Bagaimana mengatasi sifat pemarah?

Pertanyaan:

Salam Damai,
Saya seorang yang cepat marah(panas baran),ada ketikanya saya tidak perlu marah (khasnya dengan isteri) apabila kami diskusi berkenaan dengan sesuatu-tetapi akhirnya marah.Pertanyaan saya adalah:

a) bagaimanakah pengajaran gereja melihat perasaan marah(cepat marah/panas baran) ini? adakah ia satu dosa?dan bila marah saya suka mengeluarkan kata-kata negatif(seperti menghina)

b) bagaimana untuk kawal perasaan marah ini berdasarkan kepada pengalaman dan pengajaran gereja Katolik dan berdasarkan kepada pengalaman peribadi anda berdua?

saya sebenarnya kasihan dengan isteri saya-apabila saya dalam keadaan marah-dia sepatutnya tidak menerima rasa marah saya-dia terlalu baik bagi saya.

Terima Kasih, Semang

Jawaban:

Shalom Semang,

1. Kemarahan termasuk sebagai salah satu dari kecenderungan-kecenderungan (passion) yang ada dalam diri manusia. Jenis kecenderungan tersebut menurut St. Thomas Aquinas adalah cinta, keinginan/ kerinduan, kegembiraan, kebencian, keengganan, kesedihan, harapan, keputus-asaan, ketakutan, keberanian, dan kemarahan. Katekismus Gereja Katolik mengajarkan:

KGK 1765     Kecenderungan itu banyak jumlahnya. Kecenderungan yang paling mendasar adalah cinta, diakibatkan oleh daya tarik dari yang baik. Cinta menyebabkan kerinduan kepada kebaikan yang sekarang belum ada dengan harapan akan memperolehnya. Perasaan itu berakhir dalam kepuasan dan kegembiraan terhadap kebaikan yang dimiliki. Melihat sesuatu yang buruk menimbulkan kebencian, keengganan, dan ketakutan terhadap kejahatan yang mengancam. Emosi itu berakhir dengan kesedihan akan kejahatan yang dihadapi atau dengan kemarahan yang memberontak terhadapnya.

KGK 1767    Kecenderungan-kecenderungan itu dengan sendirinya bukan baik, bukan juga buruk. Mereka hanya ditentukan secara moral sejauh dikendalikan oleh akal budi dan kehendak. Dikatakan, kecenderungan itu dikehendaki “sebab ia digerakkan oleh kehendak atau tidak dihalang-halangi oleh kehendak” (Tomas Aqu., Summa Theology. 1-2, 24,1). Termasuk dalam kesempurnaan dari sesuatu yang baik secara moral atau manusiawi, bahwa kecenderungan itu diatur oleh akal budi (Bdk. Tomas Aqu., Summa Theology. 1-2,24,3)

KGK 1768     …. Kecenderungan itu baik secara moral, kalau ia menyumbang kepada sesuatu yang baik; buruk” kalau terjadi sebaliknya, Kehendak yang baik mengarahkan dorongan-dorongan inderawi, yang diangkatnya itu, kepada kebaikan dan kebahagiaan; kehendak yang buruk mengalah terhadap kecenderungan yang tidak teratur dan meningkatkannya. Emosi dan perasaan dapat diangkat ke dalam kebajikan atau dapat dirusakkan oleh kebiasaan buruk.

Dengan demikian, kemarahan sebenarnya tidak dapat langsung dikatakan sebagai dosa, namun jika itu tidak dikendalikan oleh akal budi dan menjadi kebiasaan buruk, itu dapat dikatakan dosa/ buruk secara moral. Contoh kemarahan yang masih dapat diterima secara moral adalah kemarahan orang tua dalam mendidik anaknya, jika anak berbuat kesalahan yang disengaja. Dalam hal ini, orang tua berhak marah, namun tidak boleh sampai kehilangan kendali, sebab jika demikian maka orang tua juga melakukan kesalahan/ dosa.

Namun jika kemarahan diikuti dengan kata-kata yang menghina, maka ini sudah melanggar perintah ke- sepuluh perintah Allah, yaitu perintah ke 5, yaitu “Jangan membunuh”. Sebab dengan perkataan kita sesungguhnya “menusuk hati” orang yang sedang kita marahi. Yesus sendiri mengajarkan kepada kita demikian, “Kamu telah mendengar yang difirmankan kepada nenek moyang kita: Jangan membunuh; siapa yang membunuh harus dihukum. Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang marah terhadap saudaranya harus dihukum; siapa yang berkata kepada saudaranya: Kafir! harus dihadapkan ke Mahkamah Agama dan siapa yang berkata: Jahil! harus diserahkan ke dalam neraka yang menyala-nyala.” (Mat 5:21-22)

2. Adalah sangat berguna untuk mengetahui jenis temperamen kita, sebab dengan demikian kita akan dapat berjuang untuk memperoleh/ menerapkan kebajikan-kebajikan yang berlawanan dengan temperamen kita tersebut.

Hippocrates (460-377 BC) telah membagi manusia dalam 4 katagori temperamen utama, yaitu: choleric, sanguine, melancholic dan phlegmatic. Tipe choleric adalah orang yang mudah marah, energetik dan emosional, mempunyai jiwa kepemimpinan, namun mempunyai kecenderungan sombong. Lawannya, phlegmatic, tidak emosi, easy-going, sabar, rational dan peng-analisa, namun cenderung malas. Type sanguine adalah yang cenderung gembira, antusias, optimis, namun cenderung jatuh ke dosa sensualitas, dan type melancholic, cenderung murung, merenung, perfeksionis, kurang percaya diri dan cenderung skrupel (scrupulous).  Memang ada kemungkinan seseorang mempunyai gabungan dari dua atau tiga temperamen di atas, namun umumnya ada satu yang lebih dominan. Melihat dari ciri- ciri yang anda sebutkan maka tipe yang dominan dalam diri anda adalah tipe choleric.

Kita tidak dapat dikatakan bertanggungjawab atas temperamen kita, tetapi kita bertanggungjawab untuk segala karakter kita. Berkaitan dengan karakter ini adalah pengetahuan kita akan temperamen kita dan bagaimana kita mengendalikannya dengan kebajikan atau sebaliknya bagaimana kita “menyerah”-kannya kepada kecenderungan buruk. Maka, adalah sangat berguna untuk mengetahui jenis temperamen kita, sebab dengan demikian kita akan dapat berjuang untuk memperoleh/ menerapkan kebajikan-kebajikan yang berlawanan dengan temperamen kita tersebut. Dengan kata lain, temperamen itu tidak dapat diubah, namun kita mempunyai tanggungjawab moral untuk memperbaiki karakter kita; dengan usaha kita bersama dengan pertolongan rahmat Tuhan yang kita peroleh lewat doa-doa. Dengan demikian temperamen kita diarahkan kepada karakter yang baik.

Salah satu cara yang penting untuk mengatasi kelemahan karena temperamen kita, adalah praktek pemeriksaan batin (examination of conscience) sebanyak sekali atau dua kali sehari, dengan memusatkan perhatian kepada usaha memperbaiki kelemahan akibat temperamen, dan usaha untuk memperoleh kebajikan yang melawan kelemahan tersebut. Jika kita mempunyai kecenderungan tidak sabar, malas, dan pesimistis, maka setiap hari kita dapat memeriksa batin sejauh mana kita telah melakukan dosa ketidaksabaran, kemalasan, dan pesimistik yang berlebihan tersebut.

Sebagai contoh nyata, St. Francis de Sales (1567- 1622) yang mempunyai temperamen choleric, namun setelah rajin melakukan examination of conscience ini, dengan berkat rahmat Tuhan, ia malah dikenal sebagai seorang santo yang merupakan teladan kelemahlembutan. Temperamen choleric-nya tetap ada, namun di atasnya telah dibangun bangunan rohani kelemahlembutan, kesabaran dan kasih. Artinya, walaupun dalam diri St. Francis tetap ada kecenderungan natural akan sifat-sifat choleric tersebut, namun dia dapat bekerjasama dengan rahmat Allah untuk bertindak sebaliknya, yaitu dengan kelemahlembutan, kesabaran dan kasih. Untuk ini memang kita harus memohon pertolongan Tuhan, sebab kita tidak dapat mengandalkan diri sendiri untuk melakukan hal ini.

Maka, kembali kepada masalah anda, mungkin anda dapat meniru teladan St. Francis de Sales:

1. Dengan melakukan pemeriksaan batin sekurang-kurangnya sekali sehari, atau jika anda inginkan kemajuan yang lebih baik, adakan lebih sering, yaitu sebanyak dua atau tiga kali sehari. Pemeriksaan batin ini akan meningkatkan kesadaran anda, sehingga anda dapat “berhenti sejenak” secara refleks sebelum anda marah, dan umumnya jika anda sempat “berhenti sejenak” dalam pikiran anda sebelum anda marah, maka anda dapat berdoa secara singkat, memohon pertolongan Tuhan, agar jangan sampai anda mengatakan kata-kata yang kasar; ataupun anda dapat mengendalikan diri anda dan dapat bersikap sebaliknya:  tidak jadi marah.

2. Renungkanlah beberapa ayat Kitab Suci tentang kemarahan dan kelemahlembutan, misalnya:

“Berhentilah marah dan tinggalkanlah panas hati itu, jangan marah, itu hanya membawa kepada kejahatan.” (Mzm 37:8)
“Janganlah lekas-lekas marah dalam hati, karena amarah menetap dalam dada orang bodoh.” (Pkh 7:9)
“Apabila kamu menjadi marah, janganlah kamu berbuat dosa: janganlah matahari terbenam, sebelum padam amarahmu” (Ef 4:26)

Berbahagialah orang yang lemah lembut, karena mereka akan memiliki bumi.” (Mat 5:5)
Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan.” (Mat 11:29)
Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan,kelemahlembutan, penguasaan diri.” (Gal 5:22-23)

3. Lekas-lekaslah memohon maaf kepada istri atau kepada orang yang anda marahi, apalagi jika anda telah sempat mengatakan kata-kata kasar kepadanya.

4. Mengaku dosa dalam Sakramen Tobat secara teratur, sedikitnya sebulan sekali. Atau jika anda baru saja marah, maka silakan menerima sakramen Tobat ini lebih sering. Dengan demikian, Tuhan sendiri akan membantu anda untuk mengatasi kecenderungan marah ini dengan melakukan hal-hal yang sebaliknya, dengan kebajikan kelemahlembutan yang dari Tuhan.

5. Bertekunlah dalam doa, baik doa pribadi, maupun doa bersama dengan istri anda. Semoga istri andapun dapat mendukung anda dalam pergumulan anda mengendalikan temperamen anda, dengan bantuan rahmat Allah.

6. Anda dapat pula membiasakan diri untuk berpantang atau berpuasa, untuk membiasakan diri menahan diri, misalnya seminggu sekali, atau dapat dibuat lebih sering, sesuai dengan kemampuan anda. Mengenai pantang dan puasa sudah pernah ditulis di sini, silakan klik.

Demikianlah yang dapat saya sampaikan untuk pertanyaan anda, semoga berguna, ya. Semoga St. Francis de Sales dapat mendoakan kita semua dan oleh dukungan doa-doanya, kitapun dapat diubah Tuhan menjadi seperti St. Francis, menjadi lemah lembut, sabar dan penuh kasih.

Salam kasih dalam Kristus Tuhan,
Ingrid Listiati- www.katolisitas.org

0 0 votes
Article Rating
19/12/2018
17 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Ivan Jonathan
7 years ago

Saya adalah seorang pemimpin organisasi Omk di gereja katolik, saya mungkin mempunyai sifat choleric seperti yang dijabarkan diatas, saya sering marah ke anggota saya apabila sedikit yang ikut kegiatan di gereja baik itu pelayanan, paduan suara, dll. Kemarahan saya terjwfi karena saya peduli dan sayang terhadap organisasi tersebut, seperti marahnya seorang ibu kepada anaknya. Namun kemarahan saya ditanggapin dengan sisi yang lain oleh anggota saya, saya di anggap seperti pemimpin yang diktator dan hobbynya marah saja, padahal semua kemarahan yang saya ucapkan demi kebaikan bersama, contohnya seperti (sudah dimana teman teman? udah jam berapa ini?) tapi kalau sudah kelewat batas… Read more »

Kefas
9 years ago

Shalom tim katolisitas, saya ingin bertanya, jika kita ingin berdoa atau ke gereja atau ke pengakuan tetapi kita ingat ada orang yang masih marah kepada kita (seperti kata Tuhan Yesus), apakah kita harus meminta maaf dahulu kepada orang itu?bagaimana jika dia tidak atau belum bisa memaafkan kita? jika saya mengalami pengalaman seperti ini, saya cenderung tidak mau berdoa atau mengikuti misa dsb. sebab saya pikir pasti Tuhan tidak suka karena saya belum memperoleh maaf dan masih ada yang mengganjal dalam hati. apakah pemikiran seperti ini benar? Terima kasih sebelumnya.. [Dari Katolisitas: Yang perlu dipertanyakan bukanlah sikap orang lain terhadap Anda… Read more »

Kefas
Reply to  Kefas
9 years ago

Terima kasih tim katolisitas.. kemudian bagaimana jika seseorang berbuat kasar terhadap teman?seperti memukul (tidak sampai berdarah) dan membuatnya menangis?apakah ini termasuk dosa berat?dia sudah meminta maaf tapi masih merasa berbuat dosa berat karena mengabaikan perintah Tuhan Yesus untuk mengasihi sesama seperti diri sendiri. apakah ini termasuk dosa berat sehingga tidak boleh menyambut Tubuh Kristus? shalom,.. [Dari Katolisitas: Silakan memahami terlebih dahulu, apakah itu dosa berat dan dosa ringan, silakan klik di sini. Maka pertanyaannya, apakah orang yang memukul itu sengaja memukul? Jika ya, maka ya, benar itu adalah dosa berat, sebab ia telah menyakiti sesamanya. Sebab akar dari memukul itu… Read more »

anggella
anggella
10 years ago

Salom sya anggella

saya punya pacar dia sangat pemarah sekali, tidak mau disalahkan, egoisnya tinggi sekali…..saya orangnya pelupa….stiap x dia suruh saya dan saya lupa dia pasti marah….entah itu di dpan teman saya, tman dia ato orang lain…….saya tidak suka dimarahin di dpan orang lain…menurut anda saya hrus bersikap sperti apa ? terimakasih

Caecilia Triastuti
Reply to  anggella
10 years ago

Shalom Anggella, Saya cukup memahami perasaan Anda, memang umumnya kita tidak senang jika dimarahi, apalagi di hadapan orang lain. Kemarahan yang tidak dikendalikan dan tidak tepat waktu dan tempatnya akan melukai orang lain, dan tidak jarang akan membuat rasa sesal juga pada diri orang yang marah itu. Kemarahan sangat erat kaitannya dengan pengendalian diri, sebagaimana telah dituliskan Ibu Ingrid dalam artikel di atas. Semakin trampil kita mengendalikan diri, semakin bijaksana kita dalam mengungkapkan kemarahan kita, (kalaupun memang kita harus marah karena situasi yang ada). Ketrampilan pengendalian diri yang penuh, kita dapatkan dari kedekatan relasi kita dengan Tuhan, yang telah memberikan… Read more »

Lely
Lely
12 years ago

Shaloom, Sifat saya yg pemarah menurut saya sudah sangat berlebihan. Saya mudah sekali marah. Saat berkendara di jalan, lingkungan kerja, sama teman, keluarga, bahkan sama tetangga saya bisaperang mulut. Dan saya selalu merasa yg saya lakukan sudah benar. Di waktu malam dan pagi hari saya selalu minta pengampunan dan bantuan Tuhan. Tapi selalu saja saya sepertinya ‘lupa’ dgn doa saya di detik berikutnya. Adakah hal” yg berbentuk kegiatan/rurtinitas yg bisa saya lakukan? Apa yg harus saya lakukan segera saat emosi saya naik? Saya ingin walaupun saya marah tapi saya bisa menyampaikan dengan baik bukan dengan kata” kasar atau merusak benda”.… Read more »

ria
ria
13 years ago

Shalom pak stef & ibu inggrid

Saya terkadang susah mengendalikan amarah apalagi dalam pekerjaan yang penuh dengan tekanan, saya mohon di berikan contoh untuk berdoa di setiap kali saya menghadapi persoalan yang membuat saya marah agar saya diberikan kesabaran dalam menghadapi setiap permasalahan & kelemahan saya.

Terima kasih

saya sherly
saya sherly
13 years ago

syaloom dan slm sejahtra… Dsni sy mau crita tntng perlakuan pcr sy,kpd sy : sdh hmpir 1 thn kmi pcrn,dan d bln awl jalinan kasih kmi,sifat aslinya sdh mulai muncul,dia orgnya emosional,cpt mrh,cemburuan.dan stiap kali dia mrh,sy pasti d pukul,d tendang,d gampar,d injak kdg smpe brdarah dan muntah2,tp tdk sdikitpun dia kasihan melihat sy,sdh kucoba memafkn smua slhnya tp slalu d ulgi,sdh kucoba pergi dr dia tp tdk bs,slalu d dpt.sy betul2 tdk thn dgn smua ini,sdh kucoba bw k dlm doa tp smpe skrg sifatnya itu tdk bs dia rubah.tlg bantu sy dlm penyelesaian mslh in,dan solusinya.dan bntu dlm… Read more »

Budi Darmawan Kusumo
Budi Darmawan Kusumo
Reply to  saya sherly
13 years ago

Syalom Sherly,

Apa maksud anda ketika anda berkata “Saya ingin pergi dari dia, tapi tidak bisa”. Anda itu’kan masih pacaran, ya bilang aja anda mau berhenti berhubungan pacaran. TITIK. dan dia tidak bisa memaksa anda. Karena justru tindakan dia menganiaya itu bisa kategori tindak hukum pidana. Coba pikirkan baik – baik

TUHAN YESUS MEMBERKATI & Bunda Maria selalu menuntun anda pada putraNYA

[Dari Katolisitas: Sherly, ini adalah salah satu masukan bagi anda dari salah satu pembaca. Mungkin terdengar saklek, tetapi ada benarnya. Silakan anda pertimbangkan]

ujang sunan
ujang sunan
13 years ago

ass.wr.wb nama sya ujang sya punya sifat mudah tersinggu+cepat naik darah+dan berujung pada kekerasan gmana mengatasinya. mkasich.

semang
semang
14 years ago

Salam Damai, Saya seorang yang cepat marah (panas baran),ada ketikanya saya tidak perlu marah(khasnya dengan isteri) apabila kami diskusi berkenaan dengan sesuatu-tetapi akhirnya marah.Pertanyaan saya adalah: a) bagaimanakah pengajaran gereja melihat perasaan marah(cepat marah/panas baran) ini? adakah ia satu dosa?dan bila marah saya suka mengeluarkan kata-kata negatif(seperti menghina) b) bagaimana untuk kawal perasaan marah ini berdasarkan kepada pengalaman dan pengajaran gereja Katolik dan berdasarkan kepada pengalaman peribadi anda berdua? saya sebenarnya kasihan dengan isteri saya-apabila saya dalam keadaan marah-dia sepatutnya tidak menerima rasa marah saya-dia terlalu baik bagi saya. Terima Kasih, Semang [Dari Katolisitas: Pertanyaan ini sudah dijawab di atas,… Read more »

Soesanto
Soesanto
Reply to  semang
14 years ago

Terima kasih buat artikel dan pengajaran tersebut di atas, saya juga seorang yang mudah marah, dan ada kerinduan untuk mencari jalan keluar dari “perangkap marah” ini. pencerahan dari St Francis Tersebut membantu saya. Terima kasih buat Katolitas.

Romo pembimbing: Rm. Prof. DR. B.S. Mardiatmadja SJ. | Bidang Hukum Gereja dan Perkawinan : RD. Dr. D. Gusti Bagus Kusumawanta, Pr. | Bidang Sakramen dan Liturgi: Rm. Dr. Bernardus Boli Ujan, SVD | Bidang OMK: Rm. Yohanes Dwi Harsanto, Pr. | Bidang Keluarga : Rm. Dr. Bernardinus Realino Agung Prihartana, MSF, Maria Brownell, M.T.S. | Pembimbing teologis: Dr. Lawrence Feingold, S.T.D. | Pembimbing bidang Kitab Suci: Dr. David J. Twellman, D.Min.,Th.M.| Bidang Spiritualitas: Romo Alfonsus Widhiwiryawan, SX. STL | Bidang Pelayanan: Romo Felix Supranto, SS.CC |Staf Tetap dan Penulis: Caecilia Triastuti | Bidang Sistematik Teologi & Penanggung jawab: Stefanus Tay, M.T.S dan Ingrid Listiati Tay, M.T.S.
top
@Copyright katolisitas - 2008-2018 All rights reserved. Silakan memakai material yang ada di website ini, tapi harus mencantumkan "www.katolisitas.org", kecuali pemakaian dokumen Gereja. Tidak diperkenankan untuk memperbanyak sebagian atau seluruh tulisan dari website ini untuk kepentingan komersial Katolisitas.org adalah karya kerasulan yang berfokus dalam bidang evangelisasi dan katekese, yang memaparkan ajaran Gereja Katolik berdasarkan Kitab Suci, Tradisi Suci dan Magisterium Gereja. Situs ini dimulai tanggal 31 Mei 2008, pesta Bunda Maria mengunjungi Elizabeth. Semoga situs katolisitas dapat menyampaikan kabar gembira Kristus. 
17
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x