Tahun berapakah Yesus lahir?

Berikut ini adalah beberapa fakta tentang perhitungan tahun kelahiran Yesus.

1) Dionysius Exiguus (470-544) adalah seorang anggota Scythian monks, yang akhirnya tinggal di Roma sekitar tahun 500. Dionysius adalah orang yang pertama kali memperkenalkan AD (Anno Domini / the year of the Lord) pada waktu dia membuat kalendar Paskah (Easter). Sistem penanggalan ini menggantikan sistem penanggalan Diocletian, karena Dionysius tidak ingin menggunakan Diocletian, seorang yang menganiaya jemaat Kristen. Dionysius mengatakan bahwa Anno Domini dimulai 754 tahun dari pondasi Roma (A.U.C) atau tahun 1 AD, yaitu tahun dimana Yesus lahir (dalam perhitungan Dionysius). Namun berdasarkan perhitungan para ahli, terutama berdasarkan bukti sejarah dari Josephus, maka perhitungan ini dipandang tidak terlalu tepat.

2) Kitab Matius mengatakan “Sesudah Yesus dilahirkan di Betlehem di tanah Yudea pada zaman raja Herodes, datanglah orang-orang majus dari Timur ke Yerusalem” (Mt 2:1). Josephus, seorang ahli sejarah mengatakan bahwa Raja Herodes meninggal setelah berkuasa selama 34 tahun (de facto) dari meninggalnya Antigonus dan 37 tahun (de jure) sejak Roma mengeluarkan perintah yang menyatakan bahwa dia adalah raja (Josephus, Antiquities, 17,8, 1). Antigonus meninggal pada saat Marcus Agrippa dan Caninius Gallus menjadi konsulat, yaitu pada tahun 37 BC. (Josephus, Antiquities, 14,16, 4). Herodes menjadi raja pada saat Caius Domitias Calvinus dan Caius Asinius Pollio menjadi konsulat pada tahun 40 BC. Oleh karena itu perhitungannya adalah:

  • Dihitung dari meninggalnya Antigonus: 37 BC – 34 = 3 BC
  • Dihitung dari Raja Herodes menjadi raja: 40 BC – 37 = 3 BC.

Oleh karena itu, raja Herodes dipercaya meninggal sekitar 3 BC – 5 BC, atau kemungkinan sekitar 4 BC. Hal ini dikarenakan Josephus mengatakan bahwa pada saat tahun itu juga terjadi gerhana bulan (Josephus, Antiquities, 17,6, 4). Dan gerhana bulan ini terjadi pada tahun 4 BC. Tentang terjadinya gerhana bulan ini masih menjadi perdebatan.
3) Kalau kita mengikuti asumsi gerhana bulan pada waktu itu adalah 4 BC, yang menjadi rujukan kapan Herodes meninggal, maka Kristus harus lahir sebelum tahun 4 BC. Dan diperkirakan Yesus lahir beberapa tahun sebelum kematian raja Herodes. Berdasarkan perhitungan tersebut di atas, sebagian ahli percaya bahwa kelahiran Yesus adalah sekitar tahun 7 BC – 6 BC.

3.5 4 votes
Article Rating
19/12/2018
18 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
nardi
nardi
10 years ago

Salam bahagia.

Saya hendak bertanya, apakah benar yesus itu tuhan.

[dari katolisitas: Ya. Dan silakan mulai membaca dari artikel ini – silakan klik. Lihat beberapa artikel yang lain di sini – silakan klik.]

damanik
damanik
10 years ago

didi dan dian…kalu kalian ada kejanggalan hati dan dalam agama kalian,lebih baik keluar dari agama mu,kriten itu agama yang salah,saya keluar dari agama kristen karna banyak kejanggalan2 d hati saya,yg tidak masuk di akal. 1.apakah dalam kitab kalian tidak ada menerangkan tahun kelahiran yesus,sehingga salmon menjawab pertanyyaan ibu inggrid menggunakan kata2 perkiraan thun 7SM-6SM. 2.apakah ada dalam kitab kamu menjelaskan bahwa yesus itu tuhan?? 3.maka datanglah dari galilea ke yordan kepada yohanes untuk d babtis oleh nya(matius 3:13) kalau yesus itu tuhan,tentu tuhan tidak perlu d babtis lagi 4.nabi muhammad d lahir kan tahun 571 masehi,sedangkan yesus 325 sbelum mashi,kami… Read more »

Ingrid Listiati
Reply to  damanik
10 years ago

Shalom Damanik, Kalau kita belum memahami suatu ajaran iman, adalah lebih baik jika kita berusaha mencari tahu terlebih dahulu, dan bukannya langsung meninggalkan iman kita. Para pembaca yang berkunjung ke situs ini adalah mereka yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang ajaran iman Katolik. Anda boleh juga berkunjung dan bertanya di sini, tetapi baiklah jika Anda juga menghormati setiap pembaca di sini, dan tidak perlu mempengaruhi orang supaya meninggalkan iman Kristen. Biarlah orang yang dengan jujur mencari kebenaran menemukannya atas pimpinan Allah sendiri, yang kami yakini ada dalam Gereja Katolik. 1. Tentang tahun kelahiran Yesus Sebenarnya yang mengatakan bahwa kelahiran Yesus… Read more »

Dianne
Dianne
11 years ago

Syalom, saya ingin bertanya tentang Tahun Kelahiran Tuhan Yesus. Saya membaca artikel di Katolisitas dan belum paham https://katolisitas.org/tahun-berapakah-yesus-lahir 1. Dionysius mengatakan bahwa Anno Domini dimulai 754 tahun dari pondasi Roma (A.U.C) atau tahun 1 AD, yaitu tahun dimana Yesus lahir (dalam perhitungan Dionysius). >>> Apa yg melatarbelakangi perhitungan 754 tahun tsb, dan 754 tahun tsb kalender apa yg digunakan (Julian atau Gregorian atau apa)? 2. Jika AD = Masehi, baru dipakai th 500-an, bagaimana semua penanggalan di dunia ini bisa disesuaikan dalam Masehi, mengapa seluruh dunia kompak memakai th Masehi tsb? 3. Karena Herodes meninggal tahun 4 BC, maka Kristus… Read more »

Stefanus Tay
Admin
Reply to  Dianne
11 years ago

Shalom Dianne, 1. Memang sulit untuk mendapatkan alasan yang jelas mengapa Dionysius menghitung kelahiran Kristus dimulai tahun 754 AUC. Mungkin perhitungannya berdasarkan Luk 3:1-3 dan Luk 3:23. Yohanes yang seumur dengan Yesus, memulai karyanya pada tahun kelima belas dari Kaisar Tiberius – masa pemerintahan 14 AD – 37 AD; dan di ayat Luk 3:33 dikatakan Yesus berumur 30 tahun. Dengan demikian kalau kita menghitung berdasarkan tahun kelima belas dari masa pemerintahan Kaisar Tiberius dan Yesus berumur 30 tahun, maka tahun 1 AD mendekati kebenaran. 2 & 4. Sebenarnya sebelum diterapkan sistem kalendar yang dibuat oleh Dionysius, Gereja Katolik mengikuti sistem… Read more »

jerrico hutajulu
jerrico hutajulu
12 years ago

ohhh sekarang saya tahu makasih ya informasinya. itu sangat berguna bagi saya

Joan Heru
Joan Heru
13 years ago

Shalom,
Saya mau menayakan kenapa tanggal 25 Desember dipilih menjadi hari Natal kelahiran Tuhan Yesus,apa ada Undang-undang Gereja yang mengesahkannya…mohon penjelasan.

[dari katolisitas: silakan melihat jawaban ini – silakan klik]

Thomas
Thomas
14 years ago

Bu Inggrid yang baik,
Sepengetahuan saya St. Bede tidak mengarang Excerpta et Collectanea (di http://www.newadvent.org/cathen/02384a.htm tidak disebutkan juga adanya karya ini).
Sebagai tambahan, di http://www.indocell.net/yesaya/pustaka3/id16.htm Beata Anne C Emmerich menceritakan dengan detail tentang orang majus ini. Saya kurang tau apakah cerita ini patut dipercaya atau tidak.
Yang saya sampaikan memang tidak penting, mengingat seperti yang Ibu bilang: Namun harus diakui, dikenal beberapa nama yang berbeda-beda dari orang majus ini, tergantung dari tradisi Gereja yang mana.

Ingrid Listiati
Reply to  Thomas
14 years ago

Shalom Thomas, Excerpta et Collectanea, memang sering dikatakan dihubungkan sebagai tulisan dari St. Bede, walaupun sebenarnya mungkin ini hanya Pseudo- Bedan (dianggap sebagai tulisan St. Bede, padahal sesungguhnya nampaknya bukan). Mungkin karena tulisan ini merupakan pseudo oleh maka tidak dicantumkan di New Advent Encyclopedia. Namun jika anda klik di internet, beberapa sumber mengatakan demikian, atau setidaknya menyebutkan bahwa tulisan itu merupakan Pseudo- Bedan (diatributkan ke St. Bede). Siapapun penulisnya, yang jelas memang tradisi Gereja Katolik Roma mengambil nama-namanya dari sana, yang memang bisa berbeda dengan tradisi Gereja Timur, misalnya. Namun ini tidak mengubah makna yang mau disampaikan bahwa para majus/… Read more »

beda didin trifonias
beda didin trifonias
14 years ago

shalom
Bak Stef dan Bu Ingrid
apa yang di maksud tahun BC?
adakah keterangan yang lebih jelas mengenai tahun lahir Yesus Kristus?
terimakasih, God Bless………………..

Stefanus Tay
Admin
Reply to  beda didin trifonias
14 years ago

Shalom Beda Didin,
Terima kasih atas pertanyaannya. BC adalah singkatan dari Before Christ, sedangkan lawan katanya adalah AD (Anno Domino) atau year of the Lord. Mengenai tahun kelahiran Yesus Kristus, silakan membaca artikel di atas (silakan klik), dan silakan menanyakan bagian mana yang kurang jelas.
Salam kasih dalam Kristus Tuhan,
stef – https://www.katolisitas.org

Simon
Simon
14 years ago

Shalom Pak Stef dan Bu Ingrid, Terima kasih atas penjelasannya. Maaf saya ada pertanyaan agak menyimpang yaitu perihal 3 orang majus. Lagi-2 menurut buku yang saya baca, katanya diperkirakan bahwa 3 orang majus itu berasal dari China (timur) dimana pada peristiwa Menara Babel Tuhan mencerai-beraikan manusia yang sombong sehingga manusia terpisah/berkelompok dan membawa Cerita & Tradisi Perjanjian Lama (termasuk nubuatnya) ke wilayah masing-2. Nah kelompok manusia yang dikenal dengan nama China ini juga mempercayai akan datangnya Sang Juru Selamat sehingga mereka berusaha mencari (terutama para Sarjana-2) dan sampai ke Betlehem. Memang kalau dilihat dari tradisi China Kuno seperti penciptaan karakter… Read more »

Ingrid Listiati
Reply to  Simon
14 years ago

Shalom Simon, Memang terdapat banyak pendapat mengenai hal orang majus ini. Menurut Fr. William Saunders, Dean Notre Dame Graduate School of Christendom College, kata "majus" sendiri berasal dari kata "magos/ magio" (bahasa Yunani) kemungkinan adalah anggota dari kalangan imam Persia kuno, yang dapat menginterpretasikan bintang. Di jaman Alkitab ditulis, di Persia memang pengetahuan astrologi dan astronomi cukup berperan. Heredotus, seorang ahli sejarah di abad 5 BC juga membuktikan adanya peran astrologi yang kuat pada kalangan imam di Persia). Berikut ini adalah ringkasan dari yang dituliskan oleh Fr.Saunders, selengkapnya, silakan klik di sini Kunjungan para majus ini telah dinubuatkan dalam Perjanjian… Read more »

Heribertus Sidabutar
Heribertus Sidabutar
Reply to  Ingrid Listiati
12 years ago

Shalom bu ingrid,
tanya sedikit, persembahan mur itu maksudnya apa ya? Apa memang maksudnya mur pasangannya baut?

Terima kasih

-Heri-

[dari Katolisitas: mur adalah getah dari torehan batang dan cabang suatu pohon yang rendah yang disebut Commiphora myrrha (dulu Balsamodendron Myrrha atau Chommiphora Kataf). Kedua tumbuhan itu asli Arabia Selatan dan bagian Afrika yang berdekatan. Getah menetes dari pohon dan menjadi kental dan berwarna kuning coklat dan berminyak. Mur digunakan untuk membuat minyak urapan kudus yang banyak dijumpai dalam tradisi masyarakat di Perjanjian Lama. Lebih lengkapnya beserta gambarnya silakan dibaca di link ini, silakan klik di sini]

sin man
sin man
Reply to  Simon
10 years ago

maaf saya koreksi, kemenyan hanya ada dan asli tumbuhan sumatera utara. jadi banyak yg menduga orang majus dari timur salah satu berasal dari Sumatera. mengenai perkiraan kendaraan yg membawa mereka jg msh simpang siur. yg jelas kemenyan hanya tumbuh di sumatera utara di ketinggian 1500dpl, dan perlu diingat firaun juga diawetkan oleh kapur barus yg berasal dari sumatera. semoga menambah wawasan anda. maaf jika anda tersinggung,mungkin anda terlalu byk mendengar kata2 orang yg kurang paham.atau buku yg ada baca tidak jelas asal nya. ALLAH mencintai kita, yesus juru selamat ku. [dari katolisitas: Yang perlu kita setujui adalah perkara orang majus… Read more »

Romo pembimbing: Rm. Prof. DR. B.S. Mardiatmadja SJ. | Bidang Hukum Gereja dan Perkawinan : RD. Dr. D. Gusti Bagus Kusumawanta, Pr. | Bidang Sakramen dan Liturgi: Rm. Dr. Bernardus Boli Ujan, SVD | Bidang OMK: Rm. Yohanes Dwi Harsanto, Pr. | Bidang Keluarga : Rm. Dr. Bernardinus Realino Agung Prihartana, MSF, Maria Brownell, M.T.S. | Pembimbing teologis: Dr. Lawrence Feingold, S.T.D. | Pembimbing bidang Kitab Suci: Dr. David J. Twellman, D.Min.,Th.M.| Bidang Spiritualitas: Romo Alfonsus Widhiwiryawan, SX. STL | Bidang Pelayanan: Romo Felix Supranto, SS.CC |Staf Tetap dan Penulis: Caecilia Triastuti | Bidang Sistematik Teologi & Penanggung jawab: Stefanus Tay, M.T.S dan Ingrid Listiati Tay, M.T.S.
top
@Copyright katolisitas - 2008-2018 All rights reserved. Silakan memakai material yang ada di website ini, tapi harus mencantumkan "www.katolisitas.org", kecuali pemakaian dokumen Gereja. Tidak diperkenankan untuk memperbanyak sebagian atau seluruh tulisan dari website ini untuk kepentingan komersial Katolisitas.org adalah karya kerasulan yang berfokus dalam bidang evangelisasi dan katekese, yang memaparkan ajaran Gereja Katolik berdasarkan Kitab Suci, Tradisi Suci dan Magisterium Gereja. Situs ini dimulai tanggal 31 Mei 2008, pesta Bunda Maria mengunjungi Elizabeth. Semoga situs katolisitas dapat menyampaikan kabar gembira Kristus. 
18
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x