Tentang 666

45

Pertanyaan:

Shalom…
gimana menurut ibu Ingrid mengenai angka 666 (bilangan manusia) di kitab wahyu?
apakah itu hanya sebuah simbol? gimana dengan barcode (yg bisa kita jumpai hampir di setiap barang yg kita beli)? yang katanya juga mengandung unsur 666 (dan ini sudah diakui dunia, ada garis yang memang angka adalah 6).
trim’s..
Asli

Jawaban:

Shalom Asli,

Tentang makna 666:

Arti angka 666 tidak terlepas dari makna alegorisnya, yaitu kenyaaan bahwa huruf Yunani dan Ibrani juga menunjukkan angka. Contohnya alpha/ aleph =1, beta/ beth=2, dst. Maka nama Yesus atau IESOUS menurut huruf Yunani jika dijumlahkan adalah 888. Nah 666 kemungkinan menunjuk ke jumlah huruf Kaisar Neron yang memang menentang Kristus dengan menganiaya umat Kristen (666: yang terdiri dari huruf-huruf NRWN QSR, Nun dalam bahasa Yunani = 50, Resh 200, Waw 6, qoph 100, samech 60, maka NRWN QSR (666) dihitung jumlahnya 666).
Nah menurut arti angka dalam Kitab Suci, 7 adalah angka sempurna, namun 8 adalah angka yang jauh melebihi kesempurnaan yang merupakan angka Messianic. Diulangnya 3 kali itu untuk menunjukkan kepenuhan/ tingkat kelengkapan. Maka angka 666 diartikan sebagai angka yang tidak sempurna, ketidak sempurnaannya diperkuat dengan pengulangan sebanyak 3 kali; walaupun kelihatannya mendekati sempurna. Angka 666 diartikan sebagai angka Anti-Kristus, yang mengacu pada Kaisar Neron dan Kaisar Domitian yang diberi julukan sebagai ‘Kaisar Nero yang hidup kembali’ karena kekejamannya menyerupai Nero. Maka, angka 666 melambangkan juga untuk semua kaisar, penindas, atau siapapun yang mengambil peran sebagai Anti-Kristus sepanjang jaman.

Memang ada tuduhan dari kaum Protestan (salah satunya Seventh Day Adventist, yang paling 'keras' menentang Katolik) yang mengatakan bahwa Paus dengan gelar Vicarius Filii Dei, jika huruf-hurufnya dijumlahkan lalu berjumlah 666 (Vicarius =112, Filii=53, Dei=501, dengan catatan: huruf yang tak bernilai angka tidak dihitung). Namun masalahnya, gelar Paus bukan Vicarius Filii Dei, tetapi Vicarius Christi (Vicar of Christ), yang kalau dijumlah adalah 214 bukan 666. Selanjutnya, tanggapan kami tentang anggapan sejumlah orang bahwa Paus adalah Vicarius Filii Dei, silakan klik di sini.

Ironisnya, kalau misalnya kita menjumlahkan nama pendiri Seventh-Day Adventism yaitu Ellen Gould White, maka jumlahnya 666, sebab Ellen=100, Gould=555, dan White=11. Nah, apakah dengan demikian maka Ellen Gould White adalah binatang yang disebutkan dalam kitab Wahyu 13? Kalau dijawab ya, maka sang penuduh terjebak sendiri, kalau dijawab tidak, maka harus diterima bahwa hal hasil penjumlahan tersebut sebenarnya kebetulan dan dapat terjadi kepada siapa saja. Maka yang terpenting adalah menemukan makna allegoris yang ingin disampaikan dengan angka 666 itu, yang sudah saya jabarkan di atas.

Dengan memahami makna alegoris tersebut, maka kita tidak dibingungkan oleh kenyataan bahwa angka 666 kemungkinan dapat tercetak pada bar code barang- barang yang kita beli. Angka 666 itu maksudnya mengacu kepada seseorang yang mempunyai figur sebagai AntiKristus, sehingga tidak terkait dengan barang- barang seperti permen, coklat ataupun sabun. Jadi tidak perlu menjadi anti terhadap bar-code ataupun barang- barang dengan bar-code. Yang terpenting adalah mewaspadai, agar jangan sampai kita terpengaruh oleh ajaran- ajaran sesat yang dapat berkembang menjelang akhir jaman, yang akan diajarkan oleh seorang tokoh AntiKristus.

Antikristus, menurut ajaran Gereja Katolik adalah:

KGK 675 Sebelum kedatangan Kristus, Gereja harus mengalami ujian terakhir yang akan menggoyahkan iman banyak orang (Bdk. Luk 18:8. Mat 24:12). Penghambatan, yang menyertai penziarahannya di atas bumi (Bdk. Luk 21:12. Yoh 15:19-20), akan menyingkapkan “misteri kejahatan”. Satu khayalan religius yang bohong memberi kepada manusia satu penyelesaian semu untuk masalah-masalahnya sambil menyesatkan mereka dari kebenaran. Kebohongan religius yang paling buruk datang dari Anti-Kristus, artinya dari mesianisme palsu, di mana manusia memuliakan diri sendiri sebagai pengganti Allah dan mesias-Nya yang telah datang dalam daging (Bdk. 2 Tes 2:4-12; 1 Tes 5:2-3; 2Yoh 7; 1 Yoh 2:18.22).

KGK 676 Kebohongan yang ditujukan kepada Kristus ini selalu muncul di dunia, apabila orang mengkhayalkan bahwa dalam sejarahnya mereka sudah memenuhi harapan mesianis, yang hanya dapat mencapai tujuannya sesudah sejarah melalui pengadilan eskatologis. Gereja telah menolak pemalsuan Kerajaan yang akan datang (Bdk. DS 3839)., juga dalam bentuknya yang halus, yang dinamakan “milenarisme”, tetapi terutama bentuk politis dari mesianisme sekular yang secara mendalam bersifat salah (Bdk. GS 20-21).

Gereja Katolik tidak pernah medefinisikan siapakah Anti-Kristus itu, namun hanya menyebutkan ciri-cirinya, sebagaimana disebutkan di atas.

Salam kasih dalam Kristus Tuhan,
Ingrid Listiati- katolisitas.org

Share.

About Author

Ingrid Listiati telah menyelesaikan program studi S2 di bidang teologi di Universitas Ave Maria - Institute for Pastoral Theology, Amerika Serikat.

45 Comments

  1. Menurut saya gak semudah itu mentafsikan bilangan 666.banyak disangkut2 dengan angka romawi yg harus di uji ke absahnya.klo yag gak percaya yesus jelas kaum yahudi.sampai sekarang jelas mereka masi menantikan mesias.

    [Dari Katolisitas: Memang tidak mudah menafsirkan Kitab Suci, oleh karena itu, kita membutuhkan panduan Wewenang Mengajar Gereja, yang merupakan penerus para Rasul yang diberi otoritas dari Kristus sendiri.]

    masukan saya tak perlu anak tuhan banyak debat antar sesama yg percaya yesus juru selamat.itu dh jelas kita percaya.cuma cara dan ajaran yg berbeda.sy punya cita dan keinginan besar..untuk buat aliran baru dalam doktrin2 yg menurut saya benar dari ke 2 belah pihak khatolik dan kristen…

    [Dari Katolisitas: Apa yang kami sampaikan di sini adalah apa yang diajarkan oleh Gereja Katolik, menurut apa yang sudah dipegang oleh Gereja sebagai kebenaran selama sekitar 2000 tahun. Kebenaran ajaran iman ini tidak untuk diubah-ubah sesuai kehendak pribadi. Maka bagi Gereja Katolik, tidak ada opsi untuk membuat aliran baru yang mengajarkan ajaran baru yang tidak sama dengan ajaran Gereja sejak awalnya, sebab perpecahan macam ini tidak sesuai dengan kehendak Kristus sendiri (lih. Yoh 17:20-23).]

    1.jelas laha maha pencemburu.jgn lah engkau membuat patung yg menyerupai apapun.tapi khatolik buat banyak patung

    [Dari Katolisitas: Tentang ini sudah pernah dibahas di artikel ini, silakan membacanya terlebih dahulu, silakan klik, dan klik di sini.]

    2.yesus berkata pada hari paskah l.ingatlah akan hal ini.untuk mengiat ku.kenapa umat hanya boleh memakan roti.tetapi tidak dengan angurnya.sebab kalau kita sebut anak kita darah daging saya.gimana kamu mau disebut anak allah cuma makan daging tidak sama darahnya.walau itu hanya melambangkan.tapi ini logikanya.

    [Dari Katolisitas: Tentang ini sudah pernah dibahas di artikel ini, silakan membacanya terlebih dahulu, silakan klik.]

    3.apa harus manusia mengaku dosa pakai pengakuan ke pastur atau romo dulu.bukankah jurang pemisah telah dijembatin oleh yesus.dan yesus berkata mintalah didalam nama ku maka semuanya akan diberikan.jika masih meragukan.brati anda meragukan yesus

    [Dari Katolisitas: Tentang ini sudah pernah dibahas di artikel ini, silakan membacanya terlebih dahulu, silakan klik.]

    4.banyak doa2 yg bertele2 dari doa santo ini itu..doa yg di ajarkan yesus sendiri bapa kami.salama maria masi bisa dipertimbangin.

    [Dari Katolisitas: Tentang Perantaraan doa para orang kudus sudah pernah dibahas di artikel ini, silakan membacanya terlebih dahulu, silakan klik, dan klik di sini.]

    5.sebelum doa anda buat tanda salib..kalau anda ukur panjang dan lebar.itu salib terbalik.dari dahi hingga dada bahu.kalau mau dan roh kudus amin tandanya di pipi kan dan kiri baru salib berdiri.klo di ukur.

    [Dari Katolisitas:  Tanda Salib adalah Tanda/ simbol Kemenangan Kristus. Tanda ini tidak untuk dimaknakan ataupun dibandingkan dengan jarak antara dahi ke dada ataupun bahu, sebab makna yang disimbolkan selalu lebih dalam dari keterbatasan tanda itu sendiri. Tentang Makna Tanda Salib ini sudah pernah dibahas di artikel ini, silakan membacanya terlebih dahulu, silakan klik.]

    kesalahan kristen: 1.salib polos jelas itu salib penjahat di sebelah2 yesus.salib polos bagus tapi harunyabdi atas dikasi tanda sesuai tulisan yg dikasi bangsa romawi.baru jelas itu salib yesus.

    [Dari Katolisitas: Tentang Mengapa di Salib Katolik ada Corpusnya, sudah pernah dibahas di artikel ini, silakan membacanya terlebih dahulu, silakan klik.]

    2.sudah yesus katakan.dikayu salib.kepada muridnya..inilah ibu mu(maria)hormati dan hargailah dia seperti ibumu sendiri.tapi kristen tidak pernah mengiat dalam ibadahnya.

    [Dari Katolisitas: Tentang ini sudah pernah dibahas di artikel ini, silakan membacanya terlebih dahulu, silakan klik.]

    3.sabad ada dikristen event di hari sabtu..sangat jelas allah beristirahat hari ke7 maslah di indonesia jatohnya hari sabtu karna hitungan hari dimulai dari senin klo eropa dari minggu dulu.

    [Dari Katolisitas: Tentang ini sudah pernah dibahas di artikel ini, silakan membacanya terlebih dahulu, silakan klik ]

    4.banyak dari kristen anggap entek tak bersunat.padahal sunat lahiria juga wajib.

    [Dari Katolisitas: Penetapan bahwa sunat tidak wajib bagi umat Kristen sudah diputuskan oleh para Rasul dalam Konsili Yerusalem, yang dicatat dalam Kitab Suci, di Kisah Para Rasul 15. Tentang ini sudah pernah dibahas di artikel ini, silakan membacanya terlebih dahulu, silakan klik.]

    Sebtulnya masih banyak lagi tapi cukup disinibdulu dan masih banyak menurut saya ketidak akuratan ke 2 agama ini..semoga ada dari pemuka agama nasrani pertimbangkan kembali.dan buat ajaran yg 100% akuran.karna agama nasrani agama yg sempurna.jgn digabungkan dengan ajaran.lambang dan cara2 yg gak akurat 100%.. ingat barang siapa mengubah isi injil 1titik.1koma.1kata.1iyotapun maka dosa mu tidak dimaafkan.itu artinya berikut cara2 dan ajaranya dan prilaku yg kita jalanin..semoga kalian pertimbangkan dan fikir masak2 masukan saya ini.gbu

    [Dari Katolisitas: Siapapun kita yang hidup di zaman ini, tidak dapat mengklaim bahwa kita memperoleh kuasa dari Kristus untuk mendirikan gereja baru. Apa yang keliru menurut Anda, itu adalah interpretasi menurut Anda pribadi, dan bukan menurut ajaran Kristus sebagaimana disampaikan oleh para Rasul-Nya. Gereja Katolik tidak mendasarkan ajarannya dari pandangan pribadi, tetapi dari ajaran Kristus dan para Rasul-Nya. Mohon maaf, jika Anda mau berdialog dengan kami, kami persilakan untuk  membaca terlebih dahulu artikel-artikel pada link-link di atas. Jika Anda tidak membaca artikel-artikel terlebih dahulu, maka kami tidak dapat melanjutkan dialog ini, karena akan menjadi pengulangan dari apa yang sudah pernah dibahas/ disampaikan sebelumnya. Mohon pengertian Anda. Terima kasih.]

  2. Shalom pak Stef & bu Ingrid yg t’kasih…

    Sebenarnya, asal 666 ini dtulis dlm kitab wahyu dgn bhasa asalnya bgaimna ya? Adakh jg m’gunakn angka tulisan Yunani, @pun dterjemahkn sj kpd angka 666 ini pd wktu proses t’jemahan..?

    Mohon p’cerahan..?
    Thanx in advance…
    God bless..

    • Shalom John,

      Teks aslinya adalah dalam bahasa Yunani: hexakósio hexḗkonta héx (enam ratus enam puluh enam)

      ἑξακόσιοι
      hexakósioi; (fem. hexakósiai, neut. hexakósia), dari kata héx (G1803), artinya enam, and hekatón (G1540), artinya ratus, menjadi enam ratus. Kata ini dipakai di Why 13:18; Why 14:20.

      ἑξήκοντα
      hexḗkonta; juga dari kata héx (G1803), enam, artinya enam puluh (lih. Mat 13:8, Mat 13:23; Mrk 4:8, Mrk 4:20; Luk 24:13; 1Ti 5:9; Why 11:3; Why 12:6; Why 13:18).

      ἕξ
      héx; enam (lih. Mat 17:1; Mrk 9:2; Luk 4:25; Luk 13:14; Yoh 2:6, Yoh 2:20; Yoh 12:1; Kis 11:12; Kis 18:11; Kis 27:37; Yak 5:17; Why 4:8; Why 13:18).

      Salam kasih dalam Kristus Tuhan,
      Ingrid Listiati- katolisitas.org

  3. Saran yang cukup bagus dari team Katolisitas mengenai beast of 666 “….Mari, kita ketahui saja ciri- cirinya, dan selanjutnya kita waspada, sehingga tidak mudah terpengaruh olehnya, jika memang benar AntiKristus itu muncul semasa kita hidup.

    Salam kasih dalam Kristus Tuhan,
    Ingrid Listiati- katolisitas.org ….”

    pardon me …(my newbie thoughts)
    666 = 600 + 60 + 6 …. in lunisolar / lunar calendar year
    a. 600 = kurun waktu kemunculan stlah sang Sabda hadir ke dunia
    b. 60 = kurun waktu hidup the beast of 666
    c. 6 = kurun waktu berkuasa (time of reign) for the beast of 666

    [Dari Katolisitas: Sejujurnya memang ada banyak sekali interpretasi tentang 666 ini. Namun semuanya itu adalah interpretasi pribadi, dan Gereja Katolik tidak mengeluarkan interpretasi definitif tentang hal ini. Namun yang kami tampilkan di sana adalah interpretasi yang ditulis di A Catholic Commentary on Holy Scripture, ed. Dom Orchard OSB., sebagai salah satu interpretasi yang diterima secara mayoritas di kalangan ahli Kitab Suci Katolik.]