Bolehkah belajar seni bela diri?

Pertanyaan:

Saya baru inget. sekitar… setengah tahun yang lalu. pernah saya bertanya-tanya kepada seseorang (protestan) yg pernah belajar teologi. waktu itu, yang saya tangkap dari pembicaraan itu adalah kita tidak boleh belajar bela diri, seperti karate, wushu, taekwondo, dll.

kalau di Katolik, bolehkah kita belajar seni bela diri?
Alexander Pontoh

Jawaban:

Shalom Alexander,

Sebenarnya pertanyaan anda mirip dengan apakah boleh ikut belajar yoga dan Tai-chi. Nampaknya, kita harus dapat secara kritis menyikapinya. Karena jika hanya terbatas pada hal ‘gerak badan’ ataupun aktivitas fisik, hal itu dapat dibenarkan. Karena misalnya, gerakan tersebut (seperti Tai-chi atau yoga) yang umumnya dipelajari oleh kalangan umum serupa dengan gerakan senam pagi. Dengan karate atau seni bela diri lainnya, jika hanya sebatas gerakan tubuh, juga tidak membahayakan secara rohani.

Namun adakalanya, seni bela diri tersebut, ada yang melibatkan meditasi pengosongan jiwa, pengulangan mantra- mantra tertentu, atau semacam ‘mengisi’ diri dengan suatu kekuatan tertentu; dan inilah yang bertentangan dengan ajaran Kristiani, sehingga harus dihindari. Lagipula, seni bela diri sesungguhnya dapat merangsang naluri seseorang untuk menyerang lawan, dan bukan hanya sekedar bertahan. Nah, perihal naluri ‘menyerang’ inilah yang juga harus diwaspadai karena jika tidak dilakukan dalam konteks arena pertandingan, maka hal ini bertentangan dengan kebajikan ‘penguasaan/ pengendalian diri’, yang menjadi salah satu buah Roh Kudus.

Maka dewasa ini, ada kelompok yang mengadakan seni bela diri, namun dengan menggunakan prinsip Kristiani, artinya dengan meditasi yang sesuai dengan prinsip spiritualitas Kristiani, tidak menggunakan mantra- mantra tertentu, namun menggunakan ayat- ayat Kitab Suci. Jadi dalam hal ini, sangat tergantung kepada instruktur-nya. Jika instrukturnya tidak menggabungkan Eastern mysticism (unsur- unsur mistis kepercayaan Timur) ke dalamnya, maka latihan Karate, Yudo, Tae Kwon Do, dapat diperbolehkan. Selanjutnya, memang diperlukan kebijaksanaan (prudence) untuk menentukan sejauh mana orang dapat melibatkan diri dalam latihan seni bela diri ini. Peran  suara hati di sini sangatlah penting. Jangan sampai pula, komitmen untuk berlatih seni bela diri ini menyita seluruh waktu, sehingga mengatasi komitmen seseorang kepada Tuhan (lih. Ibr 10:25).

Salam kasih dalam Kristus Tuhan,
Ingrid Listiati- katolisitas.org

5 1 vote
Article Rating
19/12/2018
13 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Yanuanri
Yanuanri
12 years ago

Shalom Katolisitas (Ibu Ingrid Listiati)

Terima kasih atas tanggapan dan nasehatnya. Jika kelak masih ada yang kurang jelas, akan saya tanyakan lagi, mohon bantuannya…^_^

Salam dalam kasih Kristus.
Anri

Yanuanri
Yanuanri
12 years ago

Shalom katolisitas,

Saya beberapa waktu lalu mencoba untuk latihan pengaturan nafas yang disertai gerakan tubuh guna mengontrol irama nafas (tujuannya untuk kebugaran). Saya ingin menanyakan sesuatu, kalau misalnya kita melakukan gerakan-gerakan tertentu (menyerupai senam) dengan tujuan untuk membantu mengolah nafas dan untuk kebugaran tubuh, apakah diperbolehkan?

Terima kasih

Maria Andhesthi
Maria Andhesthi
13 years ago

shalom bapak stef dan ibu inggrid

saya ingin menanyakan pandangan Gereja Katolik mengenai penggunaan tenaga dalam.
saya memiliki sepupu yang mempelajari kungfu dan guru dari kungfu itu mengajarkan sepupu saya mengenai penggunaan tenaga dalam. menurut guru itu, tenaga dalam pada dasarnya diperoleh dari Tuhan juga.

lantas, bagaimana pandangan Gereja mengenai hal ini? apakah itu diperbolehkan atau dilarang?
terima kasih banyak sebelumnya
Tuhan Yesus memberkati

[Dari Katolisitas: Silakan membaca artikel di atas, silakan klik]

pastorbonus
pastorbonus
13 years ago

Shalom Inggrid, Stef & Rm Wanta
Saya sgt terberkati dgn adanya situs ini.. Sbg penyuka beladiri dan tradisi2 tradisional, saya mmg sering terjebak pd sikap gereja soal ini. Tetapi jujur harus saya akui bbrpa mmg menyimpang jauh dr tujuan smkn melibatkan Bapa ttp lbh mengagungkan kekuatan diri. Pada akhir pencarian saya justru mendapatkan bahwa ritual2 katholik murni membawa pada hasil yg mencengangkan spt komuni, rosario, misa harian, doa2 bhs latin, taize, misa2 bhs jawa dan terlebih novena 3x salam Maria dan kekuatan doa Bapa Kami. Smoga sharing ini bs membawa kita smkn lbh dekat kepada Kekasih Agung. Gusti mboten sare.

Aquilino Amaral
Aquilino Amaral
13 years ago

Saya berterimakasih kepada team Katolisitas, karena telah memberikan penjelasan yang lebih konstrutiv agar mereka yang bertanya lebih jelas apakah perlu bagi umat Kristiani untuk belajar beladiri. menurut pemahaman saya, maaf sebelumnya, saya juga anggota THS-THM pada tahun 1993, sampai sekarang, namun titik utama dari THS-THM adalah Pedalaman iman melalui sharing kitab suci. dan kegiatan yang lain seperti, meditasi, olah nafas dan fisik adalah kegiatan tambahan. Selama melakukan meditasi, kita (anggota) dianjurkan untuk merenunkan ayat-ayat kitab suci yang dibawakan oleh instruktur. dan untuk olah tenaga prahana, itu pun tidak jauh hanya untuk kepentingan fisik terutama organ vital yang tidak kelihatan seperti,… Read more »

Adriana Primawati
Adriana Primawati
13 years ago

Salam Katolisitas, Saya menemukan artikel dari Bejo Lie, SE, M.Div. di bawah ini. [dari Katolisitas: link kami hapus] Di situ dikatakan bahwa: 1. Kaum Injili mengajak umatnya untuk bekerja sama dengan Katolik untuk menyadarkan Katolik, yang intinya, agar Katolik meninggalkan Gereja Katolik dan memeluk kebenaran versi Injili. 2. Mengajak kaum injili mengetahui bahwa dasar kesatuan organisasi yang digembar-gemborkan Katolik adalah salah, dan yang benar ialah kesatuan organik. Pertanyaan saya, apakah benar bahwa Gereja Katolik mendasarkan diri pada kesatuan organisasi dan bukan spiritual seperti dituduhkan kaum Injili? Bagaimana pula menghadapi kaum Injili yang mau berdialog dengan tujuan jelas mempertobatkan kaum Katolik?… Read more »

Thomas Biantoro
Thomas Biantoro
13 years ago

Bu Ingrid, Sebelumnya saya mau berterima kasih sekali dengan web Katolisitas ini, karena akhirnya saya bisa mendapatkan banyak sekali jawaban atas segala serangan dari pihak luar khususnya Protestan termasuk istri saya yang juga menyerang dengan beberapa paham dan ajaran Protestan. Mohon dukungan doa supaya istri saya bisa kembali ke dalam ajaran Katolik dimana kebenaran ada di dalamnya. Ini adalah salah satu pergumulan hidup saya, dan dengan bantuan serta dukungan bu Ingrid, pak Stef serta saudara seiman maka iman saya semakin dikuatkan. Beberapa waktu lalu dalam salah satu kotbahnya pendeta Protestan di radio, beliau mengatakan bahwa kita sudah diberi Allah yang… Read more »

Chrys Mulyadi
Chrys Mulyadi
13 years ago

Maaf ikut nimbrung,

Setahu saya di Agama Katolik sendiri khususnya ada Bela Diri yang cukup terkenal hampir di seluruh dunia yaitu : Pencak Silat Tunggal Hati Suci (THS)/Tunggal Hati Maria (THM). Bela diri ini sesungguhnya perpaduan antara seni bela diri pencak silat dan pendalaman iman katolik. Di beberapa paroki di Jakarta sendiri saya lihat kelompok ini masih aktif berlatih meski jumlah anggotanya sudah tidak sebanyak satu dasawarsa lalu. Salah satu pendirinya adalah Romo Hadi Susilowijoyo, Pr. (Diosesan KAJ). Terima Kasih.

Rm Gusti Kusumawanta
Reply to  Chrys Mulyadi
13 years ago

Chrys yth Cerita anda benar bahwa ada THS THM. Meditasinya dengan KS secara katolik, terlihat menggunakan Sadhana, dengan pernafasan. dalam THS THM ada 3 olrah: olah rohani, membaca KS, olah batin dengan meditasi, dan olah fisik dengan latihan bela diri. Kegiatan ini di paroki masih ada. salam Rm Wanta Tambahan dari Ingrid: Shalom Chrys, Sebenarnya, yang perlu diperhatikan adalah jika digunakan prinsip meditasi, adalah sejauh mana meditasi Sadhana tersebut mendekatkan seseorang kepada Tuhan atau malah menjauhkannya dari Tuhan. Sebab prinsip penerapan Sadhana juga tergantung dari para instrukturnya. Menurut himbauan Vatikan, maka prinsip yang ditekankan tidak boleh melulu kepada kesadaran “hidup… Read more »

Edwin
Edwin
Reply to  Chrys Mulyadi
12 years ago

Rekan-rekan yth, Sebelumnya THS singkatan dari Tunggal Hati Seminari karena dari sejarahnya didirikan oleh para seminaris di Seminari Menengah Petrus Kanisius, Mertoyudan. Saya sendiri juga anggota THS dari Jakarta dan menurut cerita THS-THM sangat terkenal di daerah NTT. Sepengetahuan saya tujuan THS-THM berdiri pertama-tama ialah untuk kerasulan awam menyebarkan Injil dengan sarana bela diri tradisional, pencak silat. Namun yang sering terjadi itu malah sebaliknya dalam rentang waktu 2 jam latihan, Kitab Suci hanya dibaca 5 menit lalu sisanya pencak silat. Beberapa tahun yang lalu juga ada Uskup di Kalimantan yang sampai melarang organisasi THS-THM karena dianggap menyebarkan kekerasan menggunakan kedok… Read more »

Alexander Pontoh
Alexander Pontoh
13 years ago

Saya baru inget. sekitar… setengah tahun yang lalu. pernah saya bertanya-tanya kepada seseorang (protestan) yg pernah belajar teologi. waktu itu, yang saya tangkap dari pembicaraan itu adalah kita tidak boleh belajar bela diri, seperti karate, wushu, taekwondo, dll.

kalau di Katolik, bolehkah kita belajar seni bela diri?
Alexander Pontoh

[Dari Katolisitas: pertanyaan ini sudah dijawab di atas, silakan klik]

Romo pembimbing: Rm. Prof. DR. B.S. Mardiatmadja SJ. | Bidang Hukum Gereja dan Perkawinan : RD. Dr. D. Gusti Bagus Kusumawanta, Pr. | Bidang Sakramen dan Liturgi: Rm. Dr. Bernardus Boli Ujan, SVD | Bidang OMK: Rm. Yohanes Dwi Harsanto, Pr. | Bidang Keluarga : Rm. Dr. Bernardinus Realino Agung Prihartana, MSF, Maria Brownell, M.T.S. | Pembimbing teologis: Dr. Lawrence Feingold, S.T.D. | Pembimbing bidang Kitab Suci: Dr. David J. Twellman, D.Min.,Th.M.| Bidang Spiritualitas: Romo Alfonsus Widhiwiryawan, SX. STL | Bidang Pelayanan: Romo Felix Supranto, SS.CC |Staf Tetap dan Penulis: Caecilia Triastuti | Bidang Sistematik Teologi & Penanggung jawab: Stefanus Tay, M.T.S dan Ingrid Listiati Tay, M.T.S.
top
@Copyright katolisitas - 2008-2018 All rights reserved. Silakan memakai material yang ada di website ini, tapi harus mencantumkan "www.katolisitas.org", kecuali pemakaian dokumen Gereja. Tidak diperkenankan untuk memperbanyak sebagian atau seluruh tulisan dari website ini untuk kepentingan komersial Katolisitas.org adalah karya kerasulan yang berfokus dalam bidang evangelisasi dan katekese, yang memaparkan ajaran Gereja Katolik berdasarkan Kitab Suci, Tradisi Suci dan Magisterium Gereja. Situs ini dimulai tanggal 31 Mei 2008, pesta Bunda Maria mengunjungi Elizabeth. Semoga situs katolisitas dapat menyampaikan kabar gembira Kristus. 
13
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x