Doa Sebelum dan Sesudah Makan

5

1. Doa sebelum makan

Bahasa Latin:
Bénedic, Dómine, nos et haectua dona quae de tua largitate sumus sumpturi. Per Christum Dóminum nostrum. Amen.

Bahasa Inggris:
Bless us, O Lord, and these Thy gifts which we are about to receive from Thy bounty, through Christ our Lord.

Bahasa Indonesia:
Berkatilah kami, O Tuhan, dan berkat- berkat ini yang akan kami terima dari kelimpahan-Mu, melalui Kristus Tuhan kami. Amin.

2. Doa sesudah makan

Bahasa Latin:
Ágimus tibi gratias, omnípotens Deus,pro universis beneficiis tuis,qui vivis et regnas insæcula sæculórum. Amen.Deus det nobis suam pacem.Et vitam æternum. Amen.

Bahasa Inggris:
We give Thee thanks, Almighty God, for all thy benefits, Who livest and reignest, world without end. Amen. May the Lord grant us His peace. And life everlasting. Amen.

Bahasa Indonesia:
Kami bersyukur kepada-Mu, Tuhan yang Mahakuasa, atas semua berkat- berkat-Mu, yang hidup dan berkuasa, sekarang dan sepanjang segala abad. Amin. Semoga Tuhan mengaruniakan kepada kita damai-Nya. Dan kehidupan kekal. Amin.

Dapat ditambahkan demikian:

Bahasa Latin:
Fidelium animae, per misericordiam Dei, requiescant in pace. Amen.

Bahasa Inggris:
May the souls of the faithful departed, through the mercy of God, rest in peace. Amen.

Bahasa Indonesia:
Semoga jiwa- jiwa orang beriman yang telah wafat, melalui belas kasihan Tuhan, beristirahat dalam damai. Amin.

Share.

About Author

Ingrid Listiati telah menyelesaikan program studi S2 di bidang teologi di Universitas Ave Maria - Institute for Pastoral Theology, Amerika Serikat.

5 Comments

  1. Saya mengambil Doa persembahan sebelum Ekaresti Kudus menjadi Doa sebelum makan saya yang menurut saya sungguh amat indah dan dalam maknanya :
    “Terpujilah Engkau ya Allah…sebab dari kemurahanMu kami menerima makanan yang tersaji bagi kami. Inilah hasil dari bumi ciptaan Mu dan dari usaha manusia yang bagi kami menjadi makanan jasmani kami. Dengan perantaraan Yesus Kristus Tuhan kami dan persekutuan Roh Kudus dalam kemuliaan Allah Bapa. Amin”

    Bukankah Ekaresti Kudus adalah gambaran perjamuan surgawi? Maka makanan yang kita santap dalam saat makan kita juga mengingatkan kita akan perjamuan surgawi yang akan kita terima
    Selamat makan :)

  2. Salam,

    Bu Inggrid, saya ingin menanyakan sedikit bagian dari doa setelah makan. Untuk bagian :

    “Deus det nobis suam pacem.Et vitam æternum. Amen.”

    Apakah arti untuk kalimat tersebut? Karena saya tidak menemukan artinya dalam terjemahan di bawahnya. Saya hanya mampu menangkap sedikit arti bagian doa tersebut yang berharap Allah memberi damai dan hidup kekal pada kita. Terima kasih.

    Pacem,
    Ioannes

    • Shalom Ioannes,

      Terima kasih atas ketelitian Anda. Harusnya, terjemahan ‘Deus det nobis suam pacem.Et vitam æternum. Amen’, dalam bahasa Inggris adalah: May the Lord grant us His peace. And life everlasting. Amen. Dan dalam bahasa Indonesia: Semoga Tuhan mengaruniakan kepada kita damai-Nya. Dan kehidupan kekal. Amin.

      Salam kasih dalam Kristus Tuhan,
      Ingrid Listiati- katolisitas.org

  3. ini doa sebelum makan yg diajarkan saat sy TK di sekolah yayasan Budi Mulia, msh sy pakai sampai sekarang, semoga berkenan:
    “Tuhan Yesus yang manis, berkatilah makanan ini, semoga berguna bagi tubuh dan jiwa kami. Amin.”

Add Comment Register



Leave A Reply