Arti mata dalam segitiga, crucifix dg tengkorak, tengkorak dan mahkota

Pertanyaan:

Yth. Tim Katolisitas

Saya menemukan sebuah web, disitu saya temukan gambar Mata Horus dan Triangle.

1. Lambang Mata Horus dan Triangle di Altar Gereja, dan bagian depan gereja. sepertinya Orthodox

http://i55.tinypic.com/ilf5no.jpg
http://i56.tinypic.com/25qtc34.jpg
http://i55.tinypic.com/kefaz4.jpg

2. Seorang Imam dengan Salib yang ada lambang tengkorak tepat dibawah kaki Yesus
http://i51.tinypic.com/2cfv1bd.jpg

3. seorang imam dengan tengkorak yang diberi mahkota
http://i51.tinypic.com/2zszdbp.jpg

Pertanyaan saya :
1. Apakah memang ada lambang Mata Horus tersebut dalam gereja katolik Roma ? atau itu adalah memang Freemasonry ?
2. Lambang Salib dengan tengkorak, apakah salib yang benar ? apa arti salib tersebut ?
3. Liturgi apa yang dilakukan Iman dengan tengkorak bermahkota itu ?

Mohon kiranya, Katolisitas dapat menjawab rasa penasaran dan ketidaktahuan saya…terima kasih.

Salam Damai dalam Kristus,
Chandra

Jawaban:

Shalom Chandra,

1. Arti mata dalam segitiga

Dalam ikonografi masa Medieval (abad 5-15) dan Renaissance (abad 14-17), gambar mata dalam segitiga yang terdapat dalam gedung gereja adalah simbol yang melambangkan Allah Trinitas, Sang Penyelenggara yang Maha Tahu (the Eye of Providence). Kadangkala lambang segitiga ini disertai juga dengan lambang sinar.

Namun dewasa ini, ada orang- orang yang mempertanyakan lambang tersebut, dan menghubungkannya dengan ‘eye of horus‘ yang berasal dari kebudayaan Mesir kuno, sebagai lambang perlindungan, kekuasaan dan kesehatan. Padahal kalau kita membandingkan lambang ‘the eye of Providence‘ dengan ‘an eye horus‘ maka kita dapat melihat perbedaannya, walaupun sama- sama menggunakan simbol mata. Maka dalam hal simbol, memang penjelasan akan makna masing- masing menjadi kuncinya. Ini hampir menyerupai dipakainya simbol ular pada tiang, yang dapat melambangkan hal yang positif: yaitu ular tembaga yang ditinggikan oleh Musa di padang gurun, yang mendatangkan kesembuhan, yang menjadi pralambang korban Kristus yang ditinggikan di kayu salib yang menyembuhkan manusia dari dosa (lih. Yoh 3:14). Bahkan lambang ular di tiang ini juga digunakan untuk lambang IDI/ Ikatan Dokter Indonesia. Dengan penjelasan yang memadai, kita akan dapat menerima makna positif dari gambar ular di tiang ini, dan tidak serta merta menuduh IDI sebagai ikatan dokter yang ‘sesat’ karena mengambil simbol ular yang sering dihubungkan dengan iblis yang menggoda Adam dan Hawa. Dengan analogi yang sama, maka kita dapat mengetahui bahwa walaupun sama- sama mengambil simbol mata, makna ‘the eye of Providence‘ tidak ada kaitannya dengan ‘eye of horus‘ apalagi dengan segala dewa dewi Mesir. Gambar ‘eye of horus‘ juga berbeda dengan gambar ‘Eye of Providence‘ yang menyertakan simbol lain yaitu segitiga, yang menjadi simbol dari Allah Trinitas. Jika sampai lambang ini ada pada gedung- gedung gereja Orthodox dan Katolik, itu maknanya adalah ‘eye of Providence‘ dalam Allah Trinitas, dan tidak ada kaitannya dengan lambang Mesir kuno.

Bahwa kemudian lambang mata juga diambil oleh kelompok Freemasonry (abad 17), sebagai salah satu simbol pengajaran mereka, itu adalah cerita yang lain lagi. Lambang Freemason yang umum adalah penggaris siku dan jangka. Selanjutnya tentang Freemasonry, sudah pernah diulas di sini, silakan klik. Namun demikian, lambang mata yang bersinar juga dikenal di kalangan Freemason, walaupun tanpa bentuk segitiga. Mereka dapat saja mempunyai penjelasan sendiri, namun yang pasti tidak sama artinya dengan lambang ‘the eye of Providence‘ yang diyakini oleh umat Kristiani, baik gereja- gereja Orthodox (abad 11) maupun Katolik.

2. Makna salib crucifix dengan tengkorak

Makna salib crucifix dengan tengkorak di kaki salib mengacu kepada makna “Golgota” yang adalah Tempat Tengkorak (Mat 27:33, Mrk 15:22, Yoh 19:17). Tradisi Abad Pertengahan mempercayai bahwa tempat Yesus disalibkan merupakan kubur Adam dan Hawa, dan bahwa salib Kristus didirikan tepat di atas tengkorak Adam, sehingga makna inilah yang ditandai dengan lambang tengkorak di bawah kaki corpus/ tubuh Yesus.

3. Makna tengkorak dengan mahkota

Foto yang anda tanyakan adalah foto ketika Paus Benediktus XVI mengunjungi Republik Cekoslovakia dan menghormati Santo pelindung negara itu, yaitu St. Wenceslas, yang dibunuh sebagai martir lebih dari 1000 tahun yang lalu. St. Wenceslas adalah pemimpin negara Bohemia dari tahun 921 sampai wafat-Nya di tahun 935, karena akal bulus adiknya sendiri Boleslav I. Tubuh St. Wenceslas dipotong- potong, dan dikubur di tempat di mana ia dibunuh. Namun tiga tahun kemudian, Boleslav bertobat, dan memindahkan jenazah kakaknya ke gereja St. Vitus di Praha. Kisahnya dapat dibaca di link ini, silakan klik.

Maka upacara liturgi yang diadakan saat kunjungan Paus adalah penghormatan terhadap relikwi St. Wenceslas, yaitu tengkoraknya. Saya tidak mengetahui secara persis liturginya, tetapi tidaklah mengherankan jika penghormatan tersebut dilakukan dalam rangkaian perayaan Ekaristi, di mana sesudahnya diadakan penghormatan kepada St. Wenceslas yang telah menjadi teladan hidup yang ekaristis, dengan kerelaannya berbagi, sampai menyerahkan nyawanya demi imannya kepada Kristus.

Sudah menjadi Tradisi Suci, bahwa Gereja menghormati para kudus dan martir, dan memperlakukan relikwi mereka dengan hormat pula, sebagai tanda penghormatan kepada Tuhan yang menciptakan mereka. Tentang makna relikwi sudah pernah dibahas di sini, silakan klik. Adapun penghormatan kepada jenazah ataupun kepada relikwi para orang kudus itu dasarnya adalah penghormatan kepada manusia (yang tidak hanya terdiri dari jiwa, tetapi juga tubuh) yang diciptakan oleh Tuhan sangat baik adanya (lih. Kej 1:31). Demikianlah Gereja Katolik memberikan penghormatan terhadap manusia sebagai karya ciptaan Tuhan yang tertinggi jika dibandingkan dengan tumbuhan dan hewan, karena menghormati Allah Sang Pencipta, yang menciptakannya. Apalagi mereka (para martir itu) kemudian membuktikan kesempurnaan kasih mereka kepada Tuhan dengan menyerahkan nyawa mereka demi iman mereka. Penghormatan kepada para martir ini tidak pernah melebihi penghormatan kepada Tuhan, dan penghormatan ini hanya mengarahkan umat beriman kepada Tuhan Sang Pencipta dan Sang Penyelamat, yang kepada-Nya para martir itu rela mengorbankan hidup mereka, demi mengikuti teladan Kristus yang mengorbankan hidup-Nya demi menyelamatkan kita. Para martir dan para orang kudus, merupakan teladan iman bagi kita, sebab mereka telah membuktikan kesetiaan mereka kepada Tuhan sampai mati (Why 2:10) dan ketahanan mereka terhadap ujian dalam hidup (lih. Yak 1:12), dan oleh karena itulah mereka memperoleh mahkota kehidupan yang dijanjikan Allah:

“Hendaklah engkau setia sampai mati, dan Aku akan mengaruniakan kepadamu mahkota kehidupan.” (Why 2:10)

“Berbahagialah orang yang bertahan dalam pencobaan, sebab apabila ia sudah tahan uji, ia akan menerima mahkota kehidupan yang dijanjikan Allah kepada barangsiapa yang mengasihi Dia.” (Yak 1:12)

Demikian penjelasan saya tentang pertanyaan anda, semoga bermanfaat.

Salam kasih dalam Kristus Tuhan,
Ingrid Listiati- katolisitas.org

5 1 vote
Article Rating
3 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Agus
Agus
10 years ago

Shalom, anda mencari pembenaran atau sedang mencari kebenaran?, coba tenang, dan doa dengan sungguh2, mintalah Roh Kudus menuntun anda mencari kebenaran yang sejati. Doa puasa jika anda rasa perlu. Ingatlah … iblis dapat menyamar menjadi malaikat terang (2Kor 11:14), atau anda senang dipakai jadi senjata iblis yang hebat ?. Kalau ada waktu saya ingin diskusi dengan anda, sejauh ini saya relatif tidak akan bisa diskusi jika melalui ketikkan . Note: saya begitu banyak data. Berbagai foto dan bukti lainnya yg sudah saya kumpulkan puluhan tahun . Sebenarnya sering begitu baca judul artikel2 pertanyaan di web ini, saya sudah dapat menebak… Read more »

aris
aris
11 years ago

Setelah saya baca apa yg ada di atas mengenai lambang2 tersebut, itu semua lambang setan atau dajjal.

[dari katolisitas: Semua orang dapat memberikan kesimpulan. Namun, memberikan kesimpulan tanpa argumentasi yang jelas menjadi tidak memungkinkan terjadinya dialog yang baik dan sehat.]

Chandra
Chandra
13 years ago

Yth. Tim Katolisitas Saya menemukan sebuah web, disitu saya temukan gambar Mata Horus dan Triangle. 1. Lambang Mata Horus dan Triangle di Altar Gereja, dan bagian depan gereja. sepertinya Orthodox http://i55.tinypic.com/ilf5no.jpg http://i56.tinypic.com/25qtc34.jpg http://i55.tinypic.com/kefaz4.jpg 2. Seorang Imam dengan Salib yang ada lambang tengkorak tepat dibawah kaki Yesus http://i51.tinypic.com/2cfv1bd.jpg 3. seorang imam dengan tengkorak yang diberi mahkota http://i51.tinypic.com/2zszdbp.jpg Pertanyaan saya : 1. Apakah memang ada lambang Mata Horus tersebut dalam gereja katolik Roma ? atau itu adalah memang Freemasonry ? 2. Lambang Salib dengan tengkorak, apakah salib yang benar ? apa arti salib tersebut ? 3. Liturgi apa yang dilakukan Iman dengan… Read more »

Romo pembimbing: Rm. Prof. DR. B.S. Mardiatmadja SJ. | Bidang Hukum Gereja dan Perkawinan : RD. Dr. D. Gusti Bagus Kusumawanta, Pr. | Bidang Sakramen dan Liturgi: Rm. Dr. Bernardus Boli Ujan, SVD | Bidang OMK: Rm. Yohanes Dwi Harsanto, Pr. | Bidang Keluarga : Rm. Dr. Bernardinus Realino Agung Prihartana, MSF, Maria Brownell, M.T.S. | Pembimbing teologis: Dr. Lawrence Feingold, S.T.D. | Pembimbing bidang Kitab Suci: Dr. David J. Twellman, D.Min.,Th.M.| Bidang Spiritualitas: Romo Alfonsus Widhiwiryawan, SX. STL | Bidang Pelayanan: Romo Felix Supranto, SS.CC |Staf Tetap dan Penulis: Caecilia Triastuti | Bidang Sistematik Teologi & Penanggung jawab: Stefanus Tay, M.T.S dan Ingrid Listiati Tay, M.T.S.
top
@Copyright katolisitas - 2008-2018 All rights reserved. Silakan memakai material yang ada di website ini, tapi harus mencantumkan "www.katolisitas.org", kecuali pemakaian dokumen Gereja. Tidak diperkenankan untuk memperbanyak sebagian atau seluruh tulisan dari website ini untuk kepentingan komersial Katolisitas.org adalah karya kerasulan yang berfokus dalam bidang evangelisasi dan katekese, yang memaparkan ajaran Gereja Katolik berdasarkan Kitab Suci, Tradisi Suci dan Magisterium Gereja. Situs ini dimulai tanggal 31 Mei 2008, pesta Bunda Maria mengunjungi Elizabeth. Semoga situs katolisitas dapat menyampaikan kabar gembira Kristus. 
3
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x