Salam Damai seluruh pembaca katolisitas.org

Katolitas.org merupakan karya kerasulan yang mencoba untuk memberikan informasi dan pengajaran tentang iman Katolik sesuai denagn apa yang diajarkan oleh Gereja Katolik. Oleh rahmat Tuhan, Katolisitas.org telah menjangkau begitu banyak umat Katolik, sehingga mereka semakin mengenal dan mengasihi iman Katolik. Situs ini juga membuka kesempatan bagi umat dari agama-agama lain untuk mengetahui ajaran Gereja Katolik. Kami berharap dalam kasih karunia Tuhan agar merekapun dapat melihat keindahan ajaran Gereja Katolik.

Kami membutuhkan bantuan dan partisipasi anda

Tidak dapat dipungkiri bahwa karya kerasulan ini membutuhkan waktu, tenaga, dan biaya. Kalau anda merasa terbantu dengan keberadaan website ini, anda dapat terus membantu agar website ini tetap ada dan menyentuh banyak orang. Oleh karena itu, bagi anda yang telah merasa terbantu, kirimkan kesaksian anda kepada kami ke: katolisitas[at]gmail.com. Anda juga dapat mendukung karya kerasulan ini dengan berdoa bagi kelangsungan website ini. Selanjutnya, anda juga dapat membantu secara finansial agar website ini dapat terus bertahan. Ini adalah salah satu bentuk partisipasi anda dalam meluaskan Kabar Gembira Kristus dan ajaran-Nya ke seluruh ujung bumi. Anda dapat memberikan sumbangan anda lewat paypal (kartu kredit) maupun transfer ke rekening BCA, a/c:  244 020 3950 , a/n: Ingrid Listiati. Kalau anda ingin membantu dalam hal lain, silakan untuk mengirimkan e-mail ke: donation[at]katolisitas.org.

Situs ini dapat terus ada karena rahmat Tuhan dan juga bantuan dari anda, pengunjung katolisitas.org. Atas bantuannya, kami mengucapkan terima kasih dan semoga Tuhan memberkati kebaikan anda semua.

www.katolisitas.org

Beberapa usulan yang masuk

Kami menerima masukan dari seluruh pembaca katolisitas.org. Berikut ini adalah beberapa daftar usulan yang masuk ke katolisitas.org, agar kerasulan awam ini dapat berkembang.

1. Merekut satu orang untuk menjadi tenaga penuh katolisitas.org.

Tugasnya adalah mengedit dan menampilkan artikel, tanya jawab dalam bentuk “edisi cetak“. Orang ini juga bertanggung jawab, agar website dapat berjalan tanpa gangguan, serta menambah fitur-fitur di website. Jadi, orang yang diperlukan adalah orang yang dapat menulis dengan baik, yang menguasai bahasa Inggris dan juga komputer – terutama dalam perbuatan website. Dan syarat paling utama adalah kandidat adalah seorang Katolik yang baik, benar-benar mengasihi iman Katolik, mau belajar, serta menempatkan kebenaran yang dinyatakan oleh Alkitab, Tradisi Suci dan Magisterium Gereja, di atas kepentingan pribadi.Kalau ada dari pembaca katolisitas yang mememuhi persyaratan di atas atau tahu ada teman yang mempunyai kualifikasi di atas, silakan mengirimkan syarat-syarat di bawah ini ke e-mail: admin[at]katolisitas.org

a. Bio data, yang juga mencantumkan daftar buku tentang iman dan moral yang telah ataupun sedang dibacanya. Lampirkan juga surat permandian, serta surat referensi dari dua orang pastor.

b. Conversion story. Ceritakan bagaimana kehidupan anda, dan juga bagaimana anda menjadi seorang Katolik dan alasan anda untuk terjun dalam karya kerasulan.

c. Menulis artikel tentang satu topik pengajaran iman Gereja Katolik. Silakan memberikan contoh tulisan 2-4 halaman A4, 2 spasi, yang dibuat dengan Microsoft Word.

2. Temu tatap muka dengan pembaca katolisitas.org.

Hal ini diusulkan oleh cukup banyak pembaca dan pengunjung katolisitas.org. Mungkin pertemuan ini dapat diadakan dalam sebuat seminar yang membahas satu topik yang berkaitan dengan mempertanggungjawabkan iman Katolik. Apakah ada yang mau memulai, mungkin dari tingkat paroki?

a. Temu darat katolisitas I: “Gereja Katolik Kuno? Siapa Bilang?

Tempat: Moon Star Oriental Cuisine & Noodle House Lt. 3,
Jl. Pluit Utara Raya, No: 55, Jakarta Utara

Hari dan Tanggal: Selasa, 7 Desember 2010

Jam: 08:00 – 13:00

Siapa yang dapat datang? Kalau anda umat Katolik, anda dapat mengikuti seminar ini.

Acara:

08:00 – 09:00: Makan pagi

09:00 – 12:00: Sharing dan pendalaman iman oleh Romo Wanta, Romo Santo, Stefanus Tay & Ingrid Listiati Tay. Ini juga merupakan kesempatan bagi peserta temu darat untuk mengenal tim katolisitas.org serta tanya jawab tentang iman Katolik.

12:00 – 13:00: Makan siang

Pendaftaran: Tidak ada biaya untuk menghadiri temu darat ini. Mungkin akan diedarkan “Dana kasih katolisitas” untuk membantu kegiatan-kegiatan katolisitas selanjutnya.

Peserta terbatas, Jadi, silakan mendaftar secepatnya.
Pendaftaran akan ditutup tanggal 5 Desember 2010.
Silakan mendaftar ke: Antonius dan Samuel, lewat e-mail: pendaftaran@katolisitas.org .
Dalam e-mail sebutkan: Subject: Pendaftaran Temu Darat 1,
Isi e-mail (body): nama, alamat, Telp rumah dan HP, Paroki
.

Lihat laporan lengkap tentang hal ini di sini – silakan klik.

b. Temu Darat Katolisitas 2: “Pendidikan iman Katolik anak sejak usia dini di keluarga, paroki dan sekolah”

Diselenggarakan pada tanggal 29 Januari 2011, jam 09:00-15;00, di paroki Hati Kudus Kramat, Jakarta. Laporan lengkap tentang pertemuan ini dapat dibaca di sini – silakan klik.

3. Beberapa hal untuk membantu menyebarkan karya kerasulan ini.

a. Batas buku katolisitas.org

Anda ingin mendapatkan dan menyebarkan batas buku ini?

Silakan mengirimkan e-mail ke: katolisitas@gmail.com dan tuliskan:

Nama lengkap:

Alamat lengkap:

No Telpon dan HP:

Jumlah batas buku:

Diedarkan ke paroki/daerah: [silakan menyebutkan paroki atau daerah]

Sumbangan: [dapat diisi: Rp 0 ]

Daftar usulan di atas akan bertambah, sesuai dengan usulan para pembaca dan jika itu dipandang baik oleh tim katolisitas.org. Jadi, silakan memberikan usulan-usulan yang dapat mengembangkan karya kerasulan ini. Terima kasih atas semua partisipasi, dukungan dan bantuan dari seluruh pembaca katolisitas.org. Mari kita bersama-sama membangun Gereja Katolik yang kita kasihi dari dalam, sehingga terang Kristus dapat semakin bersinar ke seluruh penjuru dunia.

50 Comments

  1. Shalom Katolisitas dan teman2 pengunjung yang mendukung situs ini,
    Ini tentang temudarat 2 yang menurut rencana akan kami selenggarakan di Jakarta pada hari Sabtu tanggal 29 Januari 2011 yad. Saya, Bpk Samuel dan Bpk Simon sukarela mencoba membantu mempersiapkan acara ini. Detail rencana sdh kami buat bersama, namun kami masih mengalami bbrpa kesulitan terutama mengenai maslah tempat. Awalnya rencana temudarat Katolisitas 2 kami rencanakan diselenggarakan di ruang aula Keuskupan Jakarta (KAJ) atau di KWI Cikini, namun belakangan ternyata kedua tempat ini tidak bisa di pakai. Aula KAj ternyata sdg direnovasi sampai bulan maret thn depan. Saya sdh mencoba mencari alternatif2 lain, misal aula sekolah St Maria, dll namun sampai saat ini belum berhasil.
    Waktu kami utk persiapan acara sdh makin pendek,.namun tanpa kepastian tempat kiranya kami tidak bisa bergerak maju, bahkan saya khawatir jadwal acara terancam tertunda atau batal.
    Dlm kesempatan ini ijinkan kami mohon bantuan Bpk/Ibu teman2 yang kebetulan punya ide atau akses lokasi ruang seminar yang cocok utk menampung 200 orang, lokasinya sebaiknya berada dekat di wilayah Jakarta Pusat supaya memudahkan semua pihak yg mau datang. Jika beruntung kita bisa mendptkan tempat pinjaman gratis, tapi jikapun harus membayar pengganti biaya listrik dll tidak apa2 kamipun siap membayar asal masih sebatas kemampuan budget keuangan kami.
    Mudah2an ada yg membaca surat kami ini dan terketuk niat untuk membantu,. Kami dapat di hubungi melalui alamat email : katolisitas@gmail.com.
    Sebelumnya saya sampaikan ucapan terima kasih,.semoga Tuhan memberkati dan berkenan atas niat dan rencana kita ini.
    Salam dalam kasih Tuhan,
    Antonius Hendry, Samuel R, dan Simon W

    • Sebaiknya anda berkoordinasi dengan Pastor Paroki Andreas dan Koordinator Bidang Pewartaan Paroki Santo Andreas Kedoya, agar dapat memanfaatkan Gedung Pertemuan Kedoya Raya 101 A, yang biasanya dipakai oleh Umat se dekanat Jakarta Barat untuk seminar gabungan. Bisa nampung 600-700 orang.

      Pasti ramai dikunjungi, asal sosialisasi berjalan bagus dengan persiapan 1 bulan sebelumnya.

  2. Shalom katolisitas,
    Setelah katolisitas berjalan 2 thn lebih kiranya kita semua dapat menilai bahwa karya kerasulan ini akan sulit berkembang jika tidak didukung oleh dana operasional yg memadai, saya khawatir suatu hari situs ini malah akan berakhir. Sumber dana yg berasal dari iklan pernah diusulkan beberapa pihak namun ditolak, saya dan banyak pengunjung lain tentu setuju bahkan kagum pada keteguhan prinsip Bpk Stef dan Ibu Ingrid untuk menjaga kemurnian visi/misi Katolisitas yg tidak mau mengkomersialkan ajaran Gereja.
    Namun pada sisi lain saya berpendapat adalah 100% adil dan fair jika pengasuh katolisitas boleh mendapatkan tanda kasih dan dukungan berupa donasi uang dari pengunjung yang dengan sukarela dan ikhlas memberi. Donasi tsb 100% adil merupakan hak katolisitas, tidak ada norma, etika atau aturan gereja yg dilanggar.
    Saran agar Bpk Stef / ibu Inggrid bisa membuka rekening bank atas nama sendiri di bank lokal di Indonesia, misalnya bank BCA, supaya memudahkan saya dan teman2 yg ingin memberikan tanda kasih (donasi) sebagai bentuk dukungan atas karya kerasulan katolisitas.
    Saat ini sistem transfer donasi via PayPal menyulitkan donatur. Sistem ini mungkin cocok saat katolisitas masih berdomisili di Amerika, namun tidak lagi cocok sekarang.
    Demikian usulan saya, maaf jika ada pendapat yang salah.
    Saya juga mengundang opini teman pengunjung katolisitas yg lain.
    Terima kasih.
    Salam dalam kasih Tuhan,
    Simon Welly.

  3. Cornelius sigit on

    Syalom…
    Bung Stef….mau sedikit berbagi berkat…gmana ya..kalo klik donasi diatas ribet n gak tau cranya ada no rek bank dlm negri ………..? trims Berkah Dalem

    • Shalom Cornelius Sigit,

      Terima kasih atas dukungan anda untuk karya kerasulan katolisitas.org. Saya telah mengirimkan e-mail pribadi beserta dengan no account-nya. Mohon doanya terus, agar kami dapat terus berkarya di katolisitas.org.

      Salam kasih dalam Kristus Tuhan,
      stef – katolisitas.org

  4. Saya sangat senang dengan adanya situs ini, sangat membantu dalam pemahaman iman katholik,
    by the way saya tidak punya akun paypal atau kartu kredit tapi kalo mau menyumbang sedikit di salurkan dimana ya?

    [dari katolisitas: Terima kasih atas dukungannya dan kami telah mengirimkan bank account ke e-mail anda.]

  5. Dear tim katolisitas

    Bapak Stefanus dan Bu Ingrid

    we love you so much :)

    Jika suatu waktu nanti katolisitas menyelenggarakan Seminar di Denpasar, maka kami bersedia hadir :)
    Untuk temu darat ke-1, kami ingin sekali datang, tapi tidak bisa datang karena sangat jauh.

    Regards
    angela

    [Dari Katolisitas: Terima kasih atas dukungan anda. Mohon doa untuk karya kerasulan ini. Semoga Tuhan memberkati kita semua. Salam kasih juga dari kami.].

  6. Mohon maaf karena pertanyaan saya ini tidak ada kaitannya dengan bahasan di atas,..
    Ini saya sekedar saran saja kalo bisa Desain Web katolisitas.org :

    Menggunakan BACKGROUND DASAR WARNA PUTIH karena dengan kondisi sekarang (background warna hitam) memerlukan proses loading yang lebih lama karena load pertama adalah background jadi bagi yang koneksi minim (seperti saya he3) akan membutuhkan waktu yg lama untuk masuk ke bahasannya karena melload backgroundnya saja lama dan kadang2 gagal loading :-(

    mohon maaf, semoga katolisitas.org tetap berkarya. Salam
    Tuhan Membekati

    [Dari Katolisitas: Usul anda sudah kami laksanakan, sekarang background situs adalah warna putih. Semoga hal ini dapat mempersingkat waktu loading anda.]

  7. Dear tim katolisitas.org,

    Salam kenal.
    Saya ingin bertanya, bila kami ingin memanggil salah satu tim katolisitas.org sebagai pembicara dalam seminar/rekoleksi/retret yang diadakan oleh lingkungan kami (tentunya Katolik ya), bisakah? Demikian pertanyaan saya. Terima kasih. GBU.

    • Shalom Natalie,
      Terima kasih atas dukungannya untuk karya kerasulan ini. Tentu saja, kami dari tim katolisitas.org dengan senang hati untuk datang, baik memberikan retret, seminar, maupun rekoleksi. Mohon memberitahu beberapa minggu sebelumnya atau satu bulan sebelumnya dan silakan menyebutkan tema dari pertemuan tersebut. Kalau mau, anda dapat turut serta dalam temu darat katolisitas.org 1 tanggal 7 Desember, jam 08:00-13:00. Silakan melihat informasi tentang hal ini di sini – silakan klik.

      Salam kasih dalam Kristus Tuhan,
      stef

      • Dear Pak Stefanus,

        Terima kasih atas quick respon Bapak, dan atas kesedian tim katolisitas.org. Saya sangat bersyukur sekali.
        Bagaimana cara saya menghubungi tim katolisitas.org untuk pemberitahuannya? Via email or phone?
        Mengenai temu darat ke-1, saya ingin sekali datang, tapi sayang saya berhalangan. Mudah-mudahan yang berikutnya saya bisa hadir.
        O ya, bila tim katolisitas.org ingin mengadakan acara – acara di daerah Tangerang, saya bersedia membantu, karena kebetulan rumah saya di daerah Poris, Tangerang.
        Sekian dan terima kasih. GBU.

        • Shalom Natalie,
          Untuk menghubungi tim katolisitas, silakan menuliskan e-mail ke: katolisitas@gmail.com .
          Kalau anda ingin mengadakan acara di Tangerang, anda dapat mengkoordinir acara dan kemudian tim katolisitas dapat datang ke sana. Mudah-mudahan saja akan ada temu darat katolisitas II. Ada yang mau untuk mengkoordinir acara di daerah tangerang untuk menjangkau begitu banyak umat Katolik di beberapa real-estate di daerah sana?

          Salam kasih dalam Kristus Tuhan,
          stef – katolisitas.org

  8. Salam Damai Yesus Kristus

    Seluruh artikel maupun feature di katolisitas sangat bagus, menarik, dan membantu saya untuk lebih memahami dan menambah wawasan kekatolikan saya. Saya selalu belajar dan belajar tentang Katolik, meski saya dibaptis bayi. Saya memang bukan aktivitis Gereja Katolik sejati atau saya sering ke Gereja setiap hari, namun bukan berarti saya pendosa sejati… hehehe… saya sangat suka mempelajari hal2 tentang Katolik, apa pun itu. Apalagi tentang Alkitab, Ekaristi, sejarah Gereja Katolik, maupun ajaran2 Tradisi Para Rasul.

    Saat ini saya sedang bekerja di sebuah web dengan nama karunia dan panggilan (www.kdanp.com) sebagai reporter kdanp dan yang bertanggungjawab mengatur dan juga menambah fitur2 web dan milis kdanp.com. Ada pun isi web kdanp.com, selain informasi/news, juga informasi tentang panti-panti (asuhan, wreda) resmi keluaran Forum Komunikasi Panti Asuhan (FKPA). Berbagai cara saya bergabung dengan berbagai organisasi dan kelompok kategorial Gereja Katolik seluruh Indonesia, baik melalui web maupun milis mereka, hanya untuk mencari informasi/news kegiatan mereka, kemudian saya informasikan ulang melalui web kdanp.com. Kdanp.com merupakan mitra KERAWAM KWI berkantor di Cempaka Mas, Jakarta Pusat.

    Maksud saya, mungkin agak bertolak belakang misi, namun sekiranya Katolisitas.org berkenan bekerja sama dengan bergabung ke kdanp.com (baik di web maupun milis) untuk membantu mengembangkan iman Katolik umat beriman Katolik di Indonesia dan saling menginformasikan tentang website Katolisitas.org dan kdanp.com.

    Atas perhatian dan bantuannya, saya ucapkan terima kasih.

    Hormat kami,
    kdanp.com

    • Shalom Yohanes Dhani P.

      Terima kasih atas dukungan anda untuk karya kerasulan ini. Memang salah satu misi dari katolisitas adalah untuk membantu umat Katolik menyadari bahwa iman Katolik adalah sungguh benar dan indah yang pada akhirnya dapat menuntun umat Allah kepada keselamatan. Terima kasih atas tawaran kerjasamanya dengan KDNP. Namun, kami minta maaf, bahwa kami tidak dapat memenuhi permintaan ini, karena terus terang kami sudah mulai kewalahan dengan banyaknya pertanyaan yang masuk ke katolisitas. Namun, anda dapat mengambil artikel dan tanya jawab katolisitas dan disebarkan ke milis atau website anda dengan menyebutkan sumbernya – yaitu: http://www.katolisitas.org – sehingga orang yang ingin memberikan masukan atau bertanya lebih lanjut dapat menyampaikannya kepada kami. Mari kita bersama-sama membangun Gereja Katolik yang kita kasihi dalam kapasitas kita masing-masing.

      Salam kasih dalam Kristus Tuhan,
      stef – katolisitas.org

  9. Yang terkasih saudara2 seiman dalam Katolisitas.org.,

    Seorang pendukung Katolisitas telah bermurah hati menyumbangkan 5000 buah Batas Buku (Bookmark) bergambar “Katolisitas.org” seperti yang fotonya saya tampilkan disini, tentunya setelah mendapat persetujuan dan dukungan dari para pengasuh Katolisitas sendiri.
    Tujuan beliau mencetak ini adalah untuk di bagikan kepada semua pengunjung Katolisitas yang berminat serta umat Katolik lain yang belum mengetahui tentang keberadaan situs ini. Batas buku ini mungkin bisa dipakai sendiri saat membaca alkitab atau buku2 lainnya, disamping juga dapat dibagikan kepada keluarga dan teman2 di lingkungannya sehingga membantu menyebarluaskan keberadaan situs Katolisitas.org yang sama-sama kita cintai.

    Bagi saudara2ku yang berminat untuk memiliki batas buku ini, silakan memberitahukannya kepada pihak pengasuh Katolisitas via email, berikan data alamat pos lengkap agar saya bisa membantu katolisitas mengatur pengirimannya via pos atau jasa kurir jika biayanya tidak terlalu mahal (bagi yang diluar kota atau diluar negeri).

    Karena jumlah cetakan hanya terbatas (5000 buah), saya usulkan agar pembagian setiap orang dibatasi 50-100 buah, kecuali dalam situasi/maksud khusus silakan meminta dalam jumlah lebih. Dalam penyebarannya dilingkungan masing2 usahakan diberikan kepada orang2 yang serius dan sungguh mempunyai minat untuk mengetahui dan mendalami ajaran gereja Katolik, supaya maksud pencetakan bookmark ini tidak jadi sia-sia.

    Tanpa sedikitpun bermaksud mengurangi nilai ketulusan, semangat partisipasi dan kemurahan hati dari donatur bookmark ini serta pengasuh Katolisitas, dalam kesempatan ini (jika disetujui) saya ingin menghimbau dan mengajak partisipasi saudara/i ku yang lain untuk ikut menyumbangkan donasi semampu dan serelanya. Uang ini di transfer dan disimpan dalam satu rekening khusus, sebagian akan dipakai untuk mengganti ongkos kirim, dan jika ada lebihnya akan dapat dipakai untuk rencana pencetakan materi2 katolisitas yang lain selanjutnya, ataupun dipakai untuk membantu kegiatan katolisitas.org yang lain.
    Mohon dipahami, ini samasekali tidak berarti menghalangi saudara/i ku yang kebetulan kurang mampu untuk tetap dapat meminta pengiriman bookmark ini secara gratis. Anda tidak perlu sungkan, yang terpenting dan bernilai adalah semangat dan niat anda untuk membantu penyebarluasan situs katolisitas.org ini agar berguna bagi mereka yang membutuhkan.

    Demikian usulan yang dapat saya sampaikan. Bpk Stef dan Ibu Inggrid tentu dapat mempertimbangkan ini secara bijak.
    Mudah-mudahan Tuhan berkenan dan memberkati pemikiran ini.

    Dalam kasih Tuhan Yesus,
    Antonius H

    PS: Silakan melihat gambar dari bookmark katolisitas.org

    • Shalom Antonius,

      Terima kasih atas partisipasinya dalam mengembangkan karya kerasulan ini. Katolisitas juga sangat berterima kasih kepada donatur yang telah mencetak batas buku ini sebanyak 5000 buah. Secara prinsip, sumbangan sukarela untuk batas buku ini jangan sampai menghalangi keinginan untuk bersama-sama mengembangkan karya kerasulan ini. Jadi, kalau ada yang mau mendapatkan dengan cuma-cuma, silakan untuk mengirimkan e-mail ke: katolisitas [at] gmail.com. Kirimkan ke e-mail yang sama, bagi yang ingin memberikan sumbangan sukarela sebagai pengganti ongkos kirim dan biaya cetak. Silakan menyebutkan:

      Nama lengkap:

      Alamat lengkap:

      No Telpon dan HP:

      Jumlah batas buku:

      Diedarkan ke paroki/daerah: [silakan menyebutkan paroki atau daerah]

      Sumbangan: [dapat diisi: Rp 0 ]

      Setelah saya mendapatkan data tersebut, saya akan mengirimkannya ke Antonius, sehingga dia dapat mengirimkan batas buku tersebut ke pembaca yang menginginkan. Dan kalau ada sumbangan yang masuk, maka Antonius juga akan membantu memberikan laporan akan dana yang terkumpul. Semoga karya kerasulan ini dapat semakin berkembang, dan semoga katolisits.org akan semakin banyak mencetak brosur dan artikel untuk membantu perkembangan iman Katolik. Mohon doanya senantiasa.

      Salam kasih dalam Kristus Tuhan,
      stef – katolisitas.org

      • lacius dalius on

        Saya sungguh merasa terharu dengan usaha tim katolisitas.org sehinggakan dapat menerbitkan sebuah buku sedemikian rupa. Jadi di sini saya benar-benar ingin mau memiliki batas buku katolisitas itu akan tetapi saya tidak tau bagaimana cara untuk mendapatkannya. Maklum saja saya ini orang Ranau,Sabah.

        [dari katolisitas: silakan melihat caranya di sini - silakan klik]

    • Shalom Marcellus Rudy,
      Terima kasih atas usulannya. Memang sudah ada salah satu penerbit di Indonesia yang telah menghubungi kami. Namun, yang menjadi kendala adalah mengatur waktu. Mohon doanya saja, sehingga suatu saat ada buku yang dapat kami rilis.
      Salam kasih dalam Kristus Tuhan,
      stef & ingrid – katolisitas.org

  10. Dear Tim Katolisitas.

    Saya tertarik dengan point 1 yaitu “Merekrut satu orang untuk menjadi tenaga penuh katolisitas.org”
    Namun ada beberapa pertanyaan:
    1. Apakah rekrutmen ini sama artinya seperti orang yang bekerja pada suatu perusahaan/lembaga yang mendapatkan take-home-pay, bekerja kantoran pada alamat tertentu dan jam tertentu (misalnya jam 8 pagi sampai 5 sore)? Jadi apakah benar-benar full-time dan bukan sifatnya volunteer? Dimanakah alamat katolisitas?
    2. Apakah persisnya yang dimaksudkan dengan “edisi cetak”? Apakah seperti editor buku yang akan diterbitkan dalam media cetak atau diterbitkan dalam media internet? Karena di media internet pun dikenal istilah “edisi cetak” dalam arti halaman web yang printable (tanpa layout halaman web yang heavy).
    3. Tentang “mencantumkan daftar buku tentang iman dan moral yang telah ataupun sedang dibacanya”. Apakah maksudnya tema buku tentang iman dan moral katolik? Buku riwayat hidup santo-santa apakah termasuk di dalamnya, mengingat santo-santa pun memberi teladan iman dan moral katolik – misalnya buku Puri Batin karangan St. Theresia Avila atau Legenda Major Fransiskus Assisi karangan St.Bonaventura?

    katolisitas.org banyak membantu saya dalam semakin memahami dan memperdalam iman Katolik.
    Terima kasih dan salam,
    erwin

    • Shalom Erwin,

      Terima kasih atas pertanyaannya berkenaan dengan keinginan katolisitas untuk merekrut satu orang untuk menjadi tenaga penuh dalam mengembangkan karya kerasulan ini. Berikut ini adalah jawaban atas pertanyaan anda:

      1. Kami ingin merekrut satu orang dengan memberikan gaji yang layak, meskipun tidak dapat terlalu besar. Dan pekerjaan memang dapat dilakukan dari pagi sampai sore, maupun waktu yang disepakati bersama. Semuanya menjadi mungkin, karena kebaikan dari salah satu pembaca katolisitas yang ingin menyumbangkan pemikiran dan dukungan finansial, sehingga karya kerasulan ini dapat berkembang dan menjangkau lebih banyak umat. Walaupun memang untuk ke depannya, kami masih membutuhkan banyak bantuan dari para pembaca katolisitas.org. Nantinya, kantor akan berlokasi di sekitar Pluit, Jakarta.

      2. Edisi cetak adalah merupakan semacam booklet berkala, yang memuat salah satu artikel, tanya jawab iman Katolik, tanya jawab hukum kanonik dan juga tanya jawab tentang liturgi dan sakramen, serta pengumuman-pengumuman yang lain. Nantinya, edisi cetak ini akan didistribusikan ke paroki-paroki dan dapat juga diakses dari website, sehingga orang dapat mencetak dengan layout yang baik dan profesional.

      3. Tentang mencantumkan daftar buku tentang iman dan moral maksudnya agar kami tahu buku apa saja yang telah dan sedang dibaca oleh kandidat. Tentu saja buku-buku tentang santa-santo adalah termasuk di dalamnya, karena memang kita dapat belajar banyak dari santa-santo.

      Jadi, bagi yang tertarik akan posisi ini dan merasa mempunyai kualifikasi yang diperlukan, silakan untuk mengirimkannya ke: admin [at] katolisitas.org . Mari, kita bersama-sama membangun Gereja Katolik yang kita kasihi.

      Salam kasih dalam Kristus Tuhan,
      stef – katolisitas.org

  11. Pengasuh katolisitas yang dikasihi dan mengasihi Tuhan
    Saya bukan cuma mau usul tapi sedikit memaksa supaya situs ini tdk hanya dimonopoli oleh org2 yg mengerti ttg internet dan bisa menjangkau umat lebih dekat..”MOHON AGAR HASIL TANYA JAWAB DI BUKUKAN”
    tentu jg dikasih label harga yg sesuai.krn betul2 situs ini sangat menolong sekali …..
    sekiranya saya hanya ini saja…
    dan jgn heran kalo nanti bung Stef.Mbak ingrit,Mo Wanto.Mo Boli..dll ngak punya waktu tuk njawab banyaknya…org yg mengakses situs ini……doa kami semoga anda semua tetap konsisten untuk menjawab pertanyaan kami….

    Salam Damai dalam Kristus
    selamat bekerja diladang Tuhan

    • Shalom Cornellius,

      Terima kasih atas dukungannya untuk karya kerasulan katolisitas.org. Memang sudah ada penerbit yang menghubungi kami untuk membukukan tulisan-tulisan di site ini, namun kami mempunyai keterbatasan waktu dalam melakukan pengeditan. Mudah-mudahan, kalau ada orang yang turut membantu dalam karya kerasulan ini, maka katolisitas.org juga dapat hadir dalam edisi cetak dan dapat disebarkan di paroki-paroki. Mohon doanya saja, agar rencana ini dapat terwujud.

      Salam kasih dalam Kristus Tuhan,
      stef – katolisitas.org

  12. Pak Stef dan Bu Inggrid yg Tuhan Kasihi serta seluruh pengasuh Katolisitas ini.

    Jika Tuhan menghendaki adanya rencana pertemuan darat untuk kemajuan atau semacam pendalaman Iman Katolik yg tentunya di sponsori oleh Katolitas, saya mengusulkan beberapa hal sebagai berikut:

    1. Untuk menghemat biaya dan waktu,mungkin sebaiknya di bagi per REGIONAL saja..Contoh :
    Barat meliputi: DKI jakarta,Bandung,Semarang Lampung dan wilayah yg di anggap dekat.
    Timur : Surabya,Makasar dan Irian serta wilayah terdekat.
    Tengah: Kalimantan,dan sulawesi utara,tengah dan tenggara kalau ada serta wilayah terdekat..
    2. Untuk acara tersebut,kita berkoordinasi dengan keuskupan untuk mengirimkan beberapa delegasi dari tiap paroki yg ada di keuskupan tersebut.Sekaligus mungkin untuk akomodasi serta dana bisa di bicarakan dengan bagian yg bersangkutan di keuskupan.Atau mungkin dari tiap paroki bisa membantu para wakilnya dalam hal dana,tergantung berapa personil yg mereka libatkan.
    3. Acara tersebut di bagi dalam 2 fase atau di gabung baik MUDIKA,KKMK atau orang dewasa( ini tergantung mekanismenya aja).

    Mungkin inilah usulan saya,kurang lebihnya saya mohon maaf.

    Tuhan memberkati kita semua.

    • Shalom John,
      Terima kasih atas usulannya untuk temu darat dengan pembaca katolisitas.org. Salah satu pembaca katolisitas, Pak Antonius, telah mengkoordinasikan hal ini. Namun dia memerlukan bantuan dari banyak pihak. Kalau John mau membantu, saya akan memberikan e-mail anda ke Pak Antonius, sehingga dia dapat menghubungi anda.

      Salam kasih dalam Kristus Tuhan,
      stef – katolisitas.org

  13. Maria Angelique on

    Shalom..

    Saya termasuk ‘penggemar’ katolisitas.org website. Saya suka dg jawaban2 dr ibu Inggrid dan team yang lain , yang selalu dengan penuh kasih mereply pertanyaan2.
    Saya juga alumni dari PPKS angk 14, kursus kitab suci 6 bulan yang diadakan oleh LBI/komunitas St Paulus.
    sangat menarik mengikuti dan mempelajari kitab suci menurut iman Katolik.
    selain itu, membaca dari katolisitas ini juga sangat menambah wawasan.
    keduanya saya rasa sangat melengkapi.

    pertanyaan saya;
    1. apakah team katolisitas.org ini bekerja sama dg team St Paulus di LBI dalam hal pengajaran Kitab Suci?
    2. apakah team katolisitas ini juga mengadakan seminar-seminar tematik tentang KS, mungkin 1 atau 2 bulanan , di paroki-paroki ? biasanya mungkin bekerjasama dengan sie kerasulan KS paroki. bila ya, kemana saya harus menghubungi ?
    3. Sependapat dengan Romo Santo ( yang saya kenal baik sejak dari PDKK St Theresia), adakah program2 pewartaan Kitab Suci yang bisa mengena kepada OMK, juga mungkin caranya lebih ‘fun/gaul’, mengingat biasanya telaah KS itu kesannya ‘seriuuus banget’ dan membuat kening berkerut.
    jangankan OMK, di lingkungan saya saja, peserta pendalaman Alkitab sedikit sekali yang datang. Menurut mereka, kesannya susah, beda dengan koor dan doa rosario yang banyak peminatnya..

    terimakasih untuk advisenya…

    In Christ
    Lieke

    • Shalom Maria Angelique,

      Terima kasih atas dukungannya untuk karya kerasulan katolisitas.org. Kami bersyukur kepada Tuhan, kalau website ini dapat membantu perkembangan iman umat Katolik. Kami juga merasa senang melihat semangat anda untuk terus mendalami iman Katolik. Berikut ini adalah jawaban atas pertanyaan anda:

      1. Tim katolisitas.org saat ini belum bekerjasama dengan organisasi yang lain, termasuk dengan tim St. Paulus dan LBI.

      2. Untuk ke depannya, tim katolisitas, akan mengadakan seminar-seminar yang berhubungan dengan iman Katolik, baik tentang Kitab Suci, teologi, keluarga, dll. Namun, karena keterbatasan waktu dan tenaga, pada saat ini kami belum dapat melakukannya secara lebih aktif. Namun, kalau anda mempunyai rencana untuk mengkoordinasikan sebuah seminar tentang iman Katolik dan anda menginginkan tim katolisitas untuk berbicara, maka dengan senang hati kami akan mencoba untuk melayaninya semampu kami. Silakan menghubungi katolisitas lewat e-mail: katolisitas [at] gmail.com.

      3. Kalau anda bersedia untuk berpartisipasi dalam persiapan seminar dan temu darat katolisitas.org, maka saya dapat memberikan e-mail anda kepada salah satu pembaca katolisitas yang bersedia untuk mengkoordinasikan acara ini, sehingga dia dapat menghubungi anda.

      Mari, dalam kapasitas kita masing-masing, kita bersama-sama membangun Gereja Katolik yang kita kasihi.

      Salam kasih dalam Kristus Tuhan,
      tim katolisitas.org

    • Shalom Tasjim,

      Terima kasih atas kesediannya membantu karya kerasulan ini. Saya telah memberikan account BCA ke e-mail anda secara pribadi. Mohon doanya selalu, agar kerasulan ini akan semakin luas menjangkau umat Katolik, sehingga semuanya dapat semakin mengenal dan mengasihi iman Katolik, sehingga pada akhirnya semuanya dapat mengasihi Kristus dengan segenap hati, jiwa dan kekuatan.

      Salam kasih dalam Kristus Tuhan,
      stef – katolisitas.org

  14. Yohanes Dwi Harsanto on

    Dear all
    Saya sebagai pastor pendamping Orang Muda Katolik (OMK) merindukan “sentuhan yg tak terlupakan” dari katolisitas.org untuk orang muda Katolik Indonesia. Sejauh pengalaman saya mendampingi OMK Indonesia, pengetahuan iman OMK kurang berbanding lurus dengan bertambahnya usia. Pengetahuan iman mereka seolah berhenti pada katekese pra komuni I, pra Krisma saja. Setelah itu, kehausan mereka akan kekayaan iman Katolik yang luar biasa ini kurang terpuaskan. Maka, saya mendukung jika ada kegiatan nyata dari katolisitas.org untuk orang muda Katolik Indonesia. Soal-soal strategi dan teknis bisa kita usahakan bersama. Saya terbuka untuk bekerja sama demi OMK yang beriman mendalam dan berdaya pikat, berdaya tahan, dan terlibat dalam masyarakat.
    Salam
    RD Y. Dwi Harsanto, Sekretaris Eksekutif Komisi Kepemudaan KWI

    • Shalom Romo Santo,

      Kami dari tim Katolisitas sungguh bersyukur kepada Tuhan kalau karya kerasulan ini dapat turut membantu perkembangan iman orang muda Katolik (OMK). Memang sebagian dari pembaca katolisitas.org ingin mengadakan temu darat. Dengan dukungan dari seksi kepemudaan KWI, maka alangkah baiknya kalau kita dapat bekerjasama untuk mewujudkan kerinduan kita bersama, yaitu membantu umat Katolik untuk semakin mengetahui dan mengasihi iman Katolik, yang pada akhirnya akan membawa mereka kepada kepenuhan kebenaran, yang membebaskan. Salah satu pembaca katolisitas, telah bersedia untuk mengkoordinasikan pertemuan ini bersama dengan seksi kepemudaan KWI maupun panitia World Youth Day untuk Indonesia. Bagi para pembaca katolisitas yang ingin berpartisipasi dalam persiapan pertemuan ini, silakan kontak katolisitas [email: katolisitas [at] gmail.com], sehingga kami dapat memberikan e-mail anda kepada koordinator dari acara ini.

      Mari Romo Santo, kita bersama-sama bahu membahu untuk membantu orang muda Katolik dan seluruh umat Katolik di Indonesia, sehingga kita semua dapat semakin berakar, dibangun, dan diteguhkan dalam dan oleh Kristus dan Gereja-Nya. Semoga Tuhan memberkati usaha dan karya kerasulan kita semua.

      Salam kasih Kristus Tuhan,
      tim katolisitas.org

  15. Shalom bpk Herman Jay,
    Terima kasih respon cepat sekali. Karena sedang libur saya juga jadi sempat membuka situs ini bbrapa kali sehari. Maaf saya kurang mengerti maksud Bpk. Saya pikir Bpk Stef sdh mewakili Katolisitas dimana beliau sendiri secara prinsip sdh menyetujui ide mencetak kumpulan artikel2 tulisan Katolisitas, ide utk semacam “temu darat” dgn seminar2 singkat, dll. Namun tentu saja semua itu butuh dukungan resources tambahan tenaga org yg membantu mengerjsksn dan mengkoordinir, butuh fasilitas tempat, butuh dana, dll. Romo Mardi dan Romo Wanta memang ikut mendukung Katolisitas, namun kesan saya dukungan mereka adalah bersifat pribadi, bukan mewakili lembaga atau suatu hirarki. Apakah asumsi saya ini benar pak Stef? Dan para Romo ini, termasuk juga komisi Kerawam KAJ sbg lembaga saya rasa tdk dalam posisi yg bisa membantu banyak dlm hal2 teknis dan eksekusi kegiatan, maupun dukungan dana yang saya maksudkan diatas. Hal yang paling mungkin dimintakan bantuannya kepada para romo dan pihak2 ini menurut saya hanya terbatas pada misalnya, memberikan saran/nasehat, membantu referensi dan ijin2, membantu pemberian status “imprimatur” dan atau “nihil obstaat” pada materi2 Katolisitas yg dicetak, apa lagi? Apakah asumsi saya ini benar? Jika kebetulan Yth Romo Mardi, Romo Wanta dan pengurus dari Komisi Kerawan KAJ yang membaca surat ini mungkin boleh membantu menjawab dan memberikan opininya? Sedangkan untuk tenaga pelaksana dan modal dana biaya penyelenggaraan seminar, biayabpencetakan ,dll saya rasa tetap harus diusahakan secara swadaya dari Katolisitas sendiri. Dalam hal terakhir ini saya mengajak diri saya sendiri dan teman2 pendukung Katolisitas lainnya (tentu saja terutama yang Katolik) untuk proaktif berpartisipasi, tentunya tetap dgn ijin dan arahan dari team Katolisitas.
    Saya pernah merenung sendiri, saya telah banyak menikmati manfaat dari situs ini. Saya umpamakan situs ini spt kantin/dapur umum yg bisa saya datangi kapan saja saya mau 24 jam sehari, memilih menu2 yg saya suka, mencomot dan menikmatinya, dan semua itu gratis, karena memang semua koki dan pelayan disitu bekerja sukarela tanpa bayaran, juga tdk ada iklan sponsor. Lalu bagaimana jika suatu saat orang2 ini kehabisan mesiu modal utk belanja? Berarti dapur umumnya terpaksa harus tutup. Pilihan saya ada 2 : yg pertama, masa bodoh, jika suatu saat ia tutup, meski saya sesalkan krn saya kehilangan kenikmatan tapi ya biar saja bukan urusan saya, saya bisa cari dapur umum lain atau ke restoran kalo saya lagi punya uang.
    Yg kedua, saya peduli dan terpanggil utk sedikit2 ikut membantu. Karena saya tdk bisa memasak, mungkin sekali2 saya bisa membantu mencuci piring kotor, membuang sampah, atau menyumbangkan peralatan atau bahan makanan, termasuk menyumbang uang utk tambahan dana belanja. Pilihan ada pada saya sendiri, tdk ada yang bisa memaksa saya.
    Semoga pikiran saya ini ada gunanya.
    Antonius H

    • Shalom Antonius dan Herman Jay,

      Terima kasih atas tanggapannya. Memang Romo Mardi dan Romo Wanta sangat mendukung karya kerasulan ini. Saya sendiri telah bertemu dengan beliau dan mereka memberikan respon yang positif untuk karya kerasulan ini. Mereka memang membantu katolisitas dalam kapasitas pribadi mereka masing-masing dan tidak membawa institusi. Mereka juga sering menyebarkan tentang katolisitas dalam seminar-seminar yang mereka bawakan. Pada akhirnya, memang harus diakui bahwa karya kerasulan ini memang membutuhkan banyak tenaga, pikiran dan bantuan keuangan, sehingga dapat menjangkau lebih banyak umat Katolik maupun non-Katolik. Terima kasih atas semua partisipasinya.

      Salam kasih dalam Kristus Tuhan,
      stef – katolisitas.org

  16. Antonius H on

    YTK Bpk Herman Jay,
    Saya sendiri pernah mengusulkan Katolisitas utk menerbitkan edisi cetak buku atau artikel, juga sekali2 menyelenggarakan seminar, ide ini disetujui, namun memang pelaksanaannya memang tdk mudah krn terkendala tenaga, waktu, fasilitas dan dukungan dana yg amat terbatas. Juga muncul masalah siapa yg bisa mengkoordinir? Dari pengamatan saya selama 2 thn ini jika ingin meluaskan karya kerasulannya Katolisitas sudah tdk bisa lagi bergantung sepenuhnya pada pekerja2 “volunteer” sukarelawan Team Katolisitas yg ada sekarang, namun harus didukung tambahan resources lain. Darimana? Menurut saya yg paling mungkin adalah bersumber dari umat Katolik pengunjung dan pencinta Katolisitas sendiri.
    Saya dan Bpk Simon (lihat surat beliau tgl 6 sept lalu) sdh bersedia mendukung membantu jika Katolisitas mau menyelenggarakan seminar, tapi sejauh ini belum banyak saudara2 yg lain yg befminat, saya juga khawatir nantinya jika dibuatkan seminar atau cetakan2 artikel hasilnya tidak banyak yg berminat. Mungkin bpk Herman dan Bpk Simon ada ada ide? Tentunya semuanya hrs dgn persetujuan para pengasuh Katolisitas dulu. Semoga.
    Antonius H

    • Jika Bapak tinggal di Jakarta, sebaiknya Bapak menghubungi Romo Mardi dan Romo Wanta. Mereka berdua adalah pembina Katolisitas.org.
      Selain mereka, kiranya Bapak berkenan menghubungi Komisi Kerasulan Awam di KWI untuk tingkat nasional dan Komisi Kitab Suci di KAJ untuk tingkat keuskupan.
      Ada juga Kelompok Shekinah di Komplek Duta Merlin.
      Silakan.

  17. Shalom untuk Team Katolisitas dan teman-2 pendukung lainnya.
    Jika acara ini berlangsung di Jakarta, saya bersedia mendukung. Semoga terlaksana. Saya tunggu kabar baiknya. Tuhan Memberkati kita semua. Amin

  18. Team katolisitas,

    Jika suatu waktu nanti mendapat kabar,atau katolisitas menyelenggarakan Seminar Doa Bapa Kami (seperti yang telah diikuti oleh Sdri Carolina yang di adakan oleh Rm Daniel SX) mohon kami diberitahu,karena menurut saya itu adalah sesuatu yang sangat menarik,sebagai pendalaman penghayatan iman,sehingga kami tidak mudah diombang-ambing oleh semakin banyaknya informasi yang mengatas namakan ‘kebenaran sejati’padahal sejatinya tidak benar,penting untuk kami,sehingga mempunyai pegangan untuk dapat membedakan yang ‘Benar’ diantara yang nyaris ‘benar’,membedakan yang ‘Murni’ dengan yang mengaku-aku ‘murni’ ,dan tidak perlu membuang waktu untuk mempelajari yang ‘tiruan’ untuk mengetahui yang ‘asli’.Singkatnya saya mau mengatakan:”saya setuju dengan yang sudah dipaparkan oleh Ibu Ingrid dan tidak setuju dengan argumen dan pendapat Sahabat,(yang tidak mau disebut sebagai pengikut ‘paham’ new age,tetapi sangat menghayati dan menghidupi ‘pahamnya’)”.

    Salam damai dalam Yesus Kristus.
    Alexius.

    • Shalom bpk Alexius,
      Saya juga sudah merindukan suatu saat team Katolisitas bisa menyelenggarakan semacam kelas seminar di “darat” yg ditentukan topiknya (hrs dibatasi), saya tdk tau apakah akan banyak peminatnya? Dan jika mau, bgm mengorganisirnya krn saya tdk tau apakah Katolisitas memiliki tenaga dan prasarana yg cukup utk mengurus ini. Mungkin Bpk Alexius atau saudaraku yg lain, dan tentunya Bpk Stef n iIbu Inggrid punya saran?
      Semoga Tuhan memberkati,
      Antonius H

      • Shalom Antonius dan teman-teman,

        Terima kasih atas dukungannya untuk karya kerasulan ini. Terus terang, kami tidak mempunyai waktu dan tenaga untuk mengkoordinir “temu darat” dengan seminar, dll. Kalau ada yang mengkoordinasikan, tentu saja dengan senang hati, kami akan mempertimbangkan usulan dari teman-teman. Terus terang, kami juga tidak tahu apakah ada yang mau datang dan mau untuk mengkoordinir?

        Salam kasih dalam Kristus Tuhan,
        stef – katolisitas.org

        • Antonius H on

          Shalom Bpk Stef & Bpk Alexius dan pendukung Katolisitas lainnya,
          Terima kasih jika Bpk Stef sendiri sdh bersedia.
          Sewaktu2 acara ini jadi berlangsung, saya pribadi bersedia ikut mendukung dan membantu pada bidang yang saya mampu dan mengerti, dan saya pasti mau datang (asal tempatnya masih di Indonesia).
          Utk event temu darat dan seminar memang tidak terlalu mudah, butuh persiapan yang matang, siapa saja yang datang (sebaiknya dibatasi), pembatasan topik, waktu, lokasi dan fasilitas tempat, biaya penyelenggaraan, dll. Jika ada teman2 pendukung setia Katolisitas yang lain mendukung ide ini, saya sarankan kita saling kontak utk berembug bagaimana merencanakan/mengkoordinir dan merealisasikan ide ini, tentunya tetap dengan koordinasi, pengarahan dan persetujuan dari pengasuh Katolisitas sendiri supaya visi/misi nya tdk keluar jalur.
          Mudah2an ide ini berlanjut, jika tidak sekarang, mungkin suatu saat nanti.
          Tuhan memberkati,
          Antonius H

          • Herman Jay on

            Dalam usia 2 tahun ini, gimana kalau fokus memperbanyak pengunjung baru website ini.

            Sekarang sudah berapa banyak? Per hari berapa banyak? Umat katolik Indonesia mencapai kurang lebih 8 juta. Berapa banyak yang punya komputer dan membuka website ini? Terima kasih.

            • Shalom Herman Jay,

              Terima kasih atas tanggapannya untuk kemajuan katolisitas.org. Usulan untuk memperbanyak pengunjung website ini memang baik sekali. Kami memang tidak pernah melakukan kegiatan marketing apapun. Semua yang tahu katolisitas.org adalah dari mulut ke mulut, dari forum dan dari hasil pencarian google dan seach engine lain. Kalau ada sebagian pembaca katolisitas.org yang merasa bahwa website ini dapat membantu perkembangan iman Katolik, silakan membantu menyebarkan informasi tentang website ini.

              Salam kasih dalam Kristus Tuhan,
              stef – katolisitas.org

Add Comment Register



Leave A Reply