Tentang Bunda Maria dan St. Yusuf

Pertanyaan:

Hi Mba Inggrid, Pak Stef dan semuanya,

mau nanya nih..soalnya sampe sekarang masih penasaran:

1 . setelah Yesus bangkit dari antara orang mati, kemana Bunda Maria pergi. apakah Bunda Maria itu meninggal dulu baru kemudian di angkat ke surga?? dimana kuburnya? hidup sampai umur berapa??

2. Santo Yosef (suami Bunda Maria) perannya bersama Yesus berdasarkan KS PB hanya sampai pada saat mereka menemukan Yesus yang waktu itu umur 12 thn di dalam Bait Allah. setelah itu kemana st.Yosef pergi? apakah Dia tetap hidup membesarkan Yesus bersama Bunda Maria di nazareth?

thanks atas jawabannya.

Jawaban:

Shalom Bellarminus,

1. Memang tidak dapat diketahui dengan pasti di mana Bunda Maria hidup setelah hari Pentakosta. Dikatakan mungkin ia hidup di Yerusalem seterusnya sampai ia wafat, atau bisa juga, dia tinggal selama beberapa saat di Efesus, sehingga ada tradisi yang mengatakan Maria wafat dan dikubur di sana. Namun tradisi yang umum dipegang oleh para Bapa Gereja sampai abad ke-2 adalah bahwa Maria wafat di Yerusalem. Tradisi ini diperoleh dari tulisan St. Klemens dari Alexandria (136) dan Apollonius (137) yang mengisahkan perintah dari Tuhan Yesus kepada para rasul untuk mengajar di Yerusalem dan Palestina selama 12 tahun sebelum pergi seluruh dunia. Catatan ini menyimpulkan bahwa Bunda Maria wafat sekitar tahun 48, sebelum Rasul Yohanes pergi meninggalkan Yerusalem.

Memang tradisi mengatakan Bunda Maria wafat, sebelum ia diangkat ke surga oleh Tuhan. Walaupun demikian, wafatnya Bunda Maria bukan karena ia berdosa, namun kerena ingin mempersatukan dirinya dengan Kristus, yang juga mengalami kematian, meskipun Dia tidak berdosa. Kematian Bunda Maria adalah juga merupakan puncak yang melengkapi kehidupannya yang penuh dengan pengorbanan. Menurut Tradisi Gereja Katolik, setelah wafatnya, Bunda Maria segera diangkat ke surga tubuh dan jiwanya, sehingga memang tidak ditemukan secara pasti di mana kuburannya, ataupun jenazahnya. Jika anda ingin mengetahui dasarnya mengapa Gereja Katolik mengajarkan Bunda Maria diangkat ke surga, silakan klik di sini. Menurut tradisi, dikatakan bahwa kubur Bunda Maria ada di lembah Kidron, meskipun ada juga yang mengatakan kemungkinan kuburnya ada di Efesus. Tetapi di sini yang ada tentu hanya ‘kubur kosong’. Silakan membacanya lebih lanjut di link ini, silakan klik.

2. Tentang St. Yusuf. Memang di Kitab Suci ia tidak lagi dibicarakan setelah kisah Yesus diketemukan di Bait Allah pada usia 12 tahun. St. Yusuf sudah tidak disebutkan pada waktu Yesus mengajar, ataupun pada saat Ia wafat di salib. Maka tradisi mengatakan St. Yusuf meninggal dunia sebelum Yesus mulai mengajar. Sebab tidak mungkin Yesus (pada saat terakhirnya di kayu salib) memasrahkan Bunda Maria kepada Yohanes murid yang dikasihi-Nya, jika St. Yusuf masih hidup. Memang ada beberapa tradisi tentang St. Yusuf, ada yang menceritakan ia sudah tua saat mengambil Maria sebagai istrinya, namun ada juga yang tidak mengatakan demikian. Menurut kisah penglihatan seorang biarawati dari Agreda (Spanyol),  bernama Maria yang terberkati (1602-1665),  St. Yusuf mengambil Bunda Maria sebagai istrinya ketika ia berumur sekitar umur 33 tahun, sedangkan Bunda Maria umur sekitar 14 tahun.  Jika anda ingin membaca lebih lanjut mengenai hal ini, silakan klik di link ini, yang  juga menceritakan kematian St. Yusuf yang damai/ menyenangkan. St. Yusuf meninggal dunia di usia perkawinan ke 27 tahun, jadi sebelum Yesus mengajar.

Salam kasih dalam Kristus Tuhan,
Ingrid Listati, www.katolisitas.org

4.9 8 votes
Article Rating
28/06/2020
17 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
wulan
wulan
10 years ago

Shalom..

Saya mau bertanya, apakah ada nama baptis Maria Josephine?kalau ada, saya in gin sekali mengetahui ceritanya..
Terimakasih banyak..

[Dari Katolisitas: Mungkin saja itu berasal dari nama Bunda Maria dan St. Yusuf (St. Joseph), namun karena untuk nama wanita, maka dicari bentuk feminin dari Joseph, sehingga menjadi Josephine. Namun kalau nama St. Josephine (tanpa Maria)- itu mungkin mengacu kepada St. Josephine Bakhita? Silakan klik di sini untuk membacanya.]

Krisna
Krisna
11 years ago

Jika sudah menikah mengapa Santo Yusuf tidak melakukan hubungan badan dengan Bunda Maria? lain ceritanya kalau Santo Yusuf hanya menjadi tunangan Bunda Maria….

Saya sebagai umat katolik mempercayai bahwa Bunda Maria adalah sang perawan suci…..

thanks……

[Alasan bahwa St. Yusuf tidak melakukan hubungan suami istri dengan Bunda Maria karena mereka telah setuju untuk hidup selibat dalam perkawinan dan juga pemisahan antara yang sakral dan profan. Penjelasan tentang hal ini dapat dilihat di sini – silakan klik.]

Tryas
Tryas
13 years ago

Shalom Katolisitas. saya ingin bertanya mengenai usia Bunda Maria ketika menikah dengan St.Yoseph. Apakah betul Bunda Maria kala itu masih dalam usia remaja (12-14th) ketika menikah dengan St.Yoseph? http://www.newadvent.org/cathen/08504a.htm It is probably at Nazareth that Joseph betrothed and married her who was to become the Mother of God. When the marriage took place, whether before or after the Incarnation, is no easy matter to settle, and on this point the masters of exegesis have at all times been at variance. Most modern commentators, following the footsteps of St. Thomas, understand that, at the epoch of the Annunciation, the Blessed Virgin… Read more »

Ingrid Listiati
Reply to  Tryas
13 years ago

Shalom Tryas, Sejauh pengetahuan saya, memang tradisi Gereja mengajarkan bahwa Bunda Maria menikah di usia remaja, karena Kitab Suci memang mencatat Maria sebagai seorang perawan/ perawan muda saat mengandung Yesus (lih. Yes 7:14; Luk 1:27). Namun tentang apakah St. Yusuf pada saat menikahi Maria adalah seorang yang sudah tua renta (berusia 90 tahun) itu adalah sesuatu yang nampaknya adalah legenda, yang disimpulkan dari tulisan- tulisan apokrif tentang St. Yusuf, yang dikisahkan telah pernah menikah dengan seorang wanita lain (Melcha) sebelum ia menikah dengan Bunda Maria. Tulisan- tulisan tersebut antara lain diperoleh dari Protoevangelium of James yang belum dapat dipastikan keotentikannya.… Read more »

naif
naif
13 years ago

kenapa semua wahyu yg di sebut oleh alkitab yg tertulis di atas tidak tertulis di alkitab yg asli yg berada di palestina,isael,afrika dan di roma,jadi saya ingin tahu alkitab,injil,bibel,yg ada sekarang kok enggak sama sengan injil atau alkitab yg asli ?…………

Ingrid Listiati
Reply to  naif
13 years ago

Shalom Naif,

Mohon anda sebutkan terlebih dahulu apa yang anda maksud dengan “semua wahyu yang disebut oleh Alkitab di atas“. Sebab yang tertulis di atas memang bukan ayat- ayat Alkitab, tetapi tradisi yang menyatakan lebih jauh tentang Maria dan Yusuf.

Alkitab yang ada sekarang sudah diterjemahkan ke bahasa lokal, sedangkan Alkitab yang asli, tertulis dalam bahasa Ibrani, Yunani dan Aram. Namun isinya secara umum sama dan konsisten, walaupun tidak pernah mengalami proses standarisasi. Hal ini sudah pernah dibahas di sini, silakan klik, dan di sini, silakan klik.

Salam kasih dalam Kristus Tuhan,
Ingrid Listiati- katolisitas.org

Kay Roven
Kay Roven
13 years ago

Ibu ingrid bilang maria diciptakan special, special bagaimana? Apakah karena di hapuskannya dosa awal atau karena sudah di persiapkan Allah sebelumnya ( bkn kah ini namanya curang?)
Karena saya mengimani pilihan kepada maria sama spt cerita ayub, dari begitu byknya manusia di bumi haya satu yang setia pada Tuhan yaitu ayub sama seperti maria dari begitu byk wanita di bumi ini tp hanya satu yg dipilih yaitu maria, nubuatan di PL tidak menyebutkan itu maria tetapi dikatakan dari seorang perawan saya menimani ini cara kerja Tuhan mencari dan melihat siapa yang layak dipilih.

Ingrid Listiati
Reply to  Kay Roven
13 years ago

Shalom Kay, Ya, Bunda Maria diciptakan spesial, karena ia diciptakan dengan dipenuhi rahmat Allah (full of grace). Teks terjemahan Vulgate mengatakan, “And the angel being come in, said unto her: Hail, full of grace, the Lord is with thee: blessed art thou among women….. And the angel answering, said to her: The Holy Ghost shall come upon thee and the power of the Most High shall overshadow thee. And therefore also the Holy which shall be born of thee shall be called the Son of God.” (Luk 1:28,35). Firman Tuhan sendiri menyatakan akan keistimewaan Bunda Maria, jika dibandingkan dengan semua… Read more »

C.Sigit S
C.Sigit S
13 years ago

Dear katolisitas
Ada hal yg ingin saya tanya mengenai peran Yusuf dlm karya penyelamatan manusia kok terbilang sedikit sekali dan hampir tak ad fungsi..terbukti dlm Alkitab pun hampir tak ada dialog pajang dr Yusuf apa maksud…dari hal tersebut…adakah rahasia…tertentu….

Berkah Dalem

Ingrid Listiati
Reply to  C.Sigit S
13 years ago

Shalom Sigit, Pertama- tama harus disadari bersama, bahwa memang Kitab Suci adalah kitab yang menceritakan tentang rencana keselamatan Allah yang digenapi di dalam diri Kristus. Oleh sebab itu memang fokus yang dikisahkan dalam Kitab Suci adalah Kristus. Maka tidak mengherankan bahwa kisah kehidupan orang-orang lain seperti tentang Bunda Maria, St. Yusuf dan para murid- murid Yesus tidak secara khusus diceritakan dalam Kitab Suci. Walaupun peran St. Yusuf tidak dikisahkan secara eksplisit dalam Injil, namun cukup pentinglah peran St. Yusuf sebagai ayah angkat Yesus. Namun demikian, walaupun peran sebagai ayah angkat ini penting, namun hal ini tidak dapat terlalu ditekankan sehingga… Read more »

Dela
Dela
Reply to  C.Sigit S
13 years ago

Shalom mas C.Sigit S, saya ingin membagikan apa yg pernah saya baca tentang Santo Yosef Selama ini menjadi pertanyaan besar mengenai ayat dalam Lukas 7:28 Aku berkata kepadamu: Di antara mereka yang dilahirkan oleh perempuan tidak ada seorangpun yang lebih besar dari pada Yohanes, namun yang terkecil dalam Kerajaan Allah lebih besar dari padanya.”(Lukas 7:28) Ayat ini tidak saja berbicara tentang Yohanes, tetapi juga berbicara tentang “YANG TERKECIL” dalam kerajaan Surga. Nah siapakah yang dimaksud oleh Yesus sebagai yang terkecil? Jika kita mengetahui hal ini maka kita akan mudah memahami makna dari Lukas 7:28. Sebab tidak mungkin Yohanes adalah lebih… Read more »

Hari
Hari
14 years ago

Dear Ms Inggrid,
Saya seorang Katolik tetapi belum bisa (sulit) menerima ajaran bahwa Bunda Maria telah diangkat ke surga beserta jiwa dan raganya, karena didalam Alkitab tidak pernah ditemukan peristiwa ini. Bila bunda Maria diangkat ke Surga dgn jiwa & raganya berarti akan sejajar dengan Tuhan Yesus dan bisa dianggap sebagai Tuhan hal demikian mudah-mudahan tidak menjadi batu sandungan bagi orang-orang yang baru belajar/mempelajari iman Katolik.
Mohon penjelasan dengan dasar apa gereja Katolik mengajarkan hal ini sedangkan dalam gereja Protestan tidak pernah diajarkan/diyakini. Terima kasih

Ingrid Listiati
Reply to  Hari
14 years ago

Shalom Hari,  Memang di Alkitab tidak dikatakan secara eksplisit bahwa Bunda Maria telah diangkat tubuh dan jiwanya ke surga, namun juga Alkitab tidak mengatakan tidak demikian. Ajaran Maria diangkat ke surga ini memang berasal dari Tradisi Suci, yang kita yakini berdasarkan kebenaran ilahi. Sebagai orang Katolik, memang kita meyakini bahwa Wahyu Ilahi tidak hanya diwujudkan secara tertulis dalam Kitab Suci, namun juga  Tradisi Suci. Sebab Kitab suci yang kita pegang sekarang ini sebenarnya berasal dari Tradisi Suci, di mana Gereja melalui konsili para Uskup menentukan kanon Kitab Suci, yaitu kitab-kitab yang diyakini diilhami oleh Roh Kudus. Oleh karena sumbernya sama,… Read more »

Simon
Simon
14 years ago

Shalom Bu Ingrid,

Mau tanya nih :
Bukankah di Alkitab dikatakan bahwa “..sejak saat itu Bunda Maria bersama-sama dengan para muridnya terutama mengikuti St. Yohanes?” Seperti kita ketahui bahwa St. Yohanes diperkirakan meninggal +- th 100 M setelah menyelesaikan Kitab Wahyu. Jika Bunda Maria lebih dahulu meninggal (th 48 M) dari pada St. Yohanes, kenapa tidak ditulis oleh St. Yohanes didalam Kitabnya?

Mohon pencerahan. Terima kasih.

Simon

Ingrid Listiati
Reply to  Simon
14 years ago

Shalom Simon, Rasul Yohanes menuliskan Injil yang terakhir setelah Injil sinoptik ditulis (Matius, Markus dan Lukas) yang mengisahkan tentang Kristus dan ajaran-ajaran-Nya. Selain itu Rasul Yohanes menuliskan kitab Wahyu yang berdasarkan penglihatan yang diperolehnya di pulau Patmos. Nah, bahwa kisah tentang wafanya Bunda Maria tidak dituliskan di kedua kitab itu, bukan menjadi alasan bahwa hal itu tidak penting, atau tidak terjadi. Kita harus melihatnya begini: 1) Fokus utama penulisan Injil adalah Kristus. Maka, memang harus kita akui tidak semua kisah yang berhubungan dengan orang-orang terkasih Yesus dituliskan dalam Kitab Suci. Hal ini kita lihat misalnya, kematian St. Yusuf (bapa angkat… Read more »

Belarminus
Belarminus
14 years ago

Hi Mba Inggrid, Pak Stef dan semuanya, mau nanya nih..soalnya sampe sekarang masih penasaran: 1 . setelah Yesus bangkit dari antara orang mati, kemana Bunda Maria pergi. apakah Bunda Maria itu meninggal dulu baru kemudian di angkat ke surga?? dimana kuburnya? hidup sampai umur berapa?? 2. Santo Yosef (suami Bunda Maria) perannya bersama Yesus berdasarkan KS PB hanya sampai pada saat mereka menemukan Yesus yang waktu itu umur 12 thn di dalam Bait Allah. setelah itu kemana st.Yosef pergi? apakah Dia tetap hidup membesarkan Yesus bersama Bunda Maria di nazareth? thanks atas jawabannya. [Dari Admin Katolisitas: pertanyaan ini sudah dijawab… Read more »

Belarminus
Belarminus
Reply to  Belarminus
14 years ago

Dear Mba Inggrid,

Thanks jawabannya….makin nambah nih pengetahuan agama saya dan buat di ajarkan ke anak2 kelak:).

again, thanks and have a great day!

regards,
Bram

Romo pembimbing: Rm. Prof. DR. B.S. Mardiatmadja SJ. | Bidang Hukum Gereja dan Perkawinan : RD. Dr. D. Gusti Bagus Kusumawanta, Pr. | Bidang Sakramen dan Liturgi: Rm. Dr. Bernardus Boli Ujan, SVD | Bidang OMK: Rm. Yohanes Dwi Harsanto, Pr. | Bidang Keluarga : Rm. Dr. Bernardinus Realino Agung Prihartana, MSF, Maria Brownell, M.T.S. | Pembimbing teologis: Dr. Lawrence Feingold, S.T.D. | Pembimbing bidang Kitab Suci: Dr. David J. Twellman, D.Min.,Th.M.| Bidang Spiritualitas: Romo Alfonsus Widhiwiryawan, SX. STL | Bidang Pelayanan: Romo Felix Supranto, SS.CC |Staf Tetap dan Penulis: Caecilia Triastuti | Bidang Sistematik Teologi & Penanggung jawab: Stefanus Tay, M.T.S dan Ingrid Listiati Tay, M.T.S.
top
@Copyright katolisitas - 2008-2018 All rights reserved. Silakan memakai material yang ada di website ini, tapi harus mencantumkan "www.katolisitas.org", kecuali pemakaian dokumen Gereja. Tidak diperkenankan untuk memperbanyak sebagian atau seluruh tulisan dari website ini untuk kepentingan komersial Katolisitas.org adalah karya kerasulan yang berfokus dalam bidang evangelisasi dan katekese, yang memaparkan ajaran Gereja Katolik berdasarkan Kitab Suci, Tradisi Suci dan Magisterium Gereja. Situs ini dimulai tanggal 31 Mei 2008, pesta Bunda Maria mengunjungi Elizabeth. Semoga situs katolisitas dapat menyampaikan kabar gembira Kristus. 
17
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x