Buku Tamu

Kami sangat menghargai kalau anda bersedia memberikan pesan atau komentar

Silakan meninggalkan saran yang membangun, pesan atau komentar umum, yang ingin ditampilkan di website, namun tidak berhubungan dengan artikel-artikel yang ada.
Untuk mengirim pesan yang tidak ingin ditampilkan di website, dapat menuliskannya di kontak.

Katolisitas.org mempunyai hak untuk menampilkan, menolak, atau menyensor semua pesan dan komentar yang masuk baik di artikel atau buku tamu untuk kebaikan bersama. Mohon dapat dimaklumi.

Terimakasih telah berpartisipasi dalam website ini. Tuhan memberkati. Salam kasih dari: www.katolisitas.org.

4.2 12 votes
Article Rating
1.2K Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Thomas
7 years ago

Salam Damai
Terimakasih, ruang ini benar2 membuat saya menjadi lebih memahami akan iman saya, jawaban2 dalam setiap diskusi yg sangat baik dan tanpa aroma permusuhan apalagi kebencian (yg biasanya berakhir dgn debat kusir dan saling mengolok) membuat saya semakin kagum dgn para moderatornya. Selamat berjuang menyampaikan Kebenaran, Kristus memberkati kita semua, amin

derma
7 years ago

Shalom tim pengurus Katolisitas…
Saya ingin sharing dan konsultasi mengnai pengalaman hidup saya, tapi saya kurang nyaman untuk share disini karena akan diketahui oleh pembaca Katolisitas.
adakah email atau tempat khusus untuk sharing bagi saya agar orang lain tidak ketahui ?

Salam
Derma

[dari katolisitas: Anda dapat menggunakan nama samaran, namun dengan email yang valid. Tidak ada orang yang dapat melihat email Anda, kecuali Admin.]

Yosh
7 years ago

Shalom Segenap pengurus Katolisitas.org,

Selamat atas pembaharuan tampilan situs ini yang kini lebih fresh. Saya bersyukur dan berterima kasih atas keberadaan situs ini yang telah banyak sekali memberikan manfaat dan membantu pertumbuhan rohani saya. Semoga dengan perubahan sistem dalam situs ini seperti cara untuk comment dan kemudian penataan artikel dan proses penyempurnaan yang dilakukan dapat membawa banyak berkat dan manfaat untuk kita semua.

Salam,
Yosh

[dari katolisitas: Mohon doanya agar karya kerasulan ini dapat terus berlangsung.]

bimomartens
7 years ago

Shalom pengasuh Katolisitas,

Saya menyambut gembira atas perubahan yang ada di situs ini, yang menjadikannya lebih baik.

Namun bagaimanapun juga, nampaknya ada beberapa bagian yang perlu anda perbaiki seperti tampilan bar paling atas : TRENDING yang selalu membuat halaman situs ini naik turun sehingga membuat pembaca kurang nyaman.

Semoga masukan ini tidak membuat anda sakit hati, hanya karena perhatian saya pada situs ini agar semakin maju. GO KATOLISITAS ..

Berkah dalem.

bimomartens
Reply to  Stefanus Tay
7 years ago

Saya memakai resolusi 1024 x 768p di pc desktop karena agar mendapatkan tampilan yang lebih besar dan nyaman untuk mata saya. Resolusi yang lebih tinggi membuat saya harus memicingkan mata karena tampilannya menjadi kecil-kecil.

Namun sekarang saya sudah mendapati halaman di situs ini tidak naik turun lagi.

Terima kasih.

martinus_kds
7 years ago

Pak Stef,bu Ingrid , dan para pengasuh katolisitas.org. Senang sekali melihat perubahan web ini. Apalagi ditambah untuk login terlebih dahulu sebelum ikut mengirimkan tulisan di sini. Semoga yang tulisannya berbau’iseng’ tidak banyak masuk lagi. Harapan saya, mudahan-mudahan tetap terus diperbaiki tampilan web ini. Terutama soal kecepatan membuka halaman web. Karena kecepatan internet (bandwidht) di Indonesia rata-rata masih kecil, sehingga tidak semua tempat (lokasi) bisa membuka halaman web dengan cepat. Untuk kolom komentar mohon juga agar bisa seperti yg lama, artinya setiap pointer yg saya sorotkan di kolom komentar langsung memberi tahu bahwa komentar tersebut terletak di halaman mana, sebelum kami… Read more »

ana maria
ana maria
7 years ago

isi websitenya sangat lengkap dan bagus bagus sekali membuat saya semakin bangga menjadi bagian dari Gereja Katolik. PRoficiat untuk Bu Ingrid dan kawan kawan

HenryPras
HenryPras
7 years ago

Syalom Tim Katolisitas, Terima kasih atas segala daya dan upaya yang telah berjalan selama ini, saya berharap semoga semangat dan energi semua tim katolisitas tetap membara seperti awal mula dalam karya kerasulan ini. untuk melengkapi situs katolisitas ini, saya usul agar didalam situs ini juga diberikan kitab suci elektronik ataupun link kitab suci yang digunakan secara resmi oleh Gereja Katolik, lebih bagus lagi kalau kitab suci elektronik ini dalam berbagai bahasa baik itu bahasa Inggris, Indonesia maupun bahasa Latin atau Ibrani. saya yakin pasti akan sangat berguna karena seringkali kitab suci (fisik) tidak kita bawa dalam aktivitas kita sehari-hari. Demikian… Read more »

frans
7 years ago

Shalom Katolisitas. Saya bering menggunakan tulisan anda sebagai bahan/ referensi kegiatan pendalaman iman yang kami lakukan dalam kelompok kami, caranya adalah dengan mengkopi artikel dan beberapa diskusinya serta beberapa link yang relevan. Tetapi sejak beberapa waktu ini kami sudah tidak dapat mengkopi lagi sehingga kami mengalami kekeringan referensi. Pertanyaan saya apakah memang ertikel dalam situs ini tidak boleh lagi dikopi? Atau kami harus memenuhi persyaratan tertentu untuk diijinkan mengkopi? Trimakasih atas penjelasannya. Tuhan memberkati. [dari katolisitas: Kami tidak pernah melakukan proteksi terhadap content, sehingga yang membutuhkan dapat melakukan cut and paste. Bahkan dengan smartphone-pun Anda tetap dapat melakukan cut and… Read more »

Arie Wibi
Arie Wibi
7 years ago

Shalom Pak Stef & Bu Ingrid, Damai dalam kasih Kristus Saya bersyukur dan berbesar hati mengenal Doa Koronka Kepada Kerahiman Ilahi, karena melalui doa tersebut lahir kesediaan kita memohonkan pengampunan dari Allah untuk mengasihani dunia. Ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan : 1) Bagaimana sebenarnya ajaran gereja mengenai hukuman Allah atas dunia ini, selain kiamat tentu saja (kalau itu dimaknai sebagai puncak hukuman atas dunia), apakah ramalan/tanda2 hukuman atas dunia disebut dan dijelaskan dalam Kitab Suci? 2) Meskipun secara ilmiah bisa dijelaskan, apakah kejadian/bencana alam yg terjadi di luar kehendak manusia (gempa bumi, tsunami, gunung meletus, dll) adalah sebagian… Read more »

Ingrid Listiati
Reply to  Arie Wibi
7 years ago

Shalom Arie Wibi, 1 & 2. Tentang bencana sebagai hukuman Tuhan? Prinsip dasarnya adalah Allah itu Maha Adil. Sabda Allah dalam Kitab Suci menunjukkan bahwa keadilan Allah itu menentukan adanya konsekuensi yang harus ditanggung oleh manusia, jika ia melakukan pelanggaran/ dosa, meskipun ia telah bertobat. Kisah-kisah dalam Kitab Suci menunjukkan hal ini dengan jelas. Adam dan Hawa, yang setelah diampuni dosanya, tetap diusir dari taman Eden (Kej 3:23-24). Raja Daud, setelah diampuni dari dosanya berzinah dengan Batsyeba dan membunuh Uria, tetap dihukum oleh Tuhan dengan kematian anaknya dari Batsyeba itu (lih. 2 Sam 12:13-14). Nabi Musa dan Harun yang berdosa… Read more »

andarias payuk
andarias payuk
7 years ago

Saya baru bergabung dlm katolisitas ini…. ada banyak hal yang sangat membantu saya dalam mendalami iman kekatolikan saya… banyak terimakasih atas berbagai artikel yang telah ada…

salam kami.

Bartolomeus
Bartolomeus
7 years ago

saya berterima kasih kepada tim katolisitias.org karena dengan membaca artikel2 di situs ini saya sudah sangat terbantu dalam memahami, menghayati, dan menerapkan iman katolik. sekadar saran: ada begitu banyak kutipan dalam bahasa inggris atau bahasa asing lainnya di dalam artikel2 yang sayangnya belum (sempat?) diterjemahkan ke dalam bahasa indonesia. menurut saya, akan lebih baik bila kutipan2 tersebut diterjemahkan karena akan sangat membantu bagi pembaca seperti saya yang kemampuan bahasa inggrisnya pas-pasan. terima kasih, Tuhan memberkati. [Dari Katolisitas: Terima kasih atas apresiasi Anda. Kami sudah berusaha menerjemahkan kutipan-kutipan dalam bahasa Inggris, namun kalau masih ada, dan Anda sebenarnya sangat ingin mengetahui… Read more »

Bartolomeus
Bartolomeus
Reply to  Bartolomeus
7 years ago

terima kasih atas tanggapannya. berikut adalah link dari salah satu artikel di katolisitas.org yang belum ada terjemahannya ke dalam bahasa indonesia: https://www.katolisitas.org/5281/perbedaan-gereja-orthodox-dengan-gereja-katolik, khususnya pada paragraf: “Therefore, of the one and only Church there is one body and one head, not two heads like a monster; that is, Christ and the Vicar of Christ, Peter and the successor of Peter, since the Lord speaking to Peter Himself said: ‘Feed my sheep‘ [Jn 21:17], meaning, my sheep in general, not these, nor those in particular, whence we understand that He entrusted all to him [Peter]. Therefore, if the Greeks or others should… Read more »

Polius Lombu, S.Pd
Polius Lombu, S.Pd
7 years ago

Terimakasih kepada Katolisistas atas tema-tema yang dimuat. Mohon ijin banyak menggunakannya sebagai materi katekese. Namun tetap saya muat sumber dari katolisitas. Semoga ke depan semakin banyak tema-tema yang update /aktual dalam prinsip dasar iman katolik. Terimakasih

stephanie
stephanie
7 years ago

Pak Stefanus dan Bu Inggrid, saya sangat merasa terberkati dengan adanya website ini terutama dalam pergumulan saya tentang iman katolik…saya ingin mengusulkan agar bapak dan ibu membuat juga buku renungan harian rohani karena susah sekali menemukan buku renungan harian rohani dari gereja katolik di toko buku rohani

[dari katolisitas: Terima kasih atas dukungan dan saran Anda untuk perkembangan situs ini. Semoga suatu saat rencana ini dapat terwujud. Mohon doanya.]

gregorius airlangga
7 years ago

halo katoliksitas,maaf sebelumnya.. saya admin dari web katedral purwokerto,meminta ijin untuk mengkopi beberapa artikel?apakah diperbolehkan?

dan sebenarnya saya juga mau bertanya,sebenarnya injil yang kita baca di alkitab selama ini itu sejarah penulisannya bagaimana dari zaman Yesus hingga sekarang?

terimakasih..

[dari katolisitas: Kalau Anda hendak mengcopy artikel dari katolisitas, silakan untuk memberikan sumbernya, yaitu http://www.katolisitas.org. Jawaban atas pertanyaan Anda yang kedua, silakan melihat link ini – silakan klik]

Stephanus Lukito Triadhi
Stephanus Lukito Triadhi
7 years ago

Saya mau minta tolong mencari buku berjudul “Tafsir Perjanjian Baru” terbitan Kanisius.
dimana ya?
Maaf kalau kelaur dari topik, karena saya sudah mencari kemana mana belum ketemu juga termasuk ke penerbit Kanisius di Jogjakarta, baik offline maupun online.

Terima Kasih.

Berkah Dalem.

[dari katolisitas: Apakah ada pembaca katolisitas yang tahu bagaimana cara mendapatkan buku ini?]

Ghalau.
Ghalau.
Reply to  Stephanus Lukito Triadhi
7 years ago

Shallom bung lukito, Coba kunjungi juga toko buku rohani di jl beo belakang ambarukmo atau penjual buku2 bekas bila memang buku tsb pernah terbit. Sebaiknya berhati2 dalam membaca alkitab bila difikirkan/diharapkan/diinginkan untuk menjadi sebuah tafsir. Untuk mengerti isi dan makna PB, sebaiknya melakukan doa permintaan berulang2 pada Bapa di surga, pasti akan lebih baik, jangan lupa mintalah pendampingan Roh kudus dalam doa anda, yakinlah bila meminta dengan sepenuh hati, tanpa ada unsur bisnis, Bapa akan mengabulkannya. Dalam menghayati ucapan2 juru selamat/PB, amati terdahulu setiap sub judul … baca berulang2 sub judul .. sub judul adalah dasar pemikiran utama atau gagasan… Read more »

august
august
Reply to  Stephanus Lukito Triadhi
7 years ago

Mohon koreksi jika jawaban saya salah jawab : ….Tafsir Perjanjian Baru yang bukunya warna merah atau gimana (ato cetakan Obor) …?? klo ga salah mungkin tiap paroki punya di perpus-nya …, dan beberapa perpustakaan milik BI terdapat buku tafsir perjanjian baru (bank Indonesia)…note : kata BI tidak salah ….
[dari katolisitas: Mungkin maksudnya LBI – Lembaga Biblikal Indonesia. Untuk Perjanjian Lama warnanya merah, dan Perjanjian Baru warna agak coklat. Ini adalah terjemahan dari The Collegeville Bible Commentary.]

kris
kris
7 years ago

Dear Katolisitas Team,

Mengapa sepertinya comment2 di katolisitas tidak muncul terurut? saya sering mengikuti diskusi dengan mengclick dari comment2 yang muncul.. Terkadang antara comment A dan comment B yg sebelumnya sudah saya click, muncul comment baru. Ini hanya saran untuk memudahkan membaca saja, kalau lah tidak urut pun saya tetap mengikuti diskusi yang ada.

Trims and GBU.

[Dari Katolisitas: Mohon bantuan Anda untuk menyebutkan langsung, di manakah/ di bawah artikel manakah terjadi penempatan comment sedemikian. Kemungkinan hal itu terjadi tidak disengaja, karena pembaca lain yang menanyakan hal terkait tidak menempatkan pertanyaannya di bawah comment yang ingin ia tanggapi.]

Budi Nurgraha
Budi Nurgraha
7 years ago

Situs ini sekilas bagus sekali. Tapi bagaimana cara membrowsing semua artikel di situs ini tanpa membaca artikel yang sama 2 kali. mohon bantuan nya.

[dari katolisitas: Silakan melihat arsip katolisitas di sini – silakan klik]

Willy Maringka
Willy Maringka
7 years ago

Kalau memang Katolisitas team tidak bisa menjawab pertanyaan saya seputar hypnoterapi / hypnotis, sebaiknya berikan jawaban / respon yang elegan, bukan langsung menghapus begitu saja tanpa ada respon satu hurufpun. Tks. [Dari Katolisitas: Pertanyaan Anda tentang hipnoterapi sudah kami tanggapi di sini, silakan klik. Pertanyaan Anda hanya kami pindahkan dari buku tamu ke bagian bawah artikel tentang hipnoterapi. Lain kali mohon Anda memeriksa terlebih dulu. Harusnya sistem akan memberitahu Anda lewat e-mail secara otomastis. Namun jika ini tidak terjadi, silakan terlebih dulu memeriksa lewat fasilitas pencarian di sisi kanan homepage. Akan lebih baik jika Anda tidak menggunakan kata-kata yang menuduh… Read more »

Willy Maringka
Willy Maringka
Reply to  Willy Maringka
7 years ago

Mohon maaf bila tulisan saya kurang berkenan, tidak ada pemberitahuan sama sekali mengenai pemindahan pertanyaan saya, tiba2 sudah hilang saja dari room ini. Email yang masuk hanya pemberitahuan ada komentar baru. Tanpa ada pemberitahuan pemindahan pertanyaan ke room tertentu, bagaimana saya bisa tau tulisan saya ada dimana ? Anyway terima kasih banyak atas tanggapannya, semoga Katolisitas dan Team semakin solid dan profesional di dalam karya2 kasih dan kemuliaan namaNYa. amin. Sekali lagi mohon maaf. [Dari Katolisitas: Seharusnya memang sistem memberitahu secara otomatis. Maka kamipun tidak tahu mengapa tidak terjadi demikian pada Anda. Namun jika lain kali ini terjadi, ada baiknya… Read more »

Priscilla
Priscilla
7 years ago

Shalom katolisitas,

Bagaimana caranya jika ingin menjadi seperti bapak Stef dan ibu Ingrid? Haruskah menempuh pendidikan di luar negeri supaya lebih dalam lagi pengetahuan iman Katolik kita? Adakah saat ini para calon penerus pengurus Katolisitas ini?

Tuhan Memberkati

Priscilla
Priscilla
Reply to  Stefanus Tay
7 years ago

Shalom pak Stef..

Rasa tertarik itu ada, tapi saat ini saya belum bisa fokus dan mengabdikan diri sepenuhnya, juga rasa percaya diri yang timbul tenggelam karena saya belum kaya wawasan tentang ajaran Katolik, jadi takutnya malah kurang konsisten. Hanya saja saya antusias sekali kalau harus membagikan ajaran iman Katolik pada sesama, namun begitu dengan pengetahuan yang minim. Kalau harus menempuh pendidikan ke luar juga saat ini belum mampu, mungkin suatu saat jika Tuhan menghendaki. Jujur saya kagum dengan kerjasama tim katolisitas yang kuat dan timbul kekhawatiran nantinya siapa yang akan meneruskan karya mulia ini.

Andreas Talitakum
Andreas Talitakum
7 years ago

Syaloom!

Selamat pagi….

Nama saya Andreas, saya ingin bertanya soal “MENGHORMATI” orang yang telah meninggal, terutama untuk orang tua atau leluhur kita dengan menyediakan kembang 7 taman atau kopi/teh didalam rumah pada hari-hari tertentu, misal jum’at kliwon / jum’at legi / selasa kliwon. apakah ini bertentangan dengan iman katolik?. Karena ada anggapan bahwa melupakan leluhur/orang tua dianggap “KACANG JANGAN LUPA SAMA KULITNYA”, kita menikmati kemerdekaan, harta benda yang ditinggalkan, kesuksesan dengan melupakan mereka!!!

Yang kedua: Apakah iman katolik mengenal dunia lain (bukan surga dan neraka)?

Ingrid Listiati
Reply to  Andreas Talitakum
7 years ago

Shalom Andreas, Gereja Katolik mengajarkan agar kita menghormati orang tua kita, baik ketika mereka masih hidup di dunia, maupun ketika mereka telah beralih dari dunia ini. Sebab kita percaya jiwa mereka tetap hidup, walaupun tubuh mereka telah mati. Kristus telah berjanji, bahwa orang yang percaya kepada-Nya akan tetap hidup walaupun ia telah mati (lih. Yoh 11:25). Namun demikian, jiwa yang hidup itu tidak lagi bertubuh, dan karena itu tidak lagi dapat merasa lapar ataupun menikmati segala sesuatu yang bersifat material. Dengan demikian cara untuk menghormati dan mengenang mereka, yang diajarkan oleh Gereja Katolik adalah: dengan mendoakan mereka, secara khusus dengan… Read more »

Romo pembimbing: Rm. Prof. DR. B.S. Mardiatmadja SJ. | Bidang Hukum Gereja dan Perkawinan : RD. Dr. D. Gusti Bagus Kusumawanta, Pr. | Bidang Sakramen dan Liturgi: Rm. Dr. Bernardus Boli Ujan, SVD | Bidang OMK: Rm. Yohanes Dwi Harsanto, Pr. | Bidang Keluarga : Rm. Dr. Bernardinus Realino Agung Prihartana, MSF, Maria Brownell, M.T.S. | Pembimbing teologis: Dr. Lawrence Feingold, S.T.D. | Pembimbing bidang Kitab Suci: Dr. David J. Twellman, D.Min.,Th.M.| Bidang Spiritualitas: Romo Alfonsus Widhiwiryawan, SX. STL | Bidang Pelayanan: Romo Felix Supranto, SS.CC |Staf Tetap dan Penulis: Caecilia Triastuti | Bidang Sistematik Teologi & Penanggung jawab: Stefanus Tay, M.T.S dan Ingrid Listiati Tay, M.T.S.
top
@Copyright katolisitas - 2008-2018 All rights reserved. Silakan memakai material yang ada di website ini, tapi harus mencantumkan "www.katolisitas.org", kecuali pemakaian dokumen Gereja. Tidak diperkenankan untuk memperbanyak sebagian atau seluruh tulisan dari website ini untuk kepentingan komersial Katolisitas.org adalah karya kerasulan yang berfokus dalam bidang evangelisasi dan katekese, yang memaparkan ajaran Gereja Katolik berdasarkan Kitab Suci, Tradisi Suci dan Magisterium Gereja. Situs ini dimulai tanggal 31 Mei 2008, pesta Bunda Maria mengunjungi Elizabeth. Semoga situs katolisitas dapat menyampaikan kabar gembira Kristus. 
1.2K
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x