Unika Soegijapranata Semarang Pertahankan Akreditasinya

universitas-katolik-soegijapranataSEMARANG- Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata Semarang, Jawa Tengah, tetap mempertahankan status akreditasinya. Status terakreditasi tersebut yang diberikan Badan Akreditasi Nasional-PerguruanTinggi (BAN-PT) beberapa waktu lalu, diberikan kepada Unika Soegijapranata bersama 28 perguruan tinggi negeri dan swasta lainnya, termasuk Unika Sanata Dharma, Unika Atmajaya Jakarta, UI dan UGM.

Ketua tim akreditasi Unika Soegijapranata Semarang Dr A. Ika Rahutami  belum lama ini menyebutkan, Unika Soegijapranata hingga kini berhasil mempertahankan statusnya sebagaimana yang pernah diterimanya tahun 2007. Pada waktu itu, status akreditasi tersebut telah membuat Unika Soegijapranata diberi anugerah sebagai salah satu dari 50 perguruan tinggi di Indonesia yang paling menjanjikan (the most 50 promising universities) oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

“Dengan isian borang baru yang lebih detail dan njlimet, kami berusaha menunjukkan capaian-capaian yang sudah dilakukan oleh Unika Soegijapranata dalam empat-lima tahun terakhir ini. Hasilnya tidak terlalu mengecewakan. Meski tentu saja masih ada bidang-bidang tertentu yang masih bisa dikembangkan,” papar Ika, seperti dilansir kompas.com.

Dalam prosesnya, Unika Soegijapranata sudah berkembang dengan kecepatan yang bagus dari berbagai sisi. Baik secara akademik mau pun non akademik, hard skill dan soft skill, peningkatan jumlah doktor, kerja sama internasional dan kemampuan sumber daya tenaga kependidikan sesuai dengan tuntutan jaman.

Bagi Unika Soegijapranata, proses akreditasi institusi merupakan salah satu bukti pengakuan akan keseriusan pengelola perguruan tinggi di Indonesia untuk memberikan yang terbaik bagi generasi muda bangsa ini. Oleh karena itu harus tetap diadakan agar menjadi pembeda bagi mereka yang sepenuh hati mengelola institusinya dan yang hanya setengah hati melakukannya.

Menurut Ika, akreditasi dipahami sebagai penentuan standar mutu serta penilaian terhadap suatu lembaga pendidikan (dalam hal ini pendidikan tinggi) oleh pihak di luar lembaga pendidikan itu sendiri. Sebagai perguruan tinggi swasta di Semarang, Unika Soegijapranata kembali mendapatkan akreditasi dengan nilai B untuk akreditasi institusinya.

Akreditasi insitusi adalah salah satu tolok ukur pencapaian kinerja akademik dan non akademik dari suatu institusi pendidikan tinggi. Penilaian akreditasi institusi itu sendiri dilihat dari beberapa komponen antara lain yaitu komitmen inti pertama yaitu kapasitas institusi. Kapasitas institusi dicerminkan dalam ketersediaan dan kecukupan berbagai perangkat dasar yang diperlukan untuk menyelenggarakan pendidikan, seperti eligibilitas, integritas, visi, misi, tujuan, dan sasaran.***

0 0 votes
Article Rating
19/12/2018
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Romo pembimbing: Rm. Prof. DR. B.S. Mardiatmadja SJ. | Bidang Hukum Gereja dan Perkawinan : RD. Dr. D. Gusti Bagus Kusumawanta, Pr. | Bidang Sakramen dan Liturgi: Rm. Dr. Bernardus Boli Ujan, SVD | Bidang OMK: Rm. Yohanes Dwi Harsanto, Pr. | Bidang Keluarga : Rm. Dr. Bernardinus Realino Agung Prihartana, MSF, Maria Brownell, M.T.S. | Pembimbing teologis: Dr. Lawrence Feingold, S.T.D. | Pembimbing bidang Kitab Suci: Dr. David J. Twellman, D.Min.,Th.M.| Bidang Spiritualitas: Romo Alfonsus Widhiwiryawan, SX. STL | Bidang Pelayanan: Romo Felix Supranto, SS.CC |Staf Tetap dan Penulis: Caecilia Triastuti | Bidang Sistematik Teologi & Penanggung jawab: Stefanus Tay, M.T.S dan Ingrid Listiati Tay, M.T.S.
top
@Copyright katolisitas - 2008-2018 All rights reserved. Silakan memakai material yang ada di website ini, tapi harus mencantumkan "www.katolisitas.org", kecuali pemakaian dokumen Gereja. Tidak diperkenankan untuk memperbanyak sebagian atau seluruh tulisan dari website ini untuk kepentingan komersial Katolisitas.org adalah karya kerasulan yang berfokus dalam bidang evangelisasi dan katekese, yang memaparkan ajaran Gereja Katolik berdasarkan Kitab Suci, Tradisi Suci dan Magisterium Gereja. Situs ini dimulai tanggal 31 Mei 2008, pesta Bunda Maria mengunjungi Elizabeth. Semoga situs katolisitas dapat menyampaikan kabar gembira Kristus. 
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x