Tentang Kitab PL dan Kitab Kejadian

Pertanyaan:

Ytk, Bpk Stefanus Tays

Saya mengucapkan terima kasih atas tanggapan yang telah bapak berikan dan sangat membantu saya dalam memahami Alkitab,..

Pak Stef saya mau menanyakan tentang Kitab Perjanjian Lama,
1.Sebenarnya posisinya ada dimana apakah dibawah Injil,atau bagaimana?
2.Saya ingin menanyakan tentang Kitab Kejadian ,sebenarnya Kitab ini sumbernya darimana ?lalu kenapa dijadikan sebagai Kitab Perjanjian Lama?
3.Didalam Kitab Kejadian orang yang bercerita itu ada berapa orang artinya beliau dapat mengetahui awal dari dunia ini, lalu ada Adam dan Hawa, Adam yang dikatakan mempunyai umur 850 tahun,Set keturunan Adam 800 tahun,Enos hidup 825 tahun, lalau sampai dengan Yusuf,bagaimana penjelasannya?apa mungkin itu yang menulis cuma 1 orang yang dapat hidup lebih dari 1000 tahun?

Terima Kasih sebelumnya..
Joan Heru

Jawaban:

Shalom Joan Heru,

1. Posisi Kitab Perjanjian Lama, apakah di bawah Injil?

Jawabnya: Tidak. Gereja melihat Kitab Suci sebagai satu kesatuan antara Kitab Perjanjian Lama dan Kitab Perjanjian Baru (termasuk di dalamnya Injil). Baik PL dan PB, keduanya diilhami oleh Roh Kudus, sehingga keduanya suci -tidak ada yang lebih tidak suci atau sebaliknya. Katekismus Gereja Katolik mengajarkan demikian:

KGK 105 …..”Bunda Gereja yang kudus, berdasarkan iman para Rasul, memandang kitab-kitab Perjanjian Lama maupun Perjanjian Baru secara keseluruhan, beserta semua bagian-bagiannya, sebagai buku-buku yang suci dan kanonik, karena ditulis dengan ilham Roh Kudus (lih. Yoh 20:31; 2 Tim 3:16; 2 Ptr 1:19-21; 3:15-16), dan dengan Allah sebagai pengarangnya, serta dalam keadaannya demikian itu diserahkan kepada Gereja” (Dei Verbum 11).

KGK 121 Perjanjian Lama adalah bagian yang tidak dapat dipisahkan dari Kitab Suci. Buku-bukunya diilhami secara ilahi dan tetap memiliki nilainya Bdk. DV 14. karena Perjanjian Lama tidak pernah dibatalkan.

KGK 122 “Tata keselamatan Perjanjian Lama terutama dimaksudkan untuk menyiapkan kedatangan Kristus Penebus seluruh dunia.” Meskipun kitab-kitab Perjanjian Lama “juga mencantum hal-hal yang tidak sempurna dan bersifat sementara, kitab-kitab itu memaparkan cara pendidikan ilahi yang sejati. …

KGK 123 Umat Kristen menghormati Perjanjian Lama sebagai Sabda Allah yang benar. Gereja tetap menolak dengan tegas gagasan untuk menghilangkan Perjanjian Lama, karena Perjanjian Baru sudah menggantikannya [Markionisme].

KGK 129 Jadi umat Kristen membaca Perjanjian Lama dalam terang Kristus yang telah wafat dan bangkit. Pembacaan tipologis ini menyingkapkan kekayaan Perjanjian Lama yang tidak terbatas. Tetapi tidak boleh dilupakan, bahwa Perjanjian Lama memiliki nilai wahyu tersendiri yang Tuhan kita sendiri telah nyatakan tentangnya Bdk. Mrk 12:29-31.. Selain itu Perjanjian Baru juga perlu dibaca dalam cahaya Perjanjian Lama. Katekese perdana Kristen selalu menggunakan Perjanjian Lama Bdk. 1 Kor 5:6- 8; 10:1-11.. Sesuai dengan sebuah semboyan lama Perjanjian Baru terselubung dalam Perjanjian Lama, sedangkan Perjanjian Lama tersingkap dalam Perjanjian Baru: “Novum in Vetere latet et in Novo Vetus patet” (Agustinus, Hept. 2,73) Bdk. DV 16.

KGK 140 Kesatuan kedua Perjanjian mengalir dari kesatuan rencana dan wahyu Allah. Perjanjian Lama mempersiapkan yang Baru, sedangkan yang Baru menyempurnakan yang Lama. Kedua-duanya saling menjelaskan. Kedua-duanya adalah Sabda Allah yang benar.

2. Tentang Kitab Kejadian

Kitab Kejadian merupakan Kitab Perjanjian Lama, karena di sana dikisahkan riwayat kejadian sejak awal mula penciptaan dilanjutkan dengan perjanjian Allah dengan Adam Hawa, setelah mereka jatuh dalam dosa, dan kemudian kepada keturunan mereka, yaitu para patriarkh, sebagai tahapan sebelum Allah membuat perjanjian kepada seluruh bangsa Israel, yang kemudian terus menyambung sampai pada perjanjian baru yang ditandai oleh Kristus bagi Gereja yang merupakan bangsa pilihan Allah yang baru. Pada kitab Kejadian ini kita melihat rencana keselamatan Allah yang dimulai bertahap, pertama janji ini diberikan kepada sepasang manusia (Adam dan Hawa), lalu kepada keluarga (yaitu keluarga Nabi Nuh dan keturunannya, sampai Abraham yang dipilih sebagai bapa bangsa, lalu kepada keluarga Yakub (anak Ishak, yang adalah anak Abraham) dengan keduabelas anaknya yang kelak menjadi keduabelas suku Israel. Dan kisah ini kemudian dilanjutkan dengan Kitab Keluaran yang menujukkan kisah penyelamatan Allah terhadap bangsa Israel dari perbudakan bangsa Mesir. Kitab Kejadian ini penting seperti halnya kitab- kitab lainnya dalam PL, karena kita ketahui bahwa pada PB, kisah- kisah PL tersebut digenapi, seperti sudah pernah dibahas di sini, silakan klik.

Menurut tradisi yang dipegang oleh Gereja Katolik, kitab Kejadian termasuk dalam kitab- kitab yang dikumpulkan dan diedit oleh Nabi Musa. Kitab Kejadian bukan ditulis sendiri oleh Musa, namun ia mengumpulkannya dari peninggalan- peninggalan para patriarkh pendahulunya. Memang ada teori dewasa ini yang membagi kitab- kitab Musa sebagai ditulis oleh banyak sumber (JEPD: Jahwist, Elohist, Priestly dan Deuteronomist) seperti dipopulerkan oleh K.H Graf (1869) dan Julius Wellhausen (1918). Namun sesungguhnya ini masih sebatas teori yang mendasari pembagian ini atas cara penulisan teks, sehingga menghasilkan hipotesa bahwa ada kemungkinan kitab- kitab tersebut tidak dikompilasi oleh Nabi Musa, tetapi oleh banyak sumber, bahkan sesudah jaman Nabi Musa.

Sepanjang pengetahuan kami, Gereja Katolik tidak mengeluarkan pandangan resmi mengenai siapa penulis kitab- kitab Musa, termasuk kitab Kejadian ini. Namun kami di Katolisitas, lebih condong kepada tradisi yang sudah dipegang selama berabad- abad, bahwa kitab Kejadian dikompilasi oleh nabi Musa, yang diterimanya dari peninggalan para patriarkh pendahulunya, dimulai dari Nabi Nuh. Hal ini diperkuat oleh fakta- fakta dari penemuan arkeologis, yang memang baru dapat diketahui sekitar 150 tahun terakhir ini, seperti yang ditunjukkan oleh PJ. Wiseman. Dari penemuan- penemuan arkeologis tersebut, ditemukan adanya pengulangan frasa dalam penulisan kitab Kejadian, yang menjadi salah satu kunci untuk memahami terbentuknya kitab Kejadian. Frasa berulang tersebut terbagi menjadi dua kelompok, yaitu a) frasa Colophon, dan b) frasa penyambung (catch-line). Berikut ini adalah tulisan yang kami sarikan dari link ini, silakan klik.

a. Frasa Colophon

‘Kejadian’/ Genesis adalah kata Yunani dari istilah Ibrani yang berarti “daftar keturunan/ riwayat”. Salah satu frasa yang menjadi pola dalam kitab Kejadian adalah:

“Inilah riwayat/ daftar keturunan ……”

Frasa ini disebut sebanyak 11 kali dalam Kitab Kejadian (2:4; 5:1; 6:9; 10:1; 11:10; 11:27; 25:12; 25:19; 36:1; 36:9; 37:2). Jika diperhatikan, riwayat tersebut sudah disebutkan pada ayat- ayat sebelumnya, dan kalimat tersebut merupakan ayat/ kalimat penutup. Frasa Colophon tersebut merupakan frasa penutup yang menegaskan kembali apa yang sudah disampaikan, sebagai rekaman klaim yang baru saja ditulis; dan mengacu kepada sang penulis atau sang pemilik tablet yang memuat tulisan itu.

TABLET: 1
ayat: 1:1 sampai 2:4
Tentang: Riwayat langit dan bumi

TABLET: 2
ayat: 2:5 sampai 5:2
Tentang: Riwayat Adam.

TABLET: 3
ayat: 5:3 sampai 6:9a
Tentang: Riwayat Nabi Nuh

TABLET: 4
ayat: 6:9b sampai 10:1
Tentang: Riwayat anak- anak Nabi Nuh

TABLET: 5
ayat: 10:2 sampai 11:10a
Tentang: Riwayat Shem.

TABLET: 6
ayat: 11:10b sampai 11:27a
Tentang: Riwayat Terah.

TABLET: 7-8
ayat: 11:27b sampai 25:19a
Tentang: Riwayat Ismail dan Ishak

TABLET: 9-11
ayat: 25:19b sampai 37:2a
Tentang: Riwayat Esau and Yakub.

Perlu dicatat bahwa catatan sejarah yang terekam di setiap bagian berhenti sebelum orang yang dimaksud wafat, atau kebanyakan, catatan tersebut berlangsung sampai menjelang wafatnya tokoh tersebut, atau sampai pada saat tablet tersebut dituliskan. Contohnya tablet ke-4 yang dimiliki oleh anak- anak Nabi Nuh, menceritakan banjir dan kematian nabi Nuh. Kita tidak mengetahui kapankah saatnya Ham dan Yafet wafat setelah kematian Nuh, tetapi kita mengetahui bahwa Shem hidup jauh lebih lama daripada nabi Nuh. Dan bagian ini dapat dituliskan oleh anak- anak nabi Nuh.

b. Frasa penyambung (Catch- line)

Dalam Kitab Kejadian, kita melihat adanya banyak frasa yang diulang, yang jika diperhatikan merupakan frasa penyambung antara tablet yang satu dengan tablet yang lainnya. Berikut ini frasa penyambungnya:

1:1….”Allah menciptakan langit dan bumi”
2:4….”Tuhan Allah menjadikan bumi dan langit”
2:4….”pada waktu diciptakan”
5:2….”pada waktu mereka diciptakan”
6:10…”Shem, Ham dan Yafet”
10:1…”Shem, Ham dan Yafet”
10:32..”setelah air bah itu”
11:10..”setelah air bah itu”
11:26..”Abram, Nahor dan Haran”
11:27..”Abram, Nahor dan Haran”
25:12..”anak Abraham”
25:19..”anak Abraham”
36:1…”yaitu Edom”
36:8…”yaitu Edom”
36:9…”bapa orang Edom”
36:43..”bapa orang Edom”

Munurut Wiseman, adanya pengulangan frasa di awal dan di akhir tablet, dapat dilihat oleh para peneliti yang memahami metoda teks Babilonia, sebab pengulangan ini berguna untuk menggabungkan tablet- tablet tersebut. Jadi pengulangan ini bukan sekedar kebetulan. Sedangkan Kej 37:2 sampai 50:36 tentang sejarah Yusuf tidak diakhiri oleh frasa Colophon, karena tradisi sastra Mesir di mana kehidupan Yusuf dicatat, tidak menggunakan frasa Colophon.

3. Penulisan Kitab Kejadian

Berdasarkan teori di atas, maka kemungkinan, Kitab Kejadian memang bersumber pada tulisan pada tablet- tablet yang dimiliki oleh generasi patriarkh yang berbeda- beda, yang menuliskan sejarah dari keluarga tersebut. Tulisan tentang Adam kemungkinan dituliskan oleh keturunannya, kemungkinan dari Nuh/ keturunan nabi Nuh. Sedangkan keturunan selanjutnya, dituliskan sesuai dengan nama yang tercantum dalam frasa Colophon tersebut. Dengan adanya semacam sumber penulisan yang estafet (menerus) dari satu generasi ke generasi, maka dimungkinkan penulisan riwayat satu orang, dari lahir sampai wafatnya, karena yang menuliskannya tidak terbatas pada satu orang tersebut, namun juga keturunan orang itu. Nabi Musa kemudian mengumpulkan tulisan- tulisan dalam tablet- tablet tersebut dan mengkompilasinya menjadi kesatuan dengan kitab- kitabnya, yang dikenal dengan kitab Pentateuch (Kejadian, Keluaran, Imamat, Bilangan, Ulangan).

Salam kasih dalam Kristus Tuhan,
Ingrid Listiati- katolisitas.org

5 2 votes
Article Rating
12 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Yohanes
Yohanes
12 years ago

Shalom, katolisitas.org Saya pernah mendengar penjelasan mengenai Kitab Kejadian/Genesis yang diceritakan oleh Fr. Robert Barron (pengelola situs Word on Fire). Menurut pembelajarannya, Kitab Kejadian sering digolongkan sebagai ‘bad science’ karena bertentangan dengan penelitian scientific modern. Namun katanya, Kitab Kejadian tidak bisa digolongkan sebagai ‘bad science’ karena ‘it’s not a science at all’. Di Kejadian didapati bahwa Allah menciptakan terang sebelum matahari, dsb. Namun menurut Fr. Robert, yang ingin dilukiskan di Kejadian adalah berhubungan dengan kondisi manusia awal-awal yang belum mengenal Tuhan dan menyembah segala yang ada. Dengan itu, Kitab Kejadian menyatakan bahwa, ada satu Allah yang menciptakan semuanya itu. Padahal… Read more »

Kenzo
Kenzo
12 years ago

Dear catholicity,

I have a question regarding Cain. In the bible, Cain was said to had a wife. Where did she came from?

God bless,
Kenzo

aska Tanaka
aska Tanaka
12 years ago

shalom pak, , kenapa kitab nabi-nabi dan tulisanya diterima dalam alkitab??

Joan Heru
Joan Heru
13 years ago

Syallom,utk semuanya aja..

Pak Stef,saya ingin menanyakan tentang Adam dan Hawa yang kita yakini sebagai manusia pertama yang ada di bumi ini,kalo boleh tahu dari Tradisi Suci atau Magisterium menelaah tentang hal ini sebenarnya pake rambu2 atau norma yang telah ada atau apa?Bisakah dijelaskan secara rasional,tanpa harus mengimani nya?Sampai saat ini saya masih rancu juga dengan Ilmu Pengetahuan.
Pertanyaan selanjutnya apakah pada jaman dahulu tidak ada aturan untuk menikahi saudara sekandung, sebaba kalo dirunut dari Adam dan Hawa kan ,paling tidak harus ada perkawinan inces atau sedarah mohon dijelaskan.
Terimakasih

Budi Darmawan Kusumo
Budi Darmawan Kusumo
13 years ago

Syalom Saudaraku Joan Heru, Itulah hebatnya YESUS kita, DIA menggunakan manusia yang lemah dan berdosa ini untuk menuliskan KITAB SUCI. Pertanyaan saya : 1. Bisakah YESUS langsung menurunkan ALKITAB ke Bumi dari Surga ? 2. Kalau bisa, mengapa YESUS harus menggunakan manusia sendiri untuk menuliskan KITAB SUCI ? Jawabannya : Karena TUHAN ingin kita ikut terlibat dalam segala karyaNYA, dia TUHAN yang luar biasa sayang pada kita. Kalau mau KITAB SUCI dituliskan oleh 1 orangpun, DIA tetap bisa melakukannya. Contoh : misalnya kamu berumur 17 tahun, langsung diberi ILHAM ROH KUDUS & PENGELIHATAN mulai dari penciptaan bumi sampai ahkir jaman,… Read more »

Joan Heru
Joan Heru
13 years ago

Ytk, Bpk Stefanus Tays Saya mengucapkan terima kasih atas tanggapan yang telah bapak berikan dan sangat membantu saya dalam memahami Alkitab,.. Pak Stef saya mau menanyakan tentang Kitab Perjanjian Lama, 1.Sebenarnya posisinya ada dimana apakah dibawah Injil,atau bagaimana? 2.Saya ingin menanyakan tentang Kitab Kejadian ,sebenarnya Kitab ini sumbernya darimana ?lalu kenapa dijadikan sebagai Kitab Perjanjian Lama? 3.Didalam Kitab Kejadian orang yang bercerita itu ada berapa orang artinya beliau dapat mengetahui awal dari dunia ini, lalu ada Adam dan Hawa, Adam yang dikatakan mempunyai umur 850 tahun,Set keturunan Adam 800 tahun,Enos hidup 825 tahun, lalau sampai dengan Yusuf,bagaimana penjelasannya?apa mungkin itu… Read more »

Romo pembimbing: Rm. Prof. DR. B.S. Mardiatmadja SJ. | Bidang Hukum Gereja dan Perkawinan : RD. Dr. D. Gusti Bagus Kusumawanta, Pr. | Bidang Sakramen dan Liturgi: Rm. Dr. Bernardus Boli Ujan, SVD | Bidang OMK: Rm. Yohanes Dwi Harsanto, Pr. | Bidang Keluarga : Rm. Dr. Bernardinus Realino Agung Prihartana, MSF, Maria Brownell, M.T.S. | Pembimbing teologis: Dr. Lawrence Feingold, S.T.D. | Pembimbing bidang Kitab Suci: Dr. David J. Twellman, D.Min.,Th.M.| Bidang Spiritualitas: Romo Alfonsus Widhiwiryawan, SX. STL | Bidang Pelayanan: Romo Felix Supranto, SS.CC |Staf Tetap dan Penulis: Caecilia Triastuti | Bidang Sistematik Teologi & Penanggung jawab: Stefanus Tay, M.T.S dan Ingrid Listiati Tay, M.T.S.
top
@Copyright katolisitas - 2008-2018 All rights reserved. Silakan memakai material yang ada di website ini, tapi harus mencantumkan "www.katolisitas.org", kecuali pemakaian dokumen Gereja. Tidak diperkenankan untuk memperbanyak sebagian atau seluruh tulisan dari website ini untuk kepentingan komersial Katolisitas.org adalah karya kerasulan yang berfokus dalam bidang evangelisasi dan katekese, yang memaparkan ajaran Gereja Katolik berdasarkan Kitab Suci, Tradisi Suci dan Magisterium Gereja. Situs ini dimulai tanggal 31 Mei 2008, pesta Bunda Maria mengunjungi Elizabeth. Semoga situs katolisitas dapat menyampaikan kabar gembira Kristus. 
12
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x