Pedihnya Luka – Sebuah Refleksi Tentang Sikap Berbelarasa

Matahari senja telah kembali ke paraduannya. Malam hampir menguasai jagad. Aku melangkahkan kakiku ke sebuah rumah kontrakan sederhana. Kesunyian menghiasinya. Tiada suara terdengar dari rumah itu. Aku berseru dari luar pagar yang sudah berkarat : ā€œOpa… opa… aku datangā€. Tak lama kemudian seorang laki-laki tua keluar dengan langkah sempoyongan. Ia membawaku ke sebuah kamar yang telah pudar warnanya. Di situlah istrinya terkulai tiada tenaga di lantai. Kepalanya sudah plontos karena penuh dengan luka. Punggungnya tidak berbentuk lagi karena penuh dengan borok. Belum tahu penyakit apa yang dideritanya. Ia belum pernah dibawa berobat karena keadaan. Ia baru saja dibawa dari Cengkareng tempat anaknya. Opa itu kemudian berkata kepadaku : ā€œRomo, luka yang paling parah di belakang kepalanyaā€. Aku dengan spontan mengangkat kepalanya. Aku terperanjat karena ada air lengket menempel di telapak tanganku dan aroma bau anyir kurasakan. Itu ternyata nanah yang tak pernah dibersihkan. Mataku terpejam dan perasaanku pun bercampur aduk. Tiba-tiba gambaran ā€œSanto Fransiskus Asisi memeluk penderita kustaā€ dan ā€œSanto Damian de Veuster SS.CCā€ memangku penderita lepra terlintas dalam benak. Aku pun merasa bahwa Tuhan Yesus yang menderita nyata di dalam oma itu. Aku berkata dalam hati : ā€œSemoga sentuhanku atas lukanya merupakan pengalaman kasih yang sempat dialaminya kalau ia mesti pergiā€. Ia membuka mata dan tersenyum sejenak karena merasakan belaian tangan menyentuh tubuhnya.

Selembar peristiwa itu mengundang air mata. Dunia tampak tak adil. Pedihnya luka bukan karena penderitaan. Penderitaan tidak akan berlalu selama bumi ini masih ada. Penderitaan yang menyakitkan adalah koyaknya kesadaran bahwa telah terjadi penyelewengan terhadap sikap berbelarasa. Sikap ā€œempatiā€ terhadap penderitaan sangat indah di wajah, tetapi bopeng di hati. Berbelarasa terhadap yang menderita gencar diseminarkan di gedung yang nyaman dengan alat pendingin untuk menepis panasnya udara. Gagasan tentang perwujudan berbelarasa didiskusikan selama berhari-hari di Villa sejuk dan mewah di Puncak. Para pembicara dengan gagah dan penampilan trendy tanpa malu menjadi sumber utama, padahal mungkin belum pernah memegang borok penderita.

Ketidakharmonisan sikap dan keadaan karena jiwa dan pikiran tersirap/tersirep falsafah mall dan dunia hiburan. Di dalam mall dan dunia hiburan tabu terhadap tangisan, tetapi yang ada hanya kesenangan. Suara hati pun tuli dan buta terhadap kenyataan. Tuhan Yesus di tahta-Nya tertawa terpingkal-pingkal melihat permainan sandiwara anak-anak-Nya. Tuhan Yesus bergumam : ā€œHaruskah membayar sejumlah besar uang untuk menumbuhkan sikap berbelarasa ?ā€ Akan tetapi, Ia tetap sabar menunggu perubahan hati yang telah ditebusNya.

Tuhan Yesus Kristus adalah Guru dalam membentuk sikap berbelarasa. Ia bukan ā€œTuan Besarā€ yang mengajar bagaimana berempati terhadap penderitaan. Ia sendiri berkelana dari kampung ke kampung untuk menyembuhkan segala penyakit dan mengusir roh-roh jahat. Ia mengundang anak-anak-Nya ini untuk datang, melihat, dan berbuat seperti yang Ia lakukan : ā€œIa berkata kepada mereka: ā€˜Marilah dan kamu akan melihatnya.ā€™ Merekapun datang dan melihat di mana Ia tinggal, dan hari itu mereka tinggal bersama-sama dengan Dia; waktu itu kira-kira pukul empatā€ (Yohanes 1:39).

Sangat jelaslah sekarang bahwa datang ke dalam hamparan penderitaan merupakan tempat seminar tentang sikap berbelarasa. Para penderita yang berjuang untuk mempertahankan satu nafas kehidupan adalah para pembicara seminarnya. Sentuhan terhadap luka penderitaan merupakan wujud nyata dari sikap berbelarasa. Jika kita datang, melihat, dan berbuat, jiwa kita akan bergetar menghadapi kepedihan atas derita. Tuhan memberkati.

Oleh Pastor Felix Supranto, SS.CC

0 0 votes
Article Rating
19/12/2018
3 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
ignatius
ignatius
11 years ago

Saya setuju dengan Romo. Walau saya akui seringkali masih ada keengganan dalam diri untuk melakukannya.
Tidak seharusnya kita rajin ikut seminar di tempat2 nyaman, tapi kita tidak mau ikut seminar yang sesungguhnya di tempat para penderita.

Paus kita Fransiskus sudah menunjukkannya. Kita berdoa supaya mau sungguh2 ikut seminar yang sesungguhnya..

Henriette Wung
Henriette Wung
Reply to  ignatius
10 years ago

nyeeeees di hati, jd pedih eui dan sesek, sy salah satu pelaku itu dan pasti Tuhan ngakak liat saya, meski sy jarang ke mall, selain tdk suka dan tidak ada di sini…, ttp thanks tulisan Romo sungguh menyentil mata dan hati saya… terutama ketika jenuh dan lelah hati melihat kemiskinan tak ada habisnya… mungkin karena saya tak sadar hanya lihat dan tidak berbuat … Terima kasih Romo, sy berbuat kecil2an di tengah ‘besar2an dan banyak2an yg perlu sapa dan kasih, bingung kadang dan lelah kadang, kapan selesainya dan kepada siapa sy harus mengemis untuk mereka :(… ttp Tuhan penuh kasih… Read more »

Hendra Tanumihardja
Hendra Tanumihardja
11 years ago

Tuhan Yesus Kristus adalah Guru dalam membentuk sikap berbelarasa. Ia bukan ā€œTuan Besarā€ yang mengajar bagaimana berempati terhadap penderitaan. Ia sendiri berkelana dari kampung ke kampung untuk menyembuhkan segala penyakit dan mengusir roh-roh jahat. Ia mengundang anak-anak-Nya ini untuk datang, melihat, dan berbuat seperti yang Ia lakukan : ā€œIa berkata kepada mereka: ā€˜Marilah dan kamu akan melihatnya.ā€™ Merekapun datang dan melihat di mana Ia tinggal, dan hari itu mereka tinggal bersama-sama dengan Dia; waktu itu kira-kira pukul empatā€ (Yohanes 1:39).
Minggu depan di parokiku TIGA orang pastor memberi seminar Yesus penyembuh.

Romo pembimbing: Rm. Prof. DR. B.S. Mardiatmadja SJ. | Bidang Hukum Gereja dan Perkawinan : RD. Dr. D. Gusti Bagus Kusumawanta, Pr. | Bidang Sakramen dan Liturgi: Rm. Dr. Bernardus Boli Ujan, SVD | Bidang OMK: Rm. Yohanes Dwi Harsanto, Pr. | Bidang Keluarga : Rm. Dr. Bernardinus Realino Agung Prihartana, MSF, Maria Brownell, M.T.S. | Pembimbing teologis: Dr. Lawrence Feingold, S.T.D. | Pembimbing bidang Kitab Suci: Dr. David J. Twellman, D.Min.,Th.M.| Bidang Spiritualitas: Romo Alfonsus Widhiwiryawan, SX. STL | Bidang Pelayanan: Romo Felix Supranto, SS.CC |Staf Tetap dan Penulis: Caecilia Triastuti | Bidang Sistematik Teologi & Penanggung jawab: Stefanus Tay, M.T.S dan Ingrid Listiati Tay, M.T.S.
top
@Copyright katolisitas - 2008-2018 All rights reserved. Silakan memakai material yang ada di website ini, tapi harus mencantumkan "www.katolisitas.org", kecuali pemakaian dokumen Gereja. Tidak diperkenankan untuk memperbanyak sebagian atau seluruh tulisan dari website ini untuk kepentingan komersial Katolisitas.org adalah karya kerasulan yang berfokus dalam bidang evangelisasi dan katekese, yang memaparkan ajaran Gereja Katolik berdasarkan Kitab Suci, Tradisi Suci dan Magisterium Gereja. Situs ini dimulai tanggal 31 Mei 2008, pesta Bunda Maria mengunjungi Elizabeth. Semoga situs katolisitas dapat menyampaikan kabar gembira Kristus.Ā 
3
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x