Pada tahun 590, sinode di Macon, Gaul, menetapkan masa pertobatan dan persiapan kedatangan Kristus. Kita juga menemukan bukti dari homili Minggu ke-2 masa Adven dari St. Gregorius Agung (Masa kepausan 590-604). Dari Gelasian Sacramentary, kita dapat melihat adanya 5 minggu masa Adven, yang kemudian diubah menjadi 4 minggu oleh Paus Gregorius VII (1073-1085). Sampai sekarang, masa Adven ini dimulai dari hari Minggu terdekat dengan tanggal 30 November (hari raya St. Andreas) selama 4 minggu ke depan sampai kepada hari Natal pada tanggal 25 Desember.

Masa Adven ini berkaitan dengan permenungan akan kedatangan Kristus. Kristus memang telah datang ke dunia, Ia akan datang kembali di akhir zaman; namun Ia tidak pernah meninggalkan Gereja-Nya dan selalu hadir di tengah- tengah umat-Nya. Maka dikatakan bahwa peringatan Adven merupakan perayaan akan tiga hal: peringatan akan kedatangan Kristus yang pertama di dunia, kehadiran-Nya di tengah Gereja, dan penantian akan kedatangan-Nya kembali di akhir zaman. Maka kata “Adven” harus dimaknai dengan arti yang penuh, yaitu: dulu, sekarang dan di waktu yang akan datang.

Ini adalah dasar dari pengertian tiga macam kedatangan Kristus yang dipahami Gereja Katolik. Pemahaman ini menjiwai persiapan rohani umat; dan hal ini tercermin dalam perayaan liturgi dalam Gereja Katolik. Sebab di antara kedatangan-Nya yang pertama di Betlehem dan kedatangan-Nya yang kedua di akhir zaman, Kristus tetap datang dan hadir di tengah umat-Nya. Hanya saja, masa Adven menjadi istimewa karena secara khusus Gereja mempersiapkan diri untuk memperingati peristiwa besar penjelmaan Tuhan, menjelang peringatan hari kelahiran-Nya di dunia.

Katekismus Gereja Katolik (KGK, 524) menuliskan:

KGK, 524 Dalam perayaan liturgi Adven, Gereja menghidupkan lagi penantian akan Mesias; dengan demikian umat beriman mengambil bagian dalam persiapan yang lama menjelang kedatangan pertama Penebus dan membaharui di dalamnya kerinduan akan kedatangan-Nya yang kedua (Bdk. Why 22:17.). Dengan merayakan kelahiran dan mati syahid sang perintis, Gereja menyatukan diri dengan kerinduannya: “Ia harus makin besar dan aku harus makin kecil” (Yoh 3:30).

Pada masa Adven, umat Katolik sering melakukan ulah kesalehan yang baik, yang berakar selama berabad-abad. Ulah kesalehan ini bertujuan untuk membantu mempersiapkan umat dalam menyambut kedatangan Sang Mesias. ((Kongregasi Ibadat dan Tata Tertib Sakramen, Direktorium tentang Kesalehan Umat dan Liturgi, Asas-asas dan pedoman, 97)) Semua ulah kesalehan ini mengingatkan umat akan Sang Mesias yang sebelumnya telah dinubuatkan melalui perantaraan para nabi dalam Perjanjian Lama. Ulah kesalehan ini juga mengingatkan umat Allah akan Kristus yang lahir dari Perawan Maria dengan begitu banyak kesulitan, yang akhirnya terlahir, namun terlahir di kandang, di tempat yang kurang layak. Mari sekarang kita membahas persiapan rohani yang terkait dengan masa Adven.

1. Persiapan spiritual

Karena masa Adven adalah masa penantian yang harus diisi dengan pertobatan, sehingga kita mempersiapkan diri kita untuk menyambut kedatangan Kristus, maka sudah seharusnya umat Allah mempersiapkan diri secara spiritual. Persiapan yang terbaik adalah dengan lebih sering menerima Sakramen Ekaristi dan juga menerima Sakramen Tobat. Sakramen Ekaristi menyadarkan kita akan kasih Allah yang memberikan Putera-Nya untuk bersatu dengan kita, yang dimulai dengan peristiwa Inkarnasi. Sakramen Tobat menyadarkan kita bahwa kita sebenarnya tidak layak menyambut Kristus karena dosa-dosa kita, namun Kristus datang ke dunia untuk menyelamatkan kita dari belenggu dosa. Masa Adven adalah waktu yang tepat untuk terus bertekun dalam doa-doa pribadi dan membaca Kitab Suci. Sungguh baik kalau kita dapat mengikuti bacaan Kitab Suci mengikuti kalender Gereja, karena bacaan-bacaan telah disusun sedemikian rupa untuk mempersiapkan kita menyambut Sang Mesias.

Dalam masa Adven ini, ada sebagian umat yang juga menjalankan Novena Maria dikandung Tanpa Noda, Novena Natal dan Novena Kanak- kanak Yesus. Karena Gereja memperingati Maria dikandung Tanpa Noda (Immaculate Conception) pada tanggal 9 Desember, maka penghormatan kepada Bunda Maria, yang melahirkan Kristus juga dipandang sebagai devosi yang baik. Jika devosi ini dilaksanakan, maka sebaiknya menonjolkan teks-teks profetis, mulai dari Kej 3:15 dan berakhir pada kabar gembira dari malaikat Gabriel kepada Maria, yang penuh rahmat. ((Ibid., 102))

2. Lingkaran Adven

Lingkaran Adven (Adven wreath) adalah satu lingkaran yang biasanya terbuat dari daun-daun segar, dengan empat lilin. Pada awal mulanya, sebelum kekristenan berkembang di Jerman, orang- orang telah menggunakan lingkaran daun, yang atasnya dipasang lilin untuk memberikan pengharapan bahwa musim dingin yang gelap akan lewat. Di abad pertengahan, umat Kristen mengadaptasi kebiasaan ini dan memberikan makna yang baru pada lingkaran daun ini menjadi lingkaran Adven, untuk menantikan kedatangan Mesias, Sang Terang. Dikatakan bahwa penyalaan lilin yang bertambah minggu demi minggu sampai hari Natal merupakan permenungan akan tahapan karya keselamatan Allah sebelum kedatangan Kristus, yang adalah Sang Terang Dunia, yang akan menghapuskan kegelapan. (Ibid, 98))

Di dalam dokumen Direktorium tentang Kesalehan Umat dan Liturgi, tidak disebutkan warna lilin yang digunakan, sehingga umat dapat menggunakan lilin warna putih ataupun ungu. Karena masa Adven juga menjadi masa pertobatan, maka lilin dapat menggunakan warna ungu, yang menjadi simbol pertobatan. Kemudian di Minggu ke-3, atau disebut minggu Gaudete atau minggu sukacita, dipasang lilin berwarna merah muda, yang menyatakan sukacita karena masa penantiaan akan telah berjalan setengah dan akan berakhir. Ada juga kebiasaan, yang meletakkan lilin putih di tengah, yang dinyalakan saat masa Adven selesai, yang menyatakan bahwa Kristus telah datang.

3. Antifon Tujuh ‘O’

Gereja Katolik mengharuskan para imam untuk berdoa liturgi harian (Liturgy of the hour atau Brevier). Walaupun doa ini diperuntukkan untuk para imam, namun kaum awam juga dianjurkan untuk mendoakannya. Dengan demikian, alangkah baik, kalau pada tanggal 17-23, juga diadakan ibadah sore bersama-sama di Gereja. Doa ini begitu indah dan dalam, sehingga seseorang dapat berdoa bersama dengan Gereja, doa berdasarkan Sabda Tuhan, dan doa bersama dengan para santa-santo yang dirayakan dalam liturgi Gereja. Dalam masa Adven, tujuh hari sebelum Natal, yaitu tanggal 17-23 Desember, didoakan antifon sebagai berikut: O Sapientia (O Kebijaksanaan), O Adonai (O Tuhan), O Radix Jesse (O Pangkal Isai), O Clavis David (O Kunci Daud), O Oriens (O Bintang Fajar), O Rex Gentium (O Raja Segala Bangsa), O Emmanuel (O Imanuel / O Tuhan beserta kita). Kalau kita mengambil inisial dari doa tersebut mulai dari sebutan yang terakhir, maka akan membentuk kalimat  “ERO CRAS”, yang artinya Besok, Aku akan datang. Jadi, masa penantian dalam masa Adven senantiasa dibarengi dengan pengharapan akan kedatangan Sang Imanuel.

Antifon ini menggambarkan kerinduan akan kedatangan Sang Mesias. Dia yang merupakan Sabda Allah (O, Kebijaksanaan), yang akan mengajarkan manusia jalan Allah dengan cara Sang Sabda yang adalah Allah menjadi manusia (lih. Yoh 1:1). Bagaimana pemenuhan dari janji ini? Hal ini dipenuhi secara bertahap, dengan menggambarkan beberapa karakter. Kalau sebelum-Nya Allah menyatakan hukum-hukumnya dalam dua loh batu, maka nanti Dia akan menyatakannya lewat sebuah Pribadi (O Adonai). Pribadi ini akan datang dari keturunan Daud (O Radix Jesse), yang menggambarkan Inkarnasi, di mana semua raja akan bertekuk lutut. Dia mempunyai kekuasaan tak terbatas, yang digambarkan sebagai kunci Daud (O Clavis David), di mana Dia akan mengangkat manusia dari keterpurukan. Dia akan memberikan terang (O Oriens) kepada bangsa-bangsa. Terang ini menyinari semua orang, baik bangsa Yahudi maupun non-Yahudi, dan Dia akan menjadi raja segala bangsa (O Rex Gentium). Dia akan datang kepada umat manusia dan akan menyertai (O Emmanuel) umat manusia. Itulah harapan dari umat manusia akan kedatangan Sang Penyelamat. Dan dari rangkaian tujuh O Antifon, maka seolah-olah Yesus menjawab kerinduan ini, dengan mengatakan ERO CRAS atau ‘Besok, Aku akan datang’. Mari kita melihat satu persatu dari antifon ini:

17 Desember (O Sapientia)

O Kebijaksanaan, yang mengalir dari Sabda yang Maha Tinggi, menggapai dari ujung ke ujung dengan penuh kuasa, dan dengan gembira memberikan segala sesuatu; datang dan ajarlah kami jalan kebijaksanaan.

“Roh TUHAN akan ada padanya, roh hikmat dan pengertian, roh nasihat dan keperkasaan, roh pengenalan dan takut akan TUHAN; ya, kesenangannya ialah takut akan TUHAN. Ia tidak akan menghakimi dengan sekilas pandang saja atau menjatuhkan keputusan menurut kata orang.” (Yes 11:2-3)

“Dan inipun datangnya dari TUHAN semesta alam; Ia ajaib dalam keputusan dan agung dalam kebijaksanaan.” (Yes 28:29)

18 Desember (O Adonai)

O Tuhan dan Penguasa dari bangsa Israel, yang telah menampakkan diri kepada Musa dari dalam semak terbakar, dan telah memberikan kepadanya hukum di Sinai: datang dan bebaskanlah kami dengan rengkuhan lengan-Mu.

“Tetapi ia akan menghakimi orang-orang lemah dengan keadilan, dan akan menjatuhkan keputusan terhadap orang-orang yang tertindas di negeri dengan kejujuran; ia akan menghajar bumi dengan perkataannya seperti dengan tongkat, dan dengan nafas mulutnya ia akan membunuh orang fasik. Ia tidak akan menyimpang dari kebenaran dan kesetiaan, seperti ikat pinggang tetap terikat pada pinggang.” (Yes 11:4-5)

“Sebab TUHAN ialah Hakim kita, TUHAN ialah yang memberi hukum bagi kita; TUHAN ialah Raja kita, Dia akan menyelamatkan kita.” (Yes 33:22)

19 Desember (O Radix Jesse)

O Pangkal Isai, yang berdiri sebagai tanda bagi orang-orang, yang di hadapan-Nya, seluruh raja tidak dapat membuka mulut mereka; yang kepada-Nya seluruh bangsa harus berdoa: datang dan bebaskanlah kami, janganlah menunda lagi.

“Suatu tunas akan keluar dari tunggul Isai, dan taruk yang akan tumbuh dari pangkalnya akan berbuah.” (Yes 11:1)

“Maka pada waktu itu taruk dari pangkal Isai akan berdiri sebagai panji-panji bagi bangsa-bangsa; dia akan dicari oleh suku-suku bangsa dan tempat kediamannya akan menjadi mulia.” (Yes 11:10)

20 Desember (O Clavis David)

O Kunci Daud, dan tongkat dari bangsa Israel; Yang mana apabila Ia membuka, tidak ada yang dapat menutup; apabila Ia menutup, tidak ada yang dapat membuka: datang dan pimpinlah tawanan dari rumah penjara, dan dia yang duduk dalam kegelapan dan bayang-bayang maut.

“Aku akan menaruh kunci rumah Daud ke atas bahunya: apabila ia membuka, tidak ada yang dapat menutup; apabila ia menutup, tidak ada yang dapat membuka.” (Yes 22:22)

“Besar kekuasaannya, dan damai sejahtera tidak akan berkesudahan di atas takhta Daud dan di dalam kerajaannya, karena ia mendasarkan dan mengokohkannya dengan keadilan dan kebenaran dari sekarang sampai selama-lamanya. Kecemburuan TUHAN semesta alam akan melakukan hal ini.” (Yes 9:7)

“untuk membuka mata yang buta, untuk mengeluarkan orang hukuman dari tempat tahanan dan mengeluarkan orang-orang yang duduk dalam gelap dari rumah penjara.” (Yes 42:7)

21 Desember (O Oriens)

O Fajar Timur, Cahaya kemegahan abadi, dan matahari keadilan: Datang dan terangilah mereka yang duduk dalam kegelapan, dan bayang-bayang maut.

“Bangsa yang berjalan di dalam kegelapan telah melihat terang yang besar; mereka yang diam di negeri kekelaman, atasnya terang telah bersinar.” (Yes 9:1)

“Bangkitlah, menjadi teranglah, sebab terangmu datang, dan kemuliaan TUHAN terbit atasmu. Sebab sesungguhnya, kegelapan menutupi bumi, dan kekelaman menutupi bangsa-bangsa; tetapi terang TUHAN terbit atasmu, dan kemuliaan-Nya menjadi nyata atasmu.” (Yes 60:1-2)

“Tetapi kamu yang takut akan nama-Ku, bagimu akan terbit surya kebenaran dengan kesembuhan pada sayapnya. Kamu akan keluar dan berjingkrak-jingkrak seperti anak lembu lepas kandang.” (Mal 4:2)

22 Desember (O Rex Gentium)

O Raja Segala Bangsa, dan yang dirindukan, Batu penjuru yang membuat bangsa Yahudi dan non-Yahudi menjadi satu: datang dan selamatkanlah manusia, yang telah Engkau ciptakan dari debu tanah.

“Sebab seorang anak telah lahir untuk kita, seorang putera telah diberikan untuk kita; lambang pemerintahan ada di atas bahunya, dan namanya disebutkan orang: Penasihat Ajaib, Allah yang Perkasa, Bapa yang Kekal, Raja Damai.” (Yes 9:6)

“Ia akan menjadi hakim antara bangsa-bangsa dan akan menjadi wasit bagi banyak suku bangsa; maka mereka akan menempa pedang-pedangnya menjadi mata bajak dan tombak-tombaknya menjadi pisau pemangkas; bangsa tidak akan lagi mengangkat pedang terhadap bangsa, dan mereka tidak akan lagi belajar perang.” (Yes 2:4)

“sebab itu beginilah firman Tuhan ALLAH: “Sesungguhnya, Aku meletakkan sebagai dasar di Sion sebuah batu, batu yang teruji, sebuah batu penjuru yang mahal, suatu dasar yang teguh: Siapa yang percaya, tidak akan gelisah!” (Yes 28:16)

23 Desember (O Emmanuel)

O Imanuel, Raja dan Pemberi hukum kami, harapan dari semua bangsa dan keselamatan mereka: datang dan selamatkanlah kami, O Tuhan Allah kami.

“Sebab itu Tuhan sendirilah yang akan memberikan kepadamu suatu pertanda: Sesungguhnya, seorang perempuan muda mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki, dan ia akan menamakan Dia Imanuel.” (Yes 7:14)

Mempersiapkan Natal dengan sungguh dan menangkap arti Natal

Dari pemaparan di atas, maka sesungguhnya menjadi jelas, bahwa masa Adven adalah masa persiapan untuk menyambut kedatangan Kristus, yang harus diisi dengan pertobatan, yaitu membersihkan rumah hati kita, agar Kristus dapat lahir kembali di hati kita. Kalau kita mempersiapkan diri dengan baik, maka kita akan mengalami Kristus yang hadir di dalam hati kita, sehingga kita juga akan mempunyai tujuan yang sama dengan Inkarnasi Kristus, yaitu untuk mengasihi dengan memberikan diri kepada sesama kita. Dengan kata lain, Natal mengingatkan kita untuk dapat berbagi kasih dengan sesama. Mari, pada masa Adven ini, kita mempersiapkan diri kita dengan sebaik-baiknya. Datanglah ya Tuhan, lahirlah secara baru di dalam hatiku…..!

54 COMMENTS

  1. Pastor dan admin yang baik,
    Mohon penjelasan mengenai dekorasi gedung Gereja dalam menyambut Natal yg sesuai dengan aturan tata ruang gereja. Apakah kita hanya fokus pada kemeriahan dan keindahan hiasan di sekitar Altar sebagai sentral ataukah boleh menghias bagian dalam gereja dengan dekorasi pita, lonceng, dll untuk menyatakan tanda sukacita menyambut Natal? Terimakasih.

    Salam dan doa,
    Adi

    • Shalom Agustinus Adi,
      Menurut pengetahuan saya, tidak ada ketentuan khusus yang rinci tentang dekorasi gedung gereja, kecuali secara prinsip saja, harus sederhana, namun bermutu, anggun dan asli.

      Demikian ketentuannya, menurut PUMR (Pedoman Umum Misale Romawi):
      292. Hiasan gereja hendaknya bermutu, anggun tetapi tetap sederhana. Bahan hiasan hendaknya asli. Seluruh perlengkapan gereja hendaknya mendukung pendidikan iman umat dan martabat ruang ibadat.

      Sedangkan tentang hiasan di altar, dikatakan:
      305. … Hiasa bunga hendaknya tidak berlebihan dan ditempatkan di sekitar altar. bukan di atasnya.

      Selanjutnya, silakan diperhatikan bahwa hiasan tersebut jangan sampai berlebihan sehingga terkesan seperti hiasan di mall, sebab tetap harus diperhatikan bahwa ruang gereja tersebut adalah tempat untuk berdoa.

      Salam kasih dalam Kristus Tuhan,
      Ingrid Listiati- katolisitas.org

  2. Dear Katolisitas,

    mohon maaf saya tanyakan di halaman ini.
    Bagaimana memberikan jawaban yang tepat pada teman guru Kristen Protestan yang mengajak anak-anak atau siswa siswa Katolik ikut acara Natal bersama pada masa Adven. trm kasih

    [Dari Katolisitas: Silakan membaca artikel di atas, silakan klik. Mungkin ada baiknya jika Anda menyampaikan kepadanya makna masa Adven bagi umat Katolik. Semoga teman Anda itu dapat menerima penjelasan Anda.]

  3. Pak Stef,

    Kalau saya pelajari dari Kitab Suci PL, Hari Silih (Antonement) diperingati pada tanggal sepuluh, bulan ketujuh (sistem penanggalan Yahudi) – Imamat 16:29. Dan itu dinamakan bulan Tisyri (sekitar Sept-Okt, sistem Gregorian). Lalu konversinya tanggal sepuluh menjadi tgl 24 bagaimana caranya? Yaitu saat Imam Zakaria mendengar kabar dari malaikat Gabriel bhw isterinya akan mengandung.
    Terima kasih.

    Berkah dalem

    • Shalom Martinus,

      Silakan untuk terlebih dahulu membaca artikel ini, yang baru saja kami tayangkan, sehubungan dengan pertanyaan Anda, silakan klik.

      Memang terdapat sejumlah pandangan tentang konversi dari bulan Tishri ke sistem kalender kita sekarang. Ini mensyaratkan pemahaman tentang cara penghitungan kalender Yahudi, dan terus terang itu bukan keahlian kami. Untuk memperoleh informasi tentang hal tersebut, antara lain kita mungkin dapat mengacu kepada beberapa situs yang memuat tabel konversi antara tahun Yahudi ke tahun Gregorian, silakan klik, atau silakan klik yang juga menunjukkan perbedaan tipis tentang perkiraan hari-harinya.

      Jika kita mengambil perkiraan sekitar tahun 7-6BC sebagaimana pernah dituliskan oleh Paus Benediktus XVI dalam bukunya Jesus of Nazareth: The Infancy Narratives, maka menurut tabel, 10 Tishri jatuh di tanggal atau 3 atau 4 Oktober ataupun 22 ataupun 23 September. Sehingga, data ini sejalan dengan perkiraan yang disebutkan oleh St. Yohanes Krisostomus, bahwa konsepsi Yohanes Pembaptis jatuh sekitar tanggal 24 September, maka enam bulan berikutnya adalah konsepsi Kristus (di bulan Maret), dan kelahiran Kristus adalah sekitar tanggal 24-25 Desember (silakan membaca link ini, silakan klik).

      Salam kasih dalam Kristus Tuhan,
      Ingrid Listiati- katolisitas.org

  4. Dear Bpk. Stef & Ibu Inggrid,

    Berkenaan dengan masa Adven, yang menggunakan 4 buah lilin, yang biasanya berbeda dengan lilin yang dipakai untuk doa selain masa Adven, apakah lilin yang dipakai di masa Adven yang sekarang masih bisa dipakai untuk Adven di tahun depan ? Apakah harus selalu memakai lilin Adven yang baru ?

    Terima kasih.

    Salam dalam Kristus,
    Ignatius

    [Dari Katolisitas: Menurut pengetahuan kami tidak ada ketentuan tentang hal ini. Maka silakan saja, jika lilin itu masih layak dipakai, untuk dipakai lagi di tahun berikutnya.]

  5. Mau nanya: apakah boleh pada Misa malam Natal umat menyalakan lilin saat menyanyi lagu Malam Kudus? Terima kasih

    • Salam Ferdi,

      dalam tata perayaan malam Natal tidak ada catatan khusus tentang penyalaan lilin sementara menyanyikan Malam Kudus. Bila Malam Kudus dinyanyikan dalam Ritus Pembuka, sementara itu Ritus Pembuka lebih fleksibel, maka ada kemungkinan untuk membuat penyesuaian dengan kebiasaan setempat asal ada alasan yang dapat dipertanggungjawabkan.

      Doa dan Gbu,
      Rm Boli Ujan

  6. Pengasuh katolisitas.org

    Bagaimana cara menentukan masa adven?
    Misal untuk ibadat lingkungan, adven I kami laksanakan tgl 29 Nop , kemudian adven II tanggal 5 Des, dan berikutnya adven III adalah tgl 10 Desember, lalu tgl 17 desember adalah adven IV. Bolehkah demikian? Yang mana artinya tidak sama dengan minggu adven yg dilksanakan di gereja.

    Terima kasih.

    Martinus Setiabudi

    • Salam Martinus,

      masa Advent dimulai dengan Minggu pertama sesudah hari Sabtu (siang) terakhir dalam tahun liturgi, yaitu hari Sabtu dalam pekan sesudah hari Minggu Kristus Raja Semesta Alam. Dengan kata lain, tgl 29 November 2013 hari Jumat, masih termasuk masa biasa, dan hari Minggu tgl 1 Desember 2013 (dimulai dengan Ibadat Sore I pada hari Sabtu sore tgl 30 November) adalah awal masa Advent, Minggu I masa Advent, yang meliputi hari-hari biasa pekan I masa Advent (Senin – Sabtu siang, tgl 2-7 Desember). Maka tidaklah tepat memandang ibadat lingkungan pd tgl 29 November sebagai ibadat lingkungan Advent I, tetapi sebaiknya dipilih antara hari Minggu tgl 1 Desember sampai Sabtu 7 Desember. Advent II, antara tgl 8-14 Desember, Advent III, antara 15-21 Desember, dan Advent IV antara tgl 22-24 Desember. Dengan demikian kita melewati hari-hari dalam pekan sebagai bagian utuh dari Gereja sesuai dengan masa khusus yang ditentukan oleh Gereja, dan bukan menentukan sendiri hari-hari ibadat tanpa mengindahkan kekhasannya menurut ketetapan Gereja.

      Salam dan doa. Gbu.
      Rm Boli.

      • Kapan waktu yang tepat untuk memasang dekorasi Natal di Gereja dan di rumah seturut ketentuan Liturgi/aturan Gereja?

        Dari Katolisitas:

        [qa id=14368]

  7. Saya ingin bertanya,

    Jika seseorang itu tinggal di tempat yang tidak ada Gereja Katolik, bagaimanakah ia bisa melakukan ibadah pada setiap hari minggu?

    • Shalom Adrian,

      Kemungkinannya yang perlu dijajaki adalah

      1. Dapatkah mengikuti perayaan Misa Kudus di gereja Katolik terdekat. Misalnya di kota dimana orang itu tinggal tak ada gereja Katolik, tetapi apakah ia dapat mengunjungi kota tetangga? Sebab jika jarak tempuhnya masih mungkin dilakukan, dan orang itu cukup sehat untuk dapat melakukan perjalanan, silakan saja dilakukan. Ini bahkan dapat menjadi semacam persembahan yang dapat ia berikan kepada Tuhan untuk disatukan dalam kurban Ekaristi.

      2. Jika ada cukup banyak orang Katolik di daerah Anda tinggal, silakan membicarakannya dengan pastor paroki di kota tetangga Anda, sehingga dapat dijajaki kemungkinannya apakah dapat dibentuk stasi atau Anda dapat memperoleh kunjungan pastor selama waktu tertentu (misalnya 2 minggu sekali), sehingga pada saat itu Anda dan warga Katolik di daerah Anda dapat merayakan Ekaristi minimal 2 minggu sekali, sedang Minggu lainnya mungkin ibadat Sabda bersama-sama.

      3. Jika kemungkinan ini tidak ada, silakan mendoakan Komuni batin, dengan rumusan apapun, atau Anda dapat melihat contoh teksnya di sini, silakan klik.

      Salam kasih dalam Kristus Tuhan,
      Ingrid Listiati- katolisitas.org

  8. Syalom..
    Saya ingin bertanya, mengapa kebanyakan kaum agama kristen mempercayai bahwa Yesus lahir pada tanggal 25 december?? dan mana buktinya dalam alkitab bahwa Yesus lahir pada tanggal 25 december? terima kasih,.

    [Dari Katolisitas: St. Yohanes Krisostomus berargumentasi bahwa Natal memang jatuh pada tanggal 25 Desember, dengan perhitungan kelahiran Yohanes Pembaptis. Karena Zakaria adalah imam agung dan hari silih (Atonement) jatuh pada tanggal 24 September, maka Yohanes Pembaptis lahir tanggal 24 Juni dan Kristus lahir enam bulan setelahnya, yaitu tanggal 25 Desember. Selanjutnya tentang mengapa orang Kristen merayakan Natal di tanggal 25 Desember, silakan membaca di artikel di atas terutama point 2, silakan klik]

  9. YESUS TIDAK LAHIR PADA 25 DESEMBER

    Sungguh amat mustahil jika Yesus dilahirkan pada musim dingin! (Di wilayah Yudea, setiap bulan Desember adalah musim salju dan hawanya sangat dingin) Sebab Injil Lukas 2:11 menceritakan suasana di saat kelahiran Yesus sebagai berikut:

    “Di daerah itu ada gembala-gembala yang tinggal di padang menjaga kawanan ternak mereka pada waktu malam. Tiba-tiba berdirilah seorang malaikat Tuhan di dekat mereka dan kemuliaan Tuhan bersinar meliputi mereka dan mereka sangat ketakutan.. Lalu kata malaikat itu kepada mereka: “Jangan takut, sebab sesungguhnya aku memberitakan kepadamu kesukaan besar untuk seluruh bangsa: Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu Kristus, di kota Daud.”

    Tidak mungkin para penggembala ternak itu berada di padang Yudea pada bulan Desember. Biasanya mereka melepas ternak ke padang dan lereng-lereng gunung. Paling lambat tanggal 15 Oktober, ternak tersebut sudah dimasukkan ke kandangnya untuk menghindari hujan dan hawa dingin yang menggigil. Bibel sendiri dalam Perjanjian Lama, kita Kidung Agung 2: dan Ezra 10:9, 13 menjelaskan bahwa bila musim dingin tiba, tidak mungkin pada gembala dan ternaknya berada di padang terbuka di malam hari.

    Adam Clarke mengatakan:

    “It was an ancient custom among Jews of those days to send out their sheep to the field and desert about the Passover (early spring), and bring them home at commencement of the first rain.” (Adam Clarke Commentary, Vol.5, page 370, New York).

    “Adalah kebiasaan lama bagi orang-orang Yahudi untuk menggiring domba-domba mereka ke padang menjelang Paskah (yang jatuh awal musim semi), dan membawanya pulang pada permulaan hujan pertama).”

    Adam Clarke melanjutkan:

    “During the time they were out, the sepherds watch them night and day. As…the first rain began early in the month of Marchesvan, which answers to part of our October and November (begins sometime in october), we find that the sheep were kept out in the open country during the whole summer. And, as these sepherds had not yet brought home their flocks, it is a presumptive argument that october had not yet commenced, and that, consequently, our Lord was not born on the 25th of December, when no flock were out in the fields; nor could He have been born later than September, as the flocks were still in the fields by night. On this very ground, the Nativity in December should be given up. The feeding of the flocks by night in the fields is a chronological fact…See the quotation from the Talmudists in Lightfoot.”

    “Selama domba-domba berada di luar, para penggembala mengawasinya siang dan malam. Bila…hujan pertama mulai turun pada bulan Marchesvan, atau antara bulan Oktober dan November, ternak-ternak itu mulai dimasukkan ke kandangnya. Kita pun mengetahui bahwa domba-domba itu dilepas di padang terbuka selama musim panas. Karena para penggembala belum membawa pulang domba-dombanya, berarti bulan Oktober belum tiba. Dengan demikian dapatlah diambil kesimpulan bahwa Yesus tidak lahir pada tanggal 25 Desember, ketika tidak ada domba-domba berkeliaran di padang terbuka di malam hari. Juga tidak mungkin dia lahir setelah bulan September, karena di bulan inilah domba-domba masih berada di padang waktu malam. Dari berbagai bukti inilah, kemungkinan lahir di bulan Desember itu harus disingkirkan. Memberi makan ternak di malam hari, adalah fakta sejarah…sebagaimana yang diungkapkan oleh Talmud (kitab suci Yahudi) dalam bab “Ringan Kaki”.

    Di ensiklopedi mana pun atau juga di kitab suci Kristen sendiri akan mengatakan kepada kita bahwa Yesus tidak lahir pada tanggal 25 Desember. Catholic Encyclopedia sendiri secara tegas dan terang-terangan mengakui fakta ini.

    Tidak seorang pun yang mengetahui, kapan hari kelahiran Yesus yang sebenarnya. Jika kita meneliti dari bukti-bukti sejarah dan kitab suci Kristen sendiri, saya bisa mengambil kesimpulan bahwa Yesus lahir pada awal musim gugur – yang diperkirakan jatuh pada bulan September – atau sekitar 6 bulan setelah hari Paskah.
    Jika Tuhan menghendaki kita untuk mengingat-ingat dan merayakan hari kelahiran Yesus, niscaya dia tidak akan menyembunyikan hari kelahirannya.

    Yang penting diimani (walau ngak masuk akal)

    • Shalom Setia Hati,

      Secara umum, Gereja di seluruh dunia merayakan hari kelahiran Yesus pada hari Natal, pada tanggal 25 Desember. Ini adalah suatu fakta. Walaupun benar bahwa tidak ada bukti historis memastikan bahwa hari kelahiran Yesus adalah pasti jatuh tanggal 25 Desember, terdapat alasan yang masuk akal bahwa Tuhan Yesus memang dilahirkan di tanggal 25 Desember. Telah disebutkan di atas, bahwa St. Yohanes Krisostomus menghitungnya, berdasarkan perhitungan kelahiran Yohanes Pembaptis. Karena Zakaria (ayah Yohanes Pembaptis) adalah imam agung dan hari silih (Atonement) jatuh pada tanggal 24 September, maka Yohanes Pembaptis lahir tanggal 24 Juni dan Kristus lahir enam bulan setelahnya, yaitu tanggal 25 Desember.

      Menurut perhitungan musim, pada bulan Desember sampai Februari/ Maret adalah musim dingin di Yerusalem dan sekitarnya (termasuk Betlehem yang berjarak kira- kira 6 mil/ 9.6 km dari Yerusalem). Yerusalem dan sekitarnya termasuk salah satu kota di Israel yang terdingin, kemungkinan disebabkan karena letaknya yang menempati dataran tinggi. Suhu musim dingin di Yerusalem adalah 6- 19 derajat Celsius, namun dapat juga mencapai -3 derajat Celsius dan sewaktu-waktu terjadi turunnya salju. Fakta iklim ini menjelaskan bahwa mengapa tetap masuk akal jika digambarkan kandang natal dengan salju, namun sebaliknya, tetap dimungkinkan bahwa para gembala berada di padang pada waktu malam, pada saat suhu musim dingin yang normal mereka alami. Nampaknya kita tidak dapat mengambil patokan dari ketahanan kita yang terbiasa hidup di daerah tropis, dengan ketahanan orang-orang yang sudah terbiasa hidup di negara yang mempunyai musim dingin. Sebab bagi yang sudah terbiasa, berjaga di padang di suhu 6-19 derajat Celcius itu memungkinkan.

      Akhirnya, memang Tuhan tidak mengharuskan kita merayakan hari kelahiran-Nya, namun juga Ia tidak melarangnya. Merayakan hari ulang tahun kelahiran adalah sesuatu kebiasaan yang baik, sebab kita merayakan karunia kehidupan. Maka tidak ada salahnya merayakan kelahiran Tuhan Yesus yang adalah “Jalan, Kebenaran dan Hidup” kita (lih. Yoh 14:6). Jika Anda memilih untuk tidak merayakannya, itu adalah hak Anda, namun kami umat Katolik dan sebagian besar umat Kristiani lainnya juga mempunyai hak untuk merayakannya, demi kasih kepada Tuhan Yesus Sang Pemberi Hidup.

      Salam kasih dalam Kristus Tuhan,
      Ingrid Listiati- katolisitas.org

      • Salam, Setia Hati

        Syukur bahwa Setia Hati terpanggil untuk mencari kebenaran mengenai ajaran-ajaran Kristus, salah satunya adalah mengenai peringatan hari Natal. Saya ingin berbagi sedikit pengetahuan yang saya miliki. Namun, silahkan tim Katolisitas memverifikasi jikalau informasi yang saya berikan ternyata tidak benar :

        Umat Katolik telah secara sembunyi-sembuyi merayakan Natal di katakombe jauh sebelum Edict of Milan (313 AD) dikeluarkan Kaisar Konstantinus Agung[1]. Salah satu fresco abad ke-2 dalam katakombe St. Priscilla menggambarkan Bunda Maria yang menggendong Yesus. Selain itu, beberapa kutipan Bapa Gereja menuliskan tanggal 25 Desember sebagai perayaan Kelahiran Tuhan :

        “Kita harus merayakan hari kelahiran Tuhan kita pada tanggal 25 Desember yang akan berlangsung” – Theophilus, Uskup Caesarea (115-118 AD)[2].

        “Untuk kedatangan pertama Tuhan kita dalam daging ketika Ia lahir di Bethlehem, delapan hari sebelum Januari, hari keempat dalam minggu, ketika Augustus dalam 42 tahun pemerintahannya….” – St. Hippolitus dari Roma (225 AD)[3].

        Dugaan yang terpopuler adalah Natal diambil dari perayaan pagan Romawi Dies Natalis Solis Invicti (Hari Kelahiran Dewa Matahari). Rumor ini didasarkan dari anggapan bahwa di abad ke-4 Gereja berusaha mempertobatkan Kekaisaran Roma dengan mengambilalih hari raya kafir Romawi dan menggantinya dengan Natal.

        Akan tetapi, tidak pernah ditemukan bukti sejarah bahwa perayaan Solis Invicti telah ada ja uh sebelum perayaan natal. Malah sebaliknya, Kaisar Aurellius membuat tanggal yang penting bagi umat Katolik semakin populer. Menurut Thomas Talley, Kaisar Aurelian mendedikasikan tanggal 25 Desember pada Dewa Matahari untuk menandingi meningkatnya popularitas umat Katolik yang bertumbuh[4]. Kekaisaran Romawi sedang mengalami ketidakstabilan sehingga dibutuhkan mekanisme untuk menyatukan dukungan seluruh rakyat. Menyiksa dan menyingkirkan Kristianitas adalah salah satu jalan yang ditempuh.

        Lalu, darimana muncul dugaan yang menghubungkan Natal dengan Solis Invicti? Di abad ke-17, kaum Puritan dan Presbyterian meninggalkan Inggris dan pergi ke Amerika. Mereka meninggalkan Inggris karena membenci segala hal yang berbau Katolik dan ingin memurnikan (pure;asal kata Puritan) ajaran mereka, termasuk Anglikan yang menurut mereka masih terlalu mirip dengan Gereja Katolik. Karena Kitab Suci tidak menuliskan tanggal apapun mengenai Natal, mereka menganggap perayaan Natal adalah rancangan cemar Gereja Katolik. Pengkhotbah Paul Ernst Jablonski kemudian menghubungkan Natal dengan Solis Invicti untuk menunjukkan bahwa Gereja Katolik tidak lagi “murni” karena tercemar perayaan kafir.

        Namun, katakanlah kita menganggap bahwa Gereja memang mengubah sebuah perayaan kafir menjadi perayaan Gereja, tetap tidak ada yang perlu dipermasalahkan. Gereja telah membuang objek sembahan yang salah, sang Dewa Matahari menjadi Kristus, Sang Matahari Sejati. Gereja hanya melakukan seperti apa yang St. Paulus lakukan dalam penginjilan ke Athena : memurnikan kerinduan manusia akan Allah, yang terselubung dalam setiap tradisi kafir/sekuler, agar kerinduan tersebut terarah kepada penyembahan Allah yang sejati.

        SUMBER :
        [1]Daniel Rops. 1952. Prieres des Premiers Chretiens. Paris : Fayard. pp. 125-127. 228-229.

        [2]Magdeurgenses, Cent. 2.c.6. Hospinian, de Origin Festorum Christianorum

        [3]St. Hippolytus of Rome (c. 225 AD), Commentary on Daniel 4.23.3.

        [4] Thomas Talley, The Origins of the Liturgical Year, Collegeville, MN: Liturgical Press, 1991), p. 88.

  10. Hallo, Katolisitas

    Saya ada pertanyaan sederhana ini:

    bolehkah orang Katolik menghadiri undangan Natal yang diadakan sebelum tgl 25 Des yang diadakan oleh gereja non Katolik?

    Terima kasih.

    • Selamat Natal dan Tahun Baru 2013, Sdr Wilfirmus

      Gereja Katolik mempunyai tradisi menyiapkan perayaan Natal dengan menjalani masa Advent (minggu pertama Advent sampai tgl 24 Des siang) bukan dengan merayakan Natal sebelum tgl 25 Desember. Maka kalau ada undangan untuk perayaan Natal ekumenis, hendaknya mengusulkan agar dipilih hari-hari dalam masa Natal.

      Doa dan Gbu.
      Rm Boli.

  11. Mengapa Gereja2 Ritus Timur baik itu Gereja Orthodox maupun Katolik Ritus Timur merayakan Natal pada tanggal 6 Januari ? Apakah mereka memakai penanggalan kalender liturgi yang berbeda dengan Gereja Ritus Latin ?

    • Shalom Hariyanto,

      Banyak Gereja Orthodox dan Gereja Timur merayakan natal pada tanggal 7 Januari, karena mereka masih menggunakan sistem kalendar Julian dan belum mengadopsi sistem kalendar Gregorian. Perbedaan antara Julian dan Gregorian kalendar adalah 13 hari. Dengan kata lain 25 Desember menurut kalendar Julian adalah 7 Januari menurut kalendar Gregorian. Jadi sebenarnya, mereka juga merayakan Natal tanggal 25 Desember menurut penanggalan Julian.

      Salam kasih dalam Kristus Tuhan,
      stef – katolisitas.org

  12. Shalom saya ingin tanya maaf kalau tak sesuai tempat
    Saya sempat membaca situs mesianikindonesia di situ saya membuka bagian apologetik nah saya membaca bahwa mereka menyatakan Natal itu pagan apa benar?bgaimana sejarahnya?
    Lalu mereka berkata bahwa mereka berusaha mencari akar dari kekristenan .Bukannya kekristenan sejati ada di Katolik?

    [dari katolisitas: Kemungkinan mereka dari aliran Adven. Diskusi tentang Natal dapat dilihat di sini – silakan klik]

  13. Dear Pak Stefanus, apakah bisa minta tolong menjelaskan arti dan makna ADVEN ?
    Thanks

    [dari katolisitas: Silakan melihat artikel ini – silakan klik]

  14. Salam kasih dalam Kristus

    Orang tua saya mengajarkan bahwa saya tidak harus merayakan natal. Karena seperti disebutkan di atas, Alkitab tidak mengharuskan kita merayakan hari lahir Yesus Kristus namun lebih mengutamakan bagaimana hidup kristen yang baik. Kita percaya bahwa kasih Tuhan kepada manusia sangat besar dan tidak bisa atau tidak pantas jika disetarakan dengan kasih lainnya. Bagaimana bisa saya menerima ulasan tentang asal usul natal yang ternyata diadopsi dari perayaan penyembahan berhala (dewa matahari) yang disamakan dengan Terang Yesus hanya demi “mempermudah” diterima para penyembah dewa matahari. Apakah pantas kita menyamakan Tuhan Allah kita Yesus Kristus yang menebus dosa kita, meninggalkan tahta-Nya di sorga turun ke bumi demi kita ciptaannya dan kita secara tidak langsung “menyamakan” Tuhan kita Yesus Kristus dengan si “dewa matahari”

    Saya mohon tanggapannya. Salam kasih Tuhan pada kita semua.

    • Shalom Ishak,

      Terima kasih atas pertanyaannya. Alkitab memang tidak mengharuskan kita merayakan hari lahir Yesus. Namun kita juga tahu bahwa tidak semua hal dituliskan di dalam Kitab Suci (lih. Yoh 21:25). Namun, satu hal yang pasti, bahwa kita semua mensyukuri bahwa Yesus Kristus datang ke dunia ini untuk menyelamatkan manusia. Karena peristiwa Inkarnasi ini, maka kita semua dapat memanggil Allah dengan sebutan Abba, Bapa (lih. Rom 8:15; Gal 4:6) dan keselamatan terbuka bagi seluruh umat manusia. Peristiwa ini tentu saja patut disyukuri dengan cara yang paling tinggi, dibandingkan dengan syukur atas hari kelahiran kita, hari kelahiran bangsa kita, maupun hari lahir orang tua kita. Seluruh umat Allah dapat mengungkapkan rasa syukur atas Inkarnasi dengan cara yang berbeda dan dalam waktu yang berbeda. Namun, bukankah perayaan bersama dapat memberikan dimensi persatuan, di mana seluruh umat Allah dapat bersama-sama memuji kebesaran Allah atas karya keselamatan? Bukankah karya keselamatan Allah yang telah dinubuatkan dari generasi ke generasi melalui perantaraan para nabi dan akhirnya mencapai puncaknya dalam Inkarnasi Kristus perlu disyukuri bersama? Bagaimana kita menyukuri Inkarnasi secara bersama-sama, karena Kitab Suci tidak menyebutkan tanggal 25 Desember?

      1. St. Yohanes Krisostomus berargumentasi bahwa Natal memang jatuh pada tanggal 25 Desember, dengan perhitungan kelahiran Yohanes Pembaptis. Karena Zakaria adalah imam agung dan hari silih (Atonement) jatuh pada tanggal 24 September, maka Yohanes Pembaptis lahir tanggal 24 Juni dan Kristus lahir enam bulan setelahnya, yaitu tanggal 25 Desember.

      2. Alternatif ke-dua adalah seperti yang saya telah paparkan dalam artikel di atas – silakan klik. Walaupun masih spekulatif bahwa perayaan Natal dapat dihubungkan dengan tradisi pagan, namun jika ternyata benar, maka sebenarnya hal ini juga bukan merupakan penghalang. Prinsip dari hal ini adalah “grace perfects nature” atau dengan kata lain rahmat menyempurnakan kodrat. Manusia yang memang secara kodrat diciptakan mempunyai kapasitas untuk mengetahui dan mengasihi pencipta-Nya dapat menyembah dewa atau benda secara salah karena ketidakmampuannya untuk mengerti Allah. Kekristenan sebagai agama wahyu dapat menyempurnakan kesalahan ini dan memberikan arti baru dalam perayaan Dies Natalis. Dengan demikian perayaan Natal untuk mensyukuri kehadiran Allah Putera, Sang Terang memberikan arti yang sebenarnya dari perayaan penghormatan terhadap dewa matahari.

      Semoga penjelasan ini dapat membantu.

      Salam kasih dalam Kristus Tuhan,
      stef – katolisitas.org

  15. wah ni mulai gak bener…masak sesuatu yg sangat penting kayak perayaan hr sampe gak ada keterangannya di dalam kitab suci?jadi yg dilakuin selama ini kegiatan yg gak berdasar?parah bener….
    terus alesan yg membolehkan dg komentar :
    “Namun, bukankah Natal tidak pernah disebutkan dalam Kitab Suci? Mengapa kita tetap merayakan Natal? Kita tahu, bahwa tidak semua hal disebutkan di dalam Kitab Suci (lih. Yoh 21:25), termasuk kata Inkarnasi, Trinitas, Natal. Jangan lupa juga bahwa Kitab Suci pun tidak pernah menuliskan larangan untuk merayakan Natal. Satu hal yang pasti adalah kelahiran Yesus disebutkan di dalam Kitab Suci”
    adalah analogi yg bener2 kacau…
    sama aja analogi kayak gini :
    karena memakai sabu-sabu tdk pernah disebutkan dalam kitab suci dan jgn lupa juga bahwa Kitab Suci pun tidak pernah menuliskan larangan untuk memakai sabu-sabu, maka kita boleh memakai sabu-sabu.
    gimana?

    [dari katolisitas: Coba anda melihat terlebih dahulu dari definisi dosa. Apakah merayakan Natal berdosa? Apakah memakai sabu-sabu berdosa?]

  16. Shalom,
    saya ingin bertanya tentang Gereja Advent (walaupun tidak ada hubungannya dgn artikel ini)
    dasar2 apa saja yg membuat gerja Advent percaya hari Sabat adalah hari Sabtu, mengapa mereka berbeda dengan gereja Kristen Protestan?

    Mengapa pada gereja Katolik hari Tuhan adalah hari Minggu, bukan sabtu seperti di gereja Advent?

    Mohon pencerahannya, terima kasih..

    [Dari Katolisitas: Salah satu ciri Gereja Adven/ 7th day Adventism adalah mereka merayakan hari Sabtu sebagai hari Sabat, dengan mengambil dasar ayat- ayat dalam Perjanjian Lama, yang memang memerintahkan untuk menguduskan hari Sabat, yang jatuh pada hari Sabtu. Tetapi Gereja Katolik dan gereja- gereja non-Katolik lainnya melihat ayat- ayat dalam Perjanjian Lama tentang Sabat sebagai gambaran akan penggenapannya di dalam Perjanjian Baru, yang ditandai dengan hari kebangkitan Tuhan Yesus yang jatuh di hari pertama dalam minggu, yaitu hari Minggu. Tentang hal ini sudah dengan panjang lebar disampaikan di sini, silakan klik.]

  17. shalom bu Ingrid..!!
    saya ingin bertanya beberapa hal tentang sejarah natal.
    1. apa dasar dari penentuan tgl 25 desember ditetapkan sbg tgl natal dan siapa yg menentukan tanggal itu?
    2. boleh atau tidakkah kita merayakan natal sebelum tanggal 25 desember?
    3. kapan perayaan natal mulai dirayakan dalam sejarah gereja?
    4. ada yang bilang; perayaan natal diadopsi dari penyembahan kepada dewa matahari, benarkah?

    demikian bu, saya mohon jawabannya, terimakasih.

    [Dari Katolisitas: Silakan Anda membaca artikel di atas terlebih dahulu, sebab nampaknya pertanyaan-pertanyaan Anda sudah terjawab di sana, silakan klik]

  18. Shallom,

    Untuk team katolisitas dan pembaca katolisitas, saya mengucapkan :

    Selamat Hari Natal

    Semoga damai Natal melingkupi kita semua. Amin.

  19. Salam tim Katolisitas.org ,

    Apakah ada makna khusus dengan penyalaan lilin Adven secara berlawanan arah jarum jam? Karena selama ini saya perhatikan selalu begitu di paroki kami. Apakah itu merupakan keharusan tradisi / tata cara liturgi?

    Kapan saat yg tepat penyalaan lilin Adven pada saat Misa? Sebelumnya saya pernah membaca mestinya lilin dinyalakan setelah bacaan Injil, tapi sekarang di paroki kami lilin dinyalakan sebelum Misa. Sebagai contoh untuk Misa Adven ketiga: 2 lilin sudah menyala sebelum Misa dan lilin Adven ke3 dinyalakan setelah Tanda Salib Trinitaris dan salam pembuka oleh Imam. Jadi mana yg benar ?

    Mohon penjelasannya dan terimakasih.

    • Salam Adi,

      penyalaan lilin Adven bukan termasuk liturgi, namun devosi yang mendalami misteri Adven. Karena itu, diatur sendiri bagaimana menyalakannya, yang penting membantu umat mendalami imannya. Demikian penjelasan dari Rm Bosco Da Cunha, O Carm, sekretaris eksekutif Komisi Liturgi KWI.

      Salam
      Yohanes Dwi Harsanto, Pr

  20. Damai Kristus buat semua,

    Terima kasih Caecilia Triastuti dan Ingrid Listiati Kerana menjawab pasal Santa Claus.

    Lagi pertanyaan saya, kalau Santa Claus bukan ajaran dan anjuran Gereja, adakah bermaksud kita membenarkan figure Santa Claus di dalam tradisi Natal kerana ia tidak membahayakan kepercayaan anak-anak?
    Pernahkah gereja Katolik melarang figure Santa Claus dikaitkan dengan Natal?

    Salam Kasih Yesus,
    kenzo.

    • Shalom Kenzo, 

      Gereja Katolik tidak pernah mengeluarkan larangan resmi bahwa figur Santa Claus dilarang untuk dihubungkan dengan Natal. Namun tentu sekarang adalah kesadaran dari umat Katolik sendiri terutama orang tua, untuk dengan bijak mendidik anak- anak, agar jangan sampai mereka menempatkan figur Santa Claus lebih dominan daripada Tuhan Yesus Kristus pada masa Natal. Sebab hari Natal adalah hari peringatan kelahiran Kristus Sang Penyelamat umat manusia yang memberikan kita hadiah kehidupan kekal, yang jauh melampaui hadiah sementara yang diberikan oleh Santa Claus. Sepanjang anak- anak telah diajarkan bahwa “Tokoh utama” pada masa Adven dan Natal adalah Kristus, dan anak- anak diarahkan untuk mengarahkan hati kepada Kristus, (misalnya dengan membacakan kisah- kisah Natal dari Kitab Suci kepada anak- anak di masa Adven dan Natal, mengajak mereka mengikuti Misa bersama, berdoa bersama menyalakan lilin Adven dalam keluarga, mengajarkan anak- anak lagu- lagu Natal, mendorong anak- anak mengikuti koor di gereja/ caroling Natal), maka, tidak masalah jika anak- anak bermain  dengan Santa Claus. Sebab dengan demikian, mereka dapat melihat Santa Claus hanya sebagai “tokoh figuran”, dan bukan yang utama pada masa Natal.

      Salam kasih dalam Kristus Tuhan,
      Ingrid Listiati- katolisitas.org

  21. Salam Kristus warga Katolisitas,

    Ramai orang bukan Kristian mudah untuk mengaitkan Christmas dengan Santa Claus adalah ritual pagan.

    Mereka mengatakan kenapa perlu ada Santa Claus untuk Christmas, sedangkan Christmas sepatutnya adalah untuk Yesus.

    Apakah penjelasan yang paling sesuai untuk kita perjelaskan kepada mereka yang Santa Claus tidak lebih dari Christmas itu sendiri?

    Terima Kasih.

    kenzo

    • Shalom Kenzo,

      Terima kasih untuk pertanyaan ini. Sosok Santa Claus menurut tradisi mengambil inspirasi dari kisah hidup yang kudus dan murah hati St. Nikolaus (Nicholas) yang pestanya dirayakan setiap tanggal 6 Desember, (silakan membaca kisah hidup beliau di situs Yesaya berikut, klik di sini). Karena peringatannya yang dekat dengan hari Natal, dan semangat keteladanan beliau dalam berbagi kepada kaum miskin, maka tradisi masyarakat Barat menjadikannya salah satu simbol / ikon dalam memaknai perayaan Natal, di mana Kristus hadir sebagai manusia dalam segala kemiskinan dan kerendahan hati.

      Namun peranan itu telah dikomersialisasi sedemikian rupa oleh dunia bisnis dan dunia sekular, sehingga makna kekudusan dan teladannya dalam mencintai orang miskin dan anak-anak tidak dihadirkan sebagaimana mestinya dan ditangkap sepenuhnya. Eksploitasi yang sedemikian sama sekali tidak pernah menjadi ajaran dan anjuran Gereja. Adalah tantangan bagi kita sebagai umat beriman untuk bijaksana dalam menempatkan apresiasi kita sesuai dengan ajaran iman dan memurnikan nilai-nilai sejati dari Natal di tengah gerusan dunia komersial dan bisnis yang menyentuh berbagai segi kehidupan manusia modern. Terutama bagaimana kita menyikapinya dalam kaitannya dengan pendidikan iman yang benar kepada anak-anak kita dan generasi penerus.

      Tambahan dari Ingrid:

      Maka, jika hendak dimaknai supaya lebih sesuai dengan konteksnya, seharusnya peringatan Santa Claus mengacu kepada teladan St. Nicholas yang mau berbagi kepada mereka yang membutuhkan. Dengan demikian, ikon Santa Claus sebenarnya lebih pas dihubungkan dengan Aksi Natal daripada pertunjukan di mall- mall. Atau sedikitnya, sebagai orang tua kita perlu menjelaskan kepada anak- anak kita tentang kisah teladan hidup St. Nicholas (yang tentu meniru teladan Tuhan Yesus yang penuh kasih dan murah hati), daripada sekedar membeli kado untuk diberikan kepada anak-anak, seolah dari Santa Claus.

      Salam kasih dalam Kristus Tuhan,

      Caecilia Triastuti & Ingrid Listiati – katolisitas.org

       

  22. Yth Katolisitas, saya ingin tanya selama masa Adven ada beberapa hari pesta (misal pesta St Andreas, Pesta St Fransiskus Xaverius) / hari raya SP Maria Dikandung Tanpa Dosa madah kemuliaan tetap dinyanyikan? Terima kasih.

    • Salam Chris,

      Pada masa Prapaskah dan Adven, di mana terdapat hari raya, maka kemuliaan diucapkan / dinyanyikan.

      Salam
      Yohanes Dwi Harsanto, Pr

      • Tambahan dari saya

        Lihat petunjuk yang biasanya ditulis dalam Penanggalan Liturgi Universal / Nasilnal / Keuskupan / Tarekat. Prinsipnya: Pada Hari Raya dan Pesta, ada Kemuliaan. Bisa saja menurut penanggalan Universal, orang kudus tertentu diperingati (Peringatan wajib) tetapi menurut penanggalan khusus Keuskupan atau Serikat tertentu, orang kudus itu dirayakan sebagai Pesta atau Hari Raya.

        Salam dan doa. Gbu.
        Rm Boli.

  23. Ytk Katolisitas mat jumpa

    Kami selalu membuka web site “KATOLISITAS” karena sangat bermanfaat bagi kami awam dan juga menambah wawasan kami yang duduk di seksi keluarga paroki – anggota komisi keluarga Keuskupan Dps, kami sangat terbantu dengan materi: SEPUTAR ADVEN DAN NATAL, sehingga pemahaman kami menjadi lebih jelas tidak asal ikut meniru seperti pemasangan lingkaran daun dengan dipasang 4 lilin.
    Terimakasih

    pasutri sisil hirawan dps

  24. Salam Kasih dalam Kristus,

    Terima kasih atas penjelasan seputar Adven dan Natal yang begitu indah dan lengkap.
    Dari penjelasan tsb, ada yang masih belum jelas buat saya yaitu tentang antifon tujuh “o”
    Yang ingin saya tanyakan apa yang dimaksud dengan “o”, apakah merupakan singkatan atau mempunyai arti yang lain.
    Mohon penjelasannya.

    Terima kasih.Semoga Tuhan memberkati .

    Gunawan A

    [dari katolisitas: Disebut tujuh O Antifon, karena pada antifon tersebut dimulai dengan huruf O]

  25. Salam para pengasuh Katolisitas yang terkasih,

    Perayaan Natal dikenal sebagai perayaan kalahiran Kristus yang ke-1. Natal adalah hari yang kita gunakan untuk merayakan hari kelahiranNYA yang berulang setiap tahun. Itu adalah kedatangan Kristus yang ke-1. Sedangkan kedatanganNYA yang ke-2 (akan) terjadi pada akhir zaman (Wahyu 19:11-18?; Doa Aku Percaya).
    Sementara itu kita umat diingatkan akan kedatangan Kristus pada saat ajal yang– karena saat tepatnya tidak ada seornagpun yang tahu– untuk selalu berjaga-jaga karena ” Anak manusia datang pada saat yang tidak kamu duga” (Mat.24:44). Pada saat itu terhadap orang yang baru meninggal akan dilakukan pengadilan untuk menetapkan kemana ia akan pergi: ke surga, ke neraka, atau ke api penyucian. Bila pemahaman itu benar adanya, tidakkah itu berarti bahwa terjadi tidak hanya dua kali, melainkan tiga kali kedatangan Kristus, yaitu: (1) peristiwa Natal yang pertama, (2) pada saat seseorang meninggal, dan pada (3) akhir zaman (kiamat). Bagaimana pemahaman yang benar?
    Terima kasih.

    • Shalom Bapak Soenardi,

      Terima kasih atas pertanyaannya tentang kedatangan Kristus. Secara prinsip kedatangan Kristus ke dunia dalam kodrat-Nya, yang sungguh Allah dan sungguh manusia, yang disaksikan oleh banyak orang terjadi dua kali. Yang pertama terjadi pada peristiwa Inkarnasi, yaitu kedatangan Kristus yang pertama ke dalam sejarah manusia, yang kita peringati setiap hari Natal. Sedangkan kedatangan Kristus yang ke-dua dalam kemuliaan-Nya merujuk pada akhir zaman, di mana Kristus menjadi semua dalam semua (1Kor 15:28). Walaupun demikian, setiap orang yang meninggal, akan langsung bertemu Kristus. Ini bukanlah kedatangan Kristus yang kedua, namun merupakan pengadilan khusus, di mana setiap orang yang meninggal akan langsung mempertanggungjawabkan apa yang diimani dan dilakukannya selama di dunia. Pada saat kedatangan Kristus yang kedua atau akhir zaman, maka seluruh manusia akan diadili dalam Pengadilan umum, sehingga semua orang dapat melihat keadilan Tuhan. Tentang pengadilan umum dan pengadilan khusus dapat dibaca di sini – silakan klik. Semoga dapat membantu.

      Salam kasih dalam Kristus Tuhan,
      stef – katolisitas.org

  26. Salam tim katolisitas.org,
    mohon penjelasan tentang bolehkah merayakan Natal sebelum tanggal 25 Desember? (terkhususnya bagi umat Katolik)
    terima kasih

    [Dari Katolisitas: Jika kita umat Katolik menghayati makna Adven sebagaimana telah disebutkan di atas, maka memang kita umat Katolik seharusnya tidak merayakan Natal sebelum tanggal 25 Desember

  27. Terima kasih atas ulasan Advent dan Natal yang indah….

    Saya tertarik dengan antifon “O”. Ketika saya bolak-balik buku nyanyian “Syukur Kepada Bapa”, penerbit Nuasa Indah, Ende – Flores, cetakan kesepuluh 1979, ada ibadat persiapan Natal di no. 400, halaman 398. Di sana terdapat antiphon “O” sebagaimana diulas di sini. Saya mohon lewat katolisitas, yang berwewenang, baik komlit keuskupan atau KWI, atau pihak lain bisa menyusun kembali ibadat menjelang Natal ini (mungkin dimodifikasi dalam bentuk adorasi (atau novena?). Karena bagi saya ibadat ini merupakan suatu tradisi gereja patut dihidupi. Atau apakah sudah ada buku ibadat menjelang Natal yang dimiliki tim katolisitas?

    Saya menyusun ibadat ini dalam bentuk novena dan awalnya ingin buat ibadat menjelang Natal dengan menggunakan setiap antifon “O” dalam lagu gregorian sebagaimana dalam Syukur Kepada Bapa, namun karena kesulitan teknis berupa lagu yang harus diajarkan kepada umat dari ketujuh antifon “O”, maka saya hanya menggunakan satu antifon, yakni antifon ke-7: O Emmanuel … seperti dalam SKB halaman 407. ant. VIII. Maka ibadat ini bukan menggunakan antifon “O”, tetapi dalam bentuk novena Natal.

    Mohon tanggapan!

    • Salam Phiner,

      Sebenarnya Adven 2011 ini sudah terbit buku “NOVENA NATAL” aneka lagu termasuk antifon “O” tersebut, tahun 2012 sudah beredar di seluruh Indonesia. Demikian keterangan Romo Bosco Da Cunha O.Carm, sekretaris eksekutif Komisi Liturgi KWI.

      Salam
      Yohanes Dwi Harsanto Pr

  28. Terimakasih untuk ulasan Adven yang indah dan lengkap namun esensi adven dalam menyambut natal dapat dijelaskan dng sangat baik.
    Satu hal yg ingin saya tanyakan, terkait lingkaran adven (corona) ini, karena team bunga digereja saya, sudah bersusah payah berkreasi mendesign corona dalam bentuk yg tidak bulat, dan dirangkai dng banyak bunga2 yg indah dng sedikit daun2an, tapi kemudian di”persoalkan” oleh seorang pengurus paroki, dng argumentasi bahwa corona harus bulat dan harus ditutup oleh daun2 cemara tanpa menggunakan bunga, akhirnya team bunga mengalah dan merubah total semua rangkaian yg sudah jadi itu. sebenarnya apa ada aturan tertentu terkait corona tsb, dan apa makna yg terkandung dari setiap simbol itu. terimakasih.

    dari yanto.

    • Shalom Yanto,

      Terima kasih atas pertanyannya tentang lingkaran Adven. Mungkin yang harus dijelaskan terlebih dahulu adalah makna dari lingkaran Adven ini. Memang saya sendiri belum pernah melihat lingkaran Adven yang tidak berbentuk bulat atau lingkaran. Lingkaran sempurna memang lebih mencapai maksud yang dituju, yaitu melambangkan Allah yang tiada awal dan tiada akhir dan tidak berubah. Di satu sisi, kreasi bunga yang indah terlihat baik, namun kurang mencerminkan arti lingkaran Adven. Biasanya lingkaran Adven ini menggunakan daun segar dari pohon yang tahan terhadap segala cuaca, seperti daun cemara, melambangkan kehidupan yang tidak berakhir. Jadi, kalau ditanya, apakah ada aturan tertentu tentang hal ini? Sejauh yang saya tahu, lingkaran adven adalah termasuk dalam kesalehan umat, sehingga tidak diatur sampai detail. Dalam buku Direktorium tentang kesalehan umat dan liturgi, art.98 tentang lingkaran Adven, hanya disebutkan “Memasang empat lilin pada rangkaian daun-daun hijau telah menjadi simbol Adven di banyak rumah Kristiani …..” Semoga dapat membantu.

      Salam kasih dalam Kristus Tuhan,
      stef – katolisitas.org

  29. Salam Damai Kristus,

    Terimakasih atas artikel di atas Bp. Steff. Kalau kita menyimak tulisan di atas maka ada yang menghubungkan antara Natal dan masa advent dengan tradisi agama Kafir Romawi. Yang menjadi pertanyaan saya malahan kenapa kok Masa Advent dan Natal tidak dikaitkan dengan Festival Kenisah (Hanukah) yang merupakan Hari Raya Agama Yahudi??

    Kita tahu bahwa akar Kekristenan adalah Agama Yahudi bahkan Mesiah pun terlahir sebagai orang Yahudi. Maka adalah suatu kemungkinan bahwa sebenarnya Masa Advent dan Natal adalah Hari Raya Hanukah untuk umat Perjanjian Baru.

    Mengenai asal mula Hari Raya Hanukah ini bisa kita temui pada Kitab Makabe di Kitab Suci Kita. Petunjuk waktunya adalah Penahbisan Bait Allah dirayakan di Yerusalem pada tanggal 25 Kislew selama 8 hari. Hari Raya Hanukah juga sering disebut sebagai Natal Agama Yahudi.

    Adapun beberapa hal yang sama dari Ritus Masa Advent serta Natal dengan Hari Raya Hanukah sebagai berikut :
    1. Untuk Hari Raya Hanukah selama 8 hari menyalakan lilin satu persatu pada tempat lilin berlengan 8 yang dinamakan Menorah dan ini sangat mirip dengan tradisi Kristen untuk menyalakan lilin satupersatu dalam 4 minggu baik di Gereja maupun di rumah umat.

    2. Pada tanggal 17 s.d. 23 ada ibadah sore di Gereja yang selama 7 hari sebelum Natal dan 8 hari bila dihitung dengan Natal pada Hari Raya Hanukah umat menyalakan lilin selama 8 hari pada waktu petang dan berdoa. Pada hari ke delapan yaitu puncak dari Hari Raya Rumah-rumah maupun Bait Allah dipenuhi dengan lilin dan dekorasi yang terang.Pada hari kedelapan, cahaya dari seluruh lilin yang telah menyala semua ditambah dengan cahaya matahari dan lampu-lampu lainnya memenuhi ruangan Bait Allah dengan cahaya yang terang benderang sehingga hari raya ini juga sering disebut dengan ritus cahaya.

    3. Pesta Hanukah memperingati kembali pencucian Bait Allah dimana TUHAN kembali beserta bangsa Israel sedangkan Pesta Natal memperingati kelahiran Mesias yang Disebut Immanuel yang artinya TUHAN beserta kita jadi kalau ditarik menjadi satu simpul makna dari 2 hari Raya tersebut hampir sama.

    Jadi kemungkinan memang ada kemungkinan bahwa Umat Kristen menyerap tradisi dari Hari Raya Hanukah.

    Demikian, mohon penjelasannya.

    Terimakasih.

    Salam,
    Bernardus Aan

    • Shalom Bernardus Aan,

      Terima kasih atas tanggapannya tentang tradisi Natal. Artikel di atas adalah juga untuk menjawab beberapa pertanyaan tentang tradisi Natal yang dikaitkan dengan tradisi-tradisi kafir. Namun, memang ada beberapa artikel yang mengaitkan tradisi sekitar Natal dengan Hanukkah, apalagi memang dikuatkan dengan tanggal yang mirip dan makna-makna yang sejalan dengan nilai-nilai Kristiani. Dan kalau kita kaitkan Natal dengan Hanukkah memang menjadi indah karena ada kaitan antara Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru, seperti apa yang juga terjadi dengan Paskah.

      Salam kasih dalam Kristus Tuhan,
      stef – katolisitas.org

  30. Salam tim katolisitas.org,

    Ada beberapa teman saya Katolik, mempunyai kebiasaan setiap kali masa Adven mereka berpuasa dan berpantang kemudian minggu akhir diakhiri oleh Sakramen Tobat, apa itu dianjurkan oleh Gereja? Apa gunanya? Bagaimana sejarah tradisinya? Apa perlu?

    Terimakasih.
    Salam Damai Tuhan Yesus Kristus memberkati.

    • Shalom Gregorius,

      Terima kasih atas pertanyaannya tentang pertobatan dalam masa Adven. Kalau kita membaca Direktorium Tentang Kesalehan Umat dan Liturgi, maka kita melihat di art.96 dituliskan sebagai berikut:

      Adven adalah masa penantian, pertobatan, dan pengharapan:

      Penantian – kita mengenangkan kedatangan Tuhan yang pertama, papa, dalam sosok insan yang dapat mati; sekaligus kita menantikan kedatangan-Nya yang terakhir, mulia, sebagai Penguasa waktu dan Hakim semesta.

      Pertobatan – sering dimunculkan oleh liturgi masa ini sambil mengutip para nabi, khususnya Yohanes Pembaptis, “Bertobatlah, karena Kerajaan Surga sudah dekat” (Mat 3:2)

      Pengharapan – penuh sukacita bahwa keselamatan sudah digenapi oleh Kristus (bdk. Rm 8:24-25); bahwa realitas rahmat di dunia ini akan menjadi matang dan mencapai kepenuhannya, dan dengan demikian kita diberi apa yang dijanjikan oleh iman, dan “kita akan menjadi seperti Dia sebab kita akan memandang Dia sebagaimana adanya.” (Yoh 3:2)

      Dari sini, kita dapat melihat bahwa seharusnya masa Adven harus disertai dengan pertobatan. Pertama kali, hal ini diserukan oleh Yohanes Pembaptis, yang menyerukan pertobatan untuk menyambut Sang Mesias. Dan pertobatan ini juga membersihkan rumah hati kita, sehingga Kristus dapat lahir di tempat yang lebih bersih, yaitu di dalam hati yang bertobat. Di banyak paroki, biasanya ada masa pengakuan dosa, yang dilakukan sebelum Natal. Kalau sebelumnya disertai dengan puasa dan pantang, maka ini adalah sesuatu yang baik. Walaupun puasa dan pantang tidak terlalu ditekankan di Gereja Barat selama masa Adven, namun tradisi untuk berpantang dan berpuasa tetap dilakukan di Gereja Timur, yang dimulai pada tanggal 15 November sampai Natal. Semoga dapat membantu.

      Salam kasih dalam Kristus Tuhan,
      stef – katolisitas.org

Comments are closed.