Cara Menerima Komuni dua rupa

Pada waktu kita mengikuti perayaan Ekaristi, maka seringnya kita hanya menerima komuni satu rupa. Namun, dalam beberapa kesempatan, kita juga dapat menerima komuni dua rupa. Dalam kondisi seperti ini, banyak orang yang bingung bagaimana cara menerima komuni dua rupa secara benar. Berikut ini adalah ketentuan untuk penerimaan Komuni dua rupa seperti yang tertulis dalam PUMR (Pedoman Umum Misale Romawi):

PUMR 286    Kalau Darah Kristus disambut dengan minum dari piala, sesudah menyambut Tubuh Kristus, orang yang menyambut menghadap petugas yang melayani piala, dan berdiri di depannya. Pelayan berkata: Darah Kristus, penyambut menjawab: Amin. Lalu pelayan menyerahkan piala kepada penyambut. Penyambut memegang sendiri piala itu dan minum darinya, lalu mengembalikan piala kepada pelayan. Kemudian, penyambut kembali ke tempat duduk, dan sementara itu pelayan membersihkan bibir piala dengan purifikatorium.

PUMR 287    Kalau komuni dua rupa dilaksanakan dengan mencelupkan hosti ke dalam anggur, tiap penyambut, sambil memegang patena di bawah dagu, menghadap imam yang memegang piala. Di samping imam berdiri pelayan yang memegang bejana kudus berisi hosti. Imam mengambil hosti, mencelupkan sebagian ke dalam piala, memperlihatkannya kepada penyambut sambil berkata: Tubuh dan Darah Kristus. Penyambut menjawab: Amin, lalu menerima hosti dengan mulut, dan kemudian kembali ke tempat duduk.

Maka memang sebelum mengadakan Komuni dalam dua rupa harus dipersiapkan dua hal ini:

PUMR 285    Yang harus disiapkan untuk komuni dua rupa ialah:

a. kalau komuni- anggur dilaksanakan dengan minum langsung dari piala, hendaknya disiapkan beberapa piala atau satu piala yang cukup besar. Tetapi hendaknya diusahakan jangan sampai Darah Kristus tersisa terlalu banyak.

b. kalau komuni- anggur dilaksanakan dengan mencelupkan hosti ke dalam piala, hendaknya disiapkan hosti- hosti yang tidak terlalu kecil dan tipis, tetapi lebih tebal daripada biasanya, supaya sesudah dicelupkan masih dapat diberikan dengan mudah kepada orang yang menyambut.

Harap diketahui bahwa menurut ketentuan, tidak boleh digunakan cara bahwa si penyambut mencelupkan sendiri hosti ke dalam piala sebelum kemudian memakannya. Sayangnya cara ini yang kadang dilakukan di Indonesia, seperti halnya pada banyak umat yang mengalaminya. Namun, jika kita sudah mengetahui ketentuan ini, maka sungguh baik kalau kita dapat menemui Pastor untuk menyampaikan ketentuan dari PUMR ini; supaya di kemudian hari mereka dapat melakukan Komuni dua rupa sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Sebab biar bagaimanapun dari segi maknanya, Komuni adalah sesuatu yang dibagikan, dan bukan sesuatu yang diambil sendiri.

PUMR 160… Umat tidak diperkenankan mengambil sendiri roti kudus atau piala, apalagi saling memberikannya antar mereka. Umat menyambut entah sambil berlutut atau sambil berdiri, sesuai dengan ketentuan Konferensi Uskup. Tetapi, kalau menyambut sambil berdiri, dianjurkan agar sebelum menyambut Tubuh (dan Darah) Tuhan mereka menyatakan tanda hormat yang serasi, sebagaimana ditentukan dalam kaidah- kaidah mengenai komuni.

Dalam dokumen Redemptionis Sacramentum (RS, 94 dan 104) terjemahan KWI, 2004, dikatakan dengan jelas larangan ini demikian “[94.] Umat tidak diizinkan mengambil sendiri -apalagi meneruskan kepada orang lain- Hosti kudus atau piala kudus. Dalam konteks ini harus ditinggalkan juga penyimpangan di mana kedua mempelai saling menerimakan komuni dalam Misa Perkawinan.” Artinya hosti dan piala yang sudah dikonsekrasikan tidak boleh diambil sendiri, namun harus diberikan kepada penyambut oleh imam atau oleh petugas pelayan Komuni tak-lazim. Dengan demikian, juga dilarang, pasangan suami istri saling memberikan Komuni dalam Misa pemberkatan Perkawinan.

Selanjutnya, dalam RS 104 dikatakan demikian, “[104.] Umat yang menyambut  tidak diberi izin untuk mencelupkan sendiri hosti ke dalam piala; tidak boleh juga ia menerima hosti yang sudah dicelupkan itu pada tangannya. Hosti yang dipergunakan untuk pencelupan itu harus dibuat dari bahan yang sah dan harus sudah dikonsakrir; karena itu dilarang memakai roti yang belum dikonsakrir atau yang terbuat dari bahan lain.

Selanjutnya jika berpegang dari PUMR 160 dan 161, maka menerima Komuni dapat dilakukan sambil berlutut atau berdiri, dengan lidah atau dengan tangan.

0 0 votes
Article Rating
19/12/2018
27 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
win
win
10 years ago

Shalom Romo, Pak Stef dan Bu Ingrid ada yang ingin saya tanyakan dalam upacara Baptisan, terkadang di paroki kami diterimakan Komuni dua rupa (Tubuh Dan Darah) dengan cara calon baptis mengambil hosti sendiri dan mencelupkannya ke dalam piala yang berisi Darah Kristus, apakah itu diperbolehkan dalam upacara baptis menerimakan komuni 2 rupa ? apa hanya 1 rupa saja ? Mohon penjelasannya kalau mengacu pada Redemptionis Sacramentum, 104 bahwa sesungguhnya secara eksplisit cara tersebut dilarang, umat mencelupkan sendiri hosti ke dalam piala.. Semoga karya kerasulan ini dapat membuat kami semakin mengetahui dan memahami akan kebenaran dan kepenuhan ajaran Kristus di dalam… Read more »

win
win
Reply to  win
10 years ago

Terima kasih katolisitas atas penjelasannya..

Salam kasih dalam Kristus

Libertus
Libertus
10 years ago

Dear Katolisitas,

Apakah seorang misdinar atau umat biasa yang tidak ditahbiskan dapat memegang sibori/piala atau tempat yang menyimpan Tubuh dan Darah Kristus pada saat mendampingi Imam dalam memberikan Komuni dalam 2 rupa ?

Mohon maaf jika pertanyaan saya sudah pernah tertulis di website ini.

Mohon penjelasannya,

Terima kasih dan Tuhan Memberkati,

Salam kasih,

Libertus.

Romo Bernardus Boli Ujan, SVD
Reply to  Libertus
10 years ago

Salam Libertus, itu tugas konselebrantes, atau diakon, atau asisten imam/akolit yang sudah dilantik. Hanya dalam kesempatan tertentu di mana semua yang disebut itu tak ada, maka imam dapat meminta bantuan pada kesempatan itu saja seorang yang tak dilantik dan tak ditahbiskan untuk memegang piala atau sibori pada waktu komuni dua rupa yang dibagi oleh imam selebran utama (sambil memperhatikan rasa religius umat setempat); sebenarnya diminta agar imam yang mengambil dari pembantu dan memberi piala kepada komunikan untuk meminum Darah Kristus, atau imam yang mengambil hosti kudus Tubuh Kristus dan mencelupnya sedikit dalam anggur kudus Darah Kristus lalu meletakkan-Nya pada lidah… Read more »

Libertus
Libertus
Reply to  Romo Bernardus Boli Ujan, SVD
10 years ago

Salam, Romo.

Terima kasih banyak Romo atas jawabannya, sekarang saya sudah mengerti.

Salam kasih,

Pax et Bonum.

Lukas Cung
Lukas Cung
12 years ago

Shalom Ibu Ingrid, Saya ingin tanya lagi mengenai cara umat menerima Komuni dua rupa… Waktu misa Rabu Abu yang lalu, saya berbaris untuk menerima Komuni. Yang membagikan adalah prodiakon. Tiba-tiba datang pastor paroki membawa Komuni dua rupa, lalu prodiakon tadi menyingkir ke tempat lain. Saya yang sudah berada dalam barisan menjadi bingung bukan kepalang, karna saya harus menyambut dengan cara “mengambil sendiri dan mencelupkannya”. Mau-tak-mau, saya mengambil sendiri Komuni dan mencelupkannya, karna rasanya tak mungkin sekali saya keluar dari barisan. Langsung muncul niat untuk menemui pastor bersangkutan dan menyampaikannya secara baik-baik dan penuh kasih. Tapi, muncul juga ide: bagaimana kalau… Read more »

Stefanus Tay
Admin
Reply to  Lukas Cung
12 years ago

Shalom Lukas Cung, Sambil menunggu Romo Boli, saya akan berikan jawaban secara prinsip dari pertanyaan yang anda ajukan. Memang di beberapa paroki, kita menjumpai ada pastor yang masih membagikan komuni dua rupa dengan cara umat dipersilakan untuk mencelupkan sendiri Tubuh Kristus ke Darah Kristus. Larangan akan praktek ini sebenarnya telah begitu jelas disebutkan dalam Redemptionis Sacramentum, art. 94 dan 104, yaitu tidak diperbolehkan umat untuk mengambil Tubuh Kristus dan mencelupkan-Nya sendiri ke dalam Darah Kristus. Setahu saya, Uskup setempat atau Konferensi Uskup tidak mempunyai keleluasaan untuk mengubah peraturan ini. Yang dapat dimintakan persetujuan dari Konferensi Uskup adalah menerimakan Tubuh Kristus… Read more »

Ioannes
Ioannes
Reply to  Lukas Cung
12 years ago

Salam, Sehubungan dengan pertanyaan saudara Lukas, saya juga ingin bertanya apakah kaum ordo religius para suster dan frater) juga termasuk umat, yang tidak boleh mengambil sendiri hosti dan mencelupkannya? Saya agak kebingungan karena hal tersebut terjadi sewaktu saya menjalani live-in di salah satu ordo, di mana para frater dan romo mengambil dan mencelupkan sendiri hosti terkonsekrir yang hanya diletakkan dalam wadah di atas altar. Semua, termasuk saya yang kebingungan, maju ke altar dan mengambil sendiri. Setelah saya mencoba menanyakan pada sang romo sambil menyebutkan nama dokumen acuan, beliau menjawab bahwa setiap dokumen memiliki tingkatan dan konteks tersendiri sehingga kekuatan mengikat… Read more »

Ingrid Listiati
Reply to  Ioannes
12 years ago

Shalom Ioannes, Instruksi Redemptoris Sacramentum (Sakramen Penebusan) dikeluarkan relatif belum lama (tahun 2004), sehingga kemungkinan ada banyak umat dan bahkan para klerus yang belum membacanya. Instruksi ini memang dikeluarkan oleh Kongregasi Ibadat dan Tata Tertib Sakramen, tetapi bukan berarti karena tidak ditulis langsung oleh Paus, maka menjadi tidak perlu diikuti atau tidak mutlak sifatnya. Sebaliknya, Paus-lah yang memberi tugas kepada Kongregasi ini untuk menuliskan tata tertib yang harus diikuti, agar perayaan Ekaristi dapat semakin dihayati dan diapresiasikan dengan lebih baik. Hal ini jelas disebutkan dalam Prakata Redemptoris Sakramentum, demikian: 2. Agar supaya dalam perayaan liturgi suci, Gereja sebagaimana seharusnya menjaga… Read more »

Ioannes
Ioannes
Reply to  Ingrid Listiati
12 years ago

Salam,

Ternyata demikian maksud dari penulisan Redemptoris Sacramentum. Dengan demikian, saya menjadi lebih jelas dan mengerti mengenai maksud dari pengaturan pembagian komuni. Terima kasih, bu Inggrid.

Pacem,
Ioannes

Lukas Cung
Lukas Cung
12 years ago

Shalom Ibu Ingrid, Kalau umat tidak boleh mengambil sendiri hosti dan mencelupkannya ke dalam piala, bagaimana dengan prodiakon? Saya telah melihat seorang imam membagikan Komuni dua rupa kepada para prodiakon, yang para prodiakon tersebut mengambil sendiri hosti dan mencelupkannya ke dalam piala. Saya baca ulang jawaban Ibu di atas, bahwa di Redemptionis Sacramentum [104] dikatakan: “Umat yang menyambut tidak diberi izin untuk mencelupkan sendiri hosti ke dalam piala….” Saya jadi bingung, karna kata “umat” untuk diri saya yang bukan prodiakon, saya langsung mengerti. Tapi kalau prodiakon sebagai orang yang diperkenankan membagikan Komuni, apakah bisa disebut “umat” juga ya, Bu? Mohon… Read more »

Ingrid Listiati
Reply to  Lukas Cung
12 years ago

Shalom Lukas Cung, Anda benar, seharusnya para prodiakon itu juga termasuk umat (mereka tidak termasuk klerus yang ditahbiskan), sehingga mereka juga tidak diperkenankan mencelup sendiri hosti ke dalam piala. Harap dipahami bahwa salah satu makna Komuni adalah bahwa Komuni itu diberikan, Tubuh Kristus itu diserahkan oleh Kristus kepada Gereja-Nya, sehingga bukan kita yang mengambil sendiri, semacam self-service. Maka kasus yang Anda tanyakan, yang sayangnya sering terjadi, sebenarnya adalah pelanggaran ketentuan yang disebutkan dalam Redemptoris Sacramentum, 104 tersebut. Silakan jika Anda terpanggil untuk menyikapi keadaan ini, untuk mencari waktu berdialog dengan pastor paroki Anda, sedapat mungkin jangan di hadapan umum, lalu… Read more »

Rosalina M Dani
Rosalina M Dani
12 years ago

Yang terkasih ,

Saya ingin bertanya, siapakah yang boleh mempersembahkan Misa? Apa hanya Imam / Pastor?

Ingrid Listiati
Reply to  Rosalina M Dani
12 years ago

Shalom Rosalina,
Katekismus Gereja Katolik mengajarkan bahwa yang dapat mempersembahkan Perayaan Ekaristi adalah hanya imam yang telah ditahbiskan secara sah:
KGK 1411 Hanya para imam yang ditahbiskan secara sah, dapat memimpin upacara Ekaristi dan mengkonsekrir roti dan anggur supaya menjadi tubuh dan darah Kristus.

Salam kasih dalam Kristus,
Ingrid Listiati- katolisitas.org

Fransiskus Carnigie
Fransiskus Carnigie
12 years ago

Dear Katolisitas,

Maaf saya ingin bertanya, di sana dikatakan bahwa hosti yang belum dikonsakrir tidak boleh dicelupkan ke anggur yang telah dikonsakrir. Maka, seandainya hosti tidak cukup di bagikan? Apa yang harus di lakukan oleh para petugas pembagi hosti
Kalau di daerah saya, jika tidak cukup hosti yang sudah di konsakrir maka hosti yang belum di konsakrir dicelupkan ke anggur yang dikonsakrir (Misa di luar gereja *sekolah)
Terima Kasih :)

Romo Bernardus Boli Ujan, SVD
Reply to  Fransiskus Carnigie
12 years ago

Salam Fransiskus,

Kalau hosti kudus tidak cukup, sampaikan maaf dan mohon kepada yang mau menyambut Tubuh Kristus untuk membuat “komuni kerinduan” atau “komuni batin”. Tidak mencelup hosti kudus ke dalam anggur kudus itu suatu “larangan” bukan suatu kebijaksanaan yang masih boleh dipertimbangkan oleh pemimpin perayaan.

Salam Natal dan bahagia Tahun Baru 2012. Doa dan Gbu.
Rm Boli.

Edwin
Edwin
Reply to  Fransiskus Carnigie
12 years ago

Hi Fransiskus,
Kalau hosti habis dapat juga dibagikan anggurnya saja. Menerima darah Kristus sama juga dengan menerima Kristus. Hal ini saya rasa tidak menyalahi ketentuan yang ada.
Salam,
Edwin

[Dari Katolisitas: Ya, menerima Komuni dalam satu rupa (yaitu hosti saja atau anggur saja, maknanya sama, yaitu menerima keseluruhan Kristus. Hanya saja besar kemungkinan jika hosti yang sudah dikonsekrir habis, umumnya anggur yang sudah dikonsekrir juga terbatas jumlahnya, sehingga tidak dapat dibagikan kepada semua umat yang tersisa. Jika ini yang terjadi, maka anjuran dari Romo Boli menjadi relevan]

BUDI YOGA
BUDI YOGA
12 years ago

Shalom Ibu Inggrid, Menurut saya menerima Komuni baik dgn tangan atau dgn lidah sama-sama baik, yang penting sebenarnya kita menyambut Tubuh Kristus , menjadikannya menjadi menyatu dalam tubuh kita sehingga Tuhan atau sang Firman menjadi daging , menjadi hidup dalam seluruh kehidupan kita. Komuni janganlah dianggap sekedar jadi ritual Misa sehingga kita tidak bisa merasakan kehadiranNya. Istri saya memutuskan terima komuni lidah setelah membaca buku Maria Simma, saya sendiri dgn tangan. Ikut Tuhan sebenarnya bukan perkara ritual belaka tapi bagaimana kita bisa merasakan dan menikmati akan kasihNya, akan kuasaNya, kasihsetiaNya dan janji-janjiNya dalam hidup kita & hidup kita benar-benar masuk… Read more »

Ingrid Listiati
Reply to  BUDI YOGA
12 years ago

Shalom Budi Yoga, Gereja Katolik memperbolehkan kedua cara menerima Komuni, baik dengan lidah atau dengan tangan, sehingga kita ketahui bahwa kedua cara tersebut baik. Kita dapat memilih cara menerima Komuni sesuai dengan penghayatan iman kita; manakah cara yang lebih dapat membantu kita untuk semakin menghayati kehadiran Kristus, dan menunjukkan penghormatan kita kepada Kristus. Hal cara menerima Komuni dengan lidah atau dengan tangan, sudah pernah dibahas di sini, silakan klik. Jika Anda memilih untuk menerima Komuni dengan tangan, hal perlu diperhatikan adalah harus memperhatikan agar jangan ada serpihan hosti yang tersisa di tangan Anda; dan agar sepihan tersebut jangan terbuang, namun… Read more »

Linda Maria
Linda Maria
12 years ago

Shalom tim,

Saya ingin bertanya, apakah salah jika saya tetap memilih untuk menghadiri Misa Tridentine selain dari Misa Novus Ordo? Mohon penjelasan dari tim.

Lynn Mariam

Ingrid Listiati
Reply to  Linda Maria
12 years ago

Shalom Linda Maria,

Tidak salah jika Anda memilih untuk menghadiri Misa Tridentine, sepanjang Anda menyadari bahwa Misa Novus Ordo juga merupakan cara merayakan Misa yang sah. Baik Misa Tridentine maupun Novus Ordo diakui oleh Vatikan, sehingga kita harus menerimanya dengan penghormatan yang sama. Namun jika Anda memilih Misa Tridentine, itu adalah hak Anda, dan itu diperbolehkan.

Salam kasih dalam Kristus Tuhan,
Ingrid Listiati- katolisitas.org

 

Lukas Cung
Lukas Cung
12 years ago

Shalom Bu Ingrid, Terima kasih banyak atas penjelasannya. Sekarang saya jadi mengerti… Saya sudah menyampaikannya kepada ketua panitia sarasehan, dan tanggapannya sangat positif. Katanya: “Coba kita adakan lagi sarasehan yang temanya tentang liturgi, dan kita undang pastor yang mendalami bidang liturgi – termasuk membahas soal cara menerima Komuni dua rupa – agar kita lebih tahu apa yang harus, dan tidak boleh kita lakukan, dan terlebih lagi kita semakin mengerti makna liturgi.” Tapi kepada pastornya, belum saya sampaikan, karna beliau bertugas di lain provinsi. Saya dan ketua panitia sedang memikirkan bagaimana cara yang terbaik untuk menyampaikannya kepada pastor tersebut. Mungkin kami… Read more »

Ignatius
Ignatius
12 years ago

Saya hanya ingin sharing, dari pengalaman saya selama ini dalam menyambut komuni 2 rupa. Baik di suatu komunitas, acara, maupun dalam retret di berbagai tempat dan di berbagai kota, umat selalu menyambut komuni dengan mengambil dan mencelupkannya sendiri ke piala berisi Darah Kristus.

Apakah bukan berarti memang hal ini memang sudah menjadi budaya di Indonesia ? Mungkin perlu semacam edukasi dari pihak berwenang…KWI misalnya ?

Shallom..
Ign

Yohanes Dwi Harsanto Pr
Yohanes Dwi Harsanto Pr
Reply to  Ignatius
12 years ago

Salam Ignatius,

Edukasi untuk itu sudah dilakukan Komisi Liturgi KWI kepada para Ketua Komisi Liturgi Keuskupan. Tugas KWI terbatas karena KWI bukan “superbody” atas keuskupan-keuskupan. Jika begitu, maka yang perlu mensosialisasikan ialah kita semua yang mengetahui ajaran Katolik. Bahkan Anda pun wajib memberitahu pastor jika ia lupa.

Salam,
Yohanes Dwi Harsanto, Pr

Romo pembimbing: Rm. Prof. DR. B.S. Mardiatmadja SJ. | Bidang Hukum Gereja dan Perkawinan : RD. Dr. D. Gusti Bagus Kusumawanta, Pr. | Bidang Sakramen dan Liturgi: Rm. Dr. Bernardus Boli Ujan, SVD | Bidang OMK: Rm. Yohanes Dwi Harsanto, Pr. | Bidang Keluarga : Rm. Dr. Bernardinus Realino Agung Prihartana, MSF, Maria Brownell, M.T.S. | Pembimbing teologis: Dr. Lawrence Feingold, S.T.D. | Pembimbing bidang Kitab Suci: Dr. David J. Twellman, D.Min.,Th.M.| Bidang Spiritualitas: Romo Alfonsus Widhiwiryawan, SX. STL | Bidang Pelayanan: Romo Felix Supranto, SS.CC |Staf Tetap dan Penulis: Caecilia Triastuti | Bidang Sistematik Teologi & Penanggung jawab: Stefanus Tay, M.T.S dan Ingrid Listiati Tay, M.T.S.
top
@Copyright katolisitas - 2008-2018 All rights reserved. Silakan memakai material yang ada di website ini, tapi harus mencantumkan "www.katolisitas.org", kecuali pemakaian dokumen Gereja. Tidak diperkenankan untuk memperbanyak sebagian atau seluruh tulisan dari website ini untuk kepentingan komersial Katolisitas.org adalah karya kerasulan yang berfokus dalam bidang evangelisasi dan katekese, yang memaparkan ajaran Gereja Katolik berdasarkan Kitab Suci, Tradisi Suci dan Magisterium Gereja. Situs ini dimulai tanggal 31 Mei 2008, pesta Bunda Maria mengunjungi Elizabeth. Semoga situs katolisitas dapat menyampaikan kabar gembira Kristus. 
27
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x