Tentang St. Veronika

Pertanyaan:

Salam kasih dalam Kristus Tuhan,

Saya adalah umat Kristen Katolik. Saya sememangnya setiap tahun sentiasa ikut merenungi akan perjalanan Jalan Salib iaitu merenungkan sengsara dan kematian Tuhan Yesus. Walaubagaimanapun saya ingin memberikan sedikit pertanyaan supaya saya dapat memahami erti perjalanan Jalan Salib dengan lebih mendalam lagi. mengenai perhentian keenam jalan salib. ada tercatit bahawa “Veronika menyapu muka Yesus”. namun apabila saya melihat di dalam injil Matius,Markus, Lukas dan Yohanes, nama tersebut tidak pula tercatit di dalamnya. adakah memang benar ianya tidak tercatit di dalam Alkitab ataupun ada tercatit di dalam catitan lain? mohon penerangan dari pihak saudara yang dikasihi mengenai “veronika”.

Salam kasih dari saya….terima kasih…
Reyers

Jawaban:

Shalom Reyers,

Santa Veronika,

Berikut ini adalah keterangan mengenai St. Veronika yang saya sarikan dari beberapa sumber, seperti New Advent Encyclopedia, Wikipedia dan Catholic Online:

St. Veronika adalah seorang wanita Yerusalem yang menyapu wajah Yesus dengan sepotong kain, pada saat Yesus memanggul salib-Nya ke Kalvari. Menurut tradisi, pada kain itu kemudian tercetaklah gambar wajah Yesus. Memang kisah tersebut tidak tertulis dalam Injil/ Kitab Suci, namun kisah tentang Veronika tersebut telah dikenal sejak jaman jemaat awal.

Nama “Veronika” sendiri merupakan nama Latin dari Berenice, sebuah nama Makedonia, yang artinya adalah “pembawa kemenangan”/ bearer of victory (menurut bahasa Yunani, phere- nike). Secara etimologis, asal katanya adalah sejati/ true (Latin: Vera) dan gambar/ image (Yunani: eikon).

Menurut Encyclopedia Britannica, kisah tentang St. Veronika adalah sebagai berikut:

“Eusebius dalam bukunya Historica Ecclesiastica (vii 18) mengisahkan bahwa di Kaisarea Filipi hidup seorang wanita yang disembuhkan oleh Kristus karena perdarahan (Mat 9:20). Kisah itu tidak dilengkapi dengan nama wanita yang disebutkan dalam Injil tersebut. Di Barat, wanita itu diidentifikasikan sebagai Martha dari Betania, di Timur ia dikenal dengan nama Berenike, atau Beronike, nama yang tertera di dalam naskah “Acta Pilati“, sebuah karya kuno di abad ke-4. Adalah menarik untuk menyimak bahwa permberian nama Veronika dari kata Vera Icon (eikon) “true image” berasal dari Otia Imperialia (iii 25) dari Gervase of Tilbury, yang mengatakan: “Est ergo Veronica pictura Domini vera.”

The Catholic Encyclopedia di tahun 1913, menambahkan:

“Kepercayaan tentang eksistensi gambar Kristus yang otentik itu terkait dengan legenda kuno dari Raja Abgar dari Edessa, dan tulisan apokrif yang dikenal dengan “Mors Pilati” (the Death of Pilate)….”

Menurut legenda, Veronika membawa kain dengan gambar wajah Yesus tersebut keluar dari Yerusalem, dan menggunakannya untuk menyembuhkan Kaisar Tiberius. Kain tersebut kemudian dibawa ke Roma di abad ke-8, dan dipindahkan ke basilika St. Petrus tahun 1297, atas perintah Paus Bonifasius VIII. Relikwi tersebut kini masih ada di sana, dan tindakan kasih St. Veronika diperingati dalam perhentian keenam dalam Jalan Salib.

Kisah St. Veronika disebut dalam penglihatan Sr. Marie of St. Peter, seorang biarawati Karmelit yang hidup di Tours, Perancis, yang memulai devosi kepada Wajah Kristus yang Suci. Sr. Marie mengatakan bahwa tindakan sakrilegi dan penghujatan kepada Tuhan dewasa ini menambahkan air ludah dan lumpur di wajah Yesus, yang diseka oleh St. Veronika pada saat Yesus memanggul salib-Nya. Menurut Sr. Marie, Kristus menghendaki devosi kepada wajah-Nya yang kudus, sebagai silih atas dosa sakrilegi dan penghujatan kepada Allah. Devosi ini disetujui oleh Paus Leo XIII di tahun 1885.

Demikian yang dapat saya tuliskan tentang St. Veronika.

Sebagai tambahan, memang perhentian 3,4,6,7 dan 9 dalam Jalan Salib yang kita kenal sekarang tidak disebutkan secara eksplisit dalam Kitab Suci. Maka Paus Yohanes Paulus II pada hari Jumat Agung 1991 memperkenalkan devosi Jalan Salib berdasarkan Kitab Suci (Scriptural Way of the Cross), yang juga disetujui oleh Paus Benediktus XVI di tahun 2007. Tentu ini tidak dimaksudkan untuk membatalkan meditasi Jalam Salib yang sudah kita kenal. Jalan Salib menurut Kitab Suci ini dimaksudkan sebagai salah satu alternatif cara untuk merenungkan sengsara Kristus, dan devosi ini dapat pula dilakukan oleh umat Kristen non- Katolik.

Demikian urutannya:

1. Yesus berdoa di Taman Getsemani
2. Yesus dikhianati oleh Yudas dan ditangkap
3. Yesus dijatuhi hukuman oleh Sanhedrin
4. Yesus disangkal oleh Petrus
5. Yesus diadili oleh Pilatus
6. Yesus didera dan dimahkotai duri
7. Yesus memanggul salib-Nya
8. Yesus dibantu oleh Simon untuk memanggul salib-Nya
9. Yesus bertemu dengan para wanita di Yerusalem
10. Yesus disalibkan
11. Yesus menjanjikan Kerajaan-Nya kepada pencuri yang bertobat
12. Yesus mempercayakan Maria kepada Yohanes dan sebaliknya Yohanes kepada Maria.
13. Yesus wafat di salib
14. Yesus dimakamkan.

Salam kasih dalam Kristus Tuhan,
Ingrid Listiati- katolisitas.org

5 1 vote
Article Rating
3 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Rafael olsen
Rafael olsen
12 years ago

haloooo katolisitas.org sebagai orang muda Katolik, saya kurang memahami mengapa Veronika masuk ke dalam perhentian jalan salib, padahal 4 pengarang Injil tidak pernah menuliskan nama Veronika dalam kisah sengsara Yesus. Mohon penjelasannya!! terima kasih [Dari Katolisitas: Silakan membaca Tentang St. Veronika, klik di sini. Memang kisah St. Veronika tidak disebutkan dalam Kitab Suci, namun merupakan kisah yang diterima dari Gereja di abad- abad awal, sebagaimana dijabarkan di atas). Kisah tentang St. Veronika ini bukan merupakan ajaran sehingga tidak termasuk dalam Tradisi Suci. Namun demikian kisahnya ini diteruskan secara turun temurun hingga saat ini, dan relikwinya kini tersimpan di Basilika St.… Read more »

Joseph S.
Joseph S.
13 years ago

Shalom Reyers,

Mungkin sedikit bisa membantu apa yang anda cari. Coba baca “Duka cita Tuhan Kita Yesus Kristus” oleh Beata Anna Katharina Emmerick, seorang visionair, mistikus, stigmatis. Bisa diunduh di www:indocell.net/yesaya.

Terima kasih,
Joseph S.

reyers
reyers
13 years ago

Salam kasih dalam Kristus Tuhan, Saya adalah umat Kristen Katolik. Saya sememangnya setiap tahun sentiasa ikut merenungi akan perjalanan Jalan Salib iaitu merenungkan sengsara dan kematian Tuhan Yesus. Walaubagaimanapun saya ingin memberikan sedikit pertanyaan supaya saya dapat memahami erti perjalanan Jalan Salib dengan lebih mendalam lagi. mengenai perhentian keenam jalan salib. ada tercatit bahawa “Veronika menyapu muka Yesus”. namun apabila saya melihat di dalam injil Matius,Markus, Lukas dan Yohanes, nama tersebut tidak pula tercatit di dalamnya. adakah memang benar ianya tidak tercatit di dalam Alkitab ataupun ada tercatit di dalam catitan lain? mohon penerangan dari pihak saudara yang dikasihi mengenai… Read more »

Romo pembimbing: Rm. Prof. DR. B.S. Mardiatmadja SJ. | Bidang Hukum Gereja dan Perkawinan : RD. Dr. D. Gusti Bagus Kusumawanta, Pr. | Bidang Sakramen dan Liturgi: Rm. Dr. Bernardus Boli Ujan, SVD | Bidang OMK: Rm. Yohanes Dwi Harsanto, Pr. | Bidang Keluarga : Rm. Dr. Bernardinus Realino Agung Prihartana, MSF, Maria Brownell, M.T.S. | Pembimbing teologis: Dr. Lawrence Feingold, S.T.D. | Pembimbing bidang Kitab Suci: Dr. David J. Twellman, D.Min.,Th.M.| Bidang Spiritualitas: Romo Alfonsus Widhiwiryawan, SX. STL | Bidang Pelayanan: Romo Felix Supranto, SS.CC |Staf Tetap dan Penulis: Caecilia Triastuti | Bidang Sistematik Teologi & Penanggung jawab: Stefanus Tay, M.T.S dan Ingrid Listiati Tay, M.T.S.
top
@Copyright katolisitas - 2008-2018 All rights reserved. Silakan memakai material yang ada di website ini, tapi harus mencantumkan "www.katolisitas.org", kecuali pemakaian dokumen Gereja. Tidak diperkenankan untuk memperbanyak sebagian atau seluruh tulisan dari website ini untuk kepentingan komersial Katolisitas.org adalah karya kerasulan yang berfokus dalam bidang evangelisasi dan katekese, yang memaparkan ajaran Gereja Katolik berdasarkan Kitab Suci, Tradisi Suci dan Magisterium Gereja. Situs ini dimulai tanggal 31 Mei 2008, pesta Bunda Maria mengunjungi Elizabeth. Semoga situs katolisitas dapat menyampaikan kabar gembira Kristus. 
3
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x