Primbon

Pertanyaan:

Saya ingin bertanya, bagaimana tanggapan Gereja Katolik Indonesia terhadap agama dengan kepercayaan masyarakat yang berinkulturasi,misalnya primbon? apakah primbon dsb merupakan penyimpangan ajaran Gereja? Terima kasih atas kesempatan untuk bertanya dan dijawab.

Stefanus Arbi

Jawaban:

Salam Stefanus Arbi,

Primbon adalah kumpulan pedoman hitung-hitungan adat setempat (khususnya suku Jawa) untuk menentukan hari baik untuk melakukan suatu hajatan, mengetahui watak seseorang dari tanggal lahirnya, menentukan jodoh dari hari kelahirannya, menentukan nama bayi yang pas, bahkan meramal nasib sesorang dari bentuk tubuh atau posisi tahi lalat, nama, dan sebagainya. Secara anthropologis-sosiologis, Primbon merupakan rumusan tertulis kebijaksanaan dari nenek moyang suku Jawa mengenai hal ikhwal misteri waktu dan kehidupan alam serta manusia sejauh yang mereka pahami saat itu. Pemahaman para penyusun Primbon ialah pengalaman riil yang tentu saja terbatas, namun sering pula spekulasi berdasar keyakinan. Konteks budaya kemunculan perhitungan seperti itu ialah budaya pertanian di Jawa yang sangat tergantung musim-musim, sesuai daur alam, khususnya abad-abad ketika Kerajaan-Kerajaan Jawa mulai memunculkan sastra tulisan. Konteks lainnya ialah cita-cita dan keyakinan kehidupan akan harmoni antar manusia dan alam.
Kini, masyarakat Jawa modern mulai berpikir ulang mengenai Primbon. Mereka mulai bertanya mengenai konteks penulisan primbon waktu itu untuk menemukan hakikat atau inti perhitungan tersebut. Jika dalam Primbon disebut bahwa orang Jawa dilarang menikah pada bulan Suro (bulan pertama dalam kalender Jawa), maka kini orang ingin mengetahui alasannya. Zaman dulu memang orang dilarang (tabu) untuk bertanya “mengapa” terhadap suatu perhitungan adat. Kini, setelah banyak ahli sastra dan anthropolog mempelajari tabu-tabu tersebut, maka telah diketahui maksud pokoknya. Tindakan bisa disesuaikan dengan kemajuan zaman tanpa mengubah maksud pokoknya yang baik. Misalnya, larangan menikah pada bulan Suro. Konteks waktu itu ialah, agar diadakan ada bulan istirahat dari perhelatan apapun dalam setahun. Dalam budaya pertanian waktu itu, tidak setiap waktu orang bisa berkumpul bersama untuk pesta, khususnya jika sedang musim tanam dan musim panen padi. Tak mungkin mengadakan pesta pada musim tanam dan musim panen, di mana budaya komunalisme di Jawa begitu kental. Setelah mengetahui konteksnya, masyarakat Jawa modern, apalagi yang sudah Katolik, mulai bisa menentukan hari baiknya sendiri. Hari baik sebuah perkawinan, misalnya, bukan lagi berdasar hitungan bulan Suro dan tanggal kelahiran kedua calon mempelai, namun berdasarkan sejauh mana sebanyak-banyaknya keluarga besar kedua mempelai bisa berkumpul, dan tentu saja jadwal pastor bisa memberkati. Perubahan sikap ini terjadi karena iman bahwa semua hari baik dalam Tuhan Yesus Kristus, namun juga alasan praktis bahwa kebanyakan orang Jawa modern sudah tidak lagi hidup berdasarkan daur musim tanam padi. Tambahan lagi, di masa perubahan iklim sekarang ini, perhitungan waktu dan musim bertani menjadi makin susah ditebak.
Orang Katolik wajib mengetahui konteks sebuah tata kultural masyarakat setempat, agar bisa mengetahui semangat dan tujuan dasarnya. Setelah mengetahuinya dengan relatif baik, kita bisa mengambil sikap yang tepat berdasarkan Ajaran Iman Katolik. Di sinilah inkulturasi terjadi, yakni menghargai semangat dasar adat pendahulu kita dengan tetap terutama berdasar pada Ajaran Gereja Katolik. Maka, orang Katolik sebaiknya bertanya mengenai konteks tujuan dari perhitungan-perhitungan adat suku-suku manapun, agar tahu tujuan dasarnya. Jika tujuan dasarnya ditemukan dan tujuan itu baik, maka kita bisa menginkulturasikannya dalam liturgi kita. Jika tujuannya ternyata tidak sesuai dengan iman kita, maka kita tidak usah memakainya. Ada hal-hal dalam Primbon yang memang menjadi magi atau kepercayaan membabi buta (ketakutan jika melanggar, takhyul) dan terlalu detil (klenik), sehingga tidak masuk akal dan hanya membuahkan ketakutan tak beralasan serta percaya yang sia-sia. Di sini berlaku KGK 2110 – 2117. Paling mudahnya, sebaiknya Primbon dihargai sewajarnya sebagai hasil peradaban pada zamannya, namun tak usah dipercayai karena toh bagi orang Katolik, baptisan dan sakramen-sakramen telah mengangkat mereka menjadi putra-putri Allah, putra-putri cahaya yang bersemangat kasih. Kasih Allah itu telah mengalahkan kegelapan.
Salam
Rm Santo
5 3 votes
Article Rating
22 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
benedict
benedict
12 years ago

Salam Romo Santo Saya punya teman yang ayahnya orang Katolik dan ayahnya mempunyai kerabat yang bisa menghitung tanggal baik untuk pernikahan teman saya (saya lupa apakah agama kerabat ayahnya teman saya Katolik/Protestan atau bukan) dan ayahnya tersebut menyuruh teman saya untuk pergi ke kerabatnya agar dihitung hari baiknya. Dan sejujurnya teman saya (termasuk pasangannya) sudah tidak percaya dan tidak nyaman akan keinginan ayahnya, dan teman saya sudah punya tanggal sendiri dan itu tidak berdasarkan “tanggal baik”. Teman saya dilema karena dia tidak enak jika melawan orang tua, dan takut tidak dapat restu dari orang tuanya untuk nikah hanya karena tak… Read more »

Yohanes Dwi Harsanto Pr
Yohanes Dwi Harsanto Pr
Reply to  benedict
12 years ago

Salam Benedict, Silakan membaca juga keterangan mengenai tanggapan yang pernah muncul mengenai perhitungan hari baik berdasarkan primbon di artikel di atas, silahkan klik. Intinya ialah: bagi orang Katolik, perhitungan hari terbaik untuk menikah ialah hari di mana semua yang harus ada demi absahnya perkawinan bisa hadir. Pihak yang harus ada itu ialah: mempelai berdua, dua orang saksi, dan imam peneguh perkawinan, serta tambahan lain seperti orangtua dan kerabat. Jika imam peneguh perkawinannya tidak bisa hadir pada hari yang ditentukan oleh keluarga, maka jelas tanggal itu bukan merupakan hari terbaik. Maka, pergilah ke orang yang tepat, yaitu pastor yang akan meneguhkan… Read more »

ben
ben
Reply to  Yohanes Dwi Harsanto Pr
12 years ago

Makasih Romo Yohanes, Pr

Arief Prilyandi
Arief Prilyandi
12 years ago

Yang terkasih Tim Katolisitas,
Saya mau bertanya tentang interpretasi mengenai Roma 14:5, yang berbunyi:

Roma 14:5 Yang seorang menganggap hari yang satu lebih penting dari pada hari yang lain, tetapi yang lain menganggap semua hari sama saja. Hendaklah setiap orang benar-benar yakin dalam hatinya sendiri.

Seolah-olah ayat ini membenarkan tradisi petung atau hari baik, hari buruk.
Mungkin bisa dijelaskan penafsiran, agar tidak terjadi salah kaprah. Karena tradisi tersebut ditentang oleh Gereja Katolik.

Terima Kasih

Yohanes Dwi Harsanto Pr
Yohanes Dwi Harsanto Pr
Reply to  Arief Prilyandi
12 years ago

Salam Arief Prilyandi, Konteks dari teks yang Anda tunjuk ialah surat Paulus kepada umat di Roma. Dalam surat kepada umat Roma, St. Paulus menanggapi secara sistematis hal-hal yang ditanggapi secara langsung dalam suratnya untuk umat Galatia. Ia menanggapi aneka perselisihan dalam berbagai tema. Masalah yang ditanggapi St Paulus dari teks yang Anda kutip disebut pada bab 13 ayat 13 yaitu bahwa umat Roma waktu itu berselisih satu sama lain. Sedangkan inti perselisihan yang dibahas dalam bagian ini tampak pada ayat 1. Ada “orang yang lemah imannya” melontarkan ide dan bertindak membuat perpecahan. Catatan kaki pada Kitab Suci dengan catatan dan… Read more »

Antonius
Antonius
12 years ago

Untuk Tim Katolisitas, Maaf saya bertanya kembali. Tadi pagi saya ke Gereja dan di interiornya telah dihias dengan rangkaian bunga2 yg sungguh indah, beda seperti biasanya, dalam hati saya pikir ini karena mau ada pemberkatan perkawinan. Bagi saya ada yg tidak beres, dan indera saya : hidung mencium aroma yg ada di orang meninggal dan saya merasakan energi negatif yg cukup kuat di dalam Gereja. Dalam hati saya berdoa, supaya Tuhan mengusir semua roh2 jahat, karena itu Rumah Tuhan. Ini di dalam Gereja, bayangkan di acara siraman dan acara resepsi yg dengan adat jawa. Menurut saya, ini dikarenakan adanya ritual… Read more »

Yohanes Dwi Harsanto Pr
Yohanes Dwi Harsanto Pr
Reply to  Antonius
12 years ago

Salam Antonius,

Saya setuju sepenuhnya dengan Anda, bahwa sebaiknya tidak usah memakai ritual yang mengundang setan dalam kegiatan apapun. Doa secara agama kita penuh kuasa melebihi segala kuasa lain. Mungkin juga bukan sepengetahuan keluarga penganten jika ternyata juru paes yang mereka sewa memakai kuasa kegelapan. Maka Anda yang memiliki kepekaan mengenai hal ini berkewajiban moral untuk mendoakannya dan memasrahkan segalanya pada Allah, agar semuanya berjalan baik sesuai kehendak Allah sendiri. Saya yakin, doa Anda pasti berkenan pada Allah.

Salam
Yohanes Dwi Harsanto Pr

Antonius
Antonius
12 years ago

Romo Santo yang terkasih, Saya orang dari suku Jawa, saya ingin menanyakan beberapa adat di Jawa yang menurut saya adalah tidak benar tetapi mengapa banyak orang Katolik yang masih melakukan dan mempercayainya: 1. Pada saat peringatan orang sudah meninggal (1 th, 2 th, dan 1000 hari), mengapa masih digunakan adat2, yang saya sendiri merasakan bahwa seperti ketika kita memasang dupa hio, sesaji, bunga tabur, maka kuasa kegelapan justru akan datang (kebetulan Tuhan memberi kepada saya anugerah untuk merasakan adanya kuasa gelap, dan kekuatan kebaikan melalui telapak tangan kiri dan kanan : misal orang kerasukan, sakit karena kuasa gelap, tangan kiri… Read more »

Yohanes Dwi Harsanto Pr
Yohanes Dwi Harsanto Pr
Reply to  Antonius
12 years ago

Salam Antonius, 1. Sudah ada norma atau kaidah liturgi penggunaan simbol adat budaya setempat dalam liturgi. Komisi Liturgi di keuskupan masing-masing diharapkan membuat pedoman menurut situasi setempat. Penggunaan bunga tabur untuk diberkati dan ditabur sudah diatur dalam buku “Tata Laksana Pemberkatan Jenazah” dan “Ibadat Arwah”. Sebaiknya mengikuti saja apa yang digariskan dalam buku pedoman tersebut sesuai maksud pemaknaannya secara Katolik. Jenis dan jumlahnya pun tidak berlebihan, hendaknya proporsional. Pemaknaan simbol bunga tabur ada dalam doa-doanya ketika imam memberkatinya, yang intinya agar iman, harapan dan kasih almarhum menjadi bagaikan persembahan yang harum mewangi seperti bunga-bunga itu. Secara praktis, wangi bunga memang… Read more »

Antonius
Antonius
Reply to  Yohanes Dwi Harsanto Pr
12 years ago

Terima kasih Romo Santo, atas penjelasannya.
Saya percaya kalau Tuhan menghendaki kita pasti bisa bertemu. Tuhan memberkati …

Salam,

antonius

constantine7
constantine7
13 years ago

Kepada tim Katolisitas, Saya ingin meminta pandangan tentang hidup berkeluarga dengan latar belakang iman yang berbeda. Istri saya seorang Katolik, namun dibesarkan dengan pengaruh kebudayaan Tionghoa, agama Konghucu, dan sedikit pengaruh budaya Sunda. Keluarga istri saya boleh disebut keluarga yang didikannya keras, bahkan ayahnya tidak suka untuk ditentang. Kadang saya sering mengalami pertentangan dengan keluarganya namun saya hanya menyimpannya di dalam hati. Beberapa hal misalnya: 1. Pamali, beberapa pamali misalnya, dilarang mancing, memaku, berkata-kata sembrono jika istri sedang hamil. Memang yang terakhir sepertinya baik untuk dilaksanakan namun tujuannya sudah dicampuradukkan ke dalam tahayul. Mengenai pamali ini saya pernah beradu argumen… Read more »

Romo Yohanes Dwi Harsanto, Pr.
Romo Yohanes Dwi Harsanto, Pr.
Reply to  constantine7
13 years ago

Salam Constantine7 Semua hal yang kita lakukan dalam nama Tuhan kita Yesus Kristus, pastilah akan diberkatiNya. Karena itu, walaupun Anda ada dalam budaya pamali dan takhayul, percayalah bahwa tidak akan ada kutuk karena iman Anda akan Yesus Kristus. Anda tetap menjadi Katolik yang baik. Anda tak bisa melepaskan keyakinan mereka akan takhayul, sebagaimana mereka tak bisa melepaskan keyakinan Katolik Anda. Maka baiklah hidup berdamai dengan orang-orang itu. Seperti halnya Anda bisa hidup dengan orang beragama lain, maka demikianlah juga anda dapat hidup dengan orang yang berpola hidup berkeyakinan takhayul. Hanya saja, kita tidak memakai cara-cara mereka. Semoga dengan melihat cara-cara… Read more »

constantine7
constantine7
13 years ago

berkaitan tentang adat istiadat, khususnya daerah Sunda dan tercampur dengan budaya Tionghoa.. terdapat aturan pamali.. contohnya: 1. ketika istri hamil dilarang memaku (memasang paku dengan palu) 2. ketika istri hamil dilarang memancing 3. ketika istri hamil dilarang melayat orang yang meninggal 4. setelah melayat dilarang masuk kamar, harus mandi dahulu, baru boleh masuk kamar aturan-aturan ini tidak pernah saya ketahui sebelumnya, dan hal-hal tersebut berasal dari keluarga istri saya. Secara pribadi saya menolak mempercayai hal-hal tersebut karena tidak masuk di akal dan berbau tahayul. Bagaimana menyikapinya, jika dengan melakukan ‘pamali’ tersebut justru akan memperburuk hubungan dengan keluarga istri saya yang… Read more »

Romo Yohanes Dwi Harsanto, Pr.
Romo Yohanes Dwi Harsanto, Pr.
Reply to  constantine7
13 years ago

Salam Constantine7, Saya setuju bahwa Anda wajib untuk tidak memercayai keyakinan yang sia-sia itu (pamali, dan semacamnya). Secara akal sehat, semua itu gugur di hadapan logika akal budi. Bagi orang yang sudah tercerahkan (karena informasi dan pergaulan dengan bangsa-bangsa lain di era modern), tentu hal-hal itu juga sudah tidak dipercaya lagi. Namun demikian, sebaiknya Anda bersikap bijaksana dalam menanggapinya. Tetap menyatakan kebenaran dan keyakinan, namun tidak frontal dan kalem serta ceria saja. Paling tidak, dengan hubungan baik yang tetap terjalin, Anda bisa mulai merangsang logika mereka, dengan menanyakan konteks dan alasan adanya pamali. Dengan demikian, mereka pun akan berpikir ulang… Read more »

constantine7
constantine7
Reply to  Romo Yohanes Dwi Harsanto, Pr.
13 years ago

Terima kasih romo..

Doakan supaya terang Kristus lah akhirnya yang menerangi mereka dan membawa kami semua kepada-Nya.

stefanus arby
stefanus arby
13 years ago

terima kasih Romo Santo atas jawaban yang diberikan. pengetahuan saya bertambah. pertanyaan tentang primbon tersebut muncul karena ada penafsiran dari bebrapa orang di lingkungan saya yang menurut saya bertentangan dengan iman katolik. semoga dengan modal pengetahuan ini saya bisa hidup lebih baik bertumpu kepadaNya dan bisa sharing dengan teman2 saya yang butuh diskusi mengenai hal ini.
Crescat et floreat in nomine Iesu!!

Salam Damai Kristus,

Stefanus Arbi

antonius fery
antonius fery
13 years ago

mo saya mau tanya knpa saya memohon mukjisat dari tuhAN lewat novena seakan tidak di jawab

Ingrid Listiati
Reply to  antonius fery
13 years ago

Shalom Antonius Fery, Kadang Tuhan memang mengizinkan terjadinya masalah dalam kehidupan kita, untuk membentuk kita menjadi orang yang tekun, setia dan terus mengandalkan Tuhan. Di samping itu, kita juga harus menjalankan bagian yang harus kita lakukan. Maka jika pergumulan itu tentang dosa tertentu, maka kitapun harus berjuang untuk meninggalkan dosa tersebut. Jika itu masalah keluarga, kita juga harus melakukan bagian kita, dengan mau mengampuni dan mencari jalan keluar bersama. Jika itu masalah keuangan dan pekerjaan, tentu kita karus melakukan bagian kita dengan bekerja keras dan lurus sesuai dengan kehendak Tuhan. Demikian seterusnya. Taat, tekun berdoa dan jangan menyerah, itulah yang… Read more »

bravijaya
bravijaya
Reply to  antonius fery
13 years ago

Mas Fery: kalau boleh tahu mukjisat apa yang diinginkan?

Joseph S.
Joseph S.
13 years ago

Shalom, Sedikit sharing pengalaman. Saya berasal dari keluarga Jawa, meskipun kami sekeluarga Katolik, tetapi tetap menghargai nilai-nilai luhur Jawa. Bulan lalu kami baru saja memperingati 1000 hari meninggalnya ibu saya. Meskipun secara hitungan Jawa (primbon), seharusnya jatuh pada tanggal 7 Januari 2011, tetapi kami sekeluarga sepakat untuk memajukannya menjadi tanggal 30 Desember 2010, supaya semua bisa berkumpul pada hari liburan Natal & Tahun Baru. Jadi kami tetap melakukan peringatan 7 hari, 1 tahun, 2 tahun dan 1000 hari sebagaimana dianut adat Jawa. Namun intinya adalah iman Kristen-Katolik, jadi yang utama adalah Misa Kudus dalam setiap peringatan tersebut guna memohonkan pengampunan… Read more »

stefanus
stefanus
13 years ago

Saya ingin bertanya, bagaimana tanggapan Gereja Katolik Indonesia terhadap agama dengan kepercayaan masyarakat yang berinkulturasi,misalnya primbon? apakah primbon dsb merupakan penyimpangan ajaran Gereja? Terima kasih atas kesempatan untuk bertanya dan dijawab.

[Dari Katolisitas: Pertanyaan ini sudah dijawab di atas, silakan klik]

fxe
fxe
Reply to  stefanus
13 years ago

Jawaban yang bagus dan sangat inspiratif Romo Santo. Terima kasih.

Romo pembimbing: Rm. Prof. DR. B.S. Mardiatmadja SJ. | Bidang Hukum Gereja dan Perkawinan : RD. Dr. D. Gusti Bagus Kusumawanta, Pr. | Bidang Sakramen dan Liturgi: Rm. Dr. Bernardus Boli Ujan, SVD | Bidang OMK: Rm. Yohanes Dwi Harsanto, Pr. | Bidang Keluarga : Rm. Dr. Bernardinus Realino Agung Prihartana, MSF, Maria Brownell, M.T.S. | Pembimbing teologis: Dr. Lawrence Feingold, S.T.D. | Pembimbing bidang Kitab Suci: Dr. David J. Twellman, D.Min.,Th.M.| Bidang Spiritualitas: Romo Alfonsus Widhiwiryawan, SX. STL | Bidang Pelayanan: Romo Felix Supranto, SS.CC |Staf Tetap dan Penulis: Caecilia Triastuti | Bidang Sistematik Teologi & Penanggung jawab: Stefanus Tay, M.T.S dan Ingrid Listiati Tay, M.T.S.
top
@Copyright katolisitas - 2008-2018 All rights reserved. Silakan memakai material yang ada di website ini, tapi harus mencantumkan "www.katolisitas.org", kecuali pemakaian dokumen Gereja. Tidak diperkenankan untuk memperbanyak sebagian atau seluruh tulisan dari website ini untuk kepentingan komersial Katolisitas.org adalah karya kerasulan yang berfokus dalam bidang evangelisasi dan katekese, yang memaparkan ajaran Gereja Katolik berdasarkan Kitab Suci, Tradisi Suci dan Magisterium Gereja. Situs ini dimulai tanggal 31 Mei 2008, pesta Bunda Maria mengunjungi Elizabeth. Semoga situs katolisitas dapat menyampaikan kabar gembira Kristus. 
22
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x