Tentang 666

Pertanyaan:

Shalom…
gimana menurut ibu Ingrid mengenai angka 666 (bilangan manusia) di kitab wahyu?
apakah itu hanya sebuah simbol? gimana dengan barcode (yg bisa kita jumpai hampir di setiap barang yg kita beli)? yang katanya juga mengandung unsur 666 (dan ini sudah diakui dunia, ada garis yang memang angka adalah 6).
trim’s..
Asli

Jawaban:

Shalom Asli,

Tentang makna 666:

Menurut keterangan dari The Catholic Commentary on Holy Scripture, ed. Dom Orchard, OSB, (New York: Thomas Nelson and Sons, 1953), p. 1203:

Arti angka 666 tidak terlepas dari makna alegorisnya, yaitu kenyaaan bahwa huruf Yunani dan Ibrani juga menunjukkan angka. Contohnya alpha/ aleph =1, beta/ beth=2, dst. Maka nama Yesus atau IESOUS menurut huruf Yunani jika dijumlahkan adalah 888. Nah 666 kemungkinan menunjuk ke jumlah huruf Kaisar Neron yang memang menentang Kristus dengan menganiaya umat Kristen (666: yang terdiri dari huruf-huruf NRWN QSR, Nun dalam bahasa Yunani = 50, Resh 200, Waw 6, qoph 100, samech 60, maka NRWN QSR (666) dihitung jumlahnya 666).
Nah menurut arti angka dalam Kitab Suci, 7 adalah angka sempurna, namun 8 adalah angka yang jauh melebihi kesempurnaan yang merupakan angka Messianic. Diulangnya 3 kali itu untuk menunjukkan kepenuhan/ tingkat kelengkapan. Maka angka 666 diartikan sebagai angka yang tidak sempurna, ketidak sempurnaannya diperkuat dengan pengulangan sebanyak 3 kali; walaupun kelihatannya mendekati sempurna. Angka 666 diartikan sebagai angka Anti-Kristus, yang mengacu pada Kaisar Neron dan Kaisar Domitian yang diberi julukan sebagai ‘Kaisar Nero yang hidup kembali’ karena kekejamannya menyerupai Nero. Maka, angka 666 melambangkan juga untuk semua kaisar, penindas, atau siapapun yang mengambil peran sebagai Anti-Kristus sepanjang jaman.

Memang ada tuduhan dari kaum Protestan (salah satunya Seventh Day Adventist, yang paling ‘keras’ menentang Katolik) yang mengatakan bahwa Paus dengan gelar Vicarius Filii Dei, jika huruf-hurufnya dijumlahkan lalu berjumlah 666 (Vicarius =112, Filii=53, Dei=501, dengan catatan: huruf yang tak bernilai angka tidak dihitung). Namun masalahnya, gelar Paus bukan Vicarius Filii Dei, tetapi Vicarius Christi (Vicar of Christ), yang kalau dijumlah adalah 214 bukan 666. Selanjutnya, tanggapan kami tentang anggapan sejumlah orang bahwa Paus adalah Vicarius Filii Dei, silakan klik di sini.

Ironisnya, kalau misalnya kita menjumlahkan nama pendiri Seventh-Day Adventism yaitu Ellen Gould White, maka jumlahnya 666, sebab Ellen=100, Gould=555, dan White=11. Nah, apakah dengan demikian maka Ellen Gould White adalah binatang yang disebutkan dalam kitab Wahyu 13? Kalau dijawab ya, maka sang penuduh terjebak sendiri, kalau dijawab tidak, maka harus diterima bahwa hal hasil penjumlahan tersebut sebenarnya kebetulan dan dapat terjadi kepada siapa saja. Maka yang terpenting adalah menemukan makna allegoris yang ingin disampaikan dengan angka 666 itu, yang sudah saya jabarkan di atas.

Dengan memahami makna alegoris tersebut, maka kita tidak dibingungkan oleh kenyataan bahwa angka 666 kemungkinan dapat tercetak pada bar code barang- barang yang kita beli. Angka 666 itu maksudnya mengacu kepada seseorang yang mempunyai figur sebagai AntiKristus, sehingga tidak terkait dengan barang- barang seperti permen, coklat ataupun sabun. Jadi tidak perlu menjadi anti terhadap bar-code ataupun barang- barang dengan bar-code. Yang terpenting adalah mewaspadai, agar jangan sampai kita terpengaruh oleh ajaran- ajaran sesat yang dapat berkembang menjelang akhir jaman, yang akan diajarkan oleh seorang tokoh AntiKristus.

Antikristus, menurut ajaran Gereja Katolik adalah:

KGK 675 Sebelum kedatangan Kristus, Gereja harus mengalami ujian terakhir yang akan menggoyahkan iman banyak orang (Bdk. Luk 18:8. Mat 24:12). Penghambatan, yang menyertai penziarahannya di atas bumi (Bdk. Luk 21:12. Yoh 15:19-20), akan menyingkapkan “misteri kejahatan”. Satu khayalan religius yang bohong memberi kepada manusia satu penyelesaian semu untuk masalah-masalahnya sambil menyesatkan mereka dari kebenaran. Kebohongan religius yang paling buruk datang dari Anti-Kristus, artinya dari mesianisme palsu, di mana manusia memuliakan diri sendiri sebagai pengganti Allah dan mesias-Nya yang telah datang dalam daging (Bdk. 2 Tes 2:4-12; 1 Tes 5:2-3; 2Yoh 7; 1 Yoh 2:18.22).

KGK 676 Kebohongan yang ditujukan kepada Kristus ini selalu muncul di dunia, apabila orang mengkhayalkan bahwa dalam sejarahnya mereka sudah memenuhi harapan mesianis, yang hanya dapat mencapai tujuannya sesudah sejarah melalui pengadilan eskatologis. Gereja telah menolak pemalsuan Kerajaan yang akan datang (Bdk. DS 3839)., juga dalam bentuknya yang halus, yang dinamakan “milenarisme”, tetapi terutama bentuk politis dari mesianisme sekular yang secara mendalam bersifat salah (Bdk. GS 20-21).

Gereja Katolik tidak pernah medefinisikan siapakah Anti-Kristus itu, namun hanya menyebutkan ciri-cirinya, sebagaimana disebutkan di atas.

Salam kasih dalam Kristus Tuhan,
Ingrid Listiati- katolisitas.org

4.1 10 votes
Article Rating
45 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
jonathan7
9 years ago

Menurut saya gak semudah itu mentafsikan bilangan 666.banyak disangkut2 dengan angka romawi yg harus di uji ke absahnya.klo yag gak percaya yesus jelas kaum yahudi.sampai sekarang jelas mereka masi menantikan mesias. [Dari Katolisitas: Memang tidak mudah menafsirkan Kitab Suci, oleh karena itu, kita membutuhkan panduan Wewenang Mengajar Gereja, yang merupakan penerus para Rasul yang diberi otoritas dari Kristus sendiri.] masukan saya tak perlu anak tuhan banyak debat antar sesama yg percaya yesus juru selamat.itu dh jelas kita percaya.cuma cara dan ajaran yg berbeda.sy punya cita dan keinginan besar..untuk buat aliran baru dalam doktrin2 yg menurut saya benar dari ke 2… Read more »

John
John
10 years ago

Shalom pak Stef & bu Ingrid yg t’kasih…

Sebenarnya, asal 666 ini dtulis dlm kitab wahyu dgn bhasa asalnya bgaimna ya? Adakh jg m’gunakn angka tulisan Yunani, @pun dterjemahkn sj kpd angka 666 ini pd wktu proses t’jemahan..?

Mohon p’cerahan..?
Thanx in advance…
God bless..

august
august
10 years ago

Saran yang cukup bagus dari team Katolisitas mengenai beast of 666 “….Mari, kita ketahui saja ciri- cirinya, dan selanjutnya kita waspada, sehingga tidak mudah terpengaruh olehnya, jika memang benar AntiKristus itu muncul semasa kita hidup. Salam kasih dalam Kristus Tuhan, Ingrid Listiati- katolisitas.org ….” pardon me …(my newbie thoughts) 666 = 600 + 60 + 6 …. in lunisolar / lunar calendar year a. 600 = kurun waktu kemunculan stlah sang Sabda hadir ke dunia b. 60 = kurun waktu hidup the beast of 666 c. 6 = kurun waktu berkuasa (time of reign) for the beast of 666 [Dari… Read more »

Romo pembimbing: Rm. Prof. DR. B.S. Mardiatmadja SJ. | Bidang Hukum Gereja dan Perkawinan : RD. Dr. D. Gusti Bagus Kusumawanta, Pr. | Bidang Sakramen dan Liturgi: Rm. Dr. Bernardus Boli Ujan, SVD | Bidang OMK: Rm. Yohanes Dwi Harsanto, Pr. | Bidang Keluarga : Rm. Dr. Bernardinus Realino Agung Prihartana, MSF, Maria Brownell, M.T.S. | Pembimbing teologis: Dr. Lawrence Feingold, S.T.D. | Pembimbing bidang Kitab Suci: Dr. David J. Twellman, D.Min.,Th.M.| Bidang Spiritualitas: Romo Alfonsus Widhiwiryawan, SX. STL | Bidang Pelayanan: Romo Felix Supranto, SS.CC |Staf Tetap dan Penulis: Caecilia Triastuti | Bidang Sistematik Teologi & Penanggung jawab: Stefanus Tay, M.T.S dan Ingrid Listiati Tay, M.T.S.
top
@Copyright katolisitas - 2008-2018 All rights reserved. Silakan memakai material yang ada di website ini, tapi harus mencantumkan "www.katolisitas.org", kecuali pemakaian dokumen Gereja. Tidak diperkenankan untuk memperbanyak sebagian atau seluruh tulisan dari website ini untuk kepentingan komersial Katolisitas.org adalah karya kerasulan yang berfokus dalam bidang evangelisasi dan katekese, yang memaparkan ajaran Gereja Katolik berdasarkan Kitab Suci, Tradisi Suci dan Magisterium Gereja. Situs ini dimulai tanggal 31 Mei 2008, pesta Bunda Maria mengunjungi Elizabeth. Semoga situs katolisitas dapat menyampaikan kabar gembira Kristus. 
45
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x