Mengapa Yesus memilih salib untuk menebus dosa manusia?

Pernahkan kita berfikir mengapa Yesus memilih penderitaan yang begitu berat sampai akhirnya mati di kayu salib untuk menyelamatkan manusia? Apakah tidak ada cara lain yang lebih mudah? St. Thomas Aquinas dalam Summa Theologica, Part III, q. 46. a 1 menjelaskan jawaban untuk pertanyaan “Apakah menjadi keharusan bagi Kristus untuk menderita [di salib] untuk menebus umat manusia?” Berikut ini adalah terjemahannya: (Silakan membaca selengkapnya dalam bahasa Inggris di link ini, silakan klik)

Keberatan 1: Kelihatannya tidak perlu bagi Kristus untuk menderita untuk menyelamatkan umat manusia. Sebab umat manusia tidak dapat dibebaskan kecuali oleh Allah…. dan tak ada satupun yang dapat mengharuskan Tuhan, sebab ini merupakan hal yang tidak sesuai dengan kemahakuasaan Tuhan. Maka kelihatannya tidak perlu Yesus menderita.

Keberatan 2: Apa yang merupakan keharusan adalah bertentangan dengan apa yang dilakukan tanpa paksaan. Kristus menderita karena kehendak-Nya sendiri, sebab tertulis, “Dia dianiaya, tetapi dia membiarkan diri ditindas dan tidak membuka mulutnya seperti anak domba yang dibawa ke pembantaian; seperti induk domba yang kelu di depan orang-orang yang menggunting bulunya, ia tidak membuka mulutnya.” (Yes 53:7). Yesus mempersembahkan diri-Nya atas kehendak sendiri. Maka kelihatannya tidak menjadi keharusan bagi Yesus untuk menderita disalib.

Keberatan 3: Selanjutnya, tertulis, “Segala jalan Tuhan adalah kasih setia dan kebenaran” (Mzm 25:10). Tapi kelihatannya tidak perlu bahwa Ia harus menderita, sebab di pihak-Nya sebagai Kerahiman Ilahi, Ia akan memberikan karunia-karunia dengan tanpa syarat, maka kelihatannya dapat diterima bahwa tidak perlu diadakan semacam “pembayaran hutang dosa”, dan juga di pihak Keadilan Ilahi, di mana manusia memang layak menerima hukuman yang kekal. Maka kelihatannya tidak perlu Kristus menderita untuk membebaskan manusia dari dosa.

Keberatan 4: Selanjutnya, kodrat malaikat yang lebih sempurna dari manusia… Tetapi Kristus tidak menderita untuk memperbaiki kodrat malaikat yang berdosa. Maka, kelihatannya, demikian juga tidak perlu Kristus menderita di salib bagi manusia.

Sebaliknya, tertulis (Yoh 3:14-15): “Dan sama seperti Musa meninggikan ular di padang gurun, demikian juga Anak Manusia harus ditinggikan, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya beroleh hidup yang kekal.”

Saya menjawab bahwa ….. terdapat beberapa arti terhadap kata “keharusan”. Di satu sisi itu berarti dimana kodratnya yang menentukan demikian; dan dalam hal ini maka nyata bahwa memang bukan keharusan, baik dari pihak Allah maupun dari pihak manusia bahwa Kristus harus menderita. Namun di sisi yang lain sesuatu dapat menjadi keharusan dari sesuatu sebab yang di luar dari dirinya; dan jika ini terjadi, ini adalah sebab yang efisien atau yang menggerakkan, sehingga dapat membawa semacam keharusan ….. Maka walaupun tidak menjadi keharusan bagi Kristus untuk menderita, jika dipandang dari keharusan yang memaksa, karena dari pihak Allah tidak ada yang memaksa-Nya, dan dari pihak Kristus, karena Dia menyerahkan diri-Nya dengan rela. Namun, dapat dikatakan bahwa penderitaan Kristus adalah suatu suatu keharusan, jika dilihat dari akhir/ tujuan maksudnya. Dan ini dilihat dalam tiga hal:

1. Dari sudut pandang kita yang dibebaskan oleh Sengsara-Nya sesuai dengan Yoh 3:14-15: “Dan sama seperti Musa meninggikan ular di padang gurun, demikian juga Anak Manusia harus ditinggikan, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya beroleh hidup yang kekal.”

2. Dari sisi Kristus, yang menerima kemuliaan-Nya melalui kerendahan Sengsara-Nya, dalam Luk 24:26: “Bukankah Mesias harus menderita semuanya itu untuk masuk ke dalam kemuliaan-Nya?”

3. Dari sisi Tuhan Allah Bapa, yang telah menentukan terlaksananya nubuat dalam Perjanjian Lama, seperti tertulis dalam Luk 22:22, “Sebab Anak Manusia memang akan pergi seperti yang telah ditetapkan…”Ia berkata kepada mereka: “Inilah perkataan-Ku, …., yakni bahwa harus digenapi semua yang ada tertulis tentang Aku dalam kitab Taurat Musa dan kitab nabi-nabi dan kitab Mazmur. Lalu Ia membuka pikiran mereka, sehingga mereka mengerti Kitab Suci. Kata-Nya kepada mereka: “Ada tertulis demikian: Mesias harus menderita dan bangkit dari antara orang mati pada hari yang ketiga.” (Luk 24:44-46). (Silakan membaca lebih lanjut tentang Yesus yang telah dinubuatkan oleh para nabi, di sini, silakan klik)

Jawaban terhadap keberatan 1: Ini adalah argumen berdasarkan keharusan dari pihak Allah, dan seperti telah disebutkan di atas, tidak ada keharusan dalam hal ini.

Jawaban terhadap keberatan 2: Ini adalah argumen berdasarkan keharusan dari pihak Kristus sebagai manusia, dan seperti telah disebutkan di atas, tidak ada keharusan dalam hal ini.

Jawaban terhadap keberatan 3: Bahwa manusia harus dibebaskan oleh Sengsara Kristus adalah sesuai dengan kasih setia Tuhan dan keadilan-Nya. Dengan keadilan-Nya sebab dengan Sengsara Kristus maka Kristus menebus (membayar lunas) dosa-dosa umat manusia dan manusia dibebaskan oleh keadilan Tuhan: dan dengan belas kasih-Nya sebab karena manusia sendiri tidak dapat menebus dosa dari semua kodrat manusia, menurut Rom 3:24-25, “dan oleh kasih karunia telah dibenarkan dengan cuma-cuma karena penebusan dalam Kristus Yesus. Kristus Yesus telah ditentukan Allah menjadi jalan pendamaian karena iman, dalam darah-Nya.” Dan belas kasih Tuhan akan semakin terlihat nyata daripada pengampunan dosa tanpa penebusan melalui kayu Salib. Oleh karena itu dikatakan, “Tetapi Allah yang kaya dengan rahmat, oleh karena kasih-Nya yang besar, yang dilimpahkan-Nya kepada kita, telah menghidupkan kita bersama-sama dengan Kristus, sekalipun kita telah mati oleh kesalahan-kesalahan kita…” (Ef 2:4-5)

Jawaban untuk Keberatan 4: Dosa dari para malaikat adalah sesuatu yang tak dapat diobati, namun tidak demikian dengan dosa manusia pertama (lihat Summa Theologica, I, q. 64, a. 2)

Dengan melihat uraian di atas, maka memang sebenarnya bukan menjadi suatu keharusan mutlak bagi Kristus untuk menderita di salib bagi kita, namun memang itulah yang dipilih-Nya, dan ini sudah direncanakan-Nya sejak awal mula dunia. Sebab Allah sudah mengetahui segala sesuatunya, bahwa manusia pertama akan jatuh dalam dosa, dosa asal inilah yang akan diturunkan kepada semua umat manusia, dan karena manusia tak dapat menebus dosanya sendiri, maka Allah memutuskan untuk mengutus Putera-Nya sendiri untuk menebus dosa manusia dengan sengsara-Nya di kayu salib. Penderitaan yang tak terlukiskan di kayu salib tersebut adalah bukti kasih Allah yang tiada terbatas, dan juga bukti keadilan yang sempurna, yang menunjukkan kejamnya akibat dosa, yang harus dipikul oleh Kristus, untuk membebaskan kita manusia dari belenggu dosa. Maka walaupun setetes darah-Nya sebenarnya cukup untuk menebus seluruh dosa manusia, namun Yesus justru mau menyatakan yang lebih sempurna dan “superabundant” daripada itu. Sebab Ia mau menunjukkan kasih yang melebihi dari apa yang disyaratkan, kasih yang mengatasi segalanya. Kerendahan hati Yesus yang ditunjukkan-Nya dengan kerelaan-Nya menjadi manusia dan menderita di kayu salib merupakan “obat penawar”/ antidote bagi dosa asal Adam, yaitu kesombongan ingin menjadi/ menyamai Allah. Ketaatan Kristus terhadap kehendak Allah Bapa menawarkan ketidak-taatan Adam kepada Allah (lih. Rom 5:19). Semoga dengan menghayati hal ini, kita semakin menghargai pengorbanan Kristus di kayu Salib, dan berusaha sedapat mungkin menjauhkan diri kita dari dosa yang memisahkan kita dari Allah.

4.1 15 votes
Article Rating
19/12/2018
59 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
AndyKur
9 years ago

Shalom Bu Ingrid, saya punya pertanyaan bu, kl dosa kita sudah ditebus Yesus seluruhnya bahkan untuk di masa depan (karena Yesus kekal), trus buat apa bu kita mohon pengakuan dosa?

Mohon pencerahannya bu, terima kasih

[dari katolisitas: silakan melihat tanya jawab ini – silakan klik]

josua
9 years ago

shalom,

1. Kalau Yesus “MENEBUS DOSA MANUSIA” apakah itu artinya semua manusia atau khusus umat kristen saja ?

2. Kalau Yesus sudah “MENEBUS DOSA MANUSIA” lalu untuk apa berlama-lama di dunia ? karena mati bunuh
diripun pasti masuk surga ?

[dari katolisitas: Silakan membaca artikel ini – silakan klik]

josua
Reply to  josua
9 years ago

5. Oleh karena itu, tepatlah kalau kita mengatakan bahwa dengan pengorbanan Kristus di kayu Salib, maka dosa kita ditanggung oleh-Nya, baik dosa asal, maupun dosa yang lain. Karena Tuhan tidak dibatasi oleh waktu, maka dosa seluruh umat manusia, dari Adam sampai manusia terakhir – sebelum kedatangan Kristus, pada saat Kristus hidup, dan setelah kematian Kristus – ditanggung oleh Kristus

ya maka dari itu saya bertanya 2 hal tersebut.

umat manusia, dari Adam sampai manusia terakhir – sebelum kedatangan Kristus, pada saat Kristus hidup, dan setelah kematian Kristus – DITANGGUNG OLEH KRISTUS

jela sekali “DITANGGUNG OLEH KRISTUS”

SHALOM.

Ingrid Listiati
Reply to  josua
9 years ago

Shalom Josua, Mungkin ada baiknya kita mengacu kepada apa yang diajarkan oleh Katekismus Gereja Katolik, untuk lebih memahami hal ini, yaitu bagaimana memaknai bahwa dosa kita ditanggung oleh Kristus, dan bahwa dengan kurban salib-Nya, Kristus telah menebus semua orang: KGK 616    “Cinta sampai kepada kesudahannya” (Yoh 13:1) memberi nilai khusus kepada kurban Kristus dan mengakibatkan bahwa Ia menebus dan memperbaiki, mendamaikan dan menyilih. Pada waktu menyerahkan kehidupan-Nya untuk kita, Yesus mengenal kita semua dan mencintai kita semua (Bdk. Gal 2:20; Ef 5:2.25). “Kasih Kristus menguasai kami, karena kami telah mengerti, bahwa kalau satu orang sudah mati untuk semua orang, maka… Read more »

Herman Jay
10 years ago

Sengsara dan Wafat Yesus Sulit Dipahami Dengan Akal Sehat Umat kristiani juga sulit memahami misteri peristiwa sengsara dan wafat Yesus. Apalagi saudara – saudari non kristiani. Penjelasan bahwa sejak awal dunia, sudah menjadi rencana Allah untuk menghapus dosa manusia pertama dengan mengutus PuteraNYA untuk menderita dan wafat di dunia. Penjelasan Katolisitas sekalipun dengan mengutip tulisan Thomas Aquinas tetap saja tidak mudah diterima secara logika. Kalau memang merupakan rencana awal dunia, maka itu sama saja dengan skenario yang sudah dirancang oleh Maha Sutradara. Dosa dalam segala macam bentuknya merupakan bagian dari skenario tersebut, yang kemudian dipulihkan dengan sengsara dan wafat Yesus.… Read more »

Ingrid Listiati
Reply to  Herman Jay
9 years ago

Shalom Herman Jay, Memang misteri sengsara, wafat dan kebangkitan Yesus (jangan dilupakan bahwa wafat Yesus diikuti dengan kebangkitan-Nya dan kenaikan-Nya ke Surga) adalah karya Allah yang maknanya memang melampaui logika manusia. Oleh karena itu, memang dibutuhkan rahmat Tuhan agar kita sedikit demi sedikit dapat bertumbuh dalam pemahaman akan misteri Allah itu. Inti masalahnya adalah manusia terbatas dalam ruang dan waktu, sedangkan Allah tidak terbatas dalam ruang dan waktu. Maka alur pikiran manusia juga terbatas, kita selalu berpikir menurut urutan kronologis; padahal bagi Allah yang tidak terbatas, segala sesuatu itu sudah terpampang di hadapan-Nya sebagai “saat ini”. Allah mengetahui segalanya, sejak… Read more »

ignatiuschris
Reply to  Ingrid Listiati
9 years ago

Kalau boleh sedikit menambahkan ibu Ingrid, khususnya mengenai kisah penciptaan. Menurut saya tulisan/permenungan yang bagus mengenai hal tsb adalah dari St. Agustinus dalam bukunya “Pengakuan-pengakuan”, seingat saya terjemahan dalam bahasa Indonesia terbitan BPK Gunung Mulia & Kanisius.

Dalam buku tersebut ada bab khusus berisi permenungan St. Agustinus mengenai kisah penciptaan dunia. Satu poin yang saya ingat adalah bahwa “waktu” itu sendiri adalah ciptaan Allah & akan dibinasakan saat dunia ini berakhir, selebihnya silakan baca sendiri langsung dari sumbernya ya.. :)

Amare
Reply to  Herman Jay
9 years ago

Salam Kasih,

Sangat sulit kiranya jika hanya mengandalkan akal sehat untuk memahami misteri Ilahi
Akal sehat adalah pikiran yg cenderung untuk mencari keuntungan bagi dirinya sendiri (ego)
Seandainya Yesus sebagai manusia menggunakan akal sehatNya tentulah Ia tidak akan wafat di kayu salib.

[dari katolisitas: Jangan juga melupakan bahwa akal budi tidak bertentangan dengan iman, karena keduanya datang dari Tuhan.]

Amare
Reply to  Amare
9 years ago

Salam kasih,

Berkat pemberian Tuhan yaitu, akal budi dan hati nurani menjadikan manusia mengenal hukum moral yang memampukan manusia melakukan kebaikan melampaui akal sehatnya dan mengekang kehendak bebasnya untuk melakukan yang jahat. Dengan demikian hukum moral adalah sarana bagi pertumbuhan iman kepada Allah.

[Dari Katolisitas: Benar. Hanya saja kita perlu mengingat bahwa hati nurani juga terbentuk dari pemahaman kita, sehingga di sini terdapat peran dari apa yang kita ketahui. Oleh karena itu, kita juga mempunyai tanggungjawab untuk menyesuaikan hati nurani kita dengan prinsip ajaran iman.]

Amare
Reply to  Amare
9 years ago

Salam Kasih, Jika demikian artinya melalui akal budi dan hati nuraniNya Yesus sudah memahami dan mengetahui bahwa dirinyalah Mesias yang dimaksud dan Ia harus mati seperti yang dinubuatkan para nabi, dan dari pengetahuan tersebut Yesus sebagai manusia tentunya juga mengalami pergulatan bathin dan mempunyai pilihan bebas (kehendak bebas) untuk menerima kematianNya atau menolaknya (tidak ada keharusan) dengan segala konsekuensinya. Akan berbeda halnya jika Yesus tidak mempunyai pengetahuan bahwa Ia adalah mesias yang dijanjikan, atau seandainya Yesus menolak kematianNya artinya Ia menyangkal diriNya sebagai mesias tentu saja ketidakpatuhanNya kepada Bapa akan membuahkan penghukuman, dan yang lebih tragis lagi tiada keselamatan bagi… Read more »

brian
brian
10 years ago

dear katolisitas,

Saya sudah membaca tulisan di atas. Namun saya belum bisa menemukan jawaban atas pertanyaan; Mengapa Yesus memilih salib untuk menebus dosa manusia?

Bisakah katolisitas meringkasnya dengan sederhana? Saya sangat membutuhkan hal ini, karena saya seringkali mendapat pertanyaan serupa ini.

Terima kasih,

brian

Stefanus Tay
Admin
Reply to  brian
10 years ago

Shalom Brian, Yesus memilih salib untuk menebus dosa manusia karena kebijaksanaan, kasih dan keadilan Allah. Dalam kebijaksanaan-Nya, Allah dengan perantaraan para nabi telah menubuatkan bahwa Sang Mesias akan menderita untuk menebus umat manusia. Dalam kasih-Nya, Allah menginginkan agar seluruh umat manusia diselamatkan. Dalam keadilan-Nya, dosa yang merupakan perlawanan terhadap Allah harus memperoleh penghukuman. Namun, karena manusia tidak mampu untuk membayarnya, maka dalam kasih-Nya Allah mengirimkan Putera-Nya untuk menebus dosa manusia. Dalam kebijaksanaan-Nya, Allah juga menginginkan agar manusia bisa juga belajar bagaimana untuk mengasihi Allah dan sesama, seperti yang dilakukan oleh Kristus di kayu salib. Kristus mengasihi Allah dengan begitu sempurna… Read more »

brian
brian
Reply to  Stefanus Tay
10 years ago

dear Bpk Stef,

Terima kasih atas jawaban singkatnya. Tapi muncul satu pertanyaan, Yesus mati di salib untuk menebus dosa umat manusia. Nah, manusia pada waktu itu saja atau manusia waktu dulu, saat itu, saat sekarang ini (masa kita) dan saat yang akan datang?

Salam,

Stefanus Tay
Admin
Reply to  brian
10 years ago

Shalom Brian,
Karena Yesus adalah Tuhan, maka penebusan-Nya melampaui waktu, sehingga memberikan efek pada masa lampau, pada saat, dan masa depan. Bahkan peristiwa penderitaan, kematian, kebangkitan, dan kenaikan Kristus ke Surga oleh kuasa Roh Kudus dihadirkan setiap waktu dalam setiap perayaan Ekaristi yang dapat kita rayakan setiap hari.

Salam kasih dalam Kristus Tuhan,
stef – katolisitas.org

brian
brian
Reply to  Stefanus Tay
10 years ago

Terima kasih, Bapak Stef

Ign. Sumarno
Ign. Sumarno
10 years ago

Dalam gambar-gambar sering kita lihat wajah Yesus tampak begitu menderita karena menanggung kesakitan luarbiasa di kayu salib. Tapi…..apa betul dia menderita ? Bukankah penyaliban itu pilihannya sendiri ? Dan kalau pilihannya sendiri mengapa ia berteriak “Eli….Eli…lama sabakhtani ?” Lha…? Tolong jelasin donk, biar ora bingung.
Shalom….

[Dari Katolisitas: SIlakan membaca artikel ini terlebih dahulu, silakan klik]

Mei
Mei
10 years ago

Kenapa agama bisa diperdebatkan seperti ini? Bukankah agama seharusnya berisi kisah yang pasti dan tidak ambigu… Karena Tuhan maha kuasa atas alam semesta, dan Dia pastinya mudah sekali menjelaskan dalam kitab dengan cara sejelas-jelasnya dan tidak ambigu, dan untuk menjelaskan sebuah kisah dengan jelas dan tidak ambigu dalam injil seharusnya mudah bagi-Nya dan tidak akan menimbulkan perdebatan seperti ini… Inilah tanda bagi orang-orang yang berpikir… Salam damai Mei [dari katolisitas: Sama seperti kalau kita ingin mengetahui kerja jaringan elektronik dari sebuah laptop, maka kita harus belajar dan berdiskusi lebih dalam. Namun, kalau kita tidak ingin mengetahui rangkaian elektronik, namun hanya… Read more »

Romo pembimbing: Rm. Prof. DR. B.S. Mardiatmadja SJ. | Bidang Hukum Gereja dan Perkawinan : RD. Dr. D. Gusti Bagus Kusumawanta, Pr. | Bidang Sakramen dan Liturgi: Rm. Dr. Bernardus Boli Ujan, SVD | Bidang OMK: Rm. Yohanes Dwi Harsanto, Pr. | Bidang Keluarga : Rm. Dr. Bernardinus Realino Agung Prihartana, MSF, Maria Brownell, M.T.S. | Pembimbing teologis: Dr. Lawrence Feingold, S.T.D. | Pembimbing bidang Kitab Suci: Dr. David J. Twellman, D.Min.,Th.M.| Bidang Spiritualitas: Romo Alfonsus Widhiwiryawan, SX. STL | Bidang Pelayanan: Romo Felix Supranto, SS.CC |Staf Tetap dan Penulis: Caecilia Triastuti | Bidang Sistematik Teologi & Penanggung jawab: Stefanus Tay, M.T.S dan Ingrid Listiati Tay, M.T.S.
top
@Copyright katolisitas - 2008-2018 All rights reserved. Silakan memakai material yang ada di website ini, tapi harus mencantumkan "www.katolisitas.org", kecuali pemakaian dokumen Gereja. Tidak diperkenankan untuk memperbanyak sebagian atau seluruh tulisan dari website ini untuk kepentingan komersial Katolisitas.org adalah karya kerasulan yang berfokus dalam bidang evangelisasi dan katekese, yang memaparkan ajaran Gereja Katolik berdasarkan Kitab Suci, Tradisi Suci dan Magisterium Gereja. Situs ini dimulai tanggal 31 Mei 2008, pesta Bunda Maria mengunjungi Elizabeth. Semoga situs katolisitas dapat menyampaikan kabar gembira Kristus. 
59
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x